Perkembangan Pemikiran Islam

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Cara Sholat Rasulullah SAW (Sifat Sholat Rasul) ISLAM
Advertisements

Masa kebangkitan kembali hukum islam
HADITS KEDUAPULUH DUA.
ALIRAN TEOLOGI DALAM ISLAM (SEJARAH DAN PEMIKIRAN)
A GAMA I SLAM DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I.
KEBUDAYAAN ISLAM Konsep Kebudayaan Dalam Islam
PETA PERKEMBANGAN PEMIKIRAN ISLAM
SEJARAH PERKEMBANGAN HADIS NABI SAW
Materi Pertemuan 10 Sejarah Hukum Islam I
Al Qur’an sebagai sumber Utama Hukum Islam
PENGERTIAN SUMBER HUKUM ISLAM DAN PENGERTIAN AL-QURAN SECARA BAHASA DAN ISTILAH Oleh kelompok 1 xiis1.
Materi Pertemuan V Al Hadis/ As Sunnah.
Sejarah dan Perkembangan Hukum Islam
SEJARAH & PERKEMBANGAN HUKUM ISLAM
Materi Pertemuan 12 Sejarah Hukum Islam III
KHITHAAH MATHLA’UL ANWAR
Kajian Mengenai Perpecahan dan Firqoh-firqoh dalam Islam
SUMBER HUKUM ISLAM & METODE BERIJTIHAD
SEJARAH USHUL FIQIH.
PEMIKIRAN FIQIH.
S K I Konsep Kebudayaan Islam Nilai-Nilai Islam Dalam Budaya Indonesia
Prof. Dr. H. Yunahar Ilyas, Lc.,M.Ag.
Pertemuan ke-3.
Tokoh-tokoh Pembaharuan
DINASTI ABBASIYAH KEPEMIMPINAN DAN PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN.
SYARA’ MAN QABLANA & MAZHAB SHAHABAT
Bab III Pembaharuan Islam di Indonesia
Ruang Lingkup Dan Perkembangan Studi al-Qur’an
SUNNAH (AL-HADITS) SEBAGAI SUMBER AJARAN AGAMA ISLAM
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEJARAH PEMBUKUAN HADITH & IDEOLOGI ORIENTALIS MENGENAI HADITH
Perkuliahan Tatap Muka Ke-3 Ulumul Hadis Selasa, 28 Oktober 2008
SEJARAH DAN PERKEMBANGAN HUKUM ISLAM
Universitas Indonesia
BAHASAN HARI INI PENGERTIAN & FUNGSI AL-SUNNAH & AL-HADITS
SEJARAH PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN HUKUM ISLAM
Tugas Mandiri Perbandingan Mazhab Dosen Pembimbing Drs. H
MULTI MEDIA PEMBELAJARAN
CREATED BY: MARETTA DANIATY
MASA PEMBINAAN, PENGEMBANGAN, DAN PEMBUKUAN (ABAD VII-X M)
وبركاته الله ورحمة عليكم السّلام
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
Konsep Kebudayaan Dalam Islam
Mahmud Abu Rayyah, penggerak inkar sunnah ?
ISLAM dan PERKEMBANGAN ISLAM
MASA KEJAYAAN ISLAM YANG DINANTIKAN KEMBALI Periodesasi Sejarah Islam Kemajuan Islam pada Periode Klasik Tokoh-tokoh Kejayaan Islam Menelaah Perkembangan.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
AL-QURAN SEBAGAI DASAR AJARAN ISLAM.
الوحدة اﻹسلأمية ضروريتها الحياتية للمسلمين
PEMBAHARUAN DALAM ISLAM (TAJDID)
NASAKH MANSUKH Oleh : Asep Suryanto.
SEJARAH ISLAM DARI MASA NABI HINGGA KINI
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Pemikiran Politik (siyasah)
Materi Pertemuan IV Al Hadis/ As Sunnah.
Materi Pertemuan 10 Sejarah Hukum Islam I
SEJARAH PERKEMBANGAN ILMU USHUL - FIQH ******************
TAAT PADA ATURAN TAAT PADA ATURAN. QS. An – Nisa’ 4 : 59 Hai orang-orang yang beriman, ta`atilah Allah dan ta`atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara.
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
BAB 2 : PENGENALAN KEPADA BEBERAPA FIRAQ
SEJARAH PERKEMBANGAN ILMU USHUL - FIQH ******************
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Modul Pemikiran Islam Sederhana di Singapura
PUNCA UTAMA PENYELEWENGAN DALAM TAFSIR
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
1 Sejarah Peradaban Islam dari masa Ke Masa Sejarah Peradaban Islam dari masa Ke Masa By: Hendra Bakti PDM Kota Payakumbuh.
DAULAH ABBASIYAH. OLEH EKA AULIA FITRIANA MUHAMMAD MUSTAKIM RIZKI MOCHAMAD WIRA AJI AGUNG PRABOWO ADI IRFANI ARYA CANGGIH.
Beberapa Pembahasan Ilmu Ekonomi Makro dan Beberapa Aliran Pemikiran dalam Teori Ekonomi Makro (Konvensional) serta Pandangan Ekonomi Islam Terhadap Madzhab.
Transcript presentasi:

Perkembangan Pemikiran Islam Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM) Jogjakarta Perkembangan Pemikiran Islam

Pembagian periodesasi perkembangan pemikiran Islam Pertama, perlu diketahui bahwa bahasan ini tak lepas dari bahasan-bahasan berkenaan dengan Sejarah Pensyariatan Islam (Tarikh al-Tasyri’i’l Islamiy). Kedua, apabila demikian, maka pada dasarnya telah muncul pembagian periodesasi perkembangan pemikiran Islam berdasarkan konsep sejarah. Ali Jumah menyatakan bahwa Ulama seolah-olah hampir menyepakati adanya 6 periode sejarah (Ali Jumah, 1996: 153).

Enam Periode Sejarah Pensyariatan Islam Dalam karyanya al-Madkhal, Ali Jum’ah menyebutkan enam periode tersebut sebagai berikut: Periode Kenabian (عصر النبوة) yang dinyatakan sebagai periode Nas (عصر النص). Periode Khulafâ` al-Râsyidîn, yaitu periode transfer nas dari Rasulullah Saw kepada para sahabat, ketetapannya, dan ijtihad pada persoalan-persoalan baru (عصر نقل النص وضبطه والإجتهاد في أهم الوقائع الحادثة) Periode ketiga yang dimulai dari berakhirnya Khulafâ` al- Râsyidîn sampai abad kedua Hijriyah. Periode keempat yang dimulai dari 101 H – 310 H. Periode kelima yang dimulai dari pertengahan abad ke-5 H sampai runtuhnya Daulah Abbasiyah di Baghdad tahun 656 H / 1258 M. Periode keenam yang dimulai dari runtuhnya Baghdad sampai saat ini.

Empat kategori periode pemikiran Islam berdasarkan pembagian enam periode dejarah pensyariatan Islam Dari keenam periode tersebut, paling tidak bisa kita kategorikan menjadi: Periode Klasik Periode Pertengahan Periode Modern Periode Kontemporer

Outline Pembahasan : Pemikiran Islam periode Rasulullah Pemikiran Islam periode Khulafâ` al-Râsyidîn Pemikiran Islam Klasik: (1) Syiah; (2) Khawarij; (3) Muktazilah; (4) Ahl al-Sunnah Wa’l Jamâ’ah; (5) Madzâhibu’l Arba’ah (Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Syafi’I, Imam Ahmad bin Hanbal Pemikiran Islam Pertengahan, di antaranya: Imam Ghozali, Imam Syatibi, Ibnu Taimiyah Pemikiran Islam Modern, di antaranya: Muhammad bin Abdul Wahab, Muhammad Abduh, Muhammad Iqbal, Qasim Amin. Pemikiran Islam Kontemporer, di antaranya Yusuf Qardzawi, Fazlurrahman, Taha Jabir Ilwani. Pemikiran Islam di Indonesia: Muhammadiyah-NU

Pemikiran Islam Periode Rasulullah Pada periode ini pemikiran Islam merupakan pemikiran murni. Hal ini didasarkan pada hirarki transfer ilmu secara langsung dari Allah Swt. kepada Rasulullah Saw. Konsep pemikiran yang ditanamkan awal kali kepada Rasulullah adalah konsep Iqra` (QS. Al-Alaq: 1-5). Keaslian atau kemurnian pemikiran yang dijaminkan Allah kepada Rasulullah Saw. Berdasarkan pada firman-Nya: Wa mâ yanthiqu ‘ani’l hawâ in huwa illâ wahyun yûhâ Konsep Iqra` ini kemudian diajarkan Rasulullah Saw kepada para sahabatnya untuk kemudian mereka menyebarkannya dengan dasar pemikiran tersebut. Pada periode ini praktis tidak ada perbedaan-pertentangan terkait dengan hukum maupun teologi. Hal ini dikarenakan Rasulullah Saw sebagai sentral ilmu. Apa yang ditanyakan sahabat kepadanya, maka akan dijawab.