Course MMS 2901 Departement of Computer Science Gadjah Mada University © Aina Musdholifah & Sri Mulyana
Lebih dari suatu data atau informasi. Data Informasi Knowledge. Sebagai dasar AI wrong representation project failing Representasi Informasi Tipe data sederhana: number, string, boolean, dll. Representasi pengetahuan Proses, prosedur, aksi, goal, penalaran, dll.
Untuk teknik problem solving tertentu o “best” representation telah berhasil digunakan o terkadang merupakan kebutuhan yang nyata dari teknik tsb o Atau kebutuhan dari bahasa pemrogramannya (mis, Prolog) Contoh : ◦ First order theorem proving (first order logic) ◦ Inductive logic programming (logic programs) ◦ Neural networks learning (neural networks) Permasalahannya: bagaimana menentukan bentuk KR yang sesuai?
KR terdiri dari 2 elemen: 1)Struktur data (data structures) 2)Prosedur (interpretive procedures) Knowledge yang harus diakses 1)Object Kemampuan untuk mengkodekan informasi tentang properti fisik dan konsep objek. 2)Event Akasi dan event 3)Performance Informasi tentang bagaimana mengerjakan sesuatu 4)Meta-knowledge Tentang knowledge yang direpresentasikan
Acquisition pengintegrasian informasi baru kedalam sistem pengetahuan Retrieval menyerupai fungsi recall (mengingat) pada manusia Reasoning formal reasoning rules of propotional calculus procedural reasoning as production rules reasoning by analogy, generalization and abstraction natural but diffucult
Semantic Network Production Rule Frame Logical Representation
Oleh Ross Quillian pada tahun 1968 2 komponen dasar: ◦ NODE menyatakan objek, konsep, atau situasi. simbol: kotak atau lingkaran ◦ ARC menyatakan hubungan antar node. simbol: anak panah yang menghubungkan antar node
All Hobbits are Little-person All Hobbits are Little-person, and Bilbo is a Hobbit Sehingga dari 2 fakta di atas dapat disimpulkan bahwa, Bilbo is a Little-person. Inheritance hierarchy menarik kesimpulan yang mungkin. HOBBIT LITTLE- PERSON isa HOBBIT LITTLE- PERSON isa BILBO
All Hobbits are Little-person, Bilbo is a Hobbit, and Hobbit s have fuzzy-toes Sehingga dapat disimpulkan bahwa, ◦ Bilbo has fuzzy-toes ◦ Some Little-person has fuzzy-toes. has FUZZY- TOES HOBBIT LITTLE- PERSON isa BILBO
Terdapat tambahan informasi bahwa Bilbo owns a magic ring, and all magic rings are rings. bagaimana Anda menambahkan knowledge tersebut dalam semantic network sebelumnya?
Informasi disimpan dalam frame-frame dengan slot-nya. Slot mentriger aksi, yang memunculkan situasi baru. Menurut Minsky, ◦ Suatu frame dianggap sebagai suatu jaringan node dan relasinya. ◦ Top level, menyatakan atribut-atribut tentang situasi yang selalu benar dan umumnya tetap. ◦ Lower level, mempunyai terminal atau slot. Frame mirip dengan objek dalam OOP
Slot dalam suatu frame dapat berisi: ◦ Informasi untuk memilih suatu frame dalam suatu situasi ◦ Relationship diantara frame satu dengan frame yang lain ◦ Procedure untuk melangkah selanjutnya setelah slot sebelumnya terisi ◦ Informasi default digunakan untuk input yang missing ◦ Blank slot - left blank setidaknya dibutuhkan untuk suatu tugas tertentu ◦ Frame yang lain, akan membentuk suatu hierarki.
Kelas Ruangan Spesialisasi dari Gedung Jenis : Jika kelas maka harus ada papan tulis Warna dinding : Lokasi : Kapasitas : Pintu : Papan tulis : Krem Pintu Nama : Bahan Pintu : Warna Pintu : Posisi : Kayu Jati Coklat Papan tulis Tipe_Bahan : Ukuran : White board
Sajikan deskripsi tentang suatu kursi sebagai suatu knowledge, dalam bentuk frame. Catatan: Perlu diketahui kursi yang berfungsi sebagai tempat duduk mempunyai ciri khusus (secara umum) dan terdapat berbagai macam jenis kursi.