Pertemuan 12. Pemrograman Window Sejauh ini Anda melakukan pemrograman pada level konsul Java sesungguhnya juga mendukung pemrograman Window. Salah satu.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh: Mike Yuliana PENS-ITS
Advertisements

Pemrograman Visual I Pendahuluan Presented by : Herianto.
Event Handling di JAVA.
Pemrograman JAVA (TIB09)
NAMA: MUSTIKO AJI NIM: Secara garis besar pemrograman (terutama untuk aplikasi desktop) dibedakan menjadi dua, yaitu pemrograman konvensional.
M.K. Pemrograman Web (AK )
KOMPONEN DALAM DELPHI Form
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Object Oriented Programming
Struktur Kode Aplikasi Java (2) As’ad Djamalilleil
GUI & Event Handling Viska Mutiawani, M.Sc.
1. Secara garis besar pemrograman (terutama untuk aplikasi desktop) debedakan menjadi dua, yaitu pemrograman konvensional dan pemrograman visual. a. Jelaskan.
1. Secara garis besar pemrograman dibedakan menjadi dua, yaitu pemrograman konvensional dan pemrograman visual Pengertian dari Pemrograman konvensional.
JAVA GUI (Graphical User Interface)
PBO - PERTEMUAN 9- JAVA GUI.
Graphic User Interface
Bahasa Pemrograman 3 Lab Bahasa Pemrograman 3
Modul 8: awt Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat membuat program sederhana dalam lingkungan window Modul 8 - awt.
Membangun Aplikasi GUI
Mengenal JavaScript A’ud Solehuddin::Januari2012.
Layout Managers and Event Handling
Presented by : Ratri Enggar Pawening
KONSEP OOP DAN AWT [ RIO PRIANTAMA ].
GUI Event Handling.
KOMPONEN DALAM DELPHI Form
PEMOGRAMAN 1 Pertemuan 2. TOOLBOX Toolbox adalah sebuah “kotak peranti” yang mengandung semua objek atau kontrol yang dibutuhkan untuk membentuk suatu.
PERTEMUAN KE 2 JAVA SERVER PAGES (JSP) BY : TITO SUGIHARTO
GUI event handling.
Penjelasan Umum Penjelasan Umum PowerBulder 9.0 Aplikasi PowerBulder 9.0 berisi komponen Yang mencakup objek window, menu, function dan kode PowerScript.
Pemrograman Berorientasi Objek
Java GUI Container Pertemuan 2
Graphical User Interface
Pemrograman berbasis obyek
Pemrograman Berorientasi Obyek
Pengenalan Visual Basic
JAVA GUI SWING Kelompok 4 : M.Fadli Rozak ( )
KONSEP SWING.
Object Oriented Programming
Graphical User Interface (GUI)
DASAR MENGUASAI NETBEANS
Pemrograman Visual Oleh : Erni Fatmawati.
Pertemuan 10 GUI (Graphical User Interface)
Java GUI PBO.
Java User Interface (Swing)
User interface Bagaimana user berinteraksi dengan komputer
P e r t e m u a n 1 Membuat Workbook dengan Macro
GUI Event Handling.
KELAS DAN OBJEK BAGIAN I Pertemuan 6.
GUI Event Handling Alpro-2.
JFC dan Swing U Abd. Rohim, MT mailto:
SEMESTER PENDEK INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
PENDAHULUAN.
JAVA GUI (Graphical User Interface)
ASWAR R. Universitas Negeri Makassar
Pemrograman Berorientasi Objek
Pertemuan 1 Pemrograman Visual Intro ‘n Delphi Intro
Pengenalan Borland Delphi 7.0
Graphical User Interface
GUI Event Handling Sussi.
Man Machine Interface Oleh Umar Muhammad, MT.
Pemrograman Berorientasi Obyek
Permograman Mobile 2 Notification, dialog, dan intent.
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 4.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Nur Dwi Ramadani ( )
Notification dialog intent
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
Pemrograman Berorientasi Obyek
VISUAL PROGRAMMING DALAM JAVA
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER HUMAN COMPUTER INTERACTION.
Aplikasi e-SPPT Laman Beranda Aplikasi e-SPPT (Aplikasi pendaftaran elektronik SPPT) Bapenda Kota Bogor dengan terlebih dahulu mengklik
Transcript presentasi:

Pertemuan 12

Pemrograman Window Sejauh ini Anda melakukan pemrograman pada level konsul Java sesungguhnya juga mendukung pemrograman Window. Salah satu meka nisme untuk mengimplementasikannya adalah dengan menggunakan java.awt. Cara yang lain dilakukan adalah dengan menggunakan Swing

Gambar Interaksi program JAVA,AWT, dan Sistem Window

Menangani Kejadian Sejauh ini Anda belum menangani kejadian sama sekali. Sekarang, misalnya dikehendaki agar kalau tombol Selesai diklik rnaka aplikasi segera diakhiri. Untuk melakukan hal ini, Anda perlu menangani kejadian.

Cara Lama untuk Menangani Kejadian Sebagaimana telah diutarakan di depan, kelas Component memiliki metode bernama handleEvent() yang berfungsi untuk memproses kejadian masukan dari pemakai; misalnya ketika pemakai mengklik suatu tombol. Dengan menuliskan kode pada metode ini pada kelas-kelas turunannya, Anda bisa melakukan pengendalian terhadap tanggapan dari pemakai. Sebagai contoh, program berikut mengembangkan program TesButzon j ava di depan, dengan melakukan pengontrolan terhadap kemungkinan pemakai mengklik tombol berjudul Perbesar ataupun Selesai.

Penanganan Kejadian dengan Menggunakan Paket java.awt.event Penanganan kejadian yang lain dilakukan dengan menggunakan kelas­kelas yang terdapat pada paket java.awt.event. Cara ini mulai diperkenalkan pada JDK 1.1. Dalam hal ini objek yang ingin menangani kejadian objek yang mempunyai perhatian terhadap kejadian dinamakan pendengar (listener). Untuk menjadi pendengar, objek perlu memanggil metode "add listener". Bentuk metode "add listener" sendiri bergantung pada komponen yang akan memantau kejadian. Sebagai contoh, objek Window menggunakan metode bernama addWindowListenerO, sedangkan komponen Button memakai metode bernama addActionListenerO.

Kotak Dialog Pesan Kesalahan Dialog adalah subkelas dari kelas wimdow yang berguna untuk membuat kotak dialog, yang biasa digunakan untuk membuat jendela pemasukan data, menyediakan pilihan Ya atau Tidak, ataupun hanya untuk menampilkan pesan kesalahan.

Setlayout Kelas Container mendefinisikan metode bernama setLayout() yang ditujukan untuk mengatur tataletak komponen-komponen. Bentuk deklarasi metode ini adalah seperti berikut: setLayout (LayoutManager mgr)

S E K I A N Aswar R.