Games and ice breakings

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Permainan dan cara memainkannya
Advertisements

PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KEKOMPAKAN KELOMPOK
Pengantar Game untuk membuka dan menutup kelas ini dimaksudkan bukan untuk mempengaruhi guru melainkan memberikan nuansa tambahan dari guru dalam.
SEMESTER BARU, SEMANGAT BARU, PRESTASI GEMILANG
Belajar Dengan Cara Bekerja Sama (Collaborative Learning)
BAB II Program Linier.
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF tipe STAD berbantuan CABRI 3D
Tugas Disain Pelatihan Nama: Siti Rohana NPM:
MODEL-MODEL PAKEM BAHAN DISKUSI GURU-GURU SMP FRANSISKUS
PEMBELAJARAN INOVATIF
Pendidikan Jasmani BAHAN AJAR TEKNIK LAY UP SHOOTING
Oleh: NAWAN PRIMASONI, M.Or
Bab 4 Lingkaran 6 April 2017.
CHAOS Grup size: 15 sampai 30 Waktu: 10 sampai 15 menit Bahan: kertas dan pena Nurmiyati. NPM :
MODEL PENDEKATAN BERNUANSA KONSTRUKTIF
Kooperatif Tipe Struktural Teknik TEAM QUIS oleh : Suwarto WA
PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN
Nama Permainan : MENYEBUT NAMA TEMAN KENALAN DAN TOKOH
Tujuan: Untuk meningkatkan komunikasi kelompok. Langkah-langkah: 1.Meminta peserta untuk berdiri pada dua baris yang berhadapan satu ysng bertanya.
Oleh: NAWAN PRIMASONI, M.Or
DI SUSUN OLEH: ENI SUSILOWATI ( )
Paket 9 Mata Kuliah Pembelajaran Tematik
Bola basket.
NAMA: FAJARRUDIN NPM: Tugas Desain Pelatihan MID Semester Genap 2012 UMY.
MELIPAT KERTAS.
TIKUS DAN KUCING TUJUAN: MELATIH KERJASAMA ANTAR PESERTA
Nama Permainan : ARISAN HEBOH IDOL Oleh : Nama Mahasiswa : HADI NUR SETYAWAN NIM : Semester: VI Reguler 2009 Gunungkidul ijk.
Tata Tertib Pengawas Ruangan Dan Peserta UN
MELIPAT KERTAS.
Fasilitator : N. Faqih Syarif 2007
Tugas desain pelatihan UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
PETUNJUK SELAMAT! Tim Anda terpilih untuk mengikuti THE AMAZING RACE on KEBUN RAYA BOGOR Pastikan Tim Anda menerima 1 bingkisan yang berisikan PETA, ATURAN.
WARNA Ria Lestari NPM : NEXT. Tujuan Untuk meningkatkan interaksi dalam team Bahan : Tidak ada Waktu : 10 menit Jumlah peserta : 15 s/d 30.
bahan - Selotip - Sedotan - balon agak besar - tali nilon sekitar 3 m
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TARBIYAH) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Nama Permainan : petani dan pencuri Dosen : Drs. Mujiyana, M.Si
MENGENAL CARA BELAJAR DEDE TRIE KURNIAWAN D1C
Jumlah Peserta Waktu Tujuan Alat dan bahan Langkah - langkah.
Fasilitator : N. Faqih Syarif 2007
Penjaskes Jilid 2 Penjaskes Permainan
METODA PENDIDIKAN KELOMPOK
Bola basket.
TIPS MENINGKATKAN KECERDASAN OTAK
PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN KOOPERATIVE LEARNING TIPE STAD KELAS IV SD OLEH : MARNIS SUSANTI.
LOMBA CALISTUNG.
STRATEGI PENINGKATAN DAYA SIMAK
BAHAN AJAR PENDIDIKAN JASMANI
Unik Ambar Wati STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DI SD Unik Ambar Wati
PEMBELAJARAN KOOPERATIF
01.1 Hari-1 Sesi-1 Pendahuluan.
PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN
KENDALA DAN KARAKTERISTIK PENYIMAK
STRATEGI PENINGKATAN DAYA SIMAK
INSTRUKSI TES T.A.T.
KENDALA MENYIMAK.
PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN
LOMBA CALISTUNG.
DAKONMATIKA Oleh: Zadna Zulfia Ni’mah
TIM IT MTs Negeri 4 Malang
LATIHAN 5 LATIHAN OTAK “ KESEIMBANGAN OTAK KANAN – KIRI” (TIM POWER BRAIN INDONESIA) Oleh. : Rismawaty.
SENI MENGAJAR GURU MATEMATIKA IDAMAN SISWA
PERMAINAN BOLA BASKET.
1. 0+0= = = 6.9-0= = = = 8.9-1=
PENGORGANISASIAN KELAS DAN UNGKAPAN HARAPAN PESERTA
TES ISIAN.
Assalammuallaikum Wr. Wb.
PERSIAPAN MATRIKULASI MTSN 5 TULUNGAGUNG MUHAMAD DOPIR.
Ulangan Harian Kenaikan Kelas (UKK) PKn 5/2 SENIN, 21 MEI 2018.
INDEX CARD MATCH (mencari pasangan)
MEDIA DISPLAY DAN REALIA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA BY : LENNI KHOTIMAH HARAHAP MAGISTER PENDIDIKAN KIMIA PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN 2017.
Transcript presentasi:

