Perintah-perintah dasar Greenfoot Drs. Sugeng Rianto, M. Sc. Ubaidillah, S. Si
Greenfoot Software yang didesain untuk belajar teknik pemrograman berorientasi Object Opensource dan Merupakan aplikasi grafis dengan bahasa pemrogramman JavaTM Mudah digunakan untuk membuat game atau simulasi grafis 2D
Instalasi Greenfoot tersedia dalam beberapa Operating System (OS), salah satunya Ms. Windows http://www.greenfoot.org/ Komputer sudah terinstal Java 5 atau > http://java.sun.com/j2se/
User Interface
Creating a New Scenario Scenario == “Project”
Creating a New Scenario Scenario baru dengan Class World dan Actor Kosong
Using the API API (Application Programming Interface)
Creating a World
Properti-properti World getWidth() getHeight() getObjects() getObjectsAt() setBackground() addObject() removeObject() removeObjects() numberOfObjects() …etc
Ukuran dan Resolusi World
Background World Mode background tiles
Background World
Creating New Actors
First Compiling Klik tombol Compile
Properti-properti Actor getX() getY() getRotation() getWorld() setLocation(posx,posy) setRotation(sudut) setImage(GreenfootImage)
Adding Actor to World Klik kanan atau dengan sambil menekan tombol Shift
Make Actor Move
Run Option Compile setiap kali selesai mengedit
Random Set kecepatan yang berbeda untuk setiap Buaya Harus sesuai dengan nama World yang digunakan
Keyboard Input Dengan memodifikasi fungsi Move(int a):
Keyboard Input Single Key Input Klik tombol space sekali
Mouse Input Mouse Moved Clicked (Single Clicked) Dragged DragEnded if(Greenfoot.mouseMoved(this)) Clicked (Single Clicked) if(Greenfoot.mouseClicked(this)) Dragged if(Greenfoot.mouseDragged(this)) DragEnded if(Greenfoot.mouseDragEnded(this)) Pressed if(Greenfoot.mousePressed(this))
MouseMoved mouseMoved(null) null digunakan untuk mendeteksi mouse digerakkan di World
Mouse Dragged Penambahan variabel rx dan ry digunakan agar Object yang digeser sesuai titik pertama dari Object ketika mouse ditekan mouseDragged() seringkali dikuti mouseDraggedEnded()
Mouse Pressed Diperlukan sedikit penyesuaian, penambahan variabel pressed
Next Week Greenfoot Primitive Objects String Scorring Image Manipulation Intersecting (Tumbukan/Collision) Penambahan efek suara Exporting Scenario
Contoh Implementasi Lain (Animasi)
Contoh Implementasi Lain (2D VR):
Pustaka Kölling, Michael and Martin Pain. 2010. The Greenfoot Programmers' Manual. University of Kent.