Apl. Psi. Kognitif Sains dlm TI

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Sistem Pengajaran dengan Modul. Modul didefinisikan sebagai satu unit program belajar mengajar terkecil yang menggariskan: 1.Tujuan pengajaran yang akan.
Advertisements

MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMBELAJARAN
Materi 5 - Komputer Multimedia
Pembelajaran Berbantuan Komputer
INSTRUCTIONAL SOFTWARE
Pembelajaran Berbasis Komputer
Komputer untuk Pendidikan
Pengajaran Berbantuan Komputer COMPUTER ASISSTED INSTRUCTION Chapter 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (UNTUK IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013)
Aplikasi Instruksional
Pembelajaran Berazas Komputer 3 SKS Oleh : Riduan,SE.,S.Pd.,M.Pd Fakultas Keguaruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kutai Kartanegara Tahun Akademik 2014/2015.
MULTIMEDIA INTERAKTIF
Metode Pembelajaran (Ceramah, Ekspositori, Demonstrasi, Drill dan Latihan, Tanya Jawab) Kelompok 6 : Febi Putri Rahmadini Fuji Rahayu Wulandari.
KETERAMPILAN MENJELASKAN
MATERI-3 EVALUASI PEMBELAJARAN
PENGERTIAN-PENGERTIAN
Oleh : Mailani Safitri, S.Pd.
PENGGUNAAN ICT DALAM PEMBELAJARAN
KOMPUTER & MASYARAKAT Pertemuan 3.
HANDOUT KELOMPOK 1.
PANDUAN TUGAS PEER TEACHING
4. KARAKTERISTIK BAHAN AJAR (CETAK & NONCETAK)
MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INOVATIF
COMPUTER BASED INSTRUCTION
Delapan Keterampilan Dasar Mengajar Matematika
Definisi Penganjaran Berbantuan Komputer
Pengajaran Berbantuan Komputer COMPUTER ASISSTED INSTRUCTION Chapter 1
MODEL pelaksanaan remedial & pengayaan DIREKTORAT PEMBINAAN SMA
PERANCANGAN BAHAN AJAR MODUL
MEDIA PEMBELAJARAN KUIS BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8.0
KARAKTERISTIK MATEMATIKA
PEMBELAJAAN BAHASA ARAB BEBASIS KOMPUTER Rizka Anis Mubdiurrohmah
PEMANFAATAN KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
BIMBINGAN TEKNIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
TEORI BELAJAR & APLIKASINYA
Komputer Sebagai Alat Pemecahan Masalah
SISTEM PAKAR & KECERDASAN BUATAN
Masalah-masalah BELAJAR
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR
Materi 3 - Komputer Multimedia
Delapan Keterampilan Dasar Mengajar Matematika
MEDIA PEMBELAJARAN By: Durinda Puspasari.
PERTEMUAN III Pendahuluan Mengkondisikan kelas/Orientasi keberadaan
PERTEMUAN VI Pendahuluan
PERTEMUAN VII Pendahuluan
Oleh : Mailani Safitri, S.Pd.
KARAKTERISTIK MATEMATIKA
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
PENULISAN MODUL.
PROSEDUR UMUM PEMBELAJARAN TERPADU
Pengertian Strategi Pembelajaran pkn Dick dan carey mengatakan “strategi pembelajaran adalah komponen umum dari suatu materi pembelajaran yang akan digunakan.
Materi 2 - Komputer Multimedia
Aplikasi Kognitif Sains dalam TI
BUKU TEKS DAN BUKU AJAR Kelompok : Dita Faulina Putri Nurul Litasari
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
HAKIKAT BELAJAR & PEMBELAJARAN
Penyusunan RPP.
PENGGUNAAN ICT DALAM PEMBELAJARAN
Penggunaan Komputer di Bidang Pendidikan
PENGGUNAAN ICT DALAM PEMBELAJARAN
Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction)
Pengembangan RPP.
Remedial Dan Pengayaan
KOMPUTER DALAM BIDANG PENDIDIKAN & PEMBELAJARAN
Belajar dan mengajar merupakan dua konsep yg tidak dapat dipisahkan
PENGEMBANGAN INSTRUMEN RANAH KOGNITIF
Sbg Media Pembelajaran Matematika
PETUNJUK TEKNIS PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
R E N U N G K A N !! Orang yang bertanya , bodoh dalam lima menit, dan orang yang tak bertanya akan bodoh selamanya ( pepatah China ) Sukses dalam.
KETRAMPILAN DASAR MENGAJAR DALAM PEMBELAJARAN TERPADU
Transcript presentasi:

