Devine Revelation menurut Fazlur Rahman ---------------------------------------- Oleh : zainul adzvar Al-Qur ’ an  Verbal (tidak hanya makna dan ide saja)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
STATUS ONTOLOGIS OBJEK ILMU
Advertisements

“... dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati (Nya).”
1. Tentu kita tahu bahwa belajar merupakan kewajiban bagi semua orang muslim. Dengan kita mengimani betul terhadap malaikat Allah SWT kita akan selalu.
Oleh: Prof. Dr. M. Ghalib M., M.A
Manusia dan Agama.
By. Hardivizon, M.Ag. Hadis 1. Sumber hukum kedua dalam Islam 2. Lafalnya dari redaksi Nabi Muhammad sendiri, maknanya dari Allah 3. Kebanyakannya khabar.
ISLAM DAN ILMU PENGETAHUAN
AKIDAH Beriman kepada Malaikat Allah
ISLAM DAN ILMU PENGETAHUAN
Kepentingan Wahyu Bagi Kehidupan Gereja Wahyu 1:1-3 Oleh :
PENGANTAR FILSAFAT Topik 12 FILSAFAT ISLAM.
SUMBER AGAMA DAN AJARAN ISLAM
KELOMPOK 2 ANISA KHAFIDA MADINATUL MUNAWAROH NURUL HASANAH
PEMIKIRAN FILSAFAT IBNU MISKAWAIH
Oleh: Ahmad Khoeruddin Muhammad Rosyid R. Muhamad Ramdan Rijal Tamami
SUMBER AGAMA DAN AJARAN ISLAM
SUMBER AGAMA DAN AJARAN ISLAM
Pembacaan Al-Qur’an [Pengantar ke Pemikiran Mohammed Arkoun]
IBNU ARABI (560 .H/1164 M – 638 H/1240 M) Muhammad Ibn ‘Ali Ibn Muhammad Ibn al-‘Arabi al-Tha’i al-Hatimi.
Fungsi Wahyu dan Akal dalam Memahami Akidah
Al Qur’an sebagai sumber Utama Hukum Islam
DALIL-DALIL SYARA’ (Sumber-Sumber Hukum Islam)
Teologi Pembebasan ( Hasan Hanafi )
Manusia dan Agama.
Pemikiran Filsafat Ibnu Rusyd
BERIBADAH DENGAN IKHLAS
SEJARAH DAKWAH RASUALLAH SAW PERIODE MEKKAH
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
I. Arti dan Ruang lingkup agama Islam
Hakekat Manusia dan Pengembangannya
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW Oni Elly Saputra
Al-Qur’an Kelompok 6.
Al Qur’an sebagai Sumber Utama Hukum Islam)
MATERI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Iman Kepada Malaikat Allah
Akhlak Materi -7.
MATA KULIAH TAUHID AKIDAH AKHLAK Dosen: Sarah Wulan, S.Ag, MPd
Makna Makna Akhlak, etika dan moral: persamaan dan perbedaannya
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Perkuliahan Tatap Muka Ke-4 Ilmu Tasawuf 8 November 2008
Ciri Aliran Sesat Oleh Nanang Kohar, SH.
PETA KONSEP : TUHAN YANG MAHA ESA DAN KETUHANAN
TUHAN YANG MAHA ESA dan KETUHANAN
Dekonstruksi Kebenaran (Pengantar ke Pemikiran Aliya Harb)
Memahami hakikat ilmu pengetahuan
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Filsafat Perennial (Sayyed Housein Nasr)
Paradigma Keilmuan Islam Oleh: Hamid Fahmy Zarkasyi
MENINGKATKAN KEIMANAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
KURIKULUM PERENIALISME
Al Qur’an sebagai Sumber Utama Hukum Islam)
Definisi Agama Agama adalah salah satu istilah dalam bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa sanskerta. Istilah ini terambil dari dua kata yaitu a dan.
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
2 MANUSIA DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS GUNADARMA
PENGERTIAN AL-QUR’AN Defenisi al-Qur’an adalah:
Assalamualaikum wr. Wb. Alik Murih Prabowo A
AL-’AQIDAH AL-ISLAMIYAH
PENGERTIAN AL-QUR’AN Defenisi al-Qur’an adalah:
Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuan
Diploma Pengajian Islam Andalus
Pengertian Agama Islam
ISLAM DAN MIPA Dasar Pendidikan MIPA.
Pengantar Filsafat Ilmu
FILOSOFI.
Dalam agama islam, kedudukan Ilmu sangatlah penting dan sentral. Menurut al-Quran, ilmu adalah suatu keistimewaan pada manusia yg menyebabkan manusia.
Modul ke: Fakultas Program Studi Pendidikan Agama Islam Etos Kerja Islam Dian Febrianingsih, M.S.I 08 PSIKOLOGI Psikologi.
Transcript presentasi:

Devine Revelation menurut Fazlur Rahman Oleh : zainul adzvar Al-Qur ’ an  Verbal (tidak hanya makna dan ide saja) Al-Qur ’ an  Verbal (tidak hanya makna dan ide saja) Wahyu  Pembuka rahasia ( “ inspirasi ” ) Wahyu  Pembuka rahasia ( “ inspirasi ” ) Firman tidak sama dengan suara  ada “ malaikat ”. Firman tidak sama dengan suara  ada “ malaikat ”. Dalam sejarahnya, konsep wahyu ada berbagai macam pendapat (yang bisa saja dipengaruhi oleh kristen), maka ortodoksi muncul untuk merumuskan kembali dengan tepat. Dalam sejarahnya, konsep wahyu ada berbagai macam pendapat (yang bisa saja dipengaruhi oleh kristen), maka ortodoksi muncul untuk merumuskan kembali dengan tepat.

Karakter wahyu nabi Wahyu nabi bersifat eksternal Wahyu nabi bersifat eksternal Al-Qur’an mempertahankan sifat “kelainan” tapi ada “jibril”. Al-Qur’an mempertahankan sifat “kelainan” tapi ada “jibril”. Ortodok tidak mampu merumuskan antara dogma “kelainan” dengan verbalitas wahyu dan yang berhubungan dengan kepribadian religius nabi. Ortodok tidak mampu merumuskan antara dogma “kelainan” dengan verbalitas wahyu dan yang berhubungan dengan kepribadian religius nabi.

Al-Qur’an adalah Firman Tuhan juga perkataan Muhammad, bagaimana ia bersifat eksternal dari Muhammad ? Nabi melihat dan terhubung dengan figur yang diproyeksikan ( “ malaikat ”, ruh al- Quds) yang terhubung dengan pengalaman-pengalaman tertentu,  isra ’ Mi ’ raj. Jadi malaikat adalah internal (bukan eksternal) Nabi melihat dan terhubung dengan figur yang diproyeksikan ( “ malaikat ”, ruh al- Quds) yang terhubung dengan pengalaman-pengalaman tertentu,  isra ’ Mi ’ raj. Jadi malaikat adalah internal (bukan eksternal)

Karakteristik al-Qur’an Semangat al-Qur’an adalah Moral  hukum Moral  ia abadi (sebab perintah Allah) :: Manusia harus menyerah (islam) dan harus mengabdi (ibadah). Semangat al-Qur’an adalah Moral  hukum Moral  ia abadi (sebab perintah Allah) :: Manusia harus menyerah (islam) dan harus mengabdi (ibadah). Kualitas manusia berbeda-beda :: kualitas intrinsik dari persepsi moral adalah bersama persepsi o.k.i moral “bertingkat”. Kualitas manusia berbeda-beda :: kualitas intrinsik dari persepsi moral adalah bersama persepsi o.k.i moral “bertingkat”. Nabi adalah karakter dan perilaku jauh lebih tinggi dari manusia  dalam ortodoksi ada “ma’shum” Nabi adalah karakter dan perilaku jauh lebih tinggi dari manusia  dalam ortodoksi ada “ma’shum”

Al-Qur’an dan Muhammad Seluruh perilaku Muhammad adalah model yang “sempurna”. Seluruh perilaku Muhammad adalah model yang “sempurna”. Kadang ia melampaui dirinya sendiri  persepsi kognitif moralnya menjadi sangat tajam, sehingga kesadarannya menjadi “Hukum Moral” itu sendiri. Kadang ia melampaui dirinya sendiri  persepsi kognitif moralnya menjadi sangat tajam, sehingga kesadarannya menjadi “Hukum Moral” itu sendiri. Hukum Moral adalah perintah Tuhan  adalah bagian dari pada-Nya.  o.k.i al-Qur’an bukanlah hasil sastra (seni murni). Hukum Moral adalah perintah Tuhan  adalah bagian dari pada-Nya.  o.k.i al-Qur’an bukanlah hasil sastra (seni murni). Ketika Persepsi intuitif Moral Muhammad berada di puncak tertinggi, maka kalimat dalam wahyu diberikan bersama inspirasinya. Ketika Persepsi intuitif Moral Muhammad berada di puncak tertinggi, maka kalimat dalam wahyu diberikan bersama inspirasinya. Al-Qur’an adalah murni “kata” Ilahi ia mengalir melalui hati nabi. Al-Qur’an adalah murni “kata” Ilahi ia mengalir melalui hati nabi. Ketika Muhammad menjadi “satu” dengan hukum moral, bukan berarti ia menjadi Tuhan  sebab tidak ada ruang untuk “Syirik” -  nabi bersabda “ Akulah Hukum Moral itu” Ketika Muhammad menjadi “satu” dengan hukum moral, bukan berarti ia menjadi Tuhan  sebab tidak ada ruang untuk “Syirik” -  nabi bersabda “ Akulah Hukum Moral itu”

Philosophy Bahan untuk menyusun Filsafat adalah Bahan Yunani  Hellenistic  Metafisika Religius Islam. Bahan untuk menyusun Filsafat adalah Bahan Yunani  Hellenistic  Metafisika Religius Islam. Misalnya: Penciptaan  kekekalan alam  cari bantuan Neo Platonist == ada perbedaan antara Tuhan dan alam. Misalnya: Penciptaan  kekekalan alam  cari bantuan Neo Platonist == ada perbedaan antara Tuhan dan alam. Masih terkesan Plotinus  Pikiran yang menyimpan segala sesuatu :: tidak mungkin Tuan mengerti hal-hal yang rinci dll. Masih terkesan Plotinus  Pikiran yang menyimpan segala sesuatu :: tidak mungkin Tuan mengerti hal-hal yang rinci dll. Epistemologi Yunanian == Pembeda antara badan dan pikiran. Epistemologi Yunanian == Pembeda antara badan dan pikiran. Al-Farabi __> Konsep Ruh yang abadi. Al-Farabi __> Konsep Ruh yang abadi.

Truth (?) Apa ada 2 kebenaran (Agama dan Filsafat) ? Kebenaran Ganda. Kebenaran Ganda. Kebenaran agama adalah Kebenaran Filosofis -  perwujudannya adalah symbol dan imaginatif. Kebenaran agama adalah Kebenaran Filosofis -  perwujudannya adalah symbol dan imaginatif. Nabi adalah Intellectual yang perfect. Nabi adalah Intellectual yang perfect. Filsafat yang murni memiliki sifat Religius (berdasar prinsip-prinsip Rasional dan murni naturalistic lalu ia membangun pandangan dunia yang jelas = Agama) Filsafat yang murni memiliki sifat Religius (berdasar prinsip-prinsip Rasional dan murni naturalistic lalu ia membangun pandangan dunia yang jelas = Agama)

Ide Ortodoksi (metafisik + Filosofis) واجيب الوجود (esensi). ممكين الوجود (eksistensi) Filsafat dalam Islam adalah “spiritualitas” dalam realitas. Al-Ghazali menolak rasionalitas sebab Emanasi diganti dengan aktifitas Tuhan yang disertai kehendak-Nya.