HUKUM MEMINTA-MINTA FATWA TARJIH.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
تلخيص من كتاب عمدة الأحكام. a) Bahasa : الدعاء (Do’a) b) Istilah : “Ibadah tertentu yang memiliki gerakan tertentu, perkataan dan perbuatan tertentu,
Advertisements

Spionase dalam Tinjauan Dalam
BAB V Oleh: Muhamad Fatoni,M.Pd.I. PUASA ITU MILIK ALLAH حَدَّثَنَا الأَعْمَشُ عَنْ أَبِى صَالِحٍ عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى.
Esensi Puasa dari sudut pandang Hadits
HADITS KEDUAPULUH DUA.
OLEH: MUHAMAD FATONI,M.Pd.I BAB III. Allah Menilai Hati Manusia عن أبي هريرة قال : قال رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم : ' إن الله لا ينظر إلى صوركم.
Kelompok 10 Motivasi Belajar dan Mengajarkan al-Qur’an
ADAB / ETIKA MENUNTUT ILMU
AL-SUNNAH & AL-HADITS PENGERTIAN & FUNGSI
TAKWA.
ASSALAMUALAIKUM WR. WB.
Etimologi  Kata takwa ( التَّقْوَى ) berasal dari kata kerja ( وَقَى ) artinya menutupi, menjaga, berhati-hati dan berlindung.
MA’RIFATUSY SYAHADATAIN
URGENSI AKHLAK MENURUT ISLAM
Pertemuan Ke-15 Rohmansyah, S.Th.I., M.Hum.
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
MINGGU KETUJUH : PROSEDUR KEHAKIMAN DAN KESELAMATAN
HadiTH Tiga Serangkai KURSUS BIMBINGAN UGAMA (KBU)
HIJRAH Dari Kompetensi Ke Kontribusi
Larangan Pergaulan Bebas dan Perzinaan
BAGAIMANAKAH ISLAM MENGATUR EKONOMI?
ESENSI PUASA DARI SUDUT PANDANG HADITS
KEBIJAKAN NASIONAL PENDIDIKAN KARAKTER 2011
MA’ALLAH Upaya Menggapai Hidup Penuh Berkah
BAB 8 PUASA.
PUTERI-PUTERI TERSAYANG
Ciri Khas Akidah ASWAJA: Allah Ada Tanpa Tempat
BAB II HORMAT KEPADA ORANG TUA DAN GURU
PENILAIAN HARIAN IMAN KEPADA HARI AKHIR.
DZIKIR BERSAMA FATWA TARJIH 06.
RENUNGAN.
Etos (motivasi) Kerja Unggulan
Dipresentasikan oleh Ahmad Rifai
WALIMATIL URSY’ KELOMPOK ENAM 6 ZIAN LUKMAN WAHDAN MAULIDA FAIZ.
Maulid Nabi Muhammad SAW
HADITS IJTIMA’I.
Al-Fath (Lari Dari Perang)
Menemani Rasulullah di Surga
Menuntut Ilmu dan Menghargai waktu
ISLAM DAN LINGKUNGAN HIDUP
Hutang adalah memberikan sesuatu yang menjadi hak milik pemberi pinjaman kepada peminjam dimana pengembalian di kemudian hari dengan jumlah yang sama sesuai.
Menghormati ulama dan majelis ilmu
MAKNA MAKANAN DAN MINUMAN HALAL
AKAD BISNIS DALAM ISLAM
BAB VI Jujur dan Amanah.
DUDUK DAN BERJALAN DI ATAS NISAN/KUBURAN
AKHLAK BERMASYARAKAT.
AL-SUNNAH & AL-HADITS PENGERTIAN & FUNGSI
Materi Pertemuan IV Al Hadis/ As Sunnah.
AKIDAH AKHLAK Adab Bergaul Kepada Saudara dan Teman Oleh: Ridwan.
PENDIDIKAN ISLAM HADITH RASULULLAH S.A.W. TINGKATAN SATU.
Oleh : Dr. Octaria Saputra SABAR dan BERSYUKUR.
TAAT PADA ATURAN TAAT PADA ATURAN. QS. An – Nisa’ 4 : 59 Hai orang-orang yang beriman, ta`atilah Allah dan ta`atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara.
Talak Pengertian Talak: Dari segi bahasa:melepas dan terlepas.
الفقه إكمال مولان أكبر.
Kelas Bimbingan Dewasa
Talak Pengertian Talak: Dari segi bahasa:melepas dan terlepas.
PEMIKIRAN AHLU HADIS (EKSTRIM)
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM KAJIAN MENURUT SUDUT PANDANG AL-QUR’AN.
IMAM FASIH FATWA TARJIH 2004.
Perekonomian Dalam Islam “Jual Beli”. JUAL BELI Pengertian dan Hukum Jual Beli Rukun dan Syarat Jual Beli Macam-macam Jual Beli Bentuk-Bentuk Jual Beli.
Setiap umat manusia, baik laki-laki maupun perempuan, wajib untuk menuntut ilmu, menuntut ilmu harus dilakukan dengan penuh semangat dan tidak boleh dengan.
Kuliah singkat tentang keutamaan Al-Quran dan tata cara membacanya. Disampaikan pada acara Pesantren Kilat di SMK Jakarta Timur 2. Jakarta, Juni.
Esensi Puasa dari sudut pandang Hadits Ust H. Abdurrahman Makatita, Lc MA Materi Kajian Islam Ramadhan (KISRA) Hari-2.
H.M. Shiddiq Al-Jawi, S.Si, MSI
Esensi Puasa dari sudut pandang Hadits Ust H. Abdurrahman Makatita, Lc MA Materi Kajian Islam Ramadhan (KISRA) Hari-2.
ETOS KERJA DALAM ISLAM Reni F. Yanti. KERJA Sesuatu yang dikeluarkan oleh seseorang sebagai profesi, sengaja dilakukan untuk mendapatkan penghasilan.
Toleransi, Kerukunan dan Menghindari Tindak Kekerasan Kelompok 1.
Nama kelompok : - Aditya pratama putra - Muhammad Sheva Rafli - Naila Syakirotul Rizkiyah - Rahma Putri Baina السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
BISMILAHIRAHMINARAHIM TUJUAN PEMBELAJ ARAN Menjelaskan pengertian ijtihad Menjelaskan syarat-syarat ijtihad Menjelaskan pengertian ijma Menjelaskan pengertian.
Transcript presentasi:

HUKUM MEMINTA-MINTA FATWA TARJIH

Hukum meminta - minta Pada dasarnya, setiap orang telah diberi potensi oleh Allah SWT agar dapat hidup mandiri, ia telah diberi akal dan pikiran agar dapat berusaha dan berikhtiar mencari kebutuhan hidup, dengan cara tolongmenolong antara sesama manusia, karena manusia adalah makhluk sosial, dan tidak dapat melepaskan diri dari kehidupan bermasyarakat. Menolong orang lain adalah suatu kewajiban, maka berusaha menjadi orang yang mempunyai kemampuan menolong orang lain adalah wajib. Maka peminta-minta atau pengemis adalah orang yang tidak mau berikhtiar/berusaha, dan meninggalkan kewajiban.

Para ulama sepakat bahwa perbuatan memintaminta adalah haram, sebab orang yang memintaminta sebenarnya meninggalkan kewajiban berikhtiar yang diperintahkan Allah, kecuali dalam keadaan terpaksa. Misalnya karena buta, lumpuh, sangat lemah, dan sebagainya, sehingga kalau tidak memintaminta ia tidak dapat mempertahankan hidupnya.

Syamsuddin azZahabiy, 1416 H Syamsuddin azZahabiy, 1416 H., menjelaskan: Sebagian orang sangat ringanuntuk meminta kepada orang lain, tanpa adanya kebutuhan yang mendesak, dan sering mengatakan: diberi ya syukur, tidak diberi ya tidak mengapa. Padahal memintaminta di samping berdosa, juga menurunkan martabat dan muru’ah. Dan dalam suatu hadits diungkapkan bahwa orang yang suka memintaminta, di akhirat nanti daging di wajahnya akan rontok, sehingga tinggal kulit dan tulang

Dalam hadits lain diungkapkan sebagai berikut: عَنْ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ قَال : قَالَ الن بِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَسْأَلُ النَّاسَ حَتَّى يَأْتِيَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ لَيْسَ فِي وَجْهِهِ مُزْعَةُ لَحْمٍ ( رواه البخاري و مسلم ) Artinya: “Dari Abdullah bin Umar ra., ia berkata: Nabi saw. bersabda: Sebagian orang selalu memintaminta hingga ketika sampai di hari kiamat, tidak ada sedikit pun daging di wajahnya.” (HR. alBukhari dan Muslim) Dalam hadits lain diungkapkan sebagai berikut: عَنْ

عَنْ ابْنِ مَسْعُودٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَال : قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ سَأَلَ وَلَهُ مَا يُغْنِيهِ جَاءَتْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ خُدُوشًا أَوْ كُدُوشًا فِي وَجْهِهِ ( رواه ( أحمد : صحيح الجامع : 625 Artinya: “Dari Ibnu Mas’ud ra., ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: Barangsiapa memintaminta, sedang ia mempunyai kecukupan, maka ia datang di harikiamat dengan wajah yang tercakarcakar.”(HR. Ahmad; Shahih alJami’: 6255)

Artinya: “Barangsiapa meintaminta,sedang ia mempunyai kecukupan, maka sungguh hanyalah memperbanyak bara api di jahannam. Para sahabat bertanya: Berapakah jumlah kecukupan yang menyebabkan ia tidak pantas memintaminta? Rasulullah saw. menjawab: Sekedar untuk dapat makan pagi dan makan sore.” (HR. Abu Dawud; Shahih alJami’:7280). tersebut menegaskan bahwa memintaminta

Haditshadits tersebut menegaskan bahwa memintaminta bukan karena terpaksa, adalah haram dan dosanya sangat besar. sd*