BAB I Apresiasi karya seni rupa SENI BUDAYA IX BAB I Apresiasi karya seni rupa
Berasal dari bahasa Inggris Apresiation artinya APRESIASI Berasal dari bahasa Inggris Apresiation artinya Penghargaan
Tahap Apresiasi Audio Visual Memiliki Mempelajari Mengekspresikan diri
Pengertian Seni Rupa Murni Adalah : seni rupa yang hanya mengandalkan aspek keindahan ( estetis ) yang diekspresikan oleh senimannya
Perbedaan seni rupa murni Nusantara dan Mancanegara Nusantara : menonjolkan obyek Nusantara dan menggambarkan keadaan masyarakat setempat dengan ciri khas daerahnya. Asia Timur : identik dengan tema religius Asia Barat : menggambarkan keindahan obyek dengan menonjolkan aspek kesempurnaan bentuk dan Proporsi ideal
Jenis karya seni rupa murni Asia Seni Lukis : adalah sebuah karya dua dimensi ( panjang, lebar ) yang diciptakan melalui ekspresi spontan dalam memvisualisasikan unsur-unsur seni menjadi bentuk simbul yang kreatif dan di dalamnya terkandung sebuah keindahan Seni Patung: adalah hasil karya yang dibuat untuk memvisualisasikan bentuk simbul tiga dimensi ( panjang,lebar,tinggi ) dengan ekspresi dan imajinasi yang kreatif dan di dalamnya terkandung unsur estetika ( keindahan )
Perbedaan antara Seni Gambar ( drawing ) yang ditonjolkan adalah unsur garis Seni Lukis ( painting ) yang ditonjolkan adalah unsur warna ( seni lukis merupakan gambar berwarna )
Media seni lukis adalah kanvas Media lain untuk melukis adalah : Tembok, karung goni, Triplek, Plastik, karton atau kertas
Unsur dalam seni lukis Unsur ideoplastis : Terdiri dari ide/gagasan, imajinasi, pengalaman estetis dan ekspresivitas Unsur fisikoplastis : Terdiri dari garis, warna, tekstur, bentuk, komposisi( harmoni ), irama dan keseimbangan, fokus
Manfaat dari lukisan Untuk kepentingan estetis semata Untuk kebutuhan magis pada zaman prasejarah Untuk kebutuhan religi Untuk kebutuhan politik
Berdasarkan obyek yang digambar , lukisan dapat berupa : Lukisan pemandangan ( landscape ) Lukisan alam dalam bentuk benda ( still life ) Lukisan potret Lukisan yang menampilkan kehidupan manusia, binatang, dan lingkungan hidup yang melingkupinya Lukisan abstrak
LUKISAN ABSTRAK
Teknik dalam lukisan Al Fresco Al secco Aquarel Mozaik Kolase Ikon Patri Embrush Montase
Aliran Seni Lukis Aliran Representatif Naturalisme ( sangat mengagumi serta mengagung-agungkan keindahan ) Romantisme ( Merupakan aliran tertua di dalam sejarah seni lukis modern Indonesia. Lukisan dengan aliran ini berusaha membangkitkan kenangan romantis dan keindahan di setiap objeknya ) Klasisme Realisme ( adalah lukisan yang menggambarkan sesuau yang ada dan nyata ) Imprisionisme ( menghadirkn kesan-kesan atau pengaruh pada perasaan )
Aliran Interpretatif Kubisme ( aliran yang cenderung melakukan usaha abstraksi terhadap objek ke dalam bentuk-bentuk geometri, seperti kerucut, segi tiga, lingkaran dll untuk mendapatkan sensasi tertentu. Salah satu tokoh terkenal dari aliran ini adalah Pablo Picasso ) Surialisme ( menyerupai bentuk-bentuk yang sering ditemui dalam mimpi ) Abstraktisme ( menggabarkan sebuah bentuk yang tidak berwujud ) Faturisme (adalah suatu paham dari beberapa orang atau sekelompok orang yang percaya atau yakin akan adanya masa mendatang yang lebih baik, dalam arti lebih modern, lebih konkrit, bahkan diyakini bahwa manusia akan mampu menguasai jagad raya dengan tehnologi yang dimilikinya nanti ) Dedalisme ( kejutan baru>>monalisa dibubuhi kumis, susunan karcis dibuat usang... Marcel Duchamp, Thristan Tzara, hans Arp ) Ekspresionisme ( mengutamakan kebebasan ) Simbolisme
