GEREJA &SAKRAMEN Pertemuan ke 9.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Session 3 : Hidup dalam Roh Kudus.
Advertisements

Lesson 11 for June 14, 2014 PARA RASUL DAN HUKUM.
Oleh: Pdt. Yohanes Bambang Mulyono
Tommy's Window Slideshow
GEREJA.
MUSIK GEREJA.
Baptisan Roh Kudus Bacaan: Kis 2:1-13.
Kisah Para Rasul 15:1-21 TANTANGAN DOKTRINAL.
Oleh: Pdt. Yohanes Bambang Mulyono
PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT
TRITUNGGAL MAHA KUDUS ALLAH BAPA ALLAH PUTERA ALLAH ROH KUDUS.
S.A.K.R.A.M.E.N.T.A.L.I Sakramentali: tanda2 suci yg ditetapkan o/ Gereja u/ mengudusan macam2 situasi kehidupan. Doa yg diiringi dg tanda salib dan tanda2.
Doa untuk KELIMPAHAN BERKAT (Efesus 1:15-23)
Oleh: Pdt. Yohanes Bambang Mulyono
Kristologi Pertemuaan ke 5.
SAKRAMEN-SAKRAMEN PENYEMBUHAN
Sakramen Tobat Sakramen penyembuhan
Dipersiapkan oleh: Vonny
PELAYANAN SETIAP ANGGOTA
MARI BERBAGI DALAM EKARISTI: ALLAH YANG BERBAGI AGAR KITA PUN BERBAGI
Mengapa Perlu dibaptis? Sebelum Yesus memulai pelayananNya, Ia pergi ke Sungai Yordan untuk dibaptis (Mat. 3:13).
PENEUMATOLOGI Pertemuan ke 6.
KERANGKA DASAR APP KEUSKUPAN SURABAYA TAHUN 2012
Apa itu Institusi sosial?
Babtis.
SAKRAMEN BAPTIS, PERJAMUAN KUDUS & GEREJA BERSAKSI
PASKAH, APAKAH MASIH HARUS DIRAYAKAN ?
Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) Santo Thomas Aquinas
Pendidikan agama kristen
TRITUNGGAL MAHA KUDUS ALLAH BAPA ALLAH PUTERA ALLAH ROH KUDUS.
Katekisasi GKI Gejayan
TRINITAS.
Ekaristi Sumber Berkat Dalam Keluarga
Bibliologi disiplin ilmu yang mempelajari akan Alkitab
CHRISTIAN FAITH CREDO RUMUSAN-RUMUSAN PENGAKUAN IMAN GEREJA UNIVERSAL : ANATASIUS NICEA KONSTANTINOPEL PENGAKUAN IMAN RASULI.
Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) Santo Thomas Aquinas
GEREJA: BERBAGAI UPACARA DAN RITUAL
Oleh: Khoerul Anwar TH a.
BAIT SUCI, SINAGOGE DAN JEMAAT
LITURGI IBADAH GKI.
SAKRAMEN (Pertemuan keempat)
YESUS KRISTUS SEBAGAI TELADAN SEMPURNA
Tugas Tulislah doa Aku percaya / Syahadat Para rasul ! Apa Paroki anda.
Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag
MEMELIHARA JEMAAT AGAR SETIA
LITURGIKA (TATA IBADAH)
MENGALAHKAN DOSA Lesson 7 for November 18, 2017.
Pelajaran Sekolah Sabat ke 10, 8 Desember 2012
KATEKISASI GEREJA Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka.
BAPTISAN DAN KEPENUHAN ROH KUDUS Lesson 5 for February 4, 2017.
1. MENELUSURI HAKIKAT GEREJA a. Gereja : umat allah Dalam perjanjian baru gambaran gereja sebagai umat allah dapat ditemukan dalam 1ptr. 2:10; rm. 9:25.
Minggu, 05 Agustus Minggu, 5 Agustus 2018 Dilayankan Oleh : Pdt. DR. Djoko Prasetyo A.W. M.Th.
Pdt. Gerry CJ Takaria.
KUNCI KEPADA PERSATUAN
MUSYAWARAH YERUSALEM Lesson 8 for August 25, 2018.
PARA PEMIMPIN GEREJA MULA-MULA
KEHIDUPAN DALAM GEREJA MULA-MULA
DIPERSATUKAN DENGAN YESUS
PENGALAMAN PERSATUAN DI GEREJA MULA-MULA Lesson 5 for November 3, 2018.
GAMBARAN-GAMBARAN PERSATUAN
SAAT KONFLIK MUNCUL Lesson 7 for November 17, 2018.
PERSATUAN DALAM IMAN Lesson 8 for November 24, 2018.
BUKTI YANG PALING MEYAKINKAN
UMAT ALLAH YANG DIMETERAIKAN
Sengsara Tuhan Yesus keempat. Pembukaan Ibadah : Pnt : Jemaat yang dikasihi Tuhan, di Perayaan Minggu sengsara keempat Sebuah perenungan menjenguk hati.
Bagaimana Yesus mengubah pemahaman kita tentang Tuhan?
Gereja Kristen Jawa Ambarrukma
Gereja Kristen Jawa Ambarrukma
Materi Purity Topik 2.
GEREJA SEBAGAI UMAT ALLAH. Apakah?  Ini ? ATAU Ini ? 
Transcript presentasi:

