MANAJEMEN WAKTU
Pendahuluan Penetapan Aktivitas Pengurutan Aktivitas Perkiraan Waktu Aktivitas Pengembangan Jadual Pengendalian Jadual
Penetapan Aktivitas Aktivitas-aktivitas ditetapkan berdasarkan jenis dan lingkup pekerjaan proyek yang akan dilakukan Penetapan dilakukan berdasarkan WBS dengan cara dekomposisi Keluarannya merupakan daftar aktivitas
Pengurutan Aktivitas Masukan Alat bantu Daftar aktivitas Deskripsi produk Dll. Alat bantu Precedence Diagramming Method (PDM) Arrow Diagramming Method (ADM) Keluaran: Diagram jaringan proyek
Pengurutan Aktivitas (lanjutan) Daftar aktivitas harus mencakup semua kegiatan yang akan dilakukan di proyek. Deskripsi produk seringkali berpengaruh pada pengurutan aktivitas (misalnya: subsistem antarmuka). PDM adalah metode pembuatan digram jaringan proyek yang menggunakan kotak untuk mewakili aktivitas dan menghubungkannya dengan anak panah.
Pengurutan Aktivitas (lanjutan) PDM disebut juga Activity On Node. ADM adalah metode pembuatan diagram jaringan proyek yang menggunakan anak panah untuk mewakili aktivitas dan menghubungkannya pada titik simpul (node) untuk menunjukkan ketergantungannya. Teknik ini disebut juga Activity On Arrow.
Contoh AOA ( Aktivity on arrow) Sumber: Information Processing and Management (IPM) Lecture notes (c) Mark Kelly
Contoh AON (Activity On Node) Sumber: Information Processing and Management (IPM) Lecture notes (c) Mark Kelly
Aktivitas pada Anak Panah (AOA) Titik simpul mewakili aktivitas Anak panah mewakili kejadian
Aturan AOA Setiap kegiatan hanya dapat diwakili oleh satu anak panah. Tidak ada dua kegiatan yang ditunjukkan oleh ekor dan kepala kejadian yang sama A B 1 2
Aturan AOA (lanjutan) Pengambaran pada contoh tersebut salah karena dua kegiatan A dan B ditunjukkan oleh ekor dan kepala kejadian yang sama. Penyelesaiannya dengan menggunakan aktivitas dummy. 1 2 3 A C B
Ketergantungan Tugas
Contoh Gantt Chart
Diagram Jaringan
Critical Path Method CPM merupakan tehnik diagram jaringan yang digunakan untuk memprediksi total durasi proyek. Critical path suatu proyek merupakan serangkaian aktivitas yang menentukan waktu paling cepat proyek dapat diselesaikan. Critical path merupakan jalur terpanjang dalam diagram.
Penentuan Jalur Kritis
Diagram jaringan (Arrow Network) . D=22 2 5 H=8 A=10 E=27 I=20 B=8 1 F=7 6 8 3 D1’ D2’ C=12 G=25 J=15 4 7
Cara Earlist Start & Latest Finish (ES & LF) untuk AOA Event ES LS
Network Forward Earlist Start (ES) Mulai dengan waktu tercepat 5 1 3 2 A=10 D=22 B=8 E=27 32 35
Backward pass Latest Finish (LF) Penyelesaian waktu paling lama 5 35 3 F=7 6 30 E=27 8 23
Cara Earlist Start & Latest Finish (ES & LF) untuk AON Event EF ES SL Descript LF LS Durasi
Forward pass – Earliest Times (dasar perhitungan adalah waktu Forward pass – Earliest Times (dasar perhitungan adalah waktu tercepat) Seberapa awal sebuah aktivitas dapat dimulai? (early start – ES) Seberapa awal sebuah aktivitas dapat diselesaikan? (early finish – EF) Seberapa awal sebuah proyek dapat diselesaikan? (time expected – TE) Backward pass – Latest Times (dasar perhitungan adalah waktu terpan- jang dalam proyek), dapat digunakan untuk menghi- tung float. Seberapa terlambat sebuah aktivitas dapat dimulai? (late start – LS) Seberapa terlambat sebuah aktivitas dapat diselesaikan? (late finish – LF) Berapa lama sebuah aktivitas dapat ditunda? (slack or float – SL)
Forward pass
Backward pass