TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-2 M.SUYANTO

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
3.
Advertisements

Oleh: Jordaan Eduard Ticoalu, 7.1 Bahasa Indonesia
SATU KATA dalam suatu TEAM WORK MENULIS LOGLINE
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN M.SUYANTO
MENULIS SKENARIO KELAS FILM BOX OFFICE
UNSUR INTRINSIK & EKSTRINSIK PROSA (cerpen/novel)
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
CERPEN.
PENGEMBANGAN TEMA MENGAPA ATAU UNTUK APA SUATU KARYA DITULIS ?? SEBAGAI PESAN MORAL YANG TERSIRAT DARI KARYANYA. K ARENA BERSIFAT TERSIRAT, TIDAK PERLU.
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-5 M.SUYANTO
SHAPESHIFTERS SHAPESHIFTERS : Dalam cerita, makhluk seperti vampir atau manusia serigala yang dapat berubah bentuk. Dalam kehidupan, shapeshifter mewakili.
Pertemuan 3: Karakter & Cara Membaca + Menulis Fiksi
Bahan Ajar Bahasa Indonesia SMP Kelas IX
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN M.SUYANTO
SMART IN S ATU KATA dalam suatu TEAM WORK S ATU KATA dalam suatu TEAM WORK M ENULIS LOGLINE M ENULIS LOGLINE A DA TUJUH PERTANYAAN POKOK A DA TUJUH PERTANYAAN.
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-3 M.SUYANTO
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-2 M.SUYANTO
Herdito Sandi Pratama, M.Hum Dari beberapa sumber
HIKAYAT.
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
NAMA : RAHMAT HIDAYAT AKKAS NIS : KELAS : XI IPA 1
UNSUR INTRINSIK & EKSTRINSIK PROSA (cerpen/novel)
PERTEMUAN VIII (KE DELAPAN) MATA KULIAH : PENULISAN NASKAH SEMESTER : GANJIL DOSEN : BAMBANG SUDJATI TAHUN : 2011.
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-2 M.SUYANTO
PRA PRODUKSI-3A M.SUYANTO
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-2 M.SUYANTO
Memperkenalkan cerita perjuangan bangsa Indonesia
SHAPESHIFTERS SHAPESHIFTERS : Dalam cerita, makhluk seperti vampir atau manusia serigala yang dapat berubah bentuk. Dalam kehidupan, shapeshifter mewakili.
PERTEMUAN XIII (TIGA BELAS)
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-4 M.SUYANTO
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-3 M.SUYANTO
UNSUR-UNSUR INTRINSIK PROSA
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-4 M.SUYANTO
SELAMAT SIANG Mari Bermain drama ! “Dunia ini panggung sandiwara
IDENTITAS PROGRAM AUDIO VISUAL
DRAMA Senada dengan film, drama adalah karangan yang berbentuk dialog/percakapan antara pemainnya. Dialog dalam drama tidak jauh berbeda dengan percakapan.
PRA PRODUKSI-1 M.SUYANTO
Kompetensi Dasar : 7.1 Mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama
Sastra Korea dapat dibagi menjadi :
MENULIS SKENARIO SEKOLAHKU
TEKS ANEKDOT.
PROSES PRODUKSI FILM KARTUN (1) M.SUYANTO
Unsur Instrinsik dan ekstrinsik Novel
" Si Minem Beranak Bayi" ? 1. Bagaimana kesan yang anda dapat dari penggambaran lingkungan alam di sekitar desa pada awal cerita? 2. Bagaimana kesan ini.
Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Cerita Pendek
*STORYTELLING.
BROADCASTING TV M.SUYANTO
Menulis berbgai karya sastra/cerpem
MENULIS SKENARIO KELAS FILM KARTUN BOX OFFICE
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN M.SUYANTO
Menulis skenario? Gampang, Kok!
UNSUR INTRINSIK & EKSTRINSIK PROSA (cerpen/novel)
SANGGAR SKENARIO SANGGAR SKENARIO Layar Lebar
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN M.SUYANTO
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN M.SUYANTO
SHAPESHIFTERS SHAPESHIFTERS : Dalam cerita, makhluk seperti vampir atau manusia serigala yang dapat berubah bentuk. Dalam kehidupan, shapeshifter mewakili.
CERPEN Oleh Aqmarina.
Menganalisis Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
SOSIALISASI dalam Proses Pembentukan Kepribadian
Mengelola Stres pada Pekerja Kemanusiaan: Membantu diri sendiri
CERPEN -Novella Cathlin-.
Kompetensi Dasar Memahami struktur dan kaidah teks novel, baik melalui lisan maupun tulisan.
KELOMPOK VI NAMA : Farid M Z Hilman S Erlangga G Zulfahmi.
Memahami Novel Remaja (Asli atau Terjemahan) Kelas VIII Semester II (Genap)
minggu kelima SANGGAR SKENARIO 5 Layar Lebar 5
Assalamualaikum BAHASA INDONESIA DRAMA By : kartika liani.
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
KAWASAN SASTRA DAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUN FIKSI
Transcript presentasi:

TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-2 M.SUYANTO www.msuyanto.com

CERITA CERITA MERUPAKAN SEBUAH NARASI BERBAGAI PERISTIWA YANG SENGAJA DISUSUN BERDASARKAN WAKTU MISALNYA : PERISTIWA ANAK DITINGGAL KEDUA ORANG TUANYA HILANGNYA SEPATU ADIKNYA PERISTIWA MENGANTUK KEMUDIAN TIDUR MELIHAT WANITA CANTIK KEMUDIAN LANGSUNG JATUH CINTA

SCRIPTWRITER Screenwriters / scriptwriters / scenario writer adalah orang atau sekelompok orang yang menulis / membuat skenario pendek atau panjang pada media massa seperti film, program televisi, komik atau video game.

STRUKTUR CERITA DRAMATIS TEMA : Apa yang ingin disampaikan dalam cerita PLOT : Bagaimana cerita mengalir ke depan dan berkembang. KARAKTER : Bagaimana seseorang berbeda dari yang lainnya dan bagaimana masing-masing bereakti terhadap situasi yang terjadi LINGKUNGAN : Tempat adegan terjadi

PLOT PLOT : Bagaimana cerita mengalir ke depan dan berkembang. PLOT SUMMARY, PLOT SYNOPSIS Batman, Gordon dan Harvey Dent dipaksa untuk berurusan dengan kekacauan yang disebabkan oleh seorang dalang anarkis yang dikenal hanya sebagai Joker, dengan keterbatasan mereka masing-masing (The Dark Knight). Diselamatkan dari pengabaian memalukan bibi dan pamannya, seorang anak laki-laki dengan takdir besar membuktikan kemampuannya saat hadir pada Sekolah Sihir “Hogwarts” (Harry Potter).

JENIS KONFLIK DRAMATIS AREA UMUM KONFLIK Budaya sama vs budaya berbeda Ideologi sama vs ideologi berbeda Ideal vs rasional Perasaan vs pikiran Berpikir bijaksana vs realitas Sosial vs individual Kebaikan vs kejahatan Kaya vs miskin

JENIS KONFLIK DRAMATIS AREA KHUSUS Agama Alam Anggota keluarga Birokrasi Diri sendiri Gaya hidup Kawan Keadaan Kebenaran Kepercayaan Kesamaan Kekuasaan KONFLIK Kewenangan Kekuasaan Lingkungan Moral Pemerintah Prinsip Sahabat Sistem sosial Tekanan pasangan Teman sekelas Tetangga

DRAMATURGI KLASIK PERKENALAN : yang mengatur konteks dalam adegan yang terjadi TITIK BANGKIT : munculnya krisis yang pertama PENINGKATAN KETEGANGAN : konflik dan kesulitan meningkat KLIMAKS : terjadinya krisis terbesar atau titik belok PEMECAHAN : Pahlawan masuk dalam kesulitan dan menang atau kalah

DRAMATURGI KLASIK(GUSTAV FREYTAG) PERKENALAN : yang mengatur konteks dalam adegan yang terjadi TITIK BANGKIT : munculnya krisis yang pertama PENINGKATAN KETEGANGAN : konflik dan kesulitan meningkat KLIMAKS : terjadinya krisis terbesar atau titik belo PENURUNAN KETEGANGAN : PEMECAHAN : Pahlawan masuk dalam kesulitan dan menang atau kalah

DRAMATURGI KLASIK PERKENALAN : yang mengatur konteks dalam adegan yang terjadi TITIK BANGKIT : munculnya krisis yang pertama PENINGKATAN KETEGANGAN : konflik dan kesulitan meningkat KLIMAKS : terjadinya krisis terbesar atau titik belok PEMECAHAN : Pahlawan masuk dalam kesulitan dan menang atau kalah

DRAMATURGI KLASIK Klimaks Peningkatan ketegangan Pemecahan Perkenalan (krisis terbesar) Penurunan ketegangan Peningkatan ketegangan Baik (Pahlawan Selamat) Konsekuensi Krisis terbesar Peningkatan konflik Pemecahan Jelek (Pahlawan Mati) Perkenalan (suasana) Titik bangkit (krisis yang pertama)

