PERIODE ABAD 20 : AWAL MODERN Pertemuan 10

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Seni rupa & desain Indonesia dalam industri kreatif Pertemuan 13
Advertisements

TUGAS PRESENTASI KELOMPOK 8 DESAIN ART & CRAFTS
Tugas Aplkom ALIF ORLEN Arsitektur A
SENI ABAD 20 FAUVISME , EKSPRESIONISME Pertemuan 5
istilah ini berupa gabungan “Bauen” (to build) dan “Haus” (house)
Mata Pelajaran:Seni Budaya
PENGERTIAN SENI RUPA CABANG-CABANG SENI RUPA
Matakuliah : U0032 | SEJARAH SENI RUPA DAN
Evaluasi Materi Sejarah & Perkembangan Seni Rupa Pertemuan 13
DESAIN ERA AMERICA VICTORIAN ART TINJAUAN DESAIN A c1
Perkembangan Arsitektur Abad XIX -- XX Pertemuan 7 Gb.1/6 : Judul
SENI ABAD 20 DADAISME , SUREALISME Pertemuan 8
Periode Awal Arsitektur Modern Pertemuan 4
PEERKEMBANGAN ARSITEKTUR MODERNISME PERTENGAHAN Pertemuan 5
SENI ABAD 20 KONSTRUKTIVISME , DE STIJL Pertemuan 7
Seni Rococo, Neoklasisme & Romantisisme>> Pertemuan 11
Seni Barok Pertemuan 10 Matakuliah : Sejarah Seni Rupa 1>>
PERIODE ABAD 20 : POST MODERN Pertemuan 13
Desain Grafis Revolusi Industri Pertemuan 8-9
SENI ABAD 20 KUBISME , FUTURISME Pertemuan 6
PASCA IMPRESIONISME Pertemuan 4
Unsur dasar senirupa Pertemuan ke 2.
Keseimbangan, Penekanan, Kesatuan
1 20 th Century Modern Design Pertemuan 2 Matakuliah: U0052/Sejarah DKV II Tahun: 2006.
TINJAUAN DESKOMVIS TOPIK 11 MODEL TINJAUAN SIMIOTIKA
Perkembangan Desain Modern
DESAIN ERA VICTORIAN ART
TATA RUANG DALAM MODUL PRAKTIKUM.
Sejarah layout Desain dan layout yang kita lihat dimasa kini sebenarnya Adalah hasil perjalanan dari proses eksplorasi kreatif manusia yang tiada henti.
Matakuliah : U0072|Sejarah Seni Rupa Barat Tahun : 2005 Versi : 1
Sejarah layout Desain dan layout yang kita lihat dimasa kini sebenarnya Adalah hasil perjalanan dari proses eksplorasi kreatif manusia yang tiada henti.
Perkembangan desain grafis sejalan dengan berkembangnya tulisan.
Dimulai di Berlin sebagai pusat komersial.
Unsur dasar senirupa Pertemuan ke 2.
SENI, SENI RUPA, dan DESAIN
YUNANI KLASIK Kelompok 1.
FENOMENA MENJELANG MODERNISME DESAIN 1.Ekspresionisme
Peradaban Yunani Klasik
TINJAUAN DESAIN Oleh: Olih solihat Karso ISI Denpasar.
De Stijl (1917) Muncul di Belanda. Gerakan ini bertujuan memunculkan kaidah estetika bercitra baru pada kehidupan modern. Pencetus: Theo van Doesburg,
GAYA DESAIN by DANIAR WIKAN
GAYA DESAIN Pertemuan ke-4.
Pertemuan 3 PENGETAHUAN DAN PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP DESAIN DALAM VISUAL WARDROBE, 1.
FUNGSI DALAM ARSITEKTUR
PERIODE ABAD 19 : ARTS & CRAFTS Pertemuan 8
RUMAH TINGGAL – KONSEP DESAIN
Pertemuan 9 Seni Baroque dan Rococo
PERIODE ABAD : INGGRIS Pertemuan 6
PERIODE ABAD 20 : MODERN Pertemuan 11
IMPRESIONISME Pertemuan 3
ASSALAMU ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH
Bauhaus berasal dari kata Bauen (to build / mengembangkan atau membangun) dan Haus (rumah). Didirikan pada tahun 1919 di Weimar, Jerman oleh Walter Gropus,
Seni Rupa Abad XIX Pertemuan 10
DISTRIBUSI KULIAH ARSITEKTUR DUNIA 2
Sebuah pendekatan dalam mempelajari pembangunan di negara berkembang
Sejarah & Teori Arsitektur ARSITEKTUR BRUTALISM
SENI BUDAYA SENI RUPA.
Bauhaus & The New Typography Pertemuan 5
Theory of Contemporary Architecture
PERTEMUAN 3 Huddiansyah. S.Sn.,M.A.,M.Ds. PRODI DESAIN PRODUK & FDIK
SENI, SENI RUPA, dan DESAIN
PERTEMUAN 2 Huddiansyah. S.Sn.,M.A.,M.Ds. PRODI DESAIN PRODUK & FDIK
PERTEMUAN 4 Huddiansyah. S.Sn.,M.A.,M.Ds. PRODI DESAIN PRODUK & FDIK
Periode Awal Arsitektur Modern Pertemuan 4 Periode Awal Arsitektur Modern Pertemuan 4 Subang University 1 Matakuliah: AR ARSITEKTUR MODERN Tahun:
project perancangan Problem desain dipecahkan melalui peralatan
? ?  Eksterior gaya klasik memberikan kesan a ristokrat yang mewah pada bangunan. Pilar-pilar, ornament, dan profil-profil pada list pLang dan bingkai.
GAYA DESAIN.
ESTETIKA DALAM DESAIN Daniar Wikan Setyanto, M.Sn.
Materi 1 dan 2 Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi (2D) dan Tiga Dimensi (3D) Rohani A., S.AN SMK PUSTEK Serpong Kelas X Ada yang pernah mengunjungi pameran?
Transcript presentasi:

PERIODE ABAD 20 : AWAL MODERN Pertemuan 10 Matakuliah : W0512 | SEJARAH DESAIN INTERIOR DAN KEBUDAYAAN Tahun : 2009/2010 PERIODE ABAD 20 : AWAL MODERN Pertemuan 10

ABAD 20 | AWAL MODERN Abad 20 diawali dengan beberapa gaya yang muncul di beberapa negara di seluruh Eropa sekitar 1900-1945, antara lain Wiener Werkstatte, De Stijl, Bauhaus, Internasional, maupun Art Deco.

WIENER WERKSTATTE | 1903-1932 Wiener Werkstate (Vienna Seccession) sebetulnya merupakan kelanjutan dari Art Nouveau yang berkembang di Austria. Kelompok ini sejalan dengan prinsip Art Nouveau, mereka berusaha untuk mencari nilai-nilai estetika modern, melenyapkan batas tegas antara seni murni dan seni terapan serta meningkatkan selera publik. Seperti halnya Art Nouveau, mereka banyak dipengaruhi oleh konsep Arts & Crafts Inggris. 4

WIENER WERKSTATTE | interior 5

WIENER WERKSTATTE | furniture 6

DE STIJL | 1917-1930 ‘De Stijl’ mengandung makna ‘The Style’. De Stijl awalnya merupakan nama sebuah majalah seni di Belanda tahun 1917 yang beredar hingga 1928 Kelompok seniman yang mengelola majalah tersebut di antaranya adalah : Piet Mondrian, Theo van Doesburg dan Gerrit Rietveld. Piet Mondrian |Composition with Red, Blue & Yellow |1921 7

DE STIJL | pengertian Mendapat pengaruh dari Kubisme, para seniman dan desainer tersebut menginginkan pembaharuan yang memberikan ketegasan dan keteraturan. Konsep mereka adalah mengurangi bentuk-bentuk hanya menjadi garis-garis lurus vertikal dan horisontal dan mengurangi pemakaian warna dengan hanya warna primer (merah kuning biru), hitam dan putih, dan menuju pada abstraksi yang murni, sederhana. Tujuannya adalah keindahan universal yang memenuhi kebutuhan melalui produksi massal. Tujuan spiritualnya adalah perdamaian dunia. Gaya yang mulanya berkembang di seni lukis dan desain grafis, kemudian menginspirasi pula aritektur dan interior serta furniture dengan tokoh Gerrit Rietveld. 8

DE STIJL | interior Gerrit Rietveld |The Schroder House, Utrecht |1923-24 9

DE STIJL | arsitektur & furniture Gerrit Rietveld |Red Blue Chair |1918 Gerrit Rietveld |The Schroder House, Utrecht |1923-24 10

BAUHAUS | 1919-1930 Istilah ‘Bauhaus’ mengandung makna ‘House of Structure’. Kelompok Bauhaus dipelopori oleh Walter Gropius. Pada 1919 berdirilah sekolah seni dan desain Bauhaus di Weimar, Jerman, yang berusaha memadukan antara arsitektur, seni, kriya dan desain dengan kebutuhan industri. Hingga kini kurikulum yang diciptakan Bauhaus masih diterapkan pada institusi-institusi pendidikan seni dan desain. Joost Schmidt |Poster for Bauhaus Exhibition at Weimar |1923 11

BAUHAUS | latar belakang Sekolah Bauhaus di Weimar beroperasi dari 1919-1925, setelah itu pindah ke Dessau, Jerman dari 1926-1931. Pindah lagi ke Berlin 1932-1933 dan akhirnya karena gejolak politik yang kuat, pindah ke Chicago, Amerika pada 1937-1938. Setelah itu kembali ke Dessau Walter Gropius |Bauhaus Workshop Wing, Dessau |1925-26 12

BAUHAUS | pemikiran & pengaruh ‘Form follow Function’ menjadi prinsip yang diterapkan. Bentuk-bentuk tegas dan sederhana dengan pertimbangan pada fungsi tampil dominan dalam desain Bauhaus. Material baru juga banyak dikembangkan di lembaga ini. Gaya desain yang berangkat dari tempat pendidikan ini kelak dilanjutkan oleh para tokonya dengan nama Gaya Internasional. 13

FRANK LLOYD WRIGHT 14

FRANK LLOYD WRIGHT Frank Lloyd Wright |Falling Water, Pennsylvania |1936 15

FRANK LLOYD WRIGHT

GAYA INTERNASIONAL | 1930-1970 Karena politik yang bergejolak, para tokoh Bauhaus banyak yang terpaksa harus pindah ke Amerika, diantaranya adalah: Mies van der Rohe, yang saat itu menjadi direktur Bauhaus. Gaya Bauhaus berkembang menjadi gaya International yang banyak menerapkan prinsip fungsionalisme. Prinsip ‘forms follow functions’ masih dilanjutkan. Selain itu prinsip ‘Less is More’ meminimalisasi penggunaan ornamen ataupun elemen-elemen yang dianggap tidak perlu. Mies van der Rohe |Seagram Building, New York|1954-58 17

GAYA INTERNASIONAL Pengaruh Kubisme tampak dalam repetisi-repetisi geometris, yang minimalis. Tampak ada usaha untuk menyatukan antara ruang luar dan dalam. Oleh karena itu desain harus memperhatikan situasi sekelilingnya. Penggunaan sekat yang berkurang memberikan kesan lebih luas pada ruang. Tokoh-tokoh Gaya Internasional antara lain adalah Marcel Breuer, Mies van der Rohe, Le Corbusier, Louis Sullivan. Karena fungsional, praktis dan bersifat universal maka gaya ini cenderung meng-internasional dan berpengaruh sangat besar di dunia internasional. 18

GAYA INTERNASIONAL | furniture Mies van der Rohe |Barcelona pavillion 19

GAYA INTERNASIONAL | furniture Mies van der Rohe |Barcelona Chair Mies van der Rohe |Barcelona Daybed 20

GAYA INTERNASIONAL | furniture Le Corbusier |Villa Savoye, France |1928-30 21

GAYA INTERNASIONAL | furniture Le Corbusier |LC2 Petit Confort Armchair Le Corbusier |Chaise Lounge 22

ART DECO | 1920-1940 Istilah Art Deco berasal dari kata ‘Art Decoration’ – ‘Seni Dekorasi’ diambil dari nama suatu pameran ‘Paris Exhibition of Decorative Art’ yang diadakan pada 1925. Gaya ini berkembang hampir paralel dengan gaya Internasional. Gaya ini banyak diterapkan pada arsitektur, desain interior, desain produk, desain grafis, mode busana serta seni lukis dan patung. Stained glass window Jacques Delamarre |Bathroom of Chanin Building, New York |1929 23

ART DECO | karakteristik Bila Internasionalisme cenderung tegas dan sangat efektif, maka Art Deco cenderung dinamis dan kembali menerapkan ornamen dalam desain-desainnya. Hal ini menunjukkan timbulnya kerinduan akan ornamen dan elemen figuratif yang sebelumnya didominasi oleh desain abstrak, geometris dan non figuratif. Gaya ini diinspirasi oleh warna-warna cerah dipadu dengan hitam, gold, putih, silver yang memberi kesan mewah. Teknik gradasi diterapkan pada seni lukis dan poster. Wm van Alen | Chrysler Building | 1929-30 24

ART DECO | karakteristik Gaya hidup elegan, fashion, eksotisme daerah oriental serta perkembangan trend seni menjadi inspirasi image dan figur. Demikian pula dengan pola-pola tertentu, seperti pola memancar (sun burst), pola petir serta pola geometris. Stained glass window Sunburst motif 25

ART DECO | interior 26

ART DECO | furniture 27

ART DECO | furniture 28

ART DECO | streamline Gaya ini kelak berkembang ke seluruh Eropa dan ke Amerika. Di Amerika gaya ini berkembang menjadi gaya Streamline, yang diinspirasi oleh bentuk peluru yang memberi kesan ergonomis dan dinamis – berorientasi pada percepatan yang sejalan dengan cepatnya dinamika kehidupan masa itu. Streamline 29

STREAMLINE | streamline 30