Oleh: Ahmad Khoeruddin Muhammad Rosyid R. Muhamad Ramdan Rijal Tamami

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh : Abd. Shamad Nur Khalimatus Sa’diyah
Advertisements

KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
DEFENISI SECARA ETIMOLOGI
PENGANTAR FILSAFAT OLEH HARYONO.AS NIP
Penjelasan GBPP & Kontrak Perkuliahan
Filsafat Pancasila.
MK Filsafat dan Etika Kesejahteraan Sosial Arif Wibowo
Akhlak-Moral-Etika Created by : Ci Hadi Purnomo
Hukum Islam dan kontribusi Umat islam Indonesia
PEMIKIRAN FILSAFAT IBNU MISKAWAIH
DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I
IBNU ARABI (560 .H/1164 M – 638 H/1240 M) Muhammad Ibn ‘Ali Ibn Muhammad Ibn al-‘Arabi al-Tha’i al-Hatimi.
Fungsi Wahyu dan Akal dalam Memahami Akidah
Athik Dwi Prastiwi D Menurut At-Taftazani, tasawuf falsafi mulai muncul dalam Islam sejak abad keenam Hijriyah. Sejak itu, tasawuf ini terus.
Pemikiran Filsafat Ibnu Rusyd
PERTEMUAN KESEBELAS ALIRAN MU’TAZILAH.
Welcome in Our Presentation
ALIRAN TEOLOGI ISLAM MASA MODERN
Kerangka Dasar Agama Islam Dan Ajaran Hukum Islam (Bagian Pertama)
Pemikiran Filsafat Al-Farabi
IBNU BAJJAH AIK – 3 (Kimia dalam Perspektif Islam)
RUANG LINGKUP AJARAN ISLAM AKIDAH (TAUHID)
Assalamu'alaikum ETIKA, MORAL DAN AKHLAQ Oleh: Nurhasan, M. Ag Hmmm…..
I. Arti dan Ruang lingkup agama Islam
Hakekat Manusia dan Pengembangannya
AGAMA Arti Agama Pengertian Agama Hakekat Agama Bagi Manusia.
Oleh : Achmad Farisi Aziz, M.Pd.I
PANCASILA SEBAGAI FILSAFAT DAN FALSAFAH
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
Dr. H. Virgana, MA/Filsafat Ilmu/UMJ Jakarta- 2012
PENDIDIK DALAM ISLAM A. PENGERTIAN
UNIVERSITAS PAKUAN PROGRAM PASCA SARJANA JURUSAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN 2015 Hakikat Ilmu Filsafat Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah : FILSAFAT.
Oleh : dr. Nur Indarawati Lipoeto
AL-QURAN SEBAGAI DASAR AJARAN ISLAM
IMAN PADA ALLAH SWT SMKN 22 JAKARTA Oleh : Miswan, S.Ag.S.Kom.
Filsafat Ketuhanan Muhammad Noor, M.H.I.
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Perkembangan Peradaban Islam pada Masa Kejayaan
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Perkuliahan Tatap Muka Ke-4 Ilmu Tasawuf 8 November 2008
PENGETAHUAN FILOSOFI PENGERTIAN PENGETAHUAN KEGUNAAN PENGETAHUAN
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
Filsafat Ilmu Pengetahuan I
PETA KONSEP : TUHAN YANG MAHA ESA DAN KETUHANAN
TUHAN YANG MAHA ESA dan KETUHANAN
Tuhan Yang Maha Esa dan Ketuhanan
Sejarah Filsafat dari Timur
Konsep Kebudayaan Dalam Islam
Memahami hakikat ilmu pengetahuan
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MASA KEJAYAAN ISLAM YANG DINANTIKAN KEMBALI Periodesasi Sejarah Islam Kemajuan Islam pada Periode Klasik Tokoh-tokoh Kejayaan Islam Menelaah Perkembangan.
KELOMPOK 1 Beriman Kepada Allah
AL-QURAN SEBAGAI DASAR AJARAN ISLAM.
MATA KULIAH TAUHID AQIDAH AKHLAK
Konsep ketuhanan dalam Islam
MODUL IHES 1 Kemenjadian Dalam Pendidikan
Beredarnya Paham Sekularisme, Pluralisme, dan Liberalisme
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
Manusia & Nilai-nilai Kemanusiaan Oleh: Arianto Achmad
Disusun Oleh: Muhammad Ridwan, S.Pd.I
O. Solihin Blog: Akidah Islamiyyah Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang.
O. Solihin Blog: Akidah Islamiyyah Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang.
Sejarah & Tamadun Islam II
AQIDAH UNIT 1 Kelas Bimbingan Dewasa.
NILAI-NILAI AGAMA DAN BUDAYA YANG RELEVAN
BAB 1 : AQIDAH – DEFINASI, KEPENTINGAN DAN SUMBER RUJUKAN
KELOMPOK 1 : Salman Alfarizi Azqia Alip Rahman Elvira Cyntia Irianty
AQIDAH AKHLAK KELAS : X / 1 HM. SHOLEH SYAR’I. TUJUAN HIDUP AllahSurga Bumi Sukses Gagal Surga Neraka Manusia = Makhluk surga, bukan makhluk bumi Bahagia.
HUBUNGAN HUKUM ISLAM DG AGAMA ISLAM. Pendahuluan Sebelum masuknya hukum Islam, rakyat Indonesia menganut hukum adat yang bermacam-macam sistemnya dan.
 Filsafat menurut bahasa ialah Filsafat (dari bahasaYunani φιλοσοφία, philosophia, secara harfiah bermakna "pecinta kebijaksanaan" )adalah kajian masalah.
Transcript presentasi:

Oleh: Ahmad Khoeruddin Muhammad Rosyid R. Muhamad Ramdan Rijal Tamami Filsafat Ibnu Bajjah Dosen: Ust. Rahendra Maya, S.Th.I, M.Pd.I, Dr. (Cd) Oleh: Ahmad Khoeruddin Muhammad Rosyid R. Muhamad Ramdan Rijal Tamami

Biografi Ibnu Bajjah Ibnu Bajjah adalah seorang filosof besar dari sepanyol. Nama aslinya adalah Abu Bakar Muhammad Ibn Yahya al-Sha’igh at-Tujibi as- Sarakusti. Di dunia Barat, ia terkenal dengan sebutan Avempace, Avenpace atau Aben vace. Julukannya adalah Ibnul-Sha’igh (anak tukang emas). ia dilahirkan di Saragosa (Spanyol) pada akhir abad ke-5 H/abad ke-11 M. Tahun kelahirannya adalah 1082. Dan ia wafat pada tahun 533 H/1138 M.

Karya-Karya Ibnu Bajjah Di antara karya-karya Ibnu Bajjah yang terkenal dalam filsafatnya adalah sebagai berikut: pertama, kitab Tadbir al-Mutawahhid, ini adalah kitab yang paling populer dan penting dari seluruh karya tulisnya. Kedua, Risalat al-Wada’, risalah ini membahas Penggerak Pertama (Tuhan), manusia, alam, dan kedokteran. Ketiga, Risalat al-Ittisal, risalah ini menguraikan tentang hubungan manusia dengan Akal Fa’al. Keempat, Kitab al-Nafs, kitab ini menjelaskan tentang jiwa. Dll.

Pemikiran Filsafat Ibnu Bajjah Dalam Pemikiran Filsafat Ibnu Bajjah memisahkan antara agama dan filsafat. Meskipun demikian, Ibnu Bajjah tidak menolak agama, ia justru menempatkan agama sebagai sesuatu yang rasional. Ia juga adalah seorang filosof yang ahli menyandarkan ilmunya pada teori dan praktek ilmu-ilmu matematika, astronomi, musik, mahir ilmu pengobatan dan studi-studi spekulatif seperti logika, filsafat alam dan metafisika, ibnu bajjah menyandarkan filsafat dan logikanya pada karya-karya al-farabi. yakni mendasarkan pada realitas adalah wajar

a.  Filsafat Metafisika Menurut Ibnu bajjah, segala yang ada (al-maujudat) terbagi dua: yang bergerak dan yang tidak bergerak. para filosof muslim pada umumnya menyebut Allah itu adalah ‘aql. Argumen yang mereka majukan adalah Allah pencipta dan pengatur alam yang beredar menurut rancangan-Nya, mestilah ia memiliki daya berpikir. Kemudian dalam mentauhidkan Allah semutlak-mutlaknya, para filosof muslim menyebut Allah adalah zat yang mempunyai daya berpikir (‘aql), juga berpikir (‘aqil) dan objek pemikiranya sendiri (ma’qul). Keseluruhanya adalah zat-Nya yang Esa. b. Filsafat Jiwa Menurut pendapat ibnu bajjah, setiap manusia mempunyai jiwa. Jiwa ini tidak mengalami perubahan sebagaimana jasmani. Jiwa adalah penggerak bagi manusia. Jiwa di gerakkan dengan dua jenis alat: alat-alat jasmaniah dan alat-alat rohaniah. c.  Filsafat Etika Ibnu Bajjah membagi perbuatan manusia kepada dua bagian. Bagian pertama, ialah perbuatan yang timbul dari motif naluri dan hal-hal lain yang berhubungan denganya, baik dekat atau jauh. Bagian kedua ialah perbuatan yang timbul dari pemikiran yang lurus dan kemauan yang bersih dan tinggi dan bagian ini disebutnya, perbuatan-perbuatan manusia.

Studi Keritis Dari Pemikiran Ibnu Bajah Diantara pemikirannya bahwa Ia mengemukakan sebuah gagasan filsafat ketuhanan yang menyatakan bahwa manusia boleh berhubungan dengan akal pikirannya melalui perantaraan ilmu pengetahuan dan pembangunan potensi manusia. Menurutnya, cara manusia mendekati Tuhannya tidak harus melalui amalan tasawuf, melainkan bisa juga dilakukan melalui amalan berfikir. Dengan ilmu dan berfikir segala keutamaan dan perbuatan moral dapat diarahkan untuk memimpin dan menguasai jiwa. Telah maklum bahwa Ahlusunnah menyandarkan segala sesuatu harus mendahulukan wahyu yang di khabarkan baik dari Al-Qur’an dan Sunnah. Pemikiram Ibnu Bajjah tentang mendekati Tuhannya dengan berfikir kurang tepat, karena pemikiran dan akal kita harus kembali kepada wahyu, jika dimutlakan segala sesuatu terlebih perkara ghaib disandarkan pada akal semata, tentunya akan tersesat. Pada poin “a” disebutkan tentang filsafat metafisika dari ibnu bajjah, secara keumuman memang para filosof islam mengatakan Allah itu seperti Aql. Hal ini tentu sangat bertentangan dengan dalil dari Al-Qur’an dan Sunnah, Aql merupakan makhluk yang Allah Ta’ala ciptakan. Allah ta’ala menegaskan didalam firman-Nya bahwa tidak ada sesuatu yang serupa dengannya. “.....Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia. Dan Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.” (QS. Asy-Syuro: 11).