KETUHANAN YANG MAHA ESA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PUJIAN UNTUK ANAK KITA oleh Munif Chatib
Advertisements

KRISTUS DAN HUKUM DALAM KHOTBAH DI ATAS BUKIT
Belanja di Toko Kebahagiaan Seorang muda yang selalu resah dan gelisah menemui seorang bijak dan bertanya, “Berapa lamakah waktu yang saya butuhkan untuk.
KASIH DAN HUKUM Lesson 5 for November 1, 2014.
Sabda Kehidupan Oktober 2010 "Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri" (Mt 22,39)
“UCAPAN BAHAGIA” Matius 5 :
Penikahan: Antara Janji dan Kenyataan? (When we said “I do”)
ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR
Tuhan Yang Maha Esa dan Ketuhanan Ditinjau Dari Agama Buddha
UNIVERSITAS ESA UNGGUL
Keyakinan By: Brenda 6B.
Manusia Ditinjau Dari Agama Buddha
Tuhan Yang Maha Esa dan Ketuhanan Ditinjau Dari Agama Buddha
UNIVERSITAS ESA UNGGGUL
AGAMA BUDDHA DAN IPTEK UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA
Kerukunan antar Umat Beragama
NILAI-NILAI PANCASILA
MASYARAKAT UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA.
Tuhan Yang Maha Esa dan Ketuhanan Ditinjau Dari Agama Buddha
MAKNA LIMA SILA DALAM PANCASILA
HUKUM PERKAWINAN Ialah peraturan hukum yang mengatur perbuatan hukum serta akibat-akibatnya antara dua pihak, yaitu seorang laki-laki dan seorang wanita.
KEYAKINAN BY: HADARA 6C.
Pertemuan ke III (FILSAFAT PANCASILA)
DHARMACLASS EKAYANA BUDDHIS CENTRE 15 FEBRUARI 2009
MORALITAS Pengertian:
Manusia Ditinjau Dari Agama Buddha
HUKUM Ditinjau Dari Agama Buddha
P O L I T I K Ditinjau Dari Agama Buddha
KERANGKA DASAR APP KEUSKUPAN SURABAYA TAHUN 2012
KERUKUNAN UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA.
TILAKKHANA DAN PATICCA SAMUPPADA
Lesson 1 for July 4, Allah menciptakan manusia Dia memberikan kebebasan berkehendak Manusia jatuh dalam dosa Allah adalah misionaris pertama Kita.
TUHAN ITU BEGITU NYATA DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI
KETIKA SEMUANYA MENJADI BARU
MORALITAS Pengertian:
Mukmin Sejati Sesudah pertemuan itu saya sering bertanya pada diri sendiri, di mana sumber sifat-sifat Bung Hatta? Itulah yang sering menjadi renungan.
PADA MULANYA Pelajaran 2 untuk Januari 14, 2012.
KEYAKINAN TERHADAP TRIRATNA & MAKNA PERLINDUNGAN
Estetika INdia Hindu dan Buddha Agus Setiawan, M.Sn.
BUDAYA TIMUR Kelompok: 1. Dian Anggraeni
Banyak Jalan atau Satu Jalan?
ALIRAN FILSAFAT NATURALISME
DHARMACLASS EKAYANA BUDDHIS CENTRE 19 APRIL 2009
KETUHANAN YANG MAHA ESA
TUHAN YANG MAHAESA DAN KETUHANAN
KISAH CINTA Lesson 12 for March 24, 2012.
KERUKUNAN NURWITO, S.Ag., M.Pd. UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA.
Allah dan PernyataanNya
M O T I V A S I KRISHNANDA WIJAYA-MUKTI
UNIVERSITAS ESA UNGGUL
TIDAK ADA PENGHUKUMAN Lesson 9 for December 2, 2017.
PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Pemahaman Pancasila & Tanya Jawab
X. AGAMA BUDDHA DAN IPTEK
HUKUM KARMA DAN PUNARBHAVA
Konsep Iptek Dalam Islam By: Kelompok 10.
PENGARUH MATERIALISME
ALLAH ATAU MAMON? Lesson 3 for January 20, 2018.
HUBUNGAN MANUSIA DENGAN AGAMA
MELEPASKAN DIRI DARI CARA-CARA DUNIA
Relasi gender dalam agama Buddha
PENYEBAB PERPECAHAN Lesson 2 for October 13, 2018.
BAB III MEMPERJUANGKAN KELUHURAN MARTABAT MANUSIA
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA
IBADAH MINGGU Pdt. Rena Sesaria Yudhita, M.Th
KESEPAKATAN KELAS 8.1 ( PAK ) KBM PENDIDIKAN AGAMA = 80
MENYEMBAH SANG PENCIPTA
YESUS DAN MEREKA YANG BERKEKURANGAN
This presentation uses a free template provided by FPPT.com ETIKA DAN HUKUM Lulu Mamlukah.S.Tr.Keb.,MH.Kes.
Transcript presentasi:

KETUHANAN YANG MAHA ESA Pertemuan 1 dan 2

KISAH: ORANG BUTA & GAJAH (Udana 68)