Apl. Psi. Kognitif Sains dlm TI Tri Maryani

APLIKASI KOGNITIF SAINS 2 TEKNOLOGI PERBEDAAAN ILMU DAN TEKNOLOGI Ilmu pengetahuan pengetahuan tentang interrelasi sebab akibat, dijabarkan secara sistematik dari pengamatan, studi, dan penelitian ilmu pengetahuan dimaksudkan untuk memahami sesuatu bersifat universal TEKNOLOGI ilmu tentang penerapan ilmu pengetahuan untuk tujuan-tujuan praktis. teknologi untuk melakukan sesuatu sehingga teknologi ditujukan untuk memenuhi kebutuhan manusia atau tepat guna

KESIMPULAN Dengan demikian dapat dipahami bahwa ilmu pengetahuan tanpa teknologi tidak bermanfaat, sedangkan teknologi yang tidak didasari ilmu pengetahuan tidak dapat diandalkan. . Apa dampak TEKNOLOGI? Teknologi bawa dampak positif dan negatif SOLUSI TERGANTUNG DARI PENGGUNA karena efek + bersamaan dengan efek - TEKNOLOGI KOMPUTER, antara lain + : mempermudah, mempercepat - : ketergantungan, budaya instant

Computer Assisted Instruction CAI,suatu sistem pengajaran Dan pembeljaran yg menggunakan Peralatan kompt sbg alat bantunya Bersama-sama dgn knowledge base, CAI  Audia, video, penampilan citra (image) yang dikemas dengan sebutan teknologi multimedia TIGA FUNGSI KOMPUTER TOOL TUTOR  TUTEE matematika Ms. Word Surat undangan LOGO

TOOL, TUTOR, TUTEE TOOL, Kelompok dimana fungsi komputer hanya dilihat sbg alat untuk menghasilkan sesuatu sep dokumen/surat, perhitungan keluar-masuk uang, pencatatan nilai siswa, atau gambaran perhitungan statistik dari data. TUTOR, sang komputer dapat dikatakan bertindak sebagai “guru” bagi siswa dalam mengajarkan materi terkandung dalam program tsb. Bentuk serta isi dr program ini harus di disain khusus, mengikuti aturan disain instruksional, seperti halnya guru membuat rancangan pembelajrannya sedemikian rupa shg bila siswa mengikuti urutan pembelajaran yg diberikan akan mencapai peningkatan dalam pengetahuan atau keterampilan yg direncanakan. TUTEE, penggunaan komputer dimana siswa berperan seakan-akan mengajarkan komputer, memiliki dimensi yg berbeda dgn kedua fungsi diatas. Maka disini komputer berfungsi sbg alat yang dijarkan menampilkan perilakuan tertentu oleh siswa.

Bentuk Drill & Practice Mindtools Tutorial Games/ Edutainment Simulation

DRILL & PRACTICE Introductory Select Section question RESPONSE RESPONSE FEED BACK JUDGE RESPONSE TUJUAN : Setelah menjalankan program D&P ini siswa akan lebih terampil, cepat , dan tepat dlm melakukan suatu ketrampilan. Mis. menjawab soal hitungan. Disini siswa dianggap sudah mengetahui teori yg mendasari keterampilan itu serta mengetahui cara/prosedur mengerjakannya. Jadi dlm D & P tidak ada bagian penjelasan, yg ada hanya sejumlah soal/pertanyaan dan “feedback.” mudah – sulit  siswa menjawab  dinilai & feedback: benar – salah  soal/pertanyaan berikut  dst.