Games and ice breakings PELATIHAN PJ KELAS MASTA UAD 2014

Game team Bahan : kertas yang sudah dipotong2 secara acak (bentuknya) Langkah : Peserta di bagi perkelompok dengan masing2 kelompok sebanyak 5-6 orang / kondisinional. Masing2 kelompok dibagikan potongan2 kertas. Intruksikan kepada setiap kelompok untuk membuat apapun bentuk dengan potongan kertas tadi. Dengan syarat komunikasi tanpa suara. Setelah semua kelompok selesai, masing2 kelompok mempresentasikan hasil kerja mereka. Setelah semua selesai,tanyakan apa yang menjad kendala dan proses mereka bekerja dalam kelompok tadi. Jelaskan maksud dari permainan ini.

Nilai / pelajaran yang dapat kita ambil dari game ini : Organisasi dalam kelompok Pentingnya sebuah komunikasi dalam berorganisasi : dalam sebuah kelompok, dibutuhkan sebuah komunikasi, jika satu sama lain tidak saling berkomunikasi maka akan sulit kelompok itu untuk menghasilkan sesuatu. Pemilihan leader dalam kelompok : dalam sebuah kelompok perlu adanya yang namanya leader yang mengatur dan memimpin jalannya sebuah kelompok, disadari atau tidak dalam sebuah kelompok pasti akan terbentuk serang leader entah itu ditunjuk atau alamiah Kerjasama, toleransi (tidak egois) dan kekompakan : dalam sebuah kelompok dibutuhkan yang namanya kerjasama dan kekompakan Jika ada tambahan silahkan tambahkan.

Game sedotan Bahan : sedotan Langkah : Bagi peserta menjadi beberapa kelompok. Bagikan sedotan ke masing2 kelompok sebanyak 10 batang /lebih (yang penting dibatasi) Intruksikan ke masing-masing kelompok untuk membuat bangunan dari sedotan tersebut setinggi dan sekokoh mungkin Setelah selesai setiap kelompok bergiliran menampilkan bangunan mereka dan diuji ketinggian dan kekokohannya. Menguji kekokohan dengan cara ditiup oleh 4 orang degan jarak 1 meter. Setelah semua selesai,tanyakan apa yang menjad kendala dan proses mereka bekerja dalam kelompok tadi. Jelaskan maksud dari permainan ini serta jelaskan kelebihan dan kekurangan masing2 team.

Aturan : Sebisa mungkin setiap kelompok membuat sedotan dengan 10 batang, jika kurang boleh minta tambah sedotan ke instruktor dengan syarat setip batang akan dihitung penambahan penguji (peniup) misal peserta menambah 1 sedotan maka peniup bertambah menjadi 5 orang. Tidak diperbolehkan memotong sedotan. Pelajaran yang dapat diambil : Kerja team Mempertimbangkan akibat dari suatu keputusan Strategi dalam membuat bangunan, kita tidak hanya membuat sesuatu secara langsung, tapi juga harus merencanakannya terlebih dahulu.  

Almost circle Langkah : Peserta dibagi menjadi beberapa team Peserta membuat lingkaran dengan saling berhadapan Peserta saling berpegangan tangan secara bersilangan. Intruksikan kepada setiap team untuk melepaskan diri (tangan tidak bersilang lagi) dengan syarat tangan tidak boleh terputus Pelajaran : Kerja team, Kesabaran, Tidak egois dan strategi

Vocal group Langkah : Peserta dibagi menjadi beberapa team Beri waktu 3- 5 menit untuk setiap kelompok membuat tiruan suara alat musik apa saja. Tapi setiap team tidak boleh sama. Setelah selesai, intruksikan kepada setiap kelompok untuk memperhatikan instrktor selayaknya dirigen. Setiap dirigen menunjuk salah satu team, maka team tersebut mengeluarkan suara alat musiknya.lakukan seterusnya dan semakin lama semakin cepat  

Daya ingat Menyebut nama teman selanjutnya mengulang nama dan sebut namanya, teman ketiga menyebut nama dari nama teman pertama hingga namanya begitu hingga berikutna Jika sesi mengingat nama teman sekelompok tuntas bisa ditambah dengan tempat asal / asal sekolah / …dll Yang bisa hafal dapat diberi hadiah

door langkah : Peserta dibuat formasi lingkaran Instruktor berada ditengah peserta Ketika instuktor menembak ke salah satu peserta, peserta itu duduk dan samping kanan dan kirinya saling menembak, siapa yang terebih dahulu tertembak maka duduk Lakukan seterusnya sampai peserta bersisa satu, dan yang tersisa mendapat hukuman. Pelajaran : Kecepatan dan fokus

jika..maka.. langkah : peserta dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok jika dan kelompok maka masing2 kelompok membuat kalimat sesuai kelompoknya, misal kelompok ‘jika’ membuat kalimat dengan kata awal jika, begitupun dengan kelompok maka setelah selesai tunjuk salah satu pserta dari kelompok jika dan kelompok maka jika jawaban mereka berdua cocok, boleh diberi hadiah atau semacamnya. Pelajaran : komunikasi