RAHASIA SKENARIO: DIAGRAM SCENE Latar belakang BY KREVOLIN Judul dan Pengarang Unsur-unsur Pemadu film Judul Babak I Judul Babak II Judul Babak III Awal Cerita Tema Titik balik Titik Tengah Titik Balik Klimaks

KARAKTER A. Tokoh Protagonis / Tokoh Utama : Tokoh yang biasanya menjadi “pahlawan” dalam cerita dan ditempatkan sebagai tokoh utama, Kepribadiannya cenderung baik hati, suka menolong pokoknya “All Around Good guy.” B. Tokoh Antagonis : Tokoh yang biasanya menjadi “penjahat” atau lawan dari tokoh Protagonis, kepribadiannya adalah lawan dari kepribadian tokoh Protagonis C. Tokoh Grey (Abu-abu) : Tokoh yang tidak jelas apakah Protagonis atau Antagonis biasanya kepribadiannya cenderung kejam dalam bertindak tetapi berdasarkan alasan yang benar.

ARCHETYPES (C. VOGLER) HEROES : Tokoh sentral dalam cerita-cerita. Setiap orang adalah pahlawan untuk ceritanya sendiri. SHADOWS : Penjahat, antagonis atau musuh, mungkin musuh dari dalam. Sisi gelap dari Kekuatan, kemungkinan menindas pahlawan, dia mempunyai potensi untuk kejahatan. Bisa jenis lain dari penindasan, seperti tekanan kesedihan , kemarahan, frustrasi atau kreativitas yang berbahaya jika tidak memiliki jalan keluar. MENTORS :Pemandu atau prinsip panduan bagi pahlawan, misalnya Yoda, Merlin, pelatih atau guru yang hebat. HERALD: Seseorang atau peristiwa yang membawa panggilan untuk melakukan petualangan

ARCHETYPES THRESHOLD GUARDIANS : Kekuatan yang berdiri di jalan pada titik-titik balik yang penting, termasuk musuh yang cemburu, penjaga gerbang yang profesional, atau ketakutan dan keraguan dari Heroes. 6. SHAPESHIFTERS : Dalam cerita, makhluk seperti vampir atau manusia serigala yang dapat berubah bentuk. Dalam kehidupan, shapeshifter mewakili perubahan atau ambiguitas. Cara orang lain (atau persepsi kita tentang mereka) terus berubah. Lawan jenis, orang yang dapat bermuka dua. 7. TRICKSTERS : Badut dan pembuat-kenakalan, Bugs Bunny dan Daffy Duck, Richard Pryor dan Eddie Murphy. Kenakalan bawah sadar kita sendiri, mendesak kita untuk berubah. 8. ALLIES : Karakter yang membantu pahlawan melewati perubahan. Sahabat karib, teman, pacar yang menasehati pahlawan melewati masa perubahan kehidupannya.

LINGKUNGAN Setelah membuat karakter maka kita juga harus menentukan tempat, tahun sebagai latar belakang cerita kita, disini kita menentukan secara mendetil tempat (Pulau, daerah, lokal atau regional), tempat tinggal, kantor, sekolah (interior dan exterior) dan lingkungannya agar memudahkan background artist. Contoh : -Kota Misterius (Spirited Away) Perancis (RATATOUILLE) Benua Amerika (Up)

Proses Pembuatan Cerita Ide Adalah Sesuatu yang ingin kita ciptakan setelah melihat atau memperhatikan lingkungan. b. Proses pengembangan ide Proses pengembangan ide adalah suatu langkah untuk memproses ide yang telah kita dapatkan untuk menjadi sebuah cerita baik untuk komik, novel, film, sinetron atau animasi. Tema. Tema adalah suatu pesan yang akan kita sampaikan kepada audiens ketika mereka nanti menonton atau membaca karya kita.

Proses Pembuatan Cerita Sinopsis A adalah semacam ringkasan singkat Anda bisa baca di bagian belakang kotak video, dan umumnya tidak berjalan selama lebih dari satu halaman. Tanpa pergi ke setiap detail besar, itu menggambarkan karakter utama dan apa yang mereka hadapi, serta titik balik utama dalam skenario. Sinopsis adalah alat yang berguna melempar, tetapi juga cara yang sangat berguna untuk skenario sendiri untuk mengartikulasikan apa cerita pada dasarnya adalah tentang.