KELEBIHAN D & P : KEKURANGAN D & P : Sifatnya interaktif, memiliki umpan balik secara langsung, penyimpanan data melatih kesabaran dan memotivasi siswa melalui kompetisi. Pengguna menjadi terbiasa dan terlatih, menambah, Kecepatan, ketepatan, kesempurnaan  dalam melakukan sesuatu. KEKURANGAN D & P : Feedback pd umumnya hanya bentuk salah-benar, dan tidak ada penjelasan mengenai jawaban seharusnya apa, ataupun dimana letak kesalahan yang ada. Akan tetapi feedback tsb dapat dibenarkan karena tujuan dari D & P adalah melatih kecepatan dan ketepatan menjawab.

T U O R I A L STRUKTUR INTRODUCTION PRESENT INFORMATION SECTION 1 QUESTIONS & RESPONSE REMEDIAL JUDGE THE RESPONSE NO YES PRESENT INFORMATION SECTION 2 QUESTIONS & RESPONSE ETC

ISI Tutorial memakai teori dan strategi pembelajaran dengan memberikan materi, pertanyaan, contoh, latihan dan kuis agar murid dapat menyelesaikan suatu masalah, tujuannya adalah membuat siswa memahami suatu konsep/materi yg baku. Akan tetapi bila sistem ini disertai dengan modul remedial, maka bila gagal, siswa akan diberikan remedial terhadap topik yang ia salah saja (tidak mengulang semua). Dalam kegiatan latihan, komputer memberikan soal-soal mengenai suatu topik untuk dipecahkan oleh peserta didik dan komputer memberikan umpan balik berdasarkan respon peserta didik tersebut. Kegiatan tutorial dimaksudkan untuk mengajarkan informasi baru mengenai suatu topik pelajaran. Pola tutorial interaktif diwujudkan dalam bentuk menampilkan suatu materi melalui komputer sebagai alat untuk mengetahui penguasaan dan pemahaman peserta didik dalam topik tertentu, memberi penguatan terhadap respon peserta didik yang tepat, dan mendiagnosa kekeliruan

Metode tutorial adalah salah satu jenis metode pembelajaran yang memuat penjelasan, rumus, prinsip, bagan, tabel, definisi istilah, latihan dan branching yang sesuai. Dalam interaksi tutorial ini informasi dan pengetahuan yang disajikan sangat komunikatif, Keuntungan dari model TUTORIAL ini adalah lebih terindividual dari Drill and Practice ada penilaian terhadap respon, serta dapat dibantu bagian yang tidak difahami, mengulang materi, atau ke modul remedial. Kerugian dari model TUTORIAL ini adalah seringkali sulit mengetahui variasi dari jenis kesalahan (bugs library) yang dapat dibuat siswa, sehingga tujuan agar remedial dapat diberikan berdasar jenis kesalahan tidak dapat berjalan

CAI adalah salah satu metode pengajaran yang digunakan untuk membantu pengajar dalam mengajarkan materi secara interaktif dalam sebuah program tutorial dengan menggunakan suatu aplikasi komputer. Dalam menyampaikan pengajaran, perangkat lunak CAI dapat mengontrol berbagai proses, seperti penyajian materi kepada pemakai untuk dibaca dan dipelajari, memberikan petunjuk dan latihan mengenai materi yang dipelajari, memberikan pertanyaan dan masalah untuk dijawab serta memberikan penilaian dari hasil belajar kepada pemakai. Pemakai dapat berinteraksi melalui alat-alat input, seperti keyboard atau penekanan tombol dengan menggunakan mouse, yang hasilnya dapat ditampilkan melalui layar monitor dan printer.