Dialogue Notations and design

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PRINSIP DESIGN IMK.
Advertisements

Desain Web R0312 – Grafik Komputer.
Lingkungan Pengembangan Antarmuka Pemakai
Perancangan Perangkat Lunak lanjutan Kuliah - 7
DATA FLOW DIAGRAM.
Algorithma Pemrograman
DESAIN DAN NOTASI DIALOG
Pertemuan Keempatbelas Dukungan Implementasi
Interaction Diagram.
Interaksi Manusia dan Komputer (Model Kognitif)
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
Perancangan Grafis dan Tipografi
Principles of Two-dimensional Design, Wucius Wong,
BAB 6 Design Interface (Perancangan Tampilan)
Perancangan Tampilan.
Analisa dan Desain dalam Penelitian
Desain permodelan grafis
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Interaksi Manusia dan Komputer
Usability Heuristic, User Requirement and Cognitive Model
INTERACTION ASRI M PUTRA 4 TS. Usebility Heuristic.
Teori , Prinsip, dan Pedoman
Interaksi Manusia Dan Komputer
Dialogue Notation and Design
Lingkungan MS Access Pertemuan 2
Interaksi Manusia Komputer
PERANCANGAN ATAU DESAIN APLIKASI MENGGUNAKAN GUI.
Pengantar UML.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN ORGANISASI (ODSS)
Interaksi Manusia & Komputer Desain
Desain dan Notasi Dialog
Latihan Ujian UTS dan UAS
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA & KOMPUTER
PERANCANGAN INTERFACE USER
Perancangan Antar Muka
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK
DESAIN SISTEM.
MODEL PENGGUNA Denny Sagita.
Tahapan Pengembangan Multimedia
Interaksi Manusia dan Komputer
Sequence Diagram.
DESAIN.
Ragam dialog Pertemuan 3.
PERANCANGAN ANTARMUKA/TAMPILAN
MS. ACCESS 2007 Oleh : W A R I D I Disampaikan pada mata kuliah Komputer Aplikasi Hukum II Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Hukum UNIKOM.
ANALISIS & DESAIN SISTEM
Matakuliah : Desain Komunikasi Visual II (New Media)
Desain Sistem.
DAN PERANCANGAN DIALOG
Ragam dialog Pertemuan 3.
Sikllus Pengembangan Aplikasi Multimedia
Interaksi Manusia dan Komputer (Desain dan Notasi Dialog)
ANALISA PERANCANGAN PROGRAM.
Perancangan Tampilan.
KONSEP dan NOTASI BAHASA
Soal Desain Interior 3 W 0186 Matakuliah : Desain Interior 3
Pertemuan Keduabelas Desain dan Notasi Dialog
KONSEP & PEMODELAN ANALISIS
REKAYASA WEB Development Process
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer
Perancangan Tampilan.
Desain dan Notasi Dialog
Rekayasa Perangkat Lunak
Interface Design.
Perancangan Tampilan.
Interface Design.
Desain dan Notasi Dialog
Dialogue Notation & Design Part-2
IMK Notasi & Desain Dialog.
Transcript presentasi:

Dialogue Notations and design Asri M Putra 0610117262421

Dialog Desain Dialog dalam arti umum adalah percakapan antara dua kelompok atau lebih. Dialog dalam konteks perencanaan user interface adalah struktur dari percakapan antara user dan sistem komputer.

Dalam IMK ada 3 gaya bahasa komputer: 1. Leksikal ikon, tombol yang ditekan, ekivalen dengan bunyi, ejaan 2. Sintaktik Urutan struktur i/o ekivalen dengan tata bahasa 3. Semantik makna dialog terkait dengan stuktur data

STRUKTUR DIALOG MANUSIA Sifat: Tidak terstruktur Dipengaruhi emosi, situasi Tidak konsisten

STRUKTUR DIALOG KOMPUTER Karakterisik dialog manusia dengan komputer: Dialog disebutken dengan urutan tertentu Dialog telah ditetapkan sebelumnya Dialog berikutnya tergantung respon user

STRUKTUR DIALOG KOMPUTER Mungkin tidak mengakomodasi semua kemungkinan Deskripsi dialog berada pada level sintaksis (bukan semantik) Beberapa dialog dilakukan secara bersama-sama

Mengapa perlu digunakan notasi deskripsi dialog yang terpisah? Agar mudah di analisa. Pemisahan elemen-elemen interface dari logika program (semantik). Apabila notasi dialog ditulis sebelum program dibuat, maka notasi tersebut bisa membantu desainer untuk menganalisa struktur yang diajukan.

NOTASI DIAGRAMATIK Bentuk yang paling sering digunakan karena menggambarkan struktur dialog. Susah menjelaskan/menggambarkan jika struktur terlalu kompleks. Exp : Flowchart, Diagram jackson,diagam alir

NOTASI TEKSTUAL Dalam notasi tekstual ada 3 metode yang digunakan : Tata bahasa, Aturan produksi CSP dan proses aljabar

TATA BAHASA Ekspresi Reguler untuk menjelaskan maksud daru suatu sintak BNF (backus naur form) : berfokus pada aksi user Ekspresi reguler :menjelaskan kriteria pencarian tekstual dan analisis leksikal pemrograman

DESAIN DAN ANALISIS DIALOG Ada 3 pendekatan dalam perancangan dialog: Berfokus pada aksi user; apakah terspesifikasi dengan baik Memperhatikan kondosi dialog Isu presentasi dan leksikal; bagaimana tampilan dan fungsi tombol

Desain display Elegan dan simpel Terskala, kontras,proporsional Struktur visual: Grup, Herarki Keterhubungan Keseimbangan Modul dan program fokus, fleksibel, konsisten

Layout Area Pembeda field : blank, garis pemisah Penamaan jelas Label Pembeda label dengan huruf besar, bold Kotak baik untuk pembeda, tetapi memakan tempat

Warna Sejuk, tidak menyakitkan mata Aksen pada tampilan Mempermudah pemahaman pada tampilan yang kompleks Penekanan struktur Presentasi reaksi: senang, marah, seram

Terima Kasih Atas Perhatiannya