Teknik berkarya patung Modelling : teknik membutsir / membentuk dengan penambahan bahan Pahat ( carving ) : memahat dengan mengurangi bahan Cor ( casting ) : menggunakan bahan cair tetapi dapat beku dalam waktu tertentu dengan cara bivalve Konstruktif ( constructing/assembling ) : menyusun,mengkonstruksi,membangun bahan yang ada
Bahan alami membuat patung Tanah liat Batu Bambu Kayu Marmer Bahan buatan membuat patung Plastisin Gips Logam prunggu Besi Semen batu Fiberglas Plastik Pipa
ALAT MEMATUNG Pahat Cetok Butsir Sudip Cetakan Kikir Perekat Mur Baut Paku Tali
BENTUK PENAMPILAN PATUNG Lepas ( faestanding sculpture ) : Jenis patung yang dapat dilihat dari bernagai arah pandang Relief : Jenis patung yang hanya dapat dinikmati dari arah depan saja
MANFAAT PATUNG Masa prasejarah : untuk kepentingan magis dan religi Untuk hiasan / dekorasi Untuk peringatan peristiwa bersejarah
CIRI BENTUK PATUNG Naturalis Fantasi / figuratif Abstrak Stilasi / Abstraksi
ALIRAN SENI PATUNG Simbolisme patung yang tema tampilannya berbentuk penafsiran makna dan perlambangan Konstruktifisme patung yang dibuat dalam bentuk geometris Robot art patung dibuat dalam bentuk kaku dan statis Mobile Sculpture art patung yang bisa bergerak atau digerakkan
KEUNIKAN SENI RUPA MURNI BANGSA INDIA Seni Lukis : tulisan gambar ( pitogram ) yang dibuat pada lempengan tanah liat serta lukisan dinding bercorak Budha dengan teknik fresco Seni Patung: karya seni rupa yang berkembang di India umumnya bercorak Hindu dan Budha
BANGSA CINA Seni Lukis : seni kaligrafi, lukisan fresco, lukisan dekoratif,kombonasi ilustrasi dan kaligrafi ( seni lukis Zen ) Seni Patung: terbuat dari perunggu, batu giok, keramik, dan kayu. Patung dibuat untuk kepentingan agama dan sebagai patung kubur.
BANGSA KAMBOJA Dalam Kuil Angkor Wat dan Kuil Angkor Tom dibangun 50 menara yang berhiaskan Budhiwatwa. Dalam pagarnya berbentuk pilar-pilar yang berhiaskan naga yang dinaiki oleh makluk kayangan. Ditemukan Stupa Lampun, patung Krisna dari batu putih, patung Jayawarman serta relief kematian Hanoman
BANGSA MYANMAR Pagan sebuah kota di Myanmar terkenal dengan kota seribu Stupa Kuil Ananda dikelilingi tembok yang memuat 1500 bidang berisi relief cerita agama Budha Pagoda-pagoda terbuat dari batu serta bata merah dihiasi lukisan-lukisan fresco dan patung dari kayu
SEJARAH PERKEMBANGAN SENI RUPA INDONESIA dipengaruhi budaya bangsa-bangsa asing seperti : Bangsa India : pengaruh budaya Hindu dan Budha Bangsa India : bangunan candi Budaya Islam Bangsa Eropa : budaya seni modern dengan ciri ( memiliki konsep,ide, teknik, gaya, serta individualitas
PEMBANGIAN SEJARAH PERKEMBANGAN SENI RUPA INDONESIA Zaman Prasejarah * Zaman Batu Tua ( Paleolitikum ) * Zaman Batu Menengah ( Mezolitikum ) * Zaman Batu Muda ( Neolitikum ) * Zaman Logam ( Perunggu ) * Zaman Batu Besar ( Megalitikum ), adanya perkembangan saling komunikasi antar bangsa, serta
Zaman Hindu dan Budha Datangnya bangsa India ke Nusantara berpengaruh pada agama dan kesenian, bentuk lukisan, ornamen-ornamen seni rias dan patung
Zaman Islam Pengaruh budaya Islam seperti munculnya seni kaligrafi, seni bangunan, seni ukir, seni kriya, ragam hias serta wayang
Zaman Modern Datangnya bangsa Belanda ke Nusantara membawa pengaruh besar terhadap dunia pendidikan serta kesenian Aliran seni lukis seperti : Vincen Van Gogh, Rudolf Bonnet, Walter Spies, Ernest Dezentje, W.G Hofker, serta Miguel Covarrubias menjadikan sumber inspirasi bagi seniman Indonesia
SEJARAH SENI RUPA INDONESIA MODERN Masa Perintis Raden Saleh ( 1814-1880) Sebagai pelukis moden pertama Indonesia Sebagai pelukis menganut gaya Romantisme Karya Raden saleh : Perkelahian dengan Singa, Penangkapan Diponegoro, Potret Bupati Majalengka, Berburu Singa serta Letusan Gunung Berapi
2. Masa Indonesia Jelita Abdullah Suryo Subroto bersama Pirngadi, Wakidi serta Basuki Abdullah mengembangkan seni rupa modern
Masa Persagi ( Persatuan Ahli Gambar Indonesia ) S Sudjojono dikenal sebagai bapak Seni Rupa Modern Indonesia
4. Masa Pendudukan Jepang Jepang memajukan kebudayaan Indonesia sebagai strategi perang Didirikan POETERA ( Poesat Tenaga Rakyat ) Keimin Bunka Shidosho ( Lembaga Pusat Budaya Jepang yang membuka kesempatan bagi pribumi untuk berlatih ) Pelukis Indonesia yang Mengikuti : Otto Djaja, Hendra Gunawan, Kartono Yudokusumo
5. Masa Revolusi Seniman turut mendukung perjuangan tentara melalui poster-poster perjuangan Membuat Sanggar Seniman Masyarakat di Yogyakarta dengan diketua Afandi Sanggar Seniman Insonesia Merdeka ( SIM ) di Madiun dengan ketua S.Sudjojono Balai Pendidikan Tinggi Guru Gambar di Bandung oleh Syafei Sumardja, yang merupakan lembaga pertama yang memberikan seni rupa secara akademis di ITB Munculnya berbagai sanggar di Indonesia : PTPI ( Pusat Tenaga Pelukis Indonesia ) dengan akademi seni rupanya / ASRI, Sanggar Jiwa Mukti, GPI ( Gabungan Pelukis Indonesia ), Sanggar Pelangi.
6. Masa Tahun 50-an Seniman berada di bawah kendali partai politik Munculnya seniman-seniman akademis Tahun 60-an terjadi kelompok seni rupa Bandung dengan gaya Abstrak dan Yogyakarta dengan gaya Realis Munculnya seniman tradisional berbakat dari Bali Seni pahat, patung berkembang pesat seperti : Relief, Monumen, Diorama di Musium
7. Gerakan Seni Rupa Baru Indonesia Lahirnya Gerakan seni Rupa Baru Tahun 1975 yang merupakan persatuan mahasiswa ASRI dan ITB Selain seni lukis serta patung juga berkembang seni rupa yang lain seperti : Desain Mode, Keramik Kreatif, seni Instalasi, Advertising, seni lukis Fotografi, dll
FUNGSI DAN MAKNA SENI RUPA MURNI MANCANEGARA Seni sebagai kebutuhan fisik ( Jasmani ),baik individu maupun sosial Seni sebagai kebutuhan rohani ( emosional )
TUGAS SISWA Kunjungikah sebuah pameran seni rupa / musium seni rupa dan buatlah laporan ! Buatlah Kliping Seni Rupa 3 Dimensi 10 lembar secara individu
TES KOMPETENSI SISWA Karya seni rupa di Asia Timur identik dengan …………………. Karya seni rupa di Asia Barat identik dengan …………………. Apa perbedaan antara seni gambar dan seni lukis ? Membuat patung dengan cara Bivale cocok dilakukan dengan teknik …………. Perpaduan seni kaligrafi dan bego amat sih lo ! Ilustrasi di Cina disebut ………………
Patung Ganesya berasal dari ………. Pelukis Indonesia yang menganut gaya Romantisme adalah ………….. Jepang memanfaatkan kebudayaan Asia sebagai ………………. Sanggar seni di Madiun yang diketuai S. Sudjojono adalah ……………….. ASRI terdapat di kota ……………..