ANDA TERPANAH! Buddha tidak pernah menghabiskan waktu untuk perkara-perkara spekulatif tentang alam semesta karena hal ini kecil nilainya bagi pengembangan spiritual menuju Kebahagiaan Sejati. Analogi: Orang yang tertembak anak panah beracun, yang menolak untuk mencabutnya sebelum dia tahu siapa yang memanahnya, kenapa panah itu ditembakkan, dari mana anak panah itu ditembakkan. Pada saat semua pertanyaannya terjawab, dia sudah akan mati lebih dahulu. (Cula-Malunkyovada Sutta, Majjhima Nikaya 63)

(DI LUAR AGAMA BUDDHA): GAMBARAN TUHAN (DI LUAR AGAMA BUDDHA): (+) Maha Pencipta Mahakuasa Maha Pengasih (-) Pencemburu Bisa marah Bisa merusak

Masih banyak umat Buddha yang mencampuradukkan konsep Ketuhanan menurut agama Buddha dengan konsep Ketuhanan menurut agama-agama lain. Umat Buddha tidak memandang Tuhan sebagai makhluk adikodrati & adikuasa. Konsep Tuhan dalam agama Buddha tidak mengenal DUALISME: Tuhan Maha Pengasih, misalnya, tidak mungkin juga pemarah.

Buddha Mengungguli Brahma Baka Bagaikan lengan yang dililit kuat oleh seekor ular, demikian pandangan salah. Brahma Baka yang dikenal dengan cahaya kemurnian dan kekuatan yang hebat. Raja Para Bijaksana mengatasinya dengan penyingkapan pengetahuan. Berkat kekuatan ini, semoga engkau terberkahi dan berjaya. ■ Pengetahuan tentang tumimbal-lahir, alam-alam Brahma lain & Nirwana ■ Baka tidak mampu menemukan Buddha yang menghilang

Buddha menolak Brahma sebagai bapa pencipta yang menentukan tempat setiap makhluk (Brahmajala-sutta D. I, 18) Yang diciptakan menjadi alat kehendak pencipta yang seharusnya bertanggungjawab (Jataka V, 238) Jika Brahma mahabaik, mahakuasa mengapa menciptakan ketidakadilan? Atau kejahatan & malapetaka (Ja, VI, 208) PERTANYAAN TENTANG PENCIPTAAN Siapakah pencipta sebuah lukisan? Apa dia menciptakan dari yang asalnya tiada? Apa dia tidak memerlukan kain kanvas, kuas, cat dll?

AJARAN BUDDHA MENGENAI ASAL ALAM SEMESTA Selaras dengan ilmu pengetahuan. Dalam Agganna Sutta, Buddha menggambarkan: - alam semesta berulang kali mengalami kehancuran dan tersusun kembali selama masa yang tak terhitung; - bumi ini bukanlah satu-satunya planet; - ada gugus-gugus yang lebih besar, tatasurya, galaksi, mahagalaksi, dst, tanpa batas. - kehidupan pertama terbentuk di atas permukaan air, - kehidupan berangsur-angsur berevolusi dari organisme yang sederhana menjadi makin kompleks. Segala proses ini tidak berawal, tidak berakhir, dan berlangsung alamiah.

HARUSKAH ADA SUATU PERMULAAN? (+) Angka terbesar? (-) Angka terkecil? "Sama sekali tidak ada alasan untuk menganggap bahwa dunia memiliki suatu permulaan. Gagasan bahwa segala sesuatu harus memiliki permulaan benar-benar karena miskinnya pikiran kita." (Bertrand Russell)

YANG TAK TERKONDISI Buddha telah mencapai Pencerahan Sempurna, dengan demikian Buddha menghayati dan memahami Ketuhanan dengan sempurna pula. Buddha bersabda: “Ada Yang Tidak Terlahir, Yang Tidak Terjelma, Yang Tidak Tercipta, Yang Mutlak (Udana VIII:3). Yang Mutlak = Asamkhata-Dhamma = Yang Tak Terkondisi. Dengan adanya Yang Tak Terkondisi (Asamkhata), maka manusia yang terkondisi (Samkhata) dapat mencapai kebebasan mutlak dari samsara.

IMANEN & TRANSENDEN Dengan adanya hukum Dharma, unsur IMANEN dari Ketuhanan YME tidak lenyap sama sekali, namun ajaran Buddha menekankan unsur TRANSENDEN dari Ketuhanan YME. Semua yang transenden adalah TIDAK TERKONSEPKAN, harus dipahami secara INTUITIF melalui PENCERAHAN, bukan melalui konsep. Tak terelakkan, ketika kita bicara tentang konsep Ketuhanan, diperlukanlah: SEBUTAN. Salah satu sebutan: Adi-Buddha (Namasangiti) Sebutan lain: Advaya, Diwarupa, Mahavairocana (kitab-kitab Buddhis bahasa Kawi), Vajradhara (Tibet: Kargyu & Gelug), Samantabhadra (Tibet: Nyingma), Adinatha (Nepal). Sanghyang Adi Buddha (Indonesia)

