Interaction Interaction: Komunikasi timbal-balik antara user dan sistem komputer Donald Norman’s Interaction framework (user’s view) • user menentukan tujuan • user memformulasikan maksud yang diinginkan • user menentukan tindakan pada interface • user mengeksekusi suatu tindakan • user menangkap status sistem • user memahami status sistem • user melakukan evaluasi status sistem dengan mempertimbangkan goal yang sudah ditentukan sebelumnya
Interaction Frameworks Abowd dan Beale menentukan 4 komponen yang ada pada interaction framework • user • input • system • output Masing-masing mempunyai bahasa yang unik sendiri-sendiri interaction penterjemahan diantara bahasa-bahasa tsb Masalah pada interaksi = masalah pada penterjemahan
Tipe Interaksi Komputer Ada dua perbedaan mendasar dari bentuk interaksi yang dilakukan oleh komputer: • batch: * biasanya terjadi untuk pengolahan data elektronik yang membutuhkan input data yang sangat besar.; * membutuhkan sedikit intervensi dari user • interactive: * user lebih banyak mengkontrol sistem Interaksi yang kita bicarakan disini adalah yang tipe interactive
Tipe Dialog Interaktif Message passing model Dialog tipe ini terlihat seperti pertukaran message/pesan antara manusia dan komputer (2 tipe yang berbeda), seperti layaknya dialog antar manusia. Object-oriented model Dialog tipe ini mengijinkan user untuk memanipulasi langsung objek yang direpresentasikan di komputer, dan komputer merespon dengan menunjukkan status objek setelah manipulasi tersebut.
Message Passing Model control S Y T E M Input data prompt data status Output error help
Message Passing Model (2) Input control user mengarahkan dialog seperti apa yang akan di proses. data data diberikan oleh user. Output prompt membutuhkan user input data data hasil olahan model proses interaksi/komunikasi yg dibutuhkan user status pemahaman terhadap suatu kejadian error proses tidak dapat dilanjutkan help informasi tambahan untuk user
Message Passing dalam dialog manusia (deringan telpon....) Stasiun Kereta Gambir. (status) Ada yg bisa dibantu? (prompt) Ya, saya ingin menanyakan tiket kereta. (input Control) Untuk tujuan mana pak? (prompt) Tujuan Surabaya untuk jam 17.00. (input data) Untuk hari apa? (prompt) Jum’at. (input data) Waduh…., habis pak. (error) O..oh. Kereta lain hari itu ada yg jam berapa? (input control) Ada jam 18.30 dan 19.00. (help) Bagaimana kalau jam 18.30? (input data) Ada pak. (output data)
Object-Oriented Model (User) Pilih objek yang diinginkan, misalkan sebaris teks dalam suatu paragraf. (System) Highlight objek yang dipilih. (User) Jalankan suatu action terhadap objek tersebut, misalnya klik Bold button pada tool bar (System) Rubah status objek yang dipilih tadi menjadi teks yang nampak terbold.
WIMPs (Windows, Icons, Mouse, Pointer) Ragam Dialog Question and Answer Menu Form-Fill Command Languages Direct Manipulation WIMPs (Windows, Icons, Mouse, Pointer) Widgets : windows, menus, radio buttons, check boxes and icons Pointing devices: mouse, trackball, and touchscreen
Question and Answer Selalu menggunakan single control message atau data input message User menginput jawaban pertanyaan tunggal Umumnya ragam dialog yang dipakai berbasis karakter/teks Sekarang yang berbasis GUI misalnya: wizards Selalu digunakan