Imam Cholissodin| imam.cholissodin@gmail.com 04 |Transformations Imam Cholissodin| imam.cholissodin@gmail.com.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pertemuan 03: Grafika Komputer: Windows dan Viewport
Advertisements

Translasi Rotasi Refleksi Dilatasi
Example 1 : Tentukan matriks refleksi terhadap garis y = x Jawab: K = R(-450) * Refleksi thd sb-y * R(450) 2/2 2/2 0 -2/2 2/2 0 0.
Geometric Transformations
TRANSFORMASI GEOMETRI
Transformasi geometri.  Pemindahan objek (titik, garis, bidang datar) pada bidang.  Perubahan yang (mungkin) terjadi: Kedudukan / letak Arah Ukuran.
Grafika Komputer (TIZ10)
Grafika Komputer (TIZ10)
Bab 5 TRANSFORMASI.
TRANSFORMASI 2 DIMENSI Dasar Representasi Titik dan Transformasi
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (ROTASI DAN SHEARING)
TRANSFORMASI.
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (TRANSLASI DAN SKALA)
Operasi-operasi dasar Pengolahan Citra Digital~3
Eriq Muhammad Adams J | 04 |Transformation Eriq Muhammad Adams J |
05 |Beyond Transformation Eriq Muhammad Adams J |
Imam Cholissodin| 06 | Viewing / Camera Imam Cholissodin|
Imam Cholissodin| 06 | Viewing / Camera Imam Cholissodin|
Selamat Bertemu Kembali
Imam Cholissodin| 12 | Model Loading & Curve Imam Cholissodin|
:: PRAKTIKUM CAD / CAM # 7::
Imam Cholissodin| 07 | Texture Mapping Imam Cholissodin|
COMPUTER GRAPHICS D10K-5C01 GK11: OpenGL Transformasi dan Interaksi Dr. Setiawan Hadi, M.Sc.CS. Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas.
TRANSFORMASI 2D.
Pengantar Komputer Grafik
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Transformasi Geometri Sederhana
Transformasi Geometri Sederhana
Pengantar Grafika 3D Fakultas Ilmu Komputer 2014
GEOMETRI SUDUT DAN BIDANG.
Transformasi 2D Grafika Komputer.
GEOMETRI Probolinggo SMK Negeri 2 SUDUT DAN BIDANG.
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Anna Dara Andriana, S.Kom., M.Kom
Transformasi geometri
Konsep 3D dan Representasi Objek 3D
Dasar teori dan algoritma grafika komputer
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Fenty Tristanti Julfia, M.Kom
TRANSFORMASI GEOMETRI Transformasi Geometri
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Viewing dan Clipping 2 Dimensi
Transformasi.
Transformasi MENU NAMA: ERFIKA YANTI NIM:
02 |Introduction to OpenGL
Transformasi 2D.
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (TRANSLASI DAN SKALA)
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (ROTASI DAN SHEARING)
Kelompok 2 Agra Ahmad Afandi Ahmad Afif Alfian Hadi Pratama
TRANSFORMASI OBJEK (TRANSFORMASI AFFINE 2D DAN 3D)
Transformasi 2 Dimensi.
Grafika Komputer Transformasi 2 Dimensi.
02 |Introduction to OpenGL
02 |Introduction to OpenGL
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Kelas 1.C Nina Ariani Juarna Ghia Mugia Wilujeng Faujiah Lulu Kamilah.
Transformasi 3D Grafika Komputer Defiana Arnaldy, M.Si
Konsep 3D dan Representasi Objek 3D
Ihr Logo Dasar teori dan algoritma grafika komputer.
Peta Konsep. Peta Konsep C. Penerapan Matriks pada Transformasi.
3D Viewing & Projection.
Peta Konsep. Peta Konsep A. Macam-Macam Transformasi.
Peta Konsep. Peta Konsep B. Transformasi pada Garis dan Kurva.
ULANGAN SELAMAT BEKERJA Mata Pelajaran : Matematika
02 |Introduction to OpenGL
TRANSFORMASI GEOMETRI. Apa aja sih benda yang berotasi di sekeliling kita.
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (TRANSLASI DAN SKALA)
TRANSFORMASI.
TRANSFORMASI & Flipping Coin
Transcript presentasi:

Imam Cholissodin| imam.cholissodin@gmail.com 04 |Transformations Imam Cholissodin| imam.cholissodin@gmail.com

Transformations : What’s Transformations Types of Transformation Vertex Transformation Pipeline Transformation Process [Example] Transformations Syntax Order of Transformation Demos Program Transformation

What’s Transformations Transformasi adalah memindahkan objek tanpa merusak bentuk aslinya, meskipun ada perubahan bentuk atau modifikasi pada hasil akhirnya. Tujuan Transformasi : Melihat objek dari sudut pandang yang berbeda. Membuat komposisi pemandangan yang sesuai. Memudahkan membuat objek yang simetris. Memindahkan satu atau beberapa objek dari satu tempat ke tempat lain (animasi).

