MEMPERKENALKAN OBJECT-ORIENTED PROGRAMMING ( Pemrograman Berorientasi Objek) 1.Rena Dwi Aprillusia 2. Norita Debby Pravitasari.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Advertisements

Profil Nama : Syaifullah, S.Kom. TTL: Utan, 11 Oktober 1974 Pendidikan: S1 Teknik Informatika STMIK “Bumi Gora” Mataram. Bidang Minat: - Analyst Programmer.
Object Oriented Programming
Pemrograman Berorientasi Objek
CodeIgniter By ISNARDI, M.Kom.
MEMPERKENALKAN OBJECT-ORIENTED PROGRAMMING ( Pemrograman Berorientasi Objek) 1.Rena Dwi Aprillusia 2. Norita Debby Pravitasari.
FUNGSI Deklarasi dan Definisi fungsi Void dan Non-void Fungsi main.
Oleh Ardian M. Prastiawan 9/12/2014 2:00:42 PM1. Materi 9/12/2014 2:00:42 PM2 1. Mangenal Delphi – 2 x Pertemuan 2. Mengenal IDE – 3 x Pertemuan 3. Object.
Paradigma OOP Ery Setiyawan Jullev A.
OBJECT ORIENTED PROGRAMMING (OOP)
Pemrograman Lanjut Ratnokustiawan.wordpress.com.
di OBJECT ORIENTED PROGRAMMING [OOP] Oleh H. SUMIJAN, Ir, M.Sc
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Konsep Pemrograman Berorientasi Objek
Minggu 1…… Page 1 MINGGU Ke Satu Pemrograman Visual 2 Pokok Bahasan: Mengenal Web dengan ASP Tujuan Instruksional Khusus: Mahasiswa akan dapat menjelaskan.
Desain Berorientasi Obyek dan UML
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 2C MATERI MINGGU KE-2 Pengenalan Teknik-teknik Bahasa Pemrograman Henny Medyawati.
Rekayasa Perangkat Lunak Proses Rekayasa Perangkat Lunak
Web Service.
DIAGRAM ALIRAN DATA FISIK
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Dasar-dasar Pemrograman PHP
Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO)
Object Oriented Programings Pertemuan 11
Rekayasa Perangkat Lunak Spesifikasi Formal 9 By : Andi Latifa Nabone.
Mata Kuliah Algoritma dan Pemrograman 1-C
Perancangan dan Pemrograman Web
Object Oriented Programming
PENDEKATAN PADA PENGEMBANGAN APLIKASI WEB
Outline: Class Objek Konstruktor Destruktor Overloading dan Tipe value
Pemrograman Visual Oleh : Erni Fatmawati.
ARSITEKTUR APLIKASI WEB
Konsep delphi Pertemuan Ke-1 & 2.
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 2
Perkenalan CSS.
Pemrograman internet ABU SALAM, M.KOM.
OOP.
POLYMORPHISM.
Object Oriented Programming
OBJECT ORIENTED SYSTEM DEVELOPMENT LIFE CYCLE
Tinjauan Ringkas Konsep Basis Data
METODE (2) SUSSI.
Konsep Pemrograman berorientasi Objek
Object Oriented Programming
10 Perancangan Arsitektural
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
APLIKASI ADMINISTRASI PADA KURSUS Himawan,
Bina Sarana Informatika
Pengenalan Borland Delphi 7.0
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBYEK
5 Kebutuhan Software By : Andi Latifa Nabone.
ANALISA & DESAIN BERORIENTASI OBJEK
OOP Pertemuan 7 Febriyanno Suryana, S.Kom, MM
( Cascading style sheets)
Bina Sarana Informatika
Bina Sarana Informatika
Analisis dan Desain Berorientasi Obyek
Analisis dan Desain Berorientasi Obyek
08 PEMOGRAMAN WEB ENTERPRISE Aplikasi web Module Hariesa B.P, ST, MM
ISTILAH-ISTILAH PENTING PEMROGRAMAN BERBASIS OBYEK
PEMROGRAMAN WEB BERBASIS FRAMEWORK 01. SAP
DIKLAT DASAR-DASAR AUDIT
Pemrograman Berorientasi Obyek
PEMROG.BERORIENTASI OBJ.LANJUT
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI V
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
PEMBUATAN APLIKASI COUNTRYPEDIA DENGAN MENGGUNAKAN Handyka Fadillah
Transcript presentasi:

MEMPERKENALKAN OBJECT-ORIENTED PROGRAMMING ( Pemrograman Berorientasi Objek) 1.Rena Dwi Aprillusia 2. Norita Debby Pravitasari

MEMAHAMI ALASAN UNTUK MENGGUNAKAN OOP Pemrograman berorientasi objek adalah cara coding yang mengatur program Anda, mendorong konsistensi, mengurangi kompleksitas, meningkatkan fleksibilitas, dan mempromosikan keamanan yang lebih baik. OOP juga menggunakan yang disebut enkapsulasi. Enkapsulasi adalah konsep bahwa apa yang Anda lakukan dalam satu bagian dari program Anda tidak dipengaruhi dan tidak mempengaruhi bagian yang lain. Selain itu, OOP cocok untuk menerapkan kedua pola desain, yakni desain program pemodelan, dan MVC (Model-View-Controller), yang merupakan desain teknik perangkat lunak untuk interaksi database yang memisahkan, presentasi, dan sistem kontrol sebanyak konten Anda yang terpisah dari presentasi dengan HTML dan CSS.

MEMPERKENALKAN KONSEP OOP Obyek dan Kelas OOP adalah cara berpikir tentang apa yang harus Anda capai dalam hal objek (benda) dan tindakan (kata kerja) yang Anda butuhkan untuk melakukan. Sebuah objek adalah Instansiasi kelas yang berisi properti dan metode. Contoh ponsel, Ponsel itu sendiri adalah obyek. Telepon ini mempunyai tinggi 4,5 inci lear sebesar 2,3 inci tebal 37 inci. Memiliki 32GB penyimpanan dan berat 4,8 ons. Berisi spesifik lagu, nomor telepon, dan ebooks. Ini adalah properti yang dimiliki telepon. Properti adalah informasi. Ponsel ini dapat melakukan tindakan. Anda dapat melakukan panggilan telepon, mengambil gambar, menelusuri Internet, atau memutar lagu. Masing-masing jenis tindakan adalah metode. Ini adalah kata kerja, tindakan yang dapat dilakukan.

Untuk menggambarkan konsep yang lebih jelas, berikut adalah beberapa contoh lainnya : Kelas Pelanggan Properties : Nama depan, nama belakang, perusahaan, alamat, , nomor telepon Metode : Tempatkan pesanan, menanyakan tentang perintah, mengubah alamat Kelas Produk Properti : Nomor Produk, deskripsi, biaya, harga, kuantitas di tangan, citra produk Metode : Meningkatkan kuantitas ketika produk diterima, menurunkan kuantitas ketika produk dikirim, memformat harga Kelas Artikel Properties : Judul, penulis, abstrak, konten, peringkat, link permanen Metode : Periksa otoritas yang tepat untuk melihat artikel, menyimpan artikel ke database, menghapus artikel dari database, memformat artikel untuk ditampilkan

Memperluas Kelas Anda dapat menciptakan sebuah kelas induk yang berisi fungsi umum dan properti dan kemudian membangun lebih rinci kelas di atasnya. Misalnya, kelas Telepon ini dapat menerima panggilan dan melakukan panggilan secara otomatis serta mampu mengambil nomor telepon dari buku alamat. Sebuah kelas Cellphone meluas menjadi kelas Smartphone dan mampu melacak kalender, browsing Internet, dan memutar lagu-lagu.

BELAJAR VARIASI DALAM SIARAN PHP BERBEDA Fitur OOP relatif baru untuk PHP. Mereka ada di PHP4 tetapi lebih lengkap dikembangkan di PHP5, khususnya 5,2. Juga, PHP 5.3 memperkenalkan fitur tambahan. Anda harus dapat mengenali sisa-sisa dari sebuah coding style : Lewat Referensi: Bila Anda menetapkan sebuah objek ke variabel itu digunakan untuk membuat salinan objek. Sekarang menciptakan acuan agar perubahan baik asli atau objek baru mempengaruhi. Visibilitas & Akhir: Kemampuan untuk mengubah lingkup sifat dan fungsi.

Konstruktor : Sebuah metode opsional ketika Anda membuat sebuah objek. Dalam PHP4 ini adalah nama yang sama dengan kelas. Sekarang ada fungsi khusus, membangun Konstanta Kelas dan Metode Static: Ini adalah cara untuk menggunakan kelas tanpa membuat obyek. Abstrak Kelas : Ini adalah jenis khusus dari kelas induk yang dapat Anda gunakan untuk kelas lainnya. Fungsi The Autoload : Ini adalah cara untuk secara otomatis memuat kelas Anda tanpa membutuhkan daftar panjang pernyataan require_once. Hal ini tidak sepenuhnya dilaksanakan sampai PHP 5.3.

TERIMA KASIHTERIMA KASIH