GEREJA &SAKRAMEN Pertemuan ke 9

Gereja adalah suatu istilah yang menunjuk pada semua orang yang menjadi milik Tuhan yaitu mereka yang telah dibeli oleh darah Kristus. Untuk menjelaskan gereja banyak istilah dan sebutan diantaranya keluarga Allah, umat Allah, orang pilihan, mempelai perempuan Kristus, kumpulan orang-orang yang telah ditebus, Israel baru.

Dalam PB kata gereja dipakai kata ekklesiatikal artinya mereka yang dipanggil keluar – kumapulan atau jemaat pilihan yang dipanggil keluar dari dunia pergi dari dosa dan masuk kedalam wilayah anugerah. St. Augustine bahwa gereja di dunia adalah suatu percampuran yaitu perlu dibedakan antara gereja kelihatan dan yang tidak kelihatan. Gereja kelihatan terdiri dari orang-orang yang telah mengakui iman, dibabtis dan terdaftar menjadi anggota suatu lembaga gereja. Gereja yang tidak kelihatan adalah tranparan dan dapat dilihat sepenuhnya oleh Allah. dan tugas orang pilihan adalah untuk membuat gereja yang tidak kelihatan menjadi kelihatan.

Gereja adalah satu, kudus, universal/katolik dan apostolic Gereja adalah satu, kudus, universal/katolik dan apostolic. Gereja adalah suatu organisme bukan organisasi. Tanda-tanda gereja yang sejati: 1. memberitakan Firman Tuhan dengan benar. 2. mengunakan sakramen sesuai dengan institusi mereka 3 menjalankan disiplin gereja.

Gereja protestan mengakui dua sakramen Gereja protestan mengakui dua sakramen. Yang dimaksud dengan sakramen adalah: ketetapan yang diperintahkan secara langsung oleh Kristus, 2. ketetapan yang secaranaturnya memang signifikan, 3. ketetapan yang dirancang bersifat kekal, 4. ketetapan yang dirancang untuk menunjukkan, mengajar, memeteraikan orang-orang percaya yang telah menerima sakramen-sakramen itu di dalam iman. Sakramen adalah alat anugerah yang nyata yang mengandung janji-janji Allah. kedua merupakan bentuk non verbal dari komunikasi – yang harus sejalan dengan pemberitaan Firman Tuhan.

Sakramen Baptisan merupakan tanda sacramental dari PB merupakan tanda dimana Allah memeteraikan janjiNya kepada orang pilihanNya yaitu bahwa mereka termasuk dalam ikatan perjanjian anugerah. Arti baptisan merupakan tanda pembersihan dan pengampunan dari dosa-dosa. Menunjukkan bahwa orang itu sudah dilahirbarukan oleh Roh Kudus telah dikuburkan dan dibangkitkan bersama Kritus dan telah didiami oleh Roh Kudus. Diterima dalam persekutuan Illahi dan diadopsi menjadi anggota keluarga Allah serta dikuduskan oleh Roh Kudus. Dalm PL ikatan perjanjian itu ditandai dengan sunat.

Sakaramen perjamuan kudus yaitu dengan memakai unsur roti dan anggur yang menyatakan tubuh dan darah Yesus. Untuk masa sekarang berarti adanya ketidakhadiran Yesus secara Fisik namun Yesus hadir secara nyata dalam keilahianNya. Dan kekristenan menolak adanya transsubstansiasi yaitu pada waktu misa perjamuan roti dan anggur secara mujizat berubah menjadi tubuh dan darah Kristus tetapi penampilannya dan rasanya tetap roti dan anggur. Hal ini menunjuk pada esensi dari sesuatu sedangkan tampak dari luar menunjuk pada kualitas luar yang dapat dilihat.

Hari sabat yaitu hari yang ketujuh setelah selesai dari penciptaan dan dikuduskan oleh TUhan. Dlm PB sabat adalah hari ketiga dari ke kematian Kristus. Sabat adalah hari perhentian dari segala pekerjaan sehari-hari dan bersekutu untuk beribadah dengan orang percaya lainnya.