Pandangan Agama Terhadap Politik

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
SMA NEGERI 1 PAMULANG, KAB. TANGERANG
Advertisements

Bab IX HUKUM.
Topik : Struktur Sosial dan Hukum
Ilmu Budaya Dasar Tim Pengajar IBD FH – UI.
Materi kuliah Pemilu dan Perilaku Politik
DEMOKRASI MENURUT IMAN KRISTEN
1  Bahan 3  Etika Administrasi  FISIP UNS 2011.
Menalar Tuhan Kelompok 1.
METODE DAN PENDEKATAN DALAM STUDI FILSAFAT POLITIK
Anggota Kelompok : Sophia Fauziah Indah Sundari M.Zaky Nurahman
Teori perubahan sosial dan hukum
WAWASAN NUSANTARA Oleh : Aditya Hendra Moh. Khoirul Anwar
PEMECAH SEJARAH DUNIA DANIEL 12.
II. NILAI DAN ETIKA DALAM PEKERJAAN SOSIAL
Teori – Teori Sosial Pip, Jones (2009).
Pemahaman tentang bangsa, negara, hak dan kewajiban warga negara
Teori dalam Komunikasi Organisasi dan Implikasinya
ALLAH KASIH KARUNIA DAN PENGHAKIMAN
HAM Oleh Kelompok 1.
BERTUMBUH DALAM KRISTUS
KESATUAN INJIL Lesson 3 for July 15, 2017.
Konsep dasar Politik dan pemerintahan
DEMOKRASI ANTARA TEORI DAN PELAKSANAANNYA
CULTURE AND DEVELOPMENT
IDEOLOGI-IDEOLOGI DUNIA
Bentuk dan Dasar Negara Indonesia
AGAMA DALAM PERUBAHAN SOSIAL
MANUSIA DAN KEADILAN Yanti Trianita S.I.Kom.
Sistem Pers.
Etos Kerja Positif (Aspek Teologis & Sosial)
INJIL DAN GEREJA Lesson 13 for September 23, 2017.
TOKOH DAN PEMIKIRANNYA TENTANG BIROKRASI
Wewenang, Delegasi, Desentralisasi
SEJARAH FILSAFAT HUKUM
PELAKSANAAN HAK ASASI MANUSIA (HAM) DALAM RELASI HUKUM DAN KEKUASAAN SERTA DALAM MENGHADAPI ISU-ISU GLOBAL Kelompok 10 Anesta Ebri Dewanty
By: Desayu Ekla Surya, S.Sos., M.Si
PENGERTIAN PARADIGMA Definisi paradigma
Pengertian dan Ruang Lingkup Sosiologi Politik
Kekuasaan Negara.
MENGENAL KONSEP DASAR DAN SEJARAH HAM
URGENSI AGAMA BAGI MANUSIA
PEMBENARAN OLEH IMAN Lesson 4 for October 28, 2017.
KEKRISTENAN DAN KEBUDAYAAN
Kerukunan Antar Umat Beragama
TIDAK ADA PENGHUKUMAN Lesson 9 for December 2, 2017.
Manusia Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia.
ANAK-ANAK PERJANJIAN Lesson 10 for December 9, 2017.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Pengertian dan Ruang Lingkup Sosiologi Politik
PANCASILA SEBAGAI FILSAFAT PENDIDIKAN NASIONAL
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN by DANIEL ARNOP HUTAPEA, S
BINATANG YANG KELUAR DARI DALAM BUMI
Manusia Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia.
Ilmu Budaya Dasar Karina Jayanti, S.I.Kom.
ILMU POLITIK NAMA ANGGOTA : RISKI RIANDA ALBERTUS ARYO ANDIKA TITO NUR
PANCASILA SEBAGAI FILSAFAT PENDIDIKAN NASIONAL
Etos Kerja Positif (Aspek Teologis & Sosial)
PERTENTANGAN KOSMIS Lesson 1 for April 7, 2018.
Pertemuan ke-6 PENDELEGASIAN WEWENANG
SAAT KONFLIK MUNCUL Lesson 7 for November 17, 2018.
PENDELEGASIAN WEWENANG
MODUL IMAN KRISTEN (Tahap BERSEMI) “Mengenal Pengakuan Gereja Toraja”
PERSATUAN DAN HUBUNGAN YANG RUSAK
PENATALAYANAN. PENATALAYANAN APAKAH PENATALAYANAN ITU? Kepada orang Kristen, penatalayanan berarti “tanggung jawab manusia kepada, dan penggunaan daripadanya,
Lesson 2 for April 13, 2019 PILIHAN YANG KITA BUAT.
Teori dalam Komunikasi Organisasi dan Implikasinya
KELUARGA - KELUARGA BERIMAN
JERITAN PARA NABI Lesson 5 for August 3, 2019.
1.Pembenaran oleh iman. Roma 5: Kasih Allah bagi orang berdosa. Roma 5: Dosa masuk ke dunia. Roma 5:12. 4.Hukum dan dosa. Roma 5:13-14,
MEMAHAMI SEJARAH: ZERUBABEL DAN EZRA Lesson 1 for October 5, 2019.
Transcript presentasi:

Pandangan Agama Terhadap Politik Kelompok III Pandangan Agama Terhadap Politik Cholid Asyrofuddin 562010032 Amir 672008803 Daniel Sangkalabu 672010088 Sudarma Putra 672010128 Marcelo Evander 672010256 Chris Pratama P. 692010029 Kukuh Andi S. 692010053

B. Rumusan Masalah Adapun masalah yang akan dibahas dalam makalah ini dibatasi tentang bagaimana Agama menanggapi pengaruh politik dari sisi positif dan negatifnya

Pandangan Agama Tentang Politik Mengembangkan pandangan Kristen pemerintah, sulit karena Alkitab tidak memberikan perawatan lengkap dari pemerintah.. Hal ini sendiri adalah mungkin instruktif dan memberikan kita beberapa garis lintang bagi lembaga-lembaga ini untuk mencerminkan kebutuhan dan tuntutan situasi budaya tertentu. Karena ambiguitas ini, orang Kristen seringkali memiliki pandangan yang berbeda mengenai isu-isu politik tertentu karena Alkitab tidak berbicara langsung dengan setiap area diskusi politik.. Namun, orang Kristen tidak bebas untuk percaya apapun yang kita inginkan. Orang Kristen seharusnya tidak meninggalkan Alkitab ketika kita mulai berpikir tentang masalah ini karena ada banyak sekali bahan alkitabi yang dapat digunakan untuk menilai pilihan politik tertentu.

Dalam Perjanjian Lama, kita memiliki panduan yang jelas untuk pengembangan teokrasi di mana Allah adalah kepala pemerintahan. Tetapi panduan ini ditulis untuk keadaan tertentu yang melibatkan orang perjanjian yang didirikan oleh Tuhan. Pedoman ini tidak sepenuhnya berlaku saat ini karena pemerintah modern kita tidak pewaris langsung janji-janji Allah dibuat untuk bangsa Israel. Selain itu situasi yang unik, Alkitab tidak mengajukan atau mendukung setiap sistem politik tertentu. Alkitab, bagaimanapun, tidak memberikan dasar untuk mengevaluasi berbagai filsafat politik karena jelas delineates pandangan alam manusia. Setiap teori politik terletak pada pandangan khusus sifat manusia.

Tidak mungkin untuk berpikir tentang pemerintah tanpa berpikir tentang sifat manusia. Oleh karena itu, memiliki dasar untuk menolak filsafat politik yang dimulai dengan merangkul pandangan yang salah dari sifat manusia.

Pemerintah dan Sifat Manusia. Alkitab menggambarkan dua elemen yang berbeda dari sifat manusia, sudut pandang ini membantu dalam menilai sistem pemerintah. Karena kita diciptakan menurut gambar Allah (Kejadian 1), kita mempunyai sifat-sifat seperti manusia mulia seperti keberanian, penghakiman, kasih sayang, dan rasionalitas. Namun, kami juga makhluk (Kejadian 3). Ini keberdosaan manusia (Roma 3:23) Oleh karena itu menciptakan kebutuhan untuk mengontrol perilaku manusia jahat dan berdosa melalui pemerintah sipil.

Dasar sifat manusia Banyak teolog telah menyarankan bahwa satu-satunya alasan yang kita miliki pemerintah saat ini adalah untuk mengendalikan perilaku berdosa akibat Kejatuhan. Namun, selalu ada indikasi bahwa pemerintah akan ada bahkan jika kita hidup di dunia yang tidak berdosa. Sebagai contoh, tampaknya ada beberapa penataan kewenangan di Taman (Kejadian 1-2). Alkitab juga berbicara tentang malaikat sebagai tingkat wewenang dan fungsi. Manusia, disisi lain, diciptakan menurut gambar Allah (Kejadian 1:27) dan dengan demikian bertanggung jawab kepada perintah Allah. Kita diciptakan oleh Allah ketertiban(1 Korintus 14:33).

Pemerintah Sipil berakar dari tanggung jawab manusia. Pemerintah Sipil berakar dari tanggungjawab Manusia. Jika kita survei berbagai teori politik, kita menemukan bahwa pandangan Kristen pemerintahan sangat berbeda dari yang diusulkan oleh ahli teori politik banyak. Jika. Dasar bagi pemerintah sipil berakar di alam kita diciptakan. Kami adalah makhluk rasional dan kehendak. Kami tidak ditentukan oleh nasib sebagai orang akan mengatakan, tidak juga kita ditentukan oleh lingkungan kita sebagai makhluk modern. Kami memiliki kekuatan pilihan. Karena kita memiliki kekuatan pilihan, kita dapat melaksanakan didelegasikan kekuasaan atas tatanan yang diciptakan. Oleh karena itu, pandangan Alkitab tentang sifat manusia membutuhkan sistem pemerintahan yang mengakui tanggungjawab manusia

Pemerintah sipil adalah diperlukan karena keberdosaan manusia Sementara sumber pemerintah sipil berakar pada tanggung jawab manusia, kebutuhan bagi pemerintah berasal dari kebutuhan untuk mengendalikan keberdosaan manusia. Allah ditahbiskan pemerintah sipil untuk menahan kejahatan (Kejadian 9). Kita tidak bisa menganggap anarki sebagai pilihan karena semua telah berdosa (Roma 3:23) dan memerlukan kontrol eksternal.

Kristen dan Filsafat Perhatikan bagaimana pandangan Kristen tentang sifat manusia memberi kita dasar yang digunakan untuk menilai filsafat politik. Sebagai contoh, orang Kristen harus menolak filsafat politik yang mengabaikan keberdosaan manusia. Banyak teori-teori politik utopia yang bersalah dalam hal ini. Plato disebutkan dalam Republik bahwa pemerintah ideal akan menjadi salah satu yang tercerahkan filsuf-raja yang akan memimpin negeri ini. Alkitab, bagaimanapun, mengajarkan bahwa semua orang berdosa (Roma 3:23), karena itu, pemimpin yang diajukan Plato juga akan terpengaruh oleh dampak dosa Kejatuhan (Kejadian 3). Mereka akan kurang bijak dan tercerahkan disposisi yang diperlukan untuk republik.

Contoh lain adalah skema Marxis pemerintah Contoh lain adalah skema Marxis pemerintah. Karl Marx memiliki pandangan naif dari sifat manusia.Dia merasa bahwa masyarakat, dan khususnya, ekonomi kapitalistik, adalah alasan bagi manusia gagal. Solusi-Nya adalah untuk menggulingkan ekonomi kapitalistik dan menggantinya dengan sebuah masyarakat komunis di mana potensi manusia akan dibebaskan. Masalah terletak dalam sebuah sistem ekonomi dan percaya bahwa solusi akan muncul dengan kehancuran kapitalisme. Marx merasa bahwa orang-orang hanya korban tak berdosa dari ancaman ini. Pemerintah membutuhkan pandangan yang seimbang dari pandangan sifat manusia

Pandangan Kristen pemerintahan didasarkan pada pandangan yang seimbang dari sifat manusia. Ini mengakui kedua martabat manusia (kita diciptakan menurut gambar Allah) dan kebejatan manusia (kita adalah orang-orang berdosa). Karena keduanya rahmat dan dosa beroperasi di pemerintah, kita tidak boleh terlalu optimis atau terlalu pesimis. Kita harus melihat urusan pemerintahan dengan rasa yang mendalam realisme alkitabiah.

Kebanyakan ahli teori politik di Inggris dan Amerika Serikat menerima pandangan seimbang alam manusia. Seorang ahli Kristen Inggris Edmund Burke, mengembangkan deskripsi tentang apa yang pemerintah harus dalam Refleksi tentang Revolusi Perancis didasarkan pada pandangan yang seimbang dari sifat manusia.