PERATURAN PEMERINTAH Undang-undang RI no.43 tahun 1999 (perubahan atas UU no.8 tahun 1974 tentang pokok-pokok kepegawaian, Peraturan pemerintah no. 21 tahun 1975 tentang sumpah/janji pegawai negeri sipil menyatakan dalam pengucapan sumpah/janji bagi mereka yang beragama buddha, kata-kata ‘Demi Allah’ diganti dengan “Demi Sanghyang Adi Buddha”

APA ITU ADI-BUDDHA? Adi-Buddha = Realitas Tertinggi Adi-Buddha = Kebenaran Mutlak. Adi-Buddha = Ketuhanan Yang Maha Esa Adi-Buddha = Dharmakaya Dharmakaya: tubuh Dharma yang absolut, kekal, meliputi segalanya, tidak terbatasi oleh ruang dan waktu, ada dengan sendirinya, bebas dari pasangan yang berlawanan, bebas dari pertalian sebab-akibat. Adi-Buddha bukan suatu personifikasi. Adi-Buddha bukan sosok yang punya inti-ego (ego-conscious). Adi-Buddha bukan Tuhan antropomorfik (menyerupai manusia). Adi-Buddha bukan Tuhan antropopatis (berperasaan = manusia). Adi-Buddha bukan Tuhan pencipta.

ada dalam diri setiap orang dalam wujud BENIH KEBUDDHAAN. Adi-Buddha ada dalam diri setiap orang dalam wujud BENIH KEBUDDHAAN. Dengan demikian, setiap orang PUNYA POTENSI untuk merealisasi Nibbana.

Apakah pengetahuan kita mengenai Adi-Buddha dapat menyelamatkan kita dari samsara? OH, NO...!!! Karena pengetahuan kita mengenai Adi-Buddha bersifat intelektual semata; bukan pengalaman intuitif langsung. Karena kita masih harus berlatih sila dan semadi untuk mewujudkan kebijaksanaan. Tanpa melakukan ketiga hal ini, kita tidak akan terbebas dari Samsara.

Albert Einstein, 1939: “Agama masa depan adalah agama kosmik. Melampaui Tuhan sebagai pribadi serta menghindari dogma dan teologi. Mencakup baik alamiah maupun spiritual, agama tersebut seharusnya didasarkan pada rasa keagamaan yang timbul dari pengalaman akan segala sesuatu yang alamiah dan spiritual, berupa kesatuan yang penuh arti. Ajaran Buddha menjawab gambaran ini. Jika ada agama yang akan memenuhi kebutuhan ilmu pengetahuan modern, itu adalah ajaran Buddha.”

Mengapa Harus Ada Adi Buddha? Adanya Realitas Tertinggi (Adi Buddha) memungkinkan kehidupan ini bermakna Tanpa ini tidak mungkin ada makna dalam proses kehidupan  Kehidupan duniawi barang kali akan ditafsirkan semata-mata sebagai sebuah kebetulan saja. Dalam Dharmakaya, umat buddha memperoleh makna yang tertinggi dari kehidupan mereka – bila dilihat dari aspek fenomenalnya saja – kehidupan seperti itu tidaklah terbebas dari ikatan karma dan hukum-hukum karma yg tak terbantahkan (Dr. Suzuki) Adanya Realitas Tertinggi (Adi Buddha) merupakan penegasan bahwa kehidupan ini bukanlah produk dari sebuah chaos, melainkan hasil dari sebuah tata kerja hierarki spiritual yg menghendakinya. Maka memungkinkan untuk mencapai pencerahan dan kebuddhaan. Adanya Realitas Tertinggi (Adi Buddha) maka kita memiliki tujuan spiritual yang konkrit dan riil Tujuan spiritual tertinggi ini dapat kita lihat dalam pengalaman riil Samyak smbodhi-Nya Pangeran Siddharta Gotama

Menjalani Kehidupan Yang Bermakna Hidup selaras dengan Dharma Mempraktikkan 4 sifat luhur (brahmavihara) terdiri dari : Mettā : cinta kasih tanpa pilih kasih; Buddha mengajarkan kita bukan hanya mencintai sesama tapi mencintai semua. Karunā : welas asih nirbatas; suatu perasaan ingin menolong makhluk lain yang menderita. Muditā : simpati; turut merasa gembira atas kegembiraan makhluk lain. Uppekkhā : tenang seimbang; bisa bersikap bijaksana dalam menhadapi kondisi dunia yaitu untung-rugi, senang-susah, terkenal-tersisih, dan dipuji-dihina. Mempraktikkan Silā, Samādhi, Pañña Silā : Pembicaraan Benar, Perbuatan Benar dan Matapencaharian benar, Samādhi : Daya Upaya Benar, Perhatian Benar, Meditasi Benar Pañña : Pandangan Benar, Pikiran Benar

Be Happy

Jawabalah Pertanyaan Berikut: Sebutkan sebutan Tuhan Yang Maha Esa dalam agama Buddha di Indonesia! (Skor 10) Jelaskan Konsep Ketuhanan dalam agama Buddha! (Skor 20) Uraikan cara menjalanai kehidupan yang bermakna sesuai dengan Dharma! (skor 20) Nilai = jumlah skor x 2