Schedulling, Analysis and design sistem Rifki Indra Perwira.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Tahapan information engineering
Advertisements

Interaksi Manusia dan Komputer
ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM
PENGENALAN ANALISA SISTEM BERORIENTASI OBYEK
KONSEP BUSINESS PLAN Dr. Yulizar Kasih, S.E., M.Si.
RENCANA PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK (RPPL)
PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN Jl. Letjen. Sutoyo Pontianak, Telp. (0561) , Website:
Delivery/Inform/Convey Information with Facebook An Introduction of Information and Communication Technology.
Evaluasi Proyek.
Sumber Data untuk DW Data operasional dalam organisasi, misalnya basis data pelanggan dan produk, dan Sumber eksternal yang diperoleh misalnya melalui.
Center of Young Scientists Mummy Method for Determination of 3D Irregular Body Surface Area Pasca Nadia Fitri, et. al. Pandapotan Harahap, M.Pd., M.P.Fis.
Oleh: SARIPUDIN Jurusan SISTEM INFORMASI
1 Pertemuan 12 Pengkodean & Implementasi Matakuliah: T0234 / Sistem Informasi Geografis Tahun: 2005 Versi: 01/revisi 1.
PEMBUATAN MODEL DATA dan DESAIN DATABASE
Why math is so difficult?  The student’s mindset says that math is so difficult  Math used many equations  The questions are complicate  The lecturer.
The first reason Sebab yang pertama. skills ketrampilan.
1 Pertemuan 21 Function Matakuliah: M0086/Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Tahun: 2005 Versi: 5.
INDONESIA INFRASTRUCTURE INITIATIVE IURSP – Monitoring dan Evaluasi IURSP – Monitoring and Evaluation Workshop 3 Steve Brown VicRoads International Projects.
1 Pertemuan 11 Function dari System Matakuliah: M0446/Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Tahun: 2005 Versi: 0/0.
13 Akuntansi Biaya Activity Based Costing
1 INTRODUCTION Pertemuan 1 s.d 2 Matakuliah: A0554/Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Tahun: 2006.
BUILDING a SUPER CLUB How to create club, meeting & speech that make other members envy.
THE OLD WAY OF BRANDING Brand (-ing) is only about tagline for promotion Brand (-ing) is only about the logo & creative Brand (-ing) is only for the communication.
SIKLUS PRODUKSI BAB 6 PERTEMUAN 11.
Using Course-view to Enhance our Course Design
Pertemuan Ke-4 Model Basis Data
ANALISIS KEBUTUHAN DIKLAT (Training Need Analysis)
Management Information Systems, 10/e
ANALISA KINERJA SISTEM
KOMUNIKASI DATA Materi Pertemuan 3.
USABILITAS WEB (WEB USABILITY)
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
PRINSIP USABILITY.
Rekayasa Perangkat Lunak
Pengukuran Kinerja Sistem
Rekayasa Perangkat Lunak Pendahuluan
Perancangan Basis Data
The first reason Sebab yang pertama.
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Erik Kurniadi
Software Engineering Rekayasa Perangkat Lunak
Pertemuan 17 Aplication Domain
KEBERGUNAAN Anna Dara Andriana., M.Kom
MANAGEMENT RICHARD L. DAFT.
KEBERGUNAAN (USABILITY)
Mengelola Proses Perancangan Pertemuan 3
Interaksi Manusia - Komputer Rani Susanto, M. Kom
Pengantar Bisnis 7 Sessi.
IMPLEMENTASI & TESTING E-BISNIS Pertemuan 10
BAB IV KEBERGUNAAN (usebility)
Perancangan Fisik Basis Data
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
KOMPONEN-KOMPONEN SPK
Database User Account.
4 plan.
How You Can Make Your Fleet Insurance London Claims Letter.
Why It Is Necessary to Have More Sells Through the Social Media
How Can I Be A Driver of The Month as I Am Working for Uber?
Things You Need to Know Before Running on the Beach.
How to Pitch an Event
Suhandi Wiratama. Before I begin this presentation, I want to thank Mr. Abe first. He taught me many things about CorelDRAW. He also guided me when I.
Pengukuran Kinerja Sistem
PRINSIP USABILITY.
Struktur Perincian Kerja (WBS)
Daniar Wikan Setyanto, M.Sn
Pengukuran Kinerja Sistem
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
Unit: 8 The simple past tense Meaning & Use Form (structure) Exercise.
Menggali Masalah Riset
2. Discussion TASK 1. WORK IN PAIRS Ask your partner. Then, in turn your friend asks you A. what kinds of product are there? B. why do people want to.
Transcript presentasi:

Schedulling, Analysis and design sistem Rifki Indra Perwira

Topics of this week What is schedulling? Why schedulling? Detailed of schedulling Kind of schedulling Analysis Design

Schedulling Baker (1974) mengatakan bahwa penjadwalan merupakan alokasi dari sumber daya terhadap waktu untuk menghasilkan sebuah kumpulan pekerjaan. Tujuan Penjadwalan menurut Bedworth et al. (1987) : 1.Meningkatkan utilisasi penggunaan sumber daya, atau dengan kata lain mengurangi waktu tungu dari sumber daya tersebut, sehingga total waktu proses dapat berkurang dan produktivitasnya dapat meningkat. 2.Mengurangi rata-rata jumlah pekerjaan yang menunggu dalam antrian proses ketika sumber daya yang ada masih mengerjakan tugas lain. 3.Mengurangi keterlambatan, yaitu menjamin pemenuhan due date. Setiap pekerjaan mempunyai due date masing-masing dan terdapat penalti apabila pekerjaan tersebut selesai setelah due date seharusnya. sehingga akan meminimasi biaya keterlambatan.

Why ? 1.Efektifitas dan efisiensi 2.Maturity ideas 3.Due date delivered order

Reasons of NOT to Make Schedules Making schedules is difficult and tiresome, because we have to know all the tasks that need to be scheduled. Few people actually believe in schedules, because they believe schedules are never met!

Detailed of Schedulling For big projects, project schedule can be broken down into detailed schedules A detailed schedule can be assigned to a detailed task A detailed schedule considers: specific circumstances (developers’ skill set & experiences, needs of training & mentoring, leave plans, etc) check & monitoring of effort against the master schedule necessary adjustments and modifications to make it consistent with the master schedule  scheduling is an estimation activity

Kind of schedulling

Analysis dan Desain What is analysis??? It’s simple thing!!!! Sebuah pemikiran ilmiah yang bertujuan untuk memecahkan permasalahan secara objective di dasari oleh kaidah-kaidah ilmu yang relevan What is design??? Sebuah seni untuk building, integration and making product. Includes of GUI, Database, models, Framework, etc

Pre analisis Yang perlu dilakukan Riset awal Evaluasi sistem yang ada Menentukan sasaran kebergunaan yang dapat diukur Memahami lingkungan tempat pengguna bekerja, tugas-tugasnya, dan aliran kerja

How ??? Bagaimana dilaksanakan: Kunjungan ke tempat kerja Wawancara Survei Focus group Pemilahan kartu

Analisis database Reason why we need analysis : a.Redundansi data b.relasional data c.Keberadaan PK dan FK d.Table Referensi e.Tabel Master f.Tabel Transaksi g.Normalisasi vs denormalisasi

Data centered architecture

Analisis Proses Bisnis InputProsesOutput Goals condition requirem ent Methods Theory Bisnis Reports summary

Pengguna yang sempurna

Desain Perancangan GUI (cont) Mengapa Melibatkan Pengguna???? Pengguna berbeda dengan pengembang Pengguna berbeda dengan manajernya Kebutuhan pengguna yang selalu berubah Pengguna merupakan seorang ahli untuk dirinya sendiri

Kesalahan Klasik perancangan yang didasarkan pada common-sense, anggapan bahwa perilaku seseorang telah mewakili suatu kelompok dimana dia berada, keinginan atasan yang harus dilakukan, kebiasaan dan/atau tradisi lama, anggapan implisit yang tidak sesuai/tidak didukung

Usability Dix et al. (2004): sistem yang dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan permasalahan mereka adalah sistem yang: berguna (useful): sistem yang berfungsi seperti yang diinginkan oleh penggunanya dapat digunakan (usable): sistem yang mudah dioperasikan digunakan (used): sistem yang memotivasi penggunanya untuk menggunakannya, menarik, menyenangkan, dan lain-lain

Perancangan GUI (cont..) Palmer (2002) mengamati atribut kualitas lain dari kebergunaan: waktu download navigabilitas interaktifitas responsifitas kualitas konten

1. Waktu download Waktu download: dipengaruhi oleh beberapa faktor bandwidth yang digunakan kepadatan pengguna yang mengakses server yang sama ukuran informasi yang diminta, khususnya citra, yang biasanya berukuran besar

2. Navigabilitas Navigabilitas: kemampuan yang dimiliki oleh sistem yang memungkinkan pengguna menemukan informasi yang mereka inginkan secara cepat mekanisme untuk menghindarkan pengguna dari keadaan “tersesat” di dunia maya: Dimana saya sekarang? Dari mana saya tadi? Saya harus kemana?

3. Interaktifitas Interaktifitas: kemampuan sistem yang mendukung kemudahan komunikasi dua arah antara pengguna dan komputer kualitas yang menunjukkan seberapa tingginya sifat interaktif dimiliki oleh suatu antarmuka

4. Responsifitas Responsifitas kualitas sistem yang menunjukkan seberapa cepat sistem memberikan tanggapan ketika pengguna memberikan masukan yang berupa apapun, misalnya klik pada tombol mouse

5. Kualitas konten Kualitas konten: komplit tidaknya informasi yang disajikan mutakhir tidaknya informasi yang disajikan dapat dipercaya atau tidaknya informasi yang disajikan, berkaitan erat dengan: sumber informasi persepsi pengguna

Ketidakcocokan model Konsekuensi Kinerja yang rendah Kesalahan Dan ketidak mampuan untuk recovery Frustrasi....