Metode Perancangan Program

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pertemuan 4 Behavioral Modeling 1 – Use Case
Advertisements

Bab 8 collaboration diagram
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Object Oriented Analysis and Design
Unified Modelling Language (UML)
13 KOMPONEN DIAGRAM UML & PROSES MODEL WATERFALL
Interaction Diagram.
Pertemuan 6 Structural modelling
Class Diagram.
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
Diagram UML Studi Kasus : Sisfo Perpustakaan
Keuntungan metodologi berorientasi objek.
Pengantar uml Pertemuan 4. Pengenalan UML UML adalah sebuah bahasa yang memberikan vocabulary dan tatanan penulisan kata-kata dalam ‘MS Word’ untuk kegunaan.
UNIFIED MODELING LANGUAGE ( UML )
Perancangan Berorientasi objek
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Metode Perancangan Program
Pertemuan 7 Unified Modelling Language (UML)
SYSTEMS ANALYSYS AND DESIGN METHODS 5 TH Edition Whitten Bentley Dittman Irwin/McGraw-Hill The Mcgraw-Hill Companies All Right reserved.
Unified Modeling Language.  UML  Things  Relationship  Diagram  Architecture View  Use Case View  Design View  Process View  Implementation View.
RELATIOPNSHIPS IN THE UML
Metode Perancangan Program
OBJECTORIENTED ANALYSIS
Rekayasa Perangkat Lunak UML (Unified Modelling Language)
Analisa dan Perancangan Berbasis Objek
Object-Oriented Design (OOD)
E. Haodudin Nurkifli Universitas Ahmad Dahlan Pertemuan :
Rinci Kembang Hapsari,S.Si, M.Kom
Business Process Modeling
UNIFIED MODELING LANGUAGE ( UML )
Object-oriented testing
Object-Oriented Analysis (OOA)
Sequence Diagram.
ANALISIS DAN PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
Pemodelan objek.
QUIZ PSBO Total : 35 PG.
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Class Diagram Siti Mukaromah, S.Kom.
PEMODELAN PROYEK (UML)
Metode Perancangan Program
Citra N., S.Si, MT Sisfo - UNIKOM
Activity Diagram.
Metode Perancangan Program
ANALISIS dan PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Collaboration Diagram and Sequence Diagram
SOAL PERTEMUAN 1-6 PSBO 4 SKS
Metode Perancangan Program
PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
PEMODELAN OBJECT ORIENTED
Soal PSBO Pert.1-6.
Waktu : 2 menit 30 detik/slide
Review.
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Perancangan Perangkat Lunak – Part 1
PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
SOAL LATIHAN 1 SIMULA di perkenalkan pertama kali pada tahun …..
E. Haodudin Nurkifli Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan
Perancangan PL berorientasi objeck
ANALISIS & DESAIN SISTEM
Pemodelan Sistem Teknologi Informasi
Unified Modeling Language (UML)
Statechart Diagram Febriardi Mahendra ( )
Analisis dan Desain Berorientasi Obyek
Metode Perancangan Program
Perancangan Perangkat Lunak –Part 2
Pertemuan 6 Unified Modeling Language (UML)
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
OBJECT ORIENTED ANALISYS AND DESIGN
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Transcript presentasi:

Metode Perancangan Program Pert 17 – Requirement Analysis

Use Case Realization Untuk mencapai tahap implementasi maka requirement yang di identifikasi dengan use case harus dipenuhi, dan paling tidak satu kali iterasi dilakukan mulai dari awal requirement modeling sampai dengan implementasi. Jika dikaitkan dengan satu use case, maka aktifitas ini sebut dengan use case realization Use case realization melibatkan class-class yang mungkin, dan juga bagaimana class tersebut berinteraksi. Class – class tersebut dikenal dengan collaboration.

Use Case Realization Bagaimanapun, collaboration tidak sama dengan use case. Tetapi collaboration mempunyai hubungan dengan use case yang ditunjukkan dengan panah dependency Collaboration dapat ditampilkan sebagai object diagram atau class diagram

Contoh: use case diagram untuk add a new advert to campaign

Contoh : collaboration untuk add a new advert to a campaign

Class Diagram Attribute Attribute dan state Link dan association Association dan state Multiplicity Operation Operation dan state

Attribute Attribute adalah bagian yang penting dari sebuah class. Attribute adalah struktur umum dari sebuah member class yang dapat diketahui. Setiap object mempunyai attributenya dan nilai attributenya.

Contoh attribute

Attribute dan state State yang berlaku dari sebuah object sebagian didapatkan dari nilai attribute instance. Jika sebuah nilai attribute berubah, maka object akan merubah statenya.

Link dan association Konsep dari link dan association sama seperti object dan class Sebuah link adalah koneksi logical antara dua atau lebih object Sebuah association menghubungkan dua buah class

Contoh : Link

Association dan state Jika sebuah link dibuat atau dibuang, maka object akan mengubah statenya.

Multiplicity Association menggambarkan link yang mungkin antar object. Kadang kala penting untuk menentukan batasan link antar object dan class, Multiplicity adalah term yang digunakan untuk mengambarkan batasan angka.

Contoh Multiplicity

Operation Operation adalah elemen behavior umum yang digunakan oleh setiap instance dari satu class Dapat dikatakan pula, operation adalah layanan yang dapat diminta sebuah object dari object lain untuk dikerjakan.

Contoh operation

Operation dan State Sebuah object hanya dapat merubha statenya melalui operation