1 Pertemuan 11 Akses langsung ke memori Video Matakuliah: T0483 / Bahasa Rakitan Tahun: 2005 Versi: 1.0.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pertemuan 8 Interaksi Manusia dan Komputer Viska Armalina, ST., M.Eng
Advertisements

Pemograman DEBUG.
PERALATAN OUTPUT (Monitor) By: Asriadi Pertemuan 11.
Operasi Layar.
Matakuliah : T0074 / Grafika Komputer
Pertemuan 1 Mengapa Belajar Bahasa Rakitan ??
1 Pertemuan 18 Matriks Matakuliah: T0016/Algoritma dan Pemrograman Tahun: 2005 Versi: versi 2.
Pertemuan String Matakuliah : T0616 / Algoritma dan Pemrograman
1 Pertemuan 2 Citra Dijital dan Persepsi Visual Matakuliah: T0283 – Computer Vision Tahun: 2005 Versi: Revisi 1.
1 Pertemuan - 02 Formatting with Macro/VBA Matakuliah: F0292 Pengantar Macro dan VBA Tahun: 2007 Versi: 1.
1 Pertemuan 4 Mode Pengalamatan Matakuliah: T0483 / Bahasa Rakitan Tahun: 2005 Versi: 1.0.
STREAM INPUT/OUPUT Pertemuan 4 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
1 Pertemuan 5 STREAM INPUT/OUPUT Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
BAHASA RAKITAN BAGIAN 1.
BAHASA RAKITAN BAGIAN 2.
1 Pertemuan 3 Pemanfaatan berbagai fungsi grafik yang telah ada baik melalui ROM-BIOS atau Compiler C/C++ Matakuliah: T0074 / Grafika Komputer Tahun: 2005.
Pertemuan 12 Procedure dan Macro
Praktikum 6.
1 Pertemuan 15 Matakuliah: I0044 / Analisis Eksplorasi Data Tahun: 2007 Versi: V1 / R1 Analisis Konfirmasi (III) : Uji 1 dan 2 Angkatan.
1 Pertemuan 4 Menggambar titik Matakuliah: T0074 / Grafika Komputer Tahun: 2005 Versi: Versi 1 / Revisi 0.
1 Pertemuan 7 Klasifikasi dan Rekognisi Pola (1) Matakuliah: T0283 – Computer Vision Tahun: 2005 Versi: Revisi 1.
Pertemuan 5 Balok Keran dan Balok Konsol
Fungsi Logaritma Pertemuan 12
Pertemuan 10 Sendi-Sendi Arsitektur Modern
1 Pertemuan 5 PPh PASAL 21 Matakuliah: A0572/ Perpajakan Tahun: 2005 Versi: Revisi 1.
Pertemuan 8 Instruksi Bahasa Rakitan 8088
1 Pertemuan 9 Gaya Horisontal Matakuliah: S0512 / Perancangan Struktur Baja Lanjut Tahun: 2006 Versi: 1.
Pertemuan 13 IKATAN TEMBOK
Matakuliah : R0022/Pengantar Arsitektur Tahun : Sept 2005 Versi : 1/1
1 Pertemuan 3 Komponen Sistem Komputer dan Register pada prosesor 8088 Matakuliah: T0483 / Bahasa Rakitan Tahun: 2005 Versi: versi 1.0 / revisi 1.0.
1 Pertemuan > > Matakuliah: > Tahun: > Versi: >. 2 Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : >
1 Pertemuan 03 Fungsi-fungsi Microsoft Excel Matakuliah: F0562 / Lab Pengantar Aplikasi Komputer Tahun: 2005 Versi: 1 / 0.
Pertemuan <Pertama> Apakah komik Jepang itu?
1 Pertemuan 9 Integral Matakuliah: R0262/Matematika Tahun: September 2005 Versi: 1/1.
1 Pertemuan 7 Diferensial Matakuliah: R0262/Matematika Tahun: September 2005 Versi: 1/1.
Matakuliah : R0262/Matematika Tahun : September 2005 Versi : 1/1
Pertemuan 04 Fungsi-fungsi Microsoft Excel
1 Pertemuan 19 Rendering perspektif mata burung Matakuliah: R0124 / Teknik Komunikasi Arsitektur Tahun: 2005 Versi: >/ >
1 Pertemuan 1 Pengenalan Pemrograman Terstruktur C Matakuliah: H0112 – Pemrograman Bahasa Tingkat Tinggi Tahun: 2005/2006 Versi: xxx/2.
BIOS, DOS, dan String.
Matakuliah : K0074/Kalkulus III Tahun : 2005 Versi : 1/0
Matakuliah : T0483 / Bahasa Rakitan Tahun : 2005 Versi : 1.0
Pertemuan 10 PAJAK PERTAMBAHAN NILAI dan PPn BM
EDY WINARNO fti-unisbank-smg 31 maret 2009
Pertemuan 13 Pengendalian File
Pertemuan 8 Anatomi Bangunan 2
Pertemuan 1 Pengolahan vektor
OPERASI PADA LAYAR.
KRITERIA DESAIN, STANDAR DESAIN, DAN METODE ANALISIS PERTEMUAN 6
Pertemuan 6 Instruksi Bahasa Rakitan 8088
Tahun : <<2005>> Versi : <<1/2>>
Pertemuan 18 Optimalisasi Kode dan Mewarnai Graph I
Pertemuan 26 Studi kasus Matakuliah : H0134 / Sistem Pengaturan Dasar
OLEH : SONIA RUKMARDI SARI KELAS : X2
Pertemuan 16 SISTEM AKUNTANSI UTANG
Pertemuan 4 Kombinasi linier vektor
Matakuliah : T0483 / Bahasa Rakitan Tahun : 2005 Versi : 1.0
BAHASA RAKITAN BAGIAN 1.
Pertemuan 7 KUIS Matakuliah : E0722 – Menulis Karakter Tahun : 2005
Pertemuan 12 Karakter Jenis Huruf
Pertemuan 13 Metode Transportasi
Pertemuan 3 Diferensial
Matakuliah : R0124 / Teknik Komunikasi Arsitektur
Matakuliah : A0114/ Sistem Akuntansi Tahun : 2005 Versi : Revisi 1
Pertemuan 13 Bentuk Bangunan
Pertemuan 02 Manusia dan benda mati
Matakuliah : I0014 / Biostatistika Tahun : 2005 Versi : V1 / R1
Tahun : <<2005>> Versi : <<1/2>>
Pertemuan 2 Penerjemahan Teks dan Lisan
Pengertian Pixel Pixel :
Transcript presentasi:

1 Pertemuan 11 Akses langsung ke memori Video Matakuliah: T0483 / Bahasa Rakitan Tahun: 2005 Versi: 1.0

2 Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : >

3 Outline Materi Alamat Video Memori Setting Warna & Attribute Rumus untuk menentukan Lokasi Kursor

4 > Proses pembuatan program

5 > MODEL PPROGRAM

6 >

7

8

9

10 >

11 >

12 >

13 >

14 > Setiap posisi pada layar (x,y) diwakili oleh 2 byte pada memori layar (segment 0B800h). Ke-2 byte tersebut mewakili masing-masing : Byte pertama mewakili nilai karakter pada posisi (x,y) di monitor Byte kedua mewakili nilai dari warna karakter pada posisi (x,y) di monitor Untuk 2 byte berikutnya digunakan untuk posisi (x+1,y) dan seterusnya sampai (x+79,y) Bila baris pada monitor sudah bertambah (y+1), maka posisi pada memori harus ditambah dengan 160 Contoh : posisi (1,1) diwakili oleh memori 0B800:0000 dan 0B800:0001 posisi (2,1) diwakili oleh memori 0B800:0002 dan 0B800:0003

15 > Rumus : –offset = (y-1)*160 + (x-1)*2 –posisi baris pada monitor oleh assembly tidak dimulai dari 1 melainkan dari 0 (sehingga nilai y dikurangi 1) –posisi kolom pada monitor oleh assembly tidak dimulai dari 1 melainkan dari 0 (sehingga nilai x dikurangi 1) –Setiap kolom pada monitor mewakili 2 byte pada memori –setiap baris pada monitor mewakili 160 byte pada memori (80 kolom * 2 byte)

16 > Nilai dari karakter yang dapat ditulis melalui akses langsung ke memori yaitu mulai dari ASCII 0 sampai dengan ASCII 255 Bila kita menggunakan Interupsi untuk menulis karakter ke layar, maka karakter yang dapat ditulis hanya karakter mulai dari ASCII 32 sampai dengan ASCII 255 (ASCII 0-31 dianggap sebagai karakter spesial) Ketentuan ini berlaku untuk monitor yang mempunyai warna RGB, tetapi bila untuk monochrome tidak berlaku.

17 > WARNA (ATTRIBUTE) Warna atau attribut hanya berlaku untuk monitor yang mempunyai warna RGB Warna terdiri dari 3 jenis warna : –Warna Latar Depan (Foreground Color) –Warna Latar Belakang (Background Color) –Warna Berkedip (Blinking) Untuk warna latar depan (Foreground Color) terdapat 16 warna, mulai dari warna hitam (0) sampai dengan warna putih terang (15). Tabel warna latar depan :

18 >

19 > Bahasa Rakitan pada 8088 mempunyai banyak format / bentuk dalam penulisan main program. Akses langsung ke memori lebih cepat dibandingkan dengan interrupt DOS atau BIOS