HUBUNGAN AGAMA, NEGARA DAN HUKUM

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Matan Keyakinan dan Cita-Cita Hidup Muhammadiyah
Advertisements

Penjelasan GBPP & Kontrak Perkuliahan
Agama Islam Pertemuan ke-3.
SEMINAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Hukum, HAM, dan Demokrasi dalam Islam
Akhlak Materi -11.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
A GAMA I SLAM DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I.
HUKUM, HAM, dan Demokrasi dalam ISLAM
SUMBER AGAMA DAN AJARAN ISLAM
SUMBER AGAMA DAN AJARAN ISLAM
DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I
Al Qur’an sebagai sumber Utama Hukum Islam
BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
HUKUM ISLAM DALAM SISTEM HUKUM INDONESIA
Kerangka Dasar Agama Islam Dan Ajaran Hukum Islam (Bagian Pertama)
NEGARA HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
BAB V HUKUM, HAM DAN DEMOKRASI DALAM ISLAM Nurhasan, M.Ag
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
Bab V HUKUM ISLAM Universitas Narotama.
Waldi Nopriansyah, S.H.I., M.S.I
AGAMA Agama merupakan bagian yang terpenting dalam kehidupan manusia. Agama berkaitan dengan kepercayaan-kepercayaan, keyakinan-keyakinan terhadap Tuhan.
I. Arti dan Ruang lingkup agama Islam
AGAMA DAN AGAMA ISLAM NANING PUTRI UTAMI
DINUL ISLAM DAN EKONOMI ISLAM (LKS)
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
Tim Hukum Islam Jum’at, 13 Mei 2011
MANUSIA DAN HUKUM.
Oleh: Rohmansyah, S.Th,I., M.Hum
Akhlak Materi -7.
BIODATA NAMA : SUPRIYADI,SPd.I TTL : PURWOREJO,14 SEP 1976 ALAMAT : PERUM SALSABILA 2 JATISARI, JATI ASIH, BEKASI TELP/HP :
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
AZAS HUKUM ISLAM.
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
Kerangka Dasar Agama Islam Dan Ajaran Hukum Islam (Bagian Kedua)
SISTEM HUKUM DI DUNIA.
6. Hukum, HAM, dan Demokrasi Dalam Islam
BAB 7 KONSEP KEKELUARGAAN DAN KEMASYARAKATAN
Sekilas mengenai ekonomi islam
1. Konsep Masyarakat Madani Pengertian Masyarakat Madani
Anang Zubaidy Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia April 2013
Islam Dan Kerangka Dasarnya
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
NEGARA HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
HAM DAN DEMOKRASI DALAM ISLAM
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
SISTEM HUKUM Suatu negara menganut suatu sistem hukum. Negara-negara didunia saat ini menerapkan sistem hukum yang berbeda-beda satu sama lainnya.
Konsep Manusia dan Agama
MATAN KEYAKINAN DAN CITA CITA (MKCH) MUHAMMADIYAH 1.Muhammadiyah adalah gerakan Islam dan da’wah amar ma’ruf nahi mungkar, beraqidah Islam dan bersumber.
Pengertian Hukum Islam
Politik dalam Islam Pegangan Guru. Politik dalam Islam Rumusan Masalah 1.Apa itu politik islam? 2.Nilai-nilai dasar dalam politik islam? 3.Apa itu negara.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kesempurnaan Ajaran Islam
Hukum Islam Aisha Nadha Audina ( )
HUKUM ISLAM Uswatun Hasanah dan Tim
Kesempurnaan Islam.
Hak asasi manusia dan demokrasi DALAM islam
Asal mula agama? Ketika manusia menemukan tiga hal: kebenaran, kebaikan dan keindahan , gabungan ketiganya dinamakan suci, manusia ingin mengetahui siapa.
POLITIK, HAM DAN DEMOKRASI DALAM ISLAM
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
Pengertian Hukum Islam
BAB 3 SYARIAH DALAM KEHIDUPAN MUSLIM
HUKUM, HAM DAN DEMOKRASI DALAM ISLAM
SISTEM PEMERINTAHAN ISLAM
TAMADUN ISLAM Kata kunci
BAB 5 KONSEP KEKELUARGAAN DAN KEMASYARAKATAN
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh
KELOMPOK. Pengertian Hukum Islam. Pengertian Hukum Islam Menurut Ahmad Rofiq, Pengertian Hukum Islam adalah seperangkat kaidah-kaidah hukum yang didasarkan.
HUBUNGAN HUKUM ISLAM DG AGAMA ISLAM. Pendahuluan Sebelum masuknya hukum Islam, rakyat Indonesia menganut hukum adat yang bermacam-macam sistemnya dan.
Transcript presentasi:

HUBUNGAN AGAMA, NEGARA DAN HUKUM Yeni Salma Barlinti Hukum Islam FHUI, Depok

Konsep Al Din Al Islami Islam  AL DIN (Ali Imran: 19; al Maidah: 3) Al Din dalam al Qur’an mengandung konsep bidimensional yang mencakup dua aspek kehidupan manusia yaitu aspek religius- spiritual dan aspek kemasyarakat yang bertumpu pada ajaran tauhid Al Din merupakan suatu pandangan dunia holistik yang menyeluruh dan sistematis Salah satu prinsip dalam Islam adalah hablun min Allah wa hablun min al-nas (Ali Imran: 112)

Konsep Agama Menurut Pendekatan Barat Konsep agama atau religion membatasi ruang lingkupnya terutama pada soal pribadi manusia. Menurut Bernar Lewis, hanya suatu sektor atau segmen kehidupan, mengatur beberapa hal, sementara yang lainnya tersingkirkan Menurut Clifford Geertz, religion merupakan sistem simbol dan semata-mata berkaitan dengan individu atau pribadi manusia

Perbedaan Al Din Al Islami dan Religion Faktor Pembeda Al Din Al Islami Religion Asal Usul Penamaan Langsung dari Allah dan tidak dikaitkan dengan Nabi Muhammad saw Oleh manusia yang dikaitkan dengan pendirinya Sumber Kata Dari kitab suci al Qur’an Bukan dari kitab suci Substansi Suatu totalitas yang komprehensif Suatu sektor atau segmen saja

Konsep Negara Menurut Pendekatan Barat Abad Pertengahan Augustinus menggunakan pendekatan teologis Kristen Negara terbagi dalam dua jenis yaitu Civitas Dei (Negara Tuhan) dan Civitas Terrena atau Diaboli (Negara Iblis). Negara Tuhan adalah yang terbaik dan ideal karena keadilan hanya dapat ditegakkan dalam Negara Tuhan Agama memiliki kedudukan yang tinggi dari negara dan saling terkait, tetapi negara hanya sebagai alat bagi Gereja untuk melenyapkan musuh-musuhnya Dalam prakteknya, kebebasan berpikir terbelenggu Disebut dengan TEOKRASI MUTLAK

Konsep Negara … 2 Thomas Aquinas: kedudukan negara sama seperti kedudukan Gereja. Hal ini didasarkan pada ajaran Kristen dalam Mattius 22: 21 yang merupakan doktrin pemisahan antara agama dan negara “persembahkan kepada kaisar apa-apa yang menjadi milik kaisar dan kepada Tuhan apa-apa yang menjadi milik Tuhan” Marsilius: kedudukan negara lebih tinggi daripada kedudukan Gereja  terdapat pemisahan yang tegas antara negara dan Gereja

Konsep Negara … 3 Renaissance Natural Law Nicollo Machiavelli Kehidupan negara harus dengan tegas dipisahkan dari asas-asas kesusilaan Natural Law Hugo de Groot Negara lahir karena adanya perjanjian, tetapi perjanjian itu tidak diilhami oleh Tuhan, melainkan karena dorongan rasio manusia sebagai dasar hukum alam Natural law adalah suatu peraturan dari akal murni yang berdiri sendiri tanpa ada kaitan sama sekali dengan Sang Pencipta sebagai sumber dari hukum alam dan rasio manusia

Proses Pemikiran tentang Negara di Barat Tanpa Konsep Negara Teokrasi Anti-Teokrasi  sekularisasi NEGARA SEKULER

