FAKTOR – FAKTOR YANG MENYEBABKAN ISLAM MUDAH MASUK SPANYOL

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Assalamualaikum wr.wb.
Advertisements

ISLAMISASI DI AFRIKA SUB SAHARA
Start Perkembangan Islam Di Dunia
Peretas Jalan Renaissance dan Babak Baru Sejarah Manusia
KD : 1. Mendeskripsikan sejarah dan perkembangan Islam di Indonesia.
PERKEMBANGAN ISLAM DI SPANYOL
DANIEL 11 – BAGIAN 2 MENYINGKAPKAN TABIR MASA DEPAN.
Perkuliahan Sejarah Peradaban Islam ke-8, 21 Desember 2008
MASA KOLONIAL EROPA DI INDONESIA
KHILAFAH ABBASYIAH (132 H/750 M-656 H/1258 M)
MESIR KUNO TERRY IRENEWATY, M.Hum.
Arsitektur Islam di Eropa Gb.1 /13 : Judul Pertemuan 04
ASSALAMUALAIKUM Wr.Wb.
SEJARAH PERADAPAN ISLAM perkembangan islam pada abad pertengahan
SEMINAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.
Asal-usul Kerajan Turki Usmani
Masa Peradaban Bani Umayyah
Nur Eko I M. Fadhli Hanifah H Dian R Rani D ا لسّلام عليكم ورحمةالله وبركاته.
Sejarah Hukum Islam II (Masa Pembinaan, Pengembangan, dan Pembukuan)
NAMA ANGGOTA KELOMPOK Rinta Anis S Rika Dwi S Rafida Kurniawati
Sejarah dan Perkembangan Hukum Islam
PEKEMBANGAN ISLAM PADA ABAD PERTENGAHAN ( )
PAISAL SALMAN ALPARIDJI ( )
Assalamu’alaikum Wr Wb
SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM DI ANDALUS PADA ABAD VII-X M
IBNU BAJJAH AIK – 3 (Kimia dalam Perspektif Islam)
Kedatangan bangsa eropa
DINASTI ABBASIYAH KEPEMIMPINAN DAN PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN.
Perkembangan Islam pada abad pertengahan
SEJARAH EROPA II.
PINTU MASUK DAN SALURAN PENYEBARAN AGAMA ISLAM
TEORI POLITIK IBNU TAIMIYAH
KERAJAAN TURKI UTSMANI
T I G A K E R A J A A N B E S A R BY: JUMIATI NIM:
SEJARAH DAKWAH TURKI UTSMANI
KERAJAAN SAFAWI PERSIA (IRAN)
The Moghul Empire 1526 – 1858 M 332 Tahun.
Nasionalisme Turki Vira Ovianda XII IPS 1.
SEJARAH PERADABAN ISLAM DOSEN PENGAMPU : GHUFRON DIMYATI M. S
Pemerintahan dan Budaya Masa Dinasti Abbasiyah
PERTUMBUHAN ILMU PENGETAHUAN PADA MASA BANI UMAYYAH
assalamu’alaikum wr.wb
PERKEMBANGAN ISLAM AWAL
Perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan
Islam dan Perkembangannya di Indonesia
MASA KEJAYAAN ISLAM YANG DINANTIKAN KEMBALI Periodesasi Sejarah Islam Kemajuan Islam pada Periode Klasik Tokoh-tokoh Kejayaan Islam Menelaah Perkembangan.
SAINS MASA UMAYYAH 2 (ANDALUSIA)
DINASTI AYYUBIYAH Hamlul Faiz Sabilalloh 8 SBAW.
SEJARAH ISLAM DARI MASA NABI HINGGA KINI
ISLAM DAN PERKEMBANGANNYA DI INDONESIA
Perang Dunia 2 di Afrika.
Tugas IPS Kolonialisme Barat
Start Perkembangan Islam Di Dunia
Peradaban Islam Pada Masa Bani Abbasiyah
Kemunculan Kerajaan Islam di Andalus ( )
KECEMERLANGAN TAMADUN ISLAM DI ANDALUSIA
BAB 4 : KHALIFAH UTHMAN BIN AFFAN R.A.
BAB 2 : KEDATANGAN ISLAM KE BENUA EROPAH
Kerajaan ‘Uthmaniyyah I & II
Kerajaan ‘Uthmaniyyah II
BAB 4 : KEDATANGAN ISLAM KE ASIA SELATAN DAN ASIA TIMUR
BAB 3 : KEDATANGAN ISLAM KE BENUA AFRIKA
DESIGN&CREATED BY: MUHAMMAD REIHAN REYDANU.  Pada masa kekuasaan Dinasti Abbasiyah, umat Islam telah mencapai puncak kemuliaan, baik dalam bidang ekonomi,
1 Sejarah Peradaban Islam dari masa Ke Masa Sejarah Peradaban Islam dari masa Ke Masa By: Hendra Bakti PDM Kota Payakumbuh.
SEJARAH ISLAM Sanlat Masjid Baitul Iman, 20 Ramadhan 1440/ 25 Mei 2019.
Assalamualaikum Wr.Wb.. KETERPADUAN IPTEK DAN ISLAM “Pengaruh Ilmu Pengetahuan yang Dikembangkan Umat Islam Terhadap Peradapan Eropa dan Barat” Nama kelompok.
DI SUSUN OLEH KELOMPOK 6 CUT JIHAN FAUZIAH FITRILIYANI ISNANIAH NIRWANA SRI MULIANA YULIA SARTIKA IKRAMATUN NAYLA 18/01/2009 Kerajaan Turki Utsmani 1 PERIODESASI.
Nama Kelompok: 1. Alfinda Cahya S. 2. Astri Okta Yuliana 3. Ka’imfa Puji A. 4. Mitra Fitria N. 5. M. Dani Kurniawan 6. Saida Azizah A. 7. Zanuar Syaifudin.
BAB 5 : KERAJAAN BANI ABBASIYYAH
DAULAH ABBASIYAH. OLEH EKA AULIA FITRIANA MUHAMMAD MUSTAKIM RIZKI MOCHAMAD WIRA AJI AGUNG PRABOWO ADI IRFANI ARYA CANGGIH.
Transcript presentasi:

FAKTOR – FAKTOR YANG MENYEBABKAN ISLAM MUDAH MASUK SPANYOL Faktor eksternal adalah suatu kondisi yang terdapat di dalam negeri Spanyol sendiri. Pada masa itu, kondisi sosial, politik, dan ekonomi negeri ini dalam keadaan menyedihkan. Hal ini disebabkan karena keadaan politik yang yang kacau. Kondisi terburuk terjadi pada masa Raja Roderick dan Raja Goth. Sedangkan faktor internal adalah kondisi yang terdapat dalam tubuh penguasa, beberapa tokoh pejuang dan para prajurit Islam yang terlibat dalam penaklukan wilayah Spanyol pada khususnya.

PERKEMBANGAN ISLAM DI SPANYOL Periode Pertama (711 – 755 M) Pada periode ini, Spanyol berada di bawah pemerintahan para wali yang diangkat oleh khalifah Bani Umayyah yang berpusat di Damaskus.   Periode Kedua (755 – 912 M) Pada periode ini, Spanyol berada di bawah pemerintahan khalifah Abbasiyah di Baghdad. Pada periode ini, umat islam mulai memperoleh kemajuan baik dalam bidang politik dan peradaban. Periode Ketiga (912 – 1013 M) Pada periode ini berlangsung mulai dari pemerintahan Abdurrahman III yang bergelar ‘‘An Nasir‘‘. Periode ini Islam mencapai puncak kemajuan dan kejayaan.

Periode Keempat (1013 – 1086 M) Pada masa ini Spanyol sudah terpecah – pecah menjadi beberapa negara kecil yang berpusat di kota – kota tertentu di bawah pemerintahan raja – raja golongan (AL Mulukuth Thawaif). Pada masa ini Islam di Spanyol kembali memasuki pertikaian intern.   Periode Kelima (1086 – 1248 M) Pada periode ini, meskipun Islam terpecah dalam beberapa negara, tetapi terdapat kekuatan yang dominan yakni kekuasaan Dinasti Murabithun (1086 – 1143M) dan Dinasti Muwahhidun (1146 – 1235 M). Periode ini Isal dipimpin oleh penguasa – penguasa yang- lemah sehingga mengakibatkan beberapa wilayah Islam dapat dikuasai oleh kaum Kristen. Periode Keenam (1248 – 1492 M) Pada periode ini Islam hanya berkuasa di Granada di bawah Dinasti Ahmar (1232 – 1492 M). Pada peradaban ini Islam kembali mengalami kemajuan, meskipun secara politik dinasti ini hanya berkuasa di wilayah yang kecil. Kekuasaan Islam yang merupakan pertahanan terakhir di Spanyol ini berakhir karena perselisihan orang – orang istana dalam memperebutkan kekuasaan. Oleh sebab itu, berakhirlah kekuasaan Islam di Spanyol pada tahun 1492 M. Pada tahun 1609 M, boleh dikatakan tidak ada lagi umat Islam di wilayah ini. Walaupun Islam telah berjaya dan dapat berkuasa di sana selama hampir tujuh setengah abad lamanya.

KEMAJUAN PERADABAN ISLAM DI SPANYOL Kemajuan Intelektual 1.Filsafat 2.Sains 3.Bahasa dan Sastra 4.Musik dan Kesenian

Bidang Keilmuan Keagamaan 1.Tafsir Ahli Tafsir Andalusia yang terkenal Al-Qurtubi karya Al-Qurtubi yang terkenal adalah Al-Jami’ul Ahkam Al-Qur’an, beliau wafat pada tahun 1273M. 2.Fiqh Dalam Bidang Fiqh Spanyol Islam dikenal sebagai penganut mazhab Maliki, adapun yang mengenalkan mazhab ini adalah Ziyab bin Ar- Rahman.

Kemajuan di bidang arsitektur bangunan Kemegahan bangunan fisik Islam Spanyol sangat maju, dan mendapat perhatian umat dan penguasa. Umumnya bangunan-bangunan di Andalusia memiliki nilai arsitektur yang tinggi. 1.Cordova 2.Granada 3.Sevilla 4.toledo

Pengaruh Peradaban Spanyol Islam di Eropa Spanyol merupakan tempat utama di Eropa untuk menyerap peradaban Islam, baik dalam hubungan politik, sosial, maupun perekonomian dan peradaban antar negara Tokoh Islam yang sangat berpengaruh terhadap pemikiran di Eropa adalah Ibnu Rusyd, yang terkenal di Eropa dengan nama Averros (1120-1198 M)

Satu hal yang juga sangat berpengaruh besar di Eropa yaitu Bahasa Arab, dan banyak nama- nama benda yang dikenal di Barat berasal dari bahasa Arab

Tranmisi ilmu-ilmu islam di eropa Melalui perang salib Perang salib terjadi pada th 1096-1273 (489- 666H) adalah perang antara umat Kristen di eropa barat ketanah timur khususnya palestina yang di kuasai daulah islam. Perang ini dinamakan perang salib karena tentara krsiten memakai tanda salib

Melalui negeri sicilia Satu lagi tranmisi mengalirnya ilmu-ilmu pengetahuan islam ke eropa. Pada awal abad ke-8 M, banyak orang-orang arab yang mencoba untuk singgah ke sicilia, tetapi gagal. Pada tahun 727M, kekuatan tentara di bawah impinan Bisyr bin Safwan telah mencapai sicilia, mula beliau penguasa di maroko. Eksbisi arab dan syiria telah sampai di sicilia pada tahun 730 M. Di bawah pimpinan Abdul Malik bin Qatan telah melakukan hal yang serupa pada tahun 732 M. Pada awal abad ke-8 hingga abad ke-10, suasana pulau sicilia tidak pernah tenang dari goncangan dari dalam dan luar negeri.

Berikut disiplin ilmu yang telah diperkenalkan dan dikembangkan oleh sicilia Hamzah Al-Basri, ahli filologi dan perawai dari penyair-penyair besar Arab Al-Mutanabi. Muhammad bin Khurasan, Ahli stutus al-qur’an (sejarah hermetic dan sejarah perkembangan huruf al-qur’an), ia berasall dari mesir lalu ke irak dan terakir ke sicilia, hingga meninggal pada tahun 996 M. Para dokter sicilia antara lain Abu Sa’id bin Ibrahim, Abu Bark As-Siqili salah satu guru besar dari para dokter, Ibnu Abi Usaibah. Masih banyak lagi yang bergerak di berbagai bidang antara lain di bidang bahasa dan sastra. Yang paling populer adalah karya Dante.  

Melalui Andalusia Peran Andalusia sebagai wahana penyebrangan ilmu ke eropa sudah tidak diragukan lagi.Ada sejumlah perguruan tinggi di sana,antara lain Universitas Cordova, Sevilla, Malaga, dan Granada.

Asal-Usul Dinasti Safawiyah Dinasti Safawiyah di Persia berkuasa antara tahun 1502- 1722. Kerajaan ini berasal dari sebuah tarekat yang berdiri di Ardabil, yang didirikan oleh Shafi Ad-Din. Tarekat ini bertujuan untuk memerangi orang-orang ingkar, kemudian memerangi golongan yang mereka sebut “ahli- ahli bid’ah”. Kerajaan ini mengatakan syi’ah sebagai mazhab negara. Beberapa Raja-Raja yang pernah memimpin gerakan Safawiyah : -Junaid -Haidar -Ismail Kerajaan Safawiyah mengalami masa kejayaan pada masa Abas 1 karena berhasil merebut dan menguasai kembali wilayah-wilayah mereka yang hilang dan ia juga berusaha mendapatkan kembali wilayah Turki Usmani.

KEMAJUAN PERADABAN DINASTI SAFAWIYAH Bidang Ilmu Pengetahuan Dalam sejarah bangsa Persia dikenal memiliki peradaban yang tinggi , Beberapa tokoh ilmuwan yang terkenal antara lain: Bahaudin Syaerazi seorang generalis ilmu pengetahuan, Muhammad Bqirbin Muhammad Damad seorang filsuf ahli sejarah dan teolog.

Bidang Ekonomi Pada masa Abbas I kepulauan Hurmuz dikuasai dan pelabuhan Gumrun diubah menjadi Bandar Abbas. Dengan dikuasainya Bandar ini maka salah satu jalur dagang laut antara Timur dan Barat yang biasa diperebutkan oleh Belanda, Inggris, dan Perancis sepenuhnya milik menjadi kerajaan syafawi

Bidang Arsitektur Di kota Isfahan ini berdiri bangunan- bangunan besar dengan arsitektur bernilai tinggi seperti masjid, rumah sakit, sekolah, jembatan raksasa, di atas Zende Rud, dan istana Chihil Sutun. Salah satunya seperti Masjid Shah yang dibangun tahun 1611 M, dan Masjid Syaikh Luthfillah yang dibangun tahun 1603 M.  

Bidang Kesenian Dalam bidang kerajinan tangan, keramik, karpet, permadani, pakaian dan tenunan, mode, tembikar, dan benda seni lainnya. Seni lukis mulai dirintis sejak zaman Tahmasp I . Raja Ismail I pada tahun 1522 M membawa seorang pelukis Timur bernama Bizhard ke Tabriz.

Bidang Tarekat Cikal bakal Kerajaan Safawi adalah Sufistik yaitu gerakan tarekat.Gerakan tarekat pada masa ini tidak hanya berpikir pada bidang keagamaan, tetapi juga dalam bidang politik, militer dan pemerintahan. Sehingga disegani oleh kekuatan negara lain.

PERADABAN ISLAM PADA MASA DINASTI USMAN DI TURKI Dinasti Usmani muncul saat Islam mengalami fregmentasi kekuasaan di periode kedua dari pemerintahan Abbasiyah (kira2 abad ke-9). sebelum itupun sudah ada kekuasaan Bani Umayyah di Andalusia (755 – 1031 M) dan Bani Idris dibagian barat Afrika Utara (788-974 M). pada abad itu pula muncul Bani Aghlab di Kairawan(800-909 M), Bani Thulun di Mesir (858 – 905 M), Bani Saman di Bukhara (874 – 1001 M), Bani Buwaih di Baghdad dan Syiraz ( 932 – 1000 M). Kerajaan Usmani(ottoman), dan sejak itu pula muncul Pembina dinasti ini, yaitu Ottoman, pada tahun 1306 M. golongan ini mengambil nama dari Usman I (1290 – 1326 M). pendiri dan keturunannya berkuasa sampai 1922.

SEJARAH BERDIRINYA KERAJAAN USMANI Pendiri kerajaan ini adalah bangsa Turki dari kabilah Oghus yang mendiami daerah Mongol dan daerah utara Cina. Dibawah pimpinan Ertoghul, mereka mneabdi pada Sultan Alauddin I. berkat itu Sultan Alauddin mendapat kemenangan dalam peperangan di Bizatium. Dari itu mereka mendapat hadiah sebidang tanah di Asia kecilyang berbatasan dengan Bizatium. Tahun 1300 M, bangsa Mongol menyerang kerajaan Saljuk dan Sultan Alauddin terbunuh dan kerajaannya menjadi terpecah belah. dan sejak itu kerajaan Usman menyatakan diri merdeka dan berdiri.

Penguasa dan daerah kekuasaan Penguasanya adalah Usman I pada tahun 699 H atau 1300 H. kemudian ia menyerang perbatasan Bizatium dan menaklukan kota Broessa 1317 M. dan dijadikan ibukota turki Usmani 1326 M.   Pada masa pemerintahan Orkhan (1326 – 1359 M) dapat menaklukan Azumia (1327), Tasasyani (1330 M), Uskandar (1328 M), Ankara (1354 M), Gallipoli (1356 M). ketika Murad I berkuasa (1359 – 1389 M) Adrianopel, Macedonia, Sopia, Salonia dan seluruh wilayah bagian utara yunani dapat dikuasainya. Merasa cemas, kemudian Paus mengutus pasukan sekutu Eropa untuk berperang ini dipimpin Sijisman raja Hongaria, Namun Sultan Bayazid I (1389 – 1403 M) dapat menghancurkan pasukan sekutu Eropa dan hali ni merupakan sejarah gemilang bagi umat Islam. Dan mencapai kejayaannya ketika dapat menaklukan pusat peradaban dan pusat agama nasrani di Bizatium yaitu Konstantinopel. pada tahun 1453 M Sultan Muhammad II (1451 – 1484 M) dapat mengalahkan Bizatium.

Sultan Salim I (1512 – 1520 M) naik tah tah dan mengalihkan perhatian kea rah timur dan akan melakukan penaklukan Persia Syiria dan Dinasti Mamalik di Mesir. hal ini dikembangkan oleh Sultan Sulaiman Al Qauni (1520 - 1566 M) dan berhasil menaklukan Irak, Belgrado, pulau Rhodes, Tunis, Budhapest dan Yaman. dengan demikian luas wilayah turki Usmani pada masa Sultan Sulaiman Al Qauni mencakup Asial kecil, Armenia, Irak, Syiria, Hijaz, Yaman, Mesir, Libia. Tunis, dan Aljazair, Bulgaria, yunani, Yugoslavia, Albania, Hongaria, dan Romania. saat Sultan Sulaiman meninggal dunia wilayah itu menjadi perebutan kekuasaan oleh anak turunnya. dan kerajaan itu hampir 7 abad memerintah (1299 – 1924 M) dan diperintah 38 Sultan. Kejayaannya pada abad ke-16.

PENAKLUKKAN KONSTATINOPEL Konstantinopel adalah ibu kota Bizantium sekaligus pusat agama Kristen sejak masa dinasti Umayyah penaklukkan konstatinopel selalu gagal Baru tahun 1453 kota itu dapat ditundukkan dimana pasukan islam di bawah Turki Usmani pada masa pemerintahan Sultan Muhammad II yang bergelar Al-Fatih

PROSES PENAKLUKAN kaisar Konstantin IX menyuruh pihak sultan untuk membayar pajak yang tinggi, jika tidak kedudukan sultan akan diganggu dengan menundukkan Orkhan, cucu sulaiman. Ancaman itu dihadapinya dengan kebulatan tekad dengan membangun benteng disekitar konstantinopel. Sultan hanya berpendapat benteng itu dibangun untuk melindungi dan mengawasi rakyatnya kota konstantinopel dapat dikepung dari segala penjuru oleh pasukan sekitar 250.000 di bawah pimpinan sultan sendiri Kaisar meminta bantuan pada raja-raja Kristen di Eropa, namun tanpa hasilhanya pasukan Vinicia yang mau membantu dikarenakan memiliki kepentingan dagang di wilayah Usmani Dalam proses penaklukkan meriam-meriam Turki mengarah dan menghancurkan benteng dan dinding kota sehingga konstantinopel menyerah pada tanggal 28 mei 1453 Kaisar mati terbunuh dalam pertempuran itu dan konstantinopel jatuh ketangan Usmani

KEBERHASILAN PENAKLUKAN Penggantian nama Konstantinopel menjadi Istambul, dan menjadikannya ibukota. Mengubah gereja Aya Sophia menjadi masjid. Membangun masjid yang diberi nama Masjid Muhammad sebagai tanda keberhasilan penaklukkan kota konstatinopel

Pengaruh Jatuhnya konstatinopel Jatuhnya konstantinopel, pengaruhnya sangat besar bagi Turki Usmani, di samping sebagai pusat kerajaan Bizantium yang menyimpan banyak ilmu juga merupakan pusat agama Kristen. Dari segi letak sangat strategis karena menghubungkan dua benua, yakni Eropa dan Asia. Penaklukkan kota itu juga memudahkan mobilisasi pasukan dari Anatolia ke Eropa