Types of Transformation Modeling. In 3D graphics, handles moving objects around the scene. Viewing. In 3D graphics, specifies the location of the camera. Projection. Defines the viewing volume and clipping planes from eye coordinate to clip coordinates. Viewport. Maps the projection of the scene into the rendering window. Modelview. Combination of the viewing and modeling transformations.

Vertex Transformation Pipeline Modelview Matrix Projection Matrix Perspective Division Viewport Transformation Vertex Transformasi dalam OpenGL dilakukan dengan menggunakan konsep matrik. Matrix Modes : ModelView Matrix (GL_MODELVIEW) These concern model-related operations such as translation, rotation, and scaling, as well as viewing transformations. Projection Matrix (GL_PROJECTION) Setup camera projection. Object Coordinates Eye Coordinates Clip Coordinates Normalized device Coordinates Window Coordinates

Transformation Process [Example] Translasi : Skala : Rotasi :

Process Transformation [Example] Sebelum Sesudah Shearing Kombinasi (Translasi + Skala + Rotasi + Shearing)

Transformations Syntax 3 basic syntax transformations: glTranslate(T x, T y, T z) Memindahkan titik/objek dalam arah x, y dan z. Nilai x, y dan z ditambah atau dikurangi dengan nilai tertentu. Jika titik A di traslasikan ke B dengan matrik translasi K, maka persamaannya adalah A = KB. glScale(T x, T y, T z) Nilai x, y dan z dikalikan dengan bilangan skalar. glRotate(T angle, T x, T y, T z) T angle (in degrees) dengan arah berlawanan dengan jarum jam (counterclockwise). Nilai koordinat x, y dan z diputar ke sekeliling titik referensi.

Translation Snippet Code // warna segiempat asli adalah kuning glColor3f(1,1,0); glRecti(100,50,200,200); // warna segiempat hasil translasi adalah merah glColor3f(1,0,0); glPushMatrix(); // Saves current matrix glTranslated(200,150,0); glPopMatrix(); // Returns current matrix

Scale Snippet Code // warna segiempat asli adalah kuning glColor3f(1,1,0); glRecti(50,50,100,100); // warna segiempat hasil skala adalah merah glColor3f(1,0,0); glPushMatrix(); glScaled(2,3,1); glPopMatrix();

Rotation Snippet Code // warna segiempat asli adalah kuning glColor3f(1,1,0); glRecti(50,50,100,100); // warna segiempat hasil rotasi adalah merah glColor3f(1,0,0); glPushMatrix(); glRotated(45,0,0,1); glPopMatrix();

Shearing Snippet Code // Create T glBegin(GL_LINE_LOOP); for (i=0;i<8;i++) glVertex2i(original[0][i],original[1][i]); glEnd(); // Transformation Process for(i=0;i<8;i++) shearing[0][i]=(original[0][i])+(skalar*original[1][i]); shearing[1][i]=original[1][i]; // hasil transformasi dengan shearing glVertex2i(shearing[0][i],shearing[1][i]);

Order of Transformation Hasil transformasi dikatakan benar, jika dilakukan sesuai dengan kondisi yang tepat. Apakah hasil posisi akhir pada gambar (a) dan (b) terletak pada koordinat yang sama ? (b) (a)

Tugas Kelompok (bagian 1) Buatlah Program bangun 2D berikut : (gunakan konsep primitif objek) Buatlah Program render mobil, helikopter, kincir Angin atau model 2D/3D lainnya, yang dapat dikontrol dengan tombol, misal “n” dan “m“. Jika ditekan tombol ‘n’, maka objek akan berjalan dan jika ditekan tombol ‘m’, maka objek akan berhenti. (gunakan konsep transformasi) (a) (b) (c) Note : Soal 1&2 (Buat Program dan Laporan Penjelasan Kode Program)

Imam Cholissodin| imam.cholissodin@gmail.com Selesai Imam Cholissodin| imam.cholissodin@gmail.com