Konsep Hukum Dalam Pendekatan Barat Sumber hukum Rasio manusia.  segala ketentuan yang benar dan baik menurut rasio dan tidak mungkin salah, dan adil Hukum adalah sesuatu yang berdiri sendiri, sehingga harus dilepaskan dari faktor agama Substansi hukum Sama sekali terpisah dari pertimbangan- pertimbangan religius dan etis. Kebenaran moral tidak lagi mengikat validitasnya Sifat hukum Hanya bersifat duniawi. Hukum diperlukan dan berguna hanya dalam kehidupan manusia dalam masyarakat dan negara

Hubungan Agama dan Negara Agama dan Negara memiliki pertalian yang erat Didasarkan pada prinsip hablun min Allah wa hablun min al nas Terdapat fakta sejarah selama masa Rasulullah dan Khulafa Rasyidin selama Periode Negara Madinah Nomokrasi Islam adalah suatu negara hukum yang memiliki prinsip-prinsip: Kekuasaan sebaga amanah; musyawarah; keadilan; persamaan; pengakuan dan perlindungan setiap hak-hak asasi manusia; peradilan bebas; perdamaian; kesejahteraan; ketaatan rakyat

Hubungan Agama dan Hukum Asy Syura: 13 “Ia (Allah) telah menetapkan untuk kamu (seperangkat) hukum yang bersumber dari al Din (agama Islam) hal-hal yang telah Ia wajibkan kepada Nuh dan yang Kami wahyukan kepadamu (Muhammad) dan apa yang Kami wajibkan kepada Ibrahim, Musa, dan Isa Konsep Hukum dalam Islam Sumber hukum: syari’ah (al Qur’an dan Sunnah Rasulullah), rasio bersifat komplementer terhadap syari’ah Substansi hukum: mencakup pada aturan tingkah laku manusia yang normatif dan kesusilaan  termanifestasikan dalam al Ahkam al Khamsah Sifat hukum: untuk kesejahteraan di dunia dan kebahagiaan di akhirat

TEORI LINGKARAN KONSENTRIS Negara Hukum Agama

Teori … 2 Lingkaran terdiri dari tiga komponen – agama, hukum, dan negara – merupakan satu kesatuan dan berkaitan erat satu dengan lainnya Agama Merupakan inti lingkaran, karena memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap hukm dan negara Merupakan sumber utama

Teori … 3 Hukum Dalam substansi hukum harus tercermin akidah, syari’ah dan akhlak Hukum mengandung unsur normatif dan kesusilaan Negara Negara mencakup hukum dan agama Letak negara pada lingkaran terakhir bukan berarti bahwa negara mengungkung atau mengurung hukum dan agama

Lingkaran Konsentris dalam Konsep Barat Negara Agama Hukum

Sifat Hukum Islam Sifat-sifat hukum Islam di bawah ini memiliki hubungan simbiosis antara satu dengan lainnya: Bidimensional Proses perkembangan hukum Islam didasarkan pada dimensi duniawi untuk kepentingan kesejahteraan manusia selama ia hidup di dunia dan dimensi ukhrawi yang merupakan tujuan terakhir perjalanan hidup manusia

Sifat … 2 Adil Individualistik dan kemasyarakatan Adil merupakan sifat yang sudah melekat pada kaidah-kaidah dalam syari’ah Sifat adil membawa pada ketakwaan (al Maidah: 8), ketakwaan membawa pada kemuliaan dalam pandangan Allah (al Hujurat: 13) Individualistik dan kemasyarakatan Hukum Islam memiliki validitas bagi perorangan maupun masyarakat yang terikat dengan nilai- nilai transedental

Sifat … 3 Komprehensif Dinamis Ibadat  iman, shalat, puasa, zakat, & haji Urusan masyarakat  muamalat, munakahat, jinayah, mukhasamat, wiratsah, siyar, al ahkam al sultaniyah, etc Dinamis Al ra’yu membuat hukum Islam bersifat dinamis, karena dengannya menjadikan hukum Islam aplikatif

Hakikat Hukum Islam Cara hidup yang berasal dari nilai-nilai abadi dan mutlak, diwahyukan dengan jalan keseluruhan amanat Qur’an Cara hidup yang berasal dari nilai-nilai abadi dan mutlak ini memberi kewenangan kepada manusia untuk merinci dan mengembangkannya

Terima Kasih Wassalam