Aspek Humaniora Subsistem Interaksi Manusia

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
2. FAKTOR MANUSIA Sistem komputer terdiri atas tiga aspek yaitu :
Advertisements

Faktor Manusia.
DISPLAY.
Interaksi Manusia dan Komputer Kuliah ke 3 : Profil pemakai
Interaksi Manusia dan Komputer - part 2 Danny Kriestanto, S.Kom., M.Eng.
PERSEPSI PSIKOLOGI.
MEMORI, SENSASI & PERSEPSI
ASPEK MANUSIA DALAM IMK
FAKTOR MANUSIA IMK - M2.
FAKTOR MANUSIA.
Memori Dan Berfikir.
Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Designed by Kuntjojo, UNP Kediri
Memahami Faktor manusia yang berhubungan dengan IMK
Faktor Manusia.
SI122 – Interaksi Manusia dan Komputer
Information Processing Theory
Teori Pemprosesan Informasi
ASPEK MANUSIA DALAM IMK
Interaksi Manusia & Komputer
BELAJAR, INGATAN dan BERPIKIR
Interaksi Manusia & Komputer Faktor Manusia
Profil pemakai Pertemuan ke 3.
Profil pemakai Pertemuan ke 3.
Anna Dara Andriana S.Kom.,M.Kom
McGraw-Hill/Irwin Copyright © 2008 by The McGraw-Hill Companies, Inc. All rights reserved.
Information Processing Theory
KOMUNIKASI INTRAPERSONAL
Komunikasi Intrapersonal 2
PROSES LUPA Tugas Psikologi Belajar
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Faktor Manusia Dalam IMK Kuliah II
FAKTOR MANUSIA (2) (LANJUTAN) DOSEN. UTAMI DEWI WIDIANTI.
Sistem Komunikasi Intrapersonal
SENSASI DAN PERSEPSI Edy Prihantoro.
PERSEPSI PERTEMUAN 9.
PERSEPSI PERTEMUAN 9.
MEMORI DAN PROSES BERPIKIR
PERSEPSI.
Faktor Manusia.
KELOMPOK 5 Lena Morita ( ) Gita Ayu D. ( )
Faktor Manusia dalam IMK
Olivia Tjandra Waluya M. Si., Psi Fakultas Desain dan Industri Kreatif
Interaksi Manusia dan Komputer
Profil pemakai Pertemuan ke 3.
Faktor Manusia.
SENSASI DAN PERSEPSI.
OLEH : NOVITA P. SIANTURI, M.Psi, M.Si
Faktor Manusia.
Komunikasi Intrapersonal
Pertemuan Ketiga Manusia
Perbedaan Individu Berbagai Kemampuan dan Cara Mengukur
By Diyah Sulistiyorini,M.Psi.,Psikolog
MEMORY.
FAKTOR MANUSIA.
Faktor Manusia.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
KOMUNIKASI INTRAPERSONAL
Interaksi Manusia dan Komputer
1 Visi Menjadi Perguruan Tinggi yang Unggul di bidang Teknologi Telematika dan membentuk insan yang berkarakter di Indonesia Misi 1. Menyelenggarakan.
KOMUNIKASI INTRAPERSONAL
Komunikasi Intrapersonal 1
Faktor Manusia.
Komunikasi Intrapersonal
KOMUNIKASI INTRAPERSONAL
Faktor Manusia Pendahuluan Aspek dalam sistem komputer ▫ Aspek hardware (Perangkat Keras) ▫ Aspek software (Perangkat Lunak) ▫ Aspek brainware (Manusia)
Transcript presentasi:

Aspek Humaniora Subsistem Interaksi Manusia I want….mmm… Subsistem Interaksi Manusia Model Prosesor dan Memori Manusia Kelompok Pengguna

PENDAHULUAN Aspek Humaniora adalah salah satu aspek dalam IMK yang harus dipertimbangkan. Mengapa ??? Unsur pengetahuan psikologi membantu perancang IMK untuk : Mengidentifikasi atau “mengetahui/mengenal” sasaran pengguna sehingga dapat mendesain kebutuhannya Menerangkan mengapa beberapa yang mempertimbangkan unsur psikologi lebih sukses dibanding yang lain Wednesday, April 12, 2017

Fakta Tentang Otak Otak (yang bertanggung jawab dalam semua studi psikologi) memiliki dua bagian yaitu otak kiri dan otak kanan yang masing-masing memiliki kekuatan dan fungsi yang berbeda. Rancangan IMK dapat sukses jika memperhitungkan kedua bagian dari otak ini. Wednesday, April 12, 2017

Intinya, otak manusia memperhitungkan tiga bagian: Subsistem interaksi Prosesor, dan Memori Wednesday, April 12, 2017

SUBSISTEM INTERAKSI MANUSIA Ada tiga subsistem interaksi Sistem Persepsi (Perceptual System) Sistem Kognitif Sistem Gerak Wednesday, April 12, 2017

Sistem Persepsi (Perceptual System) Persepsi adalah proses pemberian makna terhadap sensasi (indrawi) menjadi informasi. Dalam memproses informasi,persepsi sangatlah berperan penting, sebab kesalahan persepsi akan menimbulkan kesalahan dalam memproses informasi. Sejauh mana indra kita dapat diandalkan? Ahli filsafat, Rene descartes mencatat bahwa kita dapat tertipu oleh indra kita. Percobaan : Isi tiga buah mangkuk dengan air yang mempunyai temperatur berbeda, satu dingin seperti es, satu hangat, dan satu sepanas yang masih dapat Anda tahan. Masukkan satu tangan masing-masing ke dalam mangkuk panas dan dingin selama satu menit kemudian masukkan keduanya dalam air hangat. Otak kita menerima pesan berbeda mengenai temperatur dari air yang suam-suam kuku ini dari masing-masing tangan. Apa yang terjadi? Wednesday, April 12, 2017

Sistem Persepsi (Perceptual System) cont. Apa saja yang menyentuh alat indra, baik dari dalam maupun dari luar, disebut stimuli Sensasi adalah proses penerimaan stimuli melalui alat indera. Warna merupakan suatu sensasi yang dihubungkan dengan sistem syaraf kita Sensasi warna diperoleh dengan adanya interaksi antara warna dengan sistem syaraf sensitif warna kita Sistem persepsi menyimpan sinyal dari rangsangan(imajinasi, gambar, suara) untuk suatu waktu Wednesday, April 12, 2017

Sistem Persepsi (Perceptual System) cont. Alat Indera : Pendengaran (telinga) Batas pendengaran manusia : 20 Hertz – 20.000 Hertz Kita memiliki 16000 sel rambut di dalam telinga bagian dalam dan kita kehilangan 40% pada waktu mencapai usia 65 th. Sentuhan (kulit) Luas kulit kita kira-kira 2 m2 dan merupakan organ paling besar dalam badan kita. Kulit mempunyai 200.000 reseptor untuk dingin, 500.000 untuk peraba, dan 2.800.000 untuk rasa sakit. Batasan kulit manusia : 10 0 C – 45 0 C Wednesday, April 12, 2017

Sistem Persepsi (Perceptual System) cont. Penglihatan (mata) Otak besar untuk penglihatan, dengan luas sekitar 30% dari otak besar, berada di bagian belakang dari kepala. Itulah sebabnya orang yang bagian otak tertentunya mengalami kerusakan mungkin kehilangan beberapa aspek dari kemampuan mereka memproses bayangan. Luminans : banyaknya cahaya yang dipantulkan sebuah obyek Kontras : hubungan antara cahaya yang dikeluarkan oleh suatu obyek dan cahaya dari latarbelakang obyek tersebut Sudut penglihatan(visual angle) adalah sudut yang berhadapan oleh obyek pada mata. Visual angle yang nyaman bagi mata adalah 15 menit Wednesday, April 12, 2017

Sistem Persepsi (Perceptual System) cont. Retina terdiri atas rods (bertanggung jawab untuk penglihatan malam) dan cones (merupakan sel-sel yang sangat sensitif terhadap warna Fotopigmen dalam cones akan menterjemahkan panjang gelombang menjadi sensasi warna. Fotopigmen Biru (445nm), Hijau (535nm) dan Merah(575nm) Pembauan (hidung) Pengecapan (lidah) Wednesday, April 12, 2017

Kombinasi Warna Terbaik Latar Belakang Garis Tipis / Teks Garis Tebal / Teks Putih Biru (94%), Hitam(63%), Merah(25%) Hitam(69%), Biru(63%), Merah(31%) Hitam Putih(75%), Kuning(63%) Kuning(69%), Putih(56%), Hijau(25%) Merah Kuning(75%), Putih(56%), Hitam(44%) Hitam(50%), Kuning(44%), Putih(44%), Cyan(31%) Hijau Hitam(100%), Biru(56%), Merah(25%) Hitam(69%), Merah(63%), Biru(31%) Biru Putih(81%), Kuning(50%), Cyan(25%) Kuning(38%), Magenta(31%), Hitam(31%), Cyan(31%), Putih(25%) Cyan Biru(69%), Hitam(56%), Merah(37%) Merah(56%), Biru(50%), Hitam(44%), Magenta(25%) Magentha Hitam(63%), Putih(56%), Biru(44%) Biru(50%), Hitam(44%), Kuning(25%) Kuning Merah(63%), Biru(63%), Hitam(56%) Merah(75%), Biru(63%), Hitam(50%) Aktivitas Pilih suatu benda untuk studi visual. Lihatlah sesuatu yang ada di luar jendela atau pada sekelompok benda yang ada di meja anda. Warna apa yang anda lihat? Cermati apakah anda melihat gradasi warna tersebut. Bentuk apa yang terbentuk dari bayang-bayang apapun? Bayangkan anda memutar benda itu 90 derajat. Apa yang ada di depan sekarang? Pejamkan mata anda bergantian. Bagaimana pengaruh memejamkan sebelah mata pada bentuk, ukuran dan warna benda anda? Wednesday, April 12, 2017

Kombinasi Warna Terjelek Latar Belakang Garis Tipis / Teks Garis Tebal / Teks Putih Kuning(100%), Cyan(94%) Kuning(94%), Cyan(75%) Hitam Biru(87%), Merah(44%), Magenta(25%) Biru(81%), Magenta(31%) Merah Magenta(81%), Biru(44%), Hijau & Cyan(25%) Magenta(69%), Biru(50%), Hijau(37%), Cyan(25%) Hijau Cyan(81%), Magenta(50%), Kuning(37%) Cyan(81%), Magenta & Kuning(44%) Biru Hijau(62%), Merah & Hitam(37%) Hijau(44%), Merah & Hitam(31%) Cyan Hitam(81%), Kuning(75%), Putih(31%) Kuning(69%), Hijau(62%), Putih(56%) Magentha Hijau(75%), Merah(56%), Cyan(44%) Cyan(81%), Hijau(69%), Merah(44%) Kuning Putih & Cyan (81%) Putih(81%), Cyan (56%), Hijau(25%) Wednesday, April 12, 2017

Menurut Anda berapa buah bujur sangkar yang ada dalam gambar ini ? Wednesday, April 12, 2017

Asumsikan Uang Logam Berapa jumlah uang logam paling sedikit yang harus Anda pindahkan untuk membuat puncak segitiga ini menghadap ke bawah ? Wednesday, April 12, 2017

Sistem Persepsi (Perceptual System) cont. Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi : Perhatian adalah proses mental ketika stimuli atau rangkaian stimuli menjadi menonjol dalam kesadaran pada saat stimuli lainnya melemah. Ex : lapar, haus, kerumunan orang banyak Faktor Fungsional ialah faktor yang berasal dari kebutuhan, pengalaman masa lalu dan yang bersifat personal. Ex : Kebudayaan Faktor Struktural semata-mata berasal dari sifat stimuli fisik dan efek-efek saraf yang ditimbulkannya pada sistem saraf individu. Ex : Objek atau peristiwa yang berdekatan dalam ruang dan waktu atau menyerupai satu sama lain, cenderung dianggap sebagai bagian dari struktur yang sama. Wednesday, April 12, 2017

Sistem Kognitif Sistem ini merepresentasikan hitungan dalam pikiran kita yang “berpikir”. Ketika informasi dalam ingatan jangka pendek, kita dapat memikirkan tentang sesuatu, menganalisa dan mungkin memanggil kembali informasi dari ingatan jangka panjang kita untuk perbandingan dan seterusnya. Sistem kognitif juga membuat keputusan tentang bagaimana kita seharusnyamelakukan sesuatu ke depan, apa tindakan yang seharusnya kita ambil sebagai hasil dari informasi yang diterima. Wednesday, April 12, 2017

Sistem Gerak Sistem ini mengubah sinyal menjadi gerak. Contoh membawa tindakan yang telah diputuskan oleh sistem kognitif seperti gerakan tangan mengklik mouse Wednesday, April 12, 2017

MODEL PROSESOR DAN MEMORI MANUSIA Memori adalah sistem yang sangat terstruktur yang menjadikan manusia mampu merekam fakta tentang segala sesuatunya. Wednesday, April 12, 2017

Rata-rata Memory Manusia John Griffith = 1011 (seratus Trilium) bit John Von Neumann = 2.8 x 1020 bit Asimov = Otak manusia tak terbatas 1 bit = satu sel otak = 1 kata atau 1 angka Wilden Penfiled = ahli bedah saraf dan rangsangan jarum elektris pada otak tertentu Wednesday, April 12, 2017

Beberapa teori tentang memori manusia Disuse Theory “Teori yang berhubungan dengan kondisi fisik manusia seperti umur, kesehatan dan lain-lain.” Interference Theory “Teori yang membahas bahwa jika memory mendapat informasi terbaru, maka informasi yang lama kadangkala hilang dengan sendirinya.” Information Processing Theory “Teori yang membahas bahwa bagaimana memory bekerja dengan cepat agar dapat menyimpan dari ST-STM-LTM.” Wednesday, April 12, 2017

Tahapan-Tahapan Memori Manusia : Perekaman (Encoding) Pencatatan stimuli / informasi melalui register sensori atau reseptor indra dan sirkuit syaraf internal. Penyimpanan (Storage) Informasi / stimuli yang sudah berada dalam memori akan dipetakan dalam bentuk yang diinginkan Pemanggilan (Retrieval) Tahapan yang digunakan untuk memanggil informasi yang telah tersimpan, yang dapat dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut : 1. Recall  mengingat (esai) 2. Recognition  mengenal (multiple choice) 3. Relearning  mengulang-ulangi 4. Reintegration  merekonstruksi masa lalu dengan bantuan memori kecil Wednesday, April 12, 2017

Mekanisme Memori Short Term Memory (STM) Long Term Memory (LTM) Fase yang dapat menyimpan informasi antara 7+ 2 chunk informasi. Long Term Memory (LTM) Fase yang dapat menyimpan informasi selama-lamanya. Wednesday, April 12, 2017

The Model Human Processor Long Term Memory Short Term Memory Sensory Buffers (dix) Visual Image Store Auditory Image Store Eyes Perceptual Processor Motor Processor Cognitive Processor Eyes Wednesday, April 12, 2017 Fingers,etc

Short Term Memory Sebuah chunk adalah informasi yang dapat berupa bit atau byte. “Ukuran” dari chunk tergantung dari banyak faktor seperti kebiasaan dengan informasi yang dikirim, bagaiamana mengartikan informasi Chunk berhubungan dengan segala sesuatu yang dapat dirasakan orang sebagai suatu entitas yang berarti misalnya surat, bilangan, kata atau kalimat Contoh : no telp Cobalah untuk mengalikan 39 dengan 8 dalam hati. Anda akan mendapat jawaban 312. Mungkin Anda lebih dahulu mengalikan 9 dengan 8 (72) dan menyimpan 72 dalam hati sampai Anda mengalikan 3 dengan 8 (24), yang kemudian anda kalikan dengan 10 (240). Kemudian Anda menambahkan dengan 72 (312). Setelah Anda mendapatkan jawaban, Anda dapat melupakan angka 72 Wednesday, April 12, 2017

Short Term Memory Cont. Mekanisme Memori Jangka Pendek Simpai fonologi (Phonological Loop), yang menangani suara dan kata Catatan visuo spasial (Visuao spatial sketchpad), yang mencatat gambar Eksekutif Sentral, yang mengkoordinasikan yang lain menjadi pemikiran tunggal Bacalah kata berikut, dengan suara urutan kata berikut. Kemudian tutuplah tulisan tersebut dan ulangi sekali lagi di memori hit, can, dog, toe, hit Ban, hat, map, cat, ban Yang mana menurut Anda yang lebih mudah dihafalkan a atau b ? Wednesday, April 12, 2017

Cobalah Aktivitas Berikut 8 3 1 9 6 9 2 7 4 8 5 1 9 3 4 1 7 6 8 2 5 9 3 7 1 8 6 8 6 5 1 4 9 2 7 1 8 9 4 4 3 8 1 7 2 7 5 8 6 9 4 3 5 2 1 9 8 3 7 1 7 5 8 6 4 2 2 7 5 4 6 3 9 8 9 6 3 7 5 2 1 4 7 2 9 1 5 3 4 6 6 8 3 2 5 9 4 7 1 4 1 9 7 3 8 2 5 6 8 4 2 1 6 5 9 7 3 9 4 1 7 4 6 5 2 3 8 7 3 4 2 9 1 7 6 8 5 3 8 1 9 5 4 1 7 6 2 Wednesday, April 12, 2017

Short Term Memory Cont. Cirinya adalah : Mudah lupa dalam waktu 20 detik Lebih banyak informasi untuk diingat akan menambah kecepatan untuk dilupakan pula Gangguan terhadap informasi yang serupa sering menyebabkan salahnya informasi saat dipanggil Kecepatan informasi dilupakan tidak secara linier, tetapi seringkali disebabkan dari hasil pemahaman terhadap sistem yang kompleks Wednesday, April 12, 2017

Long Term Memory Informasi dalam memori jangka pendek akan dikirim ke memori jangka panjang dengan suatu usaha di bawah kesadaran penuh yang disebut dengan belajar atau lewat suatu proses bawah sadaryang berualng-ulang Mekanisme Memori Jangka Panjang Memori Episodik, tempat kita merekam peristiwa masa lalu Wednesday, April 12, 2017

Long Term Memory Cont. Memori Semantik, tempat kita menyimpan pengetahuan latarbelakang mengenai dunia Contoh : apa yang disebut mobil ? Memori Prosedural, adalah bagian bawah sadar kita mengenai cara melakukan sesuatu Contoh : orang lupa ingatan, tahu cara bermain piano Memori Prospektif, adalah memori dari hal-hal yang harus dilakukan di masa depan Wednesday, April 12, 2017

Metode Pengiriman Informasi dari STM ke LTM Chunking (jembatan keledai) Cth : 081917081945 ~~ 0819 17 08 1945 Rehearsals, Mendengarkan berulang-ulang Clustering, Pengelompokan Method of Loci, visualization Wednesday, April 12, 2017

Kesimpulan dari Keterbatasan Memori Apapun antarmukanya harus memperhitungkan keterbatasan memori Antarmuka harus memandu dan mendorong pengguna untuk mengingatkan informasi yang telah diterimanya. Buatlah materi yang mudah dikenal dan dipanggil kembali Nama dan icon harus mengandung arti supaya mudah diingat Rancangan antarmuka dan fungsi harus konsisten untuk mudah diingat Wednesday, April 12, 2017

KELOMPOK PENGGUNA Pembagian kelompok pengguna dibagi menjadi 3: Novice/First-time User Knowledgeable Intermittent Users Expert Frequent User Wednesday, April 12, 2017

Novice/First-time User Mengetahui sedikit konsep Hanya memiliki pengetahuan yang dangkal akan software Pengguna asing dengan software Action yang disediakan sebaiknya sedikit saja Memberikan rasa nyaman dan bantuan Informasi kesalahan harus secara detail dan terperinci Bantuan dokumentasi dan step-by-step tutorial sangat membantu Wednesday, April 12, 2017

Knowledgeable Intermittent Users Mengetahui fungsi software Kesulitan mencari letak dari fungsi-fungsi yang diketahui Proteksi dari bahaya dibutuhkan karena user mulai melakukan eksplorasi Online help dan dokumentasi sangat membantu Wednesday, April 12, 2017

Expert Frequent User Ahli dan mengetahui secara detil kegunaan fungsi-fungsi software Dapat menggunakan fungsi-fungsinya dengan optimal Membutuhkan respon yang cepat dan tidak membutuhkan feedback User memerlukan adanya perintah macro Menu-menu yang ada dibuat ringkas dan cepat Wednesday, April 12, 2017

Langkah-langkahnya secara umum: Merancang untuk satu orang pengguna jauh lebih mudah dibandingkan dengan berbagai macam pengguna. Suatu rancangan untuk berbagai macam kelas pengguna disebut level-structured. Langkah-langkahnya secara umum: Novice diberi pembelajaran hanya diberi sedikit object atau action Mereka akan cenderung melakukan kesalahan yang minim karena pilihan yang terbatas Setiap melakukan sesuatu akan diberi bimbingan Akan diperkenalkan task yang lebih kompleks apabila user membutuhkannya Untuk pengguna yang sudah mahir, dibutuhkan proses yang cepat saja. Wednesday, April 12, 2017