Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni Ditinjau Dari Agama Buddha

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
“Memberkati dengan kesungguhan hati”
Advertisements

Disadur dari berbagai sumber
Assalamualaikum Wr. Wb Psikologi Agama.
NORMA DALAM MASYARAKAT
KATEKESE ANALISIS SOSIAL
ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI SERTA PERKEMBANGANNYA
URGENSI PLURALISME Untuk mengawali pembicaraan ini, kiranya perlu lebih dahulu dimengerti pembedaan antara « pluralisme » dalam arti ilmiah (teologi agama-agama)
Menalar Tuhan Kelompok 1.
Keyakinan By: Brenda 6B.
TEORI BELAJAR HUMANISTIK
Manusia Ditinjau Dari Agama Buddha
AGAMA BUDDHA DAN IPTEK UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA
UNIVERSITAS ESA UNGGUL
BUDAYA Pertemuan ke 13.
P O L I T I K Ditinjau Dari Agama Buddha
Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni
ILMU KEALAMAN DASAR ( I K D )
MASYARAKAT Ditinjau Dari Agama Buddha
Sila (Moralitas) Bagian 1 Pertemuan ke 7.
PANDANGAN ISLAM TENTANG MAKNA KEHIDUPAN dan HAM
Manusia Ditinjau Dari Agama Buddha
Filsafat Pancasila Bambang Tri Purwanto.
HUKUM Ditinjau Dari Agama Buddha
P O L I T I K Ditinjau Dari Agama Buddha
PERTEMUAN 9 KEPEMIMPINAN.
TEORI-TEORI ETIKA.
KEMUNGKINAN DAN KEHARUSAN PENDIDIKAN
Mengembangkan Pengetahuan
HERTIANA IKASARI, SE, MSi
Konsepsi Belajar sepanjang Hayat
KEYAKINAN TERHADAP TRIRATNA & MAKNA PERLINDUNGAN
Manusia, Sains, Teknologi, dan Seni
FALSAFAH DAN TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA
P O L I T I K Pertemuan ke 14.
DHARMACLASS EKAYANA BUDDHIS CENTRE 19 APRIL 2009
Tugas persentasi kelompok 5 Manusia Dan Pandangan HIdup
KETUHANAN YANG MAHA ESA
PENGAMPUNAN: BERDAMAI DENGAN MASA LALU DAN MERAJUT MASA DEPAN
Prinsip-prinsip Etis Bisnis Dalam Berbisnis
TUHAN YANG MAHAESA DAN KETUHANAN
KETRAMPILAN INTERPERSONAL
KETRAMPILAN INTERPERSONAL
Tugas Kelompok Ilmu Sosial Dasar
HUBUNGAN ANTARA ILMU, ETIKA ILMIAH DAN MASYARAKAT ILMIAH
KLASIFIKASI DAN URGENSI AGAMA BAGI MANUSIA
Tugas Softskill Minggu 3: Prinsip dalam Bisnis dan Lingkungan
filsafat ilmu Pengenalan filsafat ilmu (module 02)
PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA
TEORI BELAJAR HUMANISTIK
M O T I V A S I KRISHNANDA WIJAYA-MUKTI
UNIVERSITAS ESA UNGGUL
Pendekatan Isi Pidato 1. Pendekatan intelektual
HAKEKAT SAINS.
ETIKA FILSAFAT DZIKRINA HIRONI, S.Psi HP /
Pendekatan Isi Pidato 1. Pendekatan intelektual
X. AGAMA BUDDHA DAN IPTEK
HUKUM KARMA DAN PUNARBHAVA
URGENSI PLURALISME.
PENGARUH MATERIALISME
Relasi gender dalam agama Buddha
TEKNIK MENGUMPULKAN BERITA
PERKEMBANGAN PENALARAN DAN FISIK MANUSIA
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA
ETIKA BISNIS & TANGGUNGJAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (CSR)
KET. INTER-INTRA PERSONAL
KET. INTER-INTRA PERSONAL
KEMURAHAN DAN KEADILAN DALAM MAZMUR DAN AMSAL
YESUS DAN MEREKA YANG BERKEKURANGAN
SYUKUR SEBAGAI CITRA ALLAH Guru Mapel Silvester Nyawai, S. Pd.
DILEMA ETIK, PENYELESAIAN, DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN DIAN OKTA N, NS. MH.
Transcript presentasi:

Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni Ditinjau Dari Agama Buddha Pertemuan ke 9 dan 10

Pengertian Ilmu Pengetahuan (sains) adalah “suatu sistem pengetahuan yang berhubungan dengan dunia fisik beserta fenomena-fenomenanya yang memerlukan suatu pengamatan yang tidak didasari prasangka apapun melainkan berdasarkan eksperimen yang sistematik. Secara umum, sains melibatkan penggunaan kebenara-kebenaran umum atau bekerjanya hukum-hukum yang mendasar untuk memahami corak fenomena”. (Encyclopedia Britannica) Teknologi adalah cara dan keterampilan untuk membuat sesuatu. Yang dimaksudkan adalan sains terapan. Sains membutuhkan ; pengamatan atau observasi.

Buddha bersabda: “... Oleh karena itu, warga suku kalama, janganlah percaya begitu saja berita yang disampaikan kepadamu, atau oleh karena sesuatu yang sudah merupakan tradisi, atau sesuatu yang di desas desuskan. Janganlah percaya begitu saja apa yang ditulis di dalam kitab-kitab suci, juga apa yang dikatakan sesuai logika atau kesimpulan belaka, juga apa yang dikatakannya telah direnungkan dengan seksama, juga apa yang cocok dengan pandanganmu atau karena ingin menghormat seorang pertapa yang menjadi gurumu ... Tetapi terimalah kalau engkau sudah membuktikannya sendiri” (Kalama sutta) Ehipassiko = datang - lihat - buktikan = come and see

Kewajiban Menuntut dan Mengamalkan Ilmu Memiliki pengetahuan luas dan keterampuilan adalah berkah utama (Mańgala Sutta) Dalam Natha Sutta, Dasakanipata, Anguttara Nikaya; Buddha menyatakan bahwa dengan memiliki pengetahuan luas, seseorang berarti telah membuat pelindung bagi dirinya sehingga dapat terhindar dari kehidupan yang penuh penderitaan.

Kewajiban Menuntut dan Mengamalkan Ilmu Orang yang tidak mau belajar akan menjadi tua seperti sapi, dagingnya bertambah tetapi kebijaksanaannya tidak berkembang. (Dhammapada 152) Seseorang semakin beranjak tua sepantasnya bertambah dalam kebijaksanaannya. Tetapi sebagaimana usia kronologis tidak selalu persis sama dengan usia biologis atau waktu fisiologis dengan waktu psikplogis, demikian pula halnya dengan ketuaan atau usia lanjut bukan jaminan terdapatnya kebijaksanaan atau kesucian.

Kewajiban Menuntut dan Mengamalkan Ilmu Seseorang tidak disebut thera (orang lebih tua) hanya karena rambutnya telah memutih. Biarpun usianya sudah lanjut, dapat saja ia disebut orang tua yang tidak berguna. (Dhammapada 260) Orang yang memiliki kebenaran dan kebijakan, tidak kejam, terkendali dan terlatih dari noda-noda, sesungguhnya ia patut disebut thera (orang yang lebih tua). (Dhammapada 261)

Medan-Medan Konflik antara Agama dan Sains Menyangkut eksistensi pencipta, proses penciptaan, dan kewibawaan kitab suci. Kasus Galileo  bahwa bumi mengelilingi matahari Kasus Giordano Bruno (1547 - 1600)  penjara 7 tahun dan dibakar hidup-hidup  mengungkapkan bahwa dalam semesta mungkin terdapat banayak dunia.

Hubungan Buddhisme dengan Sains Albert Einstein (1879 - 1955)  “Agama masa depan adalah agama kosmik. Melampaui Tuhan sebagai pribadi serta menghindari dogma dan teologi. Mencakup baik alamiah maupun spiritual, agama tersebut seharusnya didasarkan pada rasa keagamaan yang timbul dari pengalaman akan segala sesuatu yang alamiah dan spiritual, berupa kesatuan yang penuh arti. Ajaran Buddha menjawab gambaran ini. Jika ada agama yang akan memenuhi kebutuhan ilmu pengetahuan modern, itu adalah ajaran Buddha.”

Hubungan Buddhisme dengan Sains Ajaran Buddha tidak dibangun berdasarkan keyakinan pada suatu kekuatan adikodrati yang mencipta dan mengatur nasib manusia tetapi berdasarkan hukum kausalitas. Menghargai kebebasan berpikir dan verifikasi melalui pengalaman. Karena itu keyakinan dalam agama Buddha bersifat rasional, tumbuh berdasatkan kebijaksanaan yang bersih dari takhayul.

Pengaruh Buddhisme terhadap Sains Konsep atom menyerupai cara Buddha menjelaskan mengenai Tilakkhana (anicca-dukkha-anatta). Robert Oppenheimer (1904 - 1967) menerangkan posisi elektron dg mengutip cara Buddha menjawan pertanyaan tentang kondisi arahat setelah meninggal dunia. Umat Buddha mengenal teknologi konstruksi dan arsitektur bangunan yang menakjubkan (ex. Borobudur) Ilmu sosial; E.F. Schumacher (1973) -> konsep small is beautiful Buddhisme memberikan berbagai nilai dan tuntunan untuk menjadikan nilai lebih baik dan sejahtera

Pengaruh Sains terhadap Buddhisme Semakin tinggi tingkat intelektual seseorang, semakin memudahkan seseorang memahami Buddha-Dharma. Misal; dulu orang menganggap ruangan kosong hanya mengandung udara  sekarang orang dpt mengandung oksigen dan gas-gas lainnya. Buddha menjelaskan bahwa seringkali panca indera kita memberikan pengetahuan yg tidak tepat dan menyesatkan. Apakah pengetahuan semacam ini perlu? Tentu kalau kita tidak mau menjadi orang buta yang meraba gajah lalu mendebatkannya (Udana, 68-69) Sains dan Tekhnologi memberi pengaruh banyak terhadap pernyiaran Buddha Dharma; seperti penemuan kertas, teknologi cetak, digital, arsitektur, media audio, media elektrik, internet dll.

Perbedaan Posisi Sains dan Buddhisme Motif dan metode IPTEK : berkembang lewat suatu proses dan terdorong oleh kebutuhan atau kepentingan mengembangkan pengetahuan demi pengetahuan, sedangkan Buddhisme; mengembangkan pengetahuan demi penyelamatan. Buddhisme; untuk meningkatkan usia dan harapan hidup manusia, harus menghindari pembunuhan, taat pada aturan moral, dan melaksankan kebajikan (D. III, 73-74), Sedangkan IPTEK menawarkan bank organ hidup untu mengganti organ yang rusak, membuat suatu temuan untuk memperlambat pertumbuhan. IPTEK mengubah dunia luar untuk membuat hidup lebih nyaman, sedangkan Buddhisme merubah dunia dalam diri manusia agar lebih baik. IPTEK mampu menjawab persopalan umum yang dihadapai manusia seperti kelaparan, tetapi tidak dapat menjawan apa itu tujuan hidup manusia, dan Buddhisme memberikan jawaban ini dengan tepat. Kebenaran ilmiah bersifat sementara dan relatif, sedangkan Dharma tidak lapuk oleh waktu, menuntun kekebebasab (A. III, 285)

Perbedaan Posisi Sains dan Buddhisme Ukuran Peradapan Teknologi seringkali dipandang sebagai ukuran peradapan manusia, sedangkan bagi Buddhisme adalah kesucian. Seringkali teknologi membuat kebanyakan orang mengejar kepuasan indra dan kenikmatan duniawi, sedangkan Buddhisme justru membatasi pemuasan nafsu indra. Apakah orang yang masih mengejar pemuasan nafsu inderawi dapat menikmati kepuasan surgawi? Buddha membandingakan pemuasan nafsu inderawi dengan penderita kusat. orang yang sakit kusta yg merasa lega dan puas setelah menggaruk atau bahkan membakar lukanya. Apabila ia telah sembuh, maka tiadak mau lagi melakukan perbuatan yang sama. Terdapat kesenangan lain daripada kepuasan indra, yg memberi alasan kenapa seseorang melepaskan diri dari kemelekatan nafsu indrawi. (M.I, 502-508)

Kaitan Sains dengan Moral IPTEK dipandang tidak mampu membuat manusia menjadi lebih baik atau bermoral. Egoisme dan keserakahan manusia, berpotensi merendahkan martabat bahkan menghancurkan. Menurut Buddha, pengetahuan bagi si dungu membawa kesengsaraan, menghancurkan kebaikannya, dan membelah kepalanya sendiri. (Dhp. 72) Agenda perkembangan IPTEK telah menjadi agenda agama pula, khususnya menyangkut etika dan moral.

Be Happy

Tugas Tiap kelompok terdiri dari 5 orang Presentasikan tema berikut: Manfaat dan dampak IPTEK bagi perkembangan agama Buddha Euthanasia dan aborsi ditinjau dari agama Buddha teori pembentukan bumi ditinjau dari agama Buddha Kloning ditinjau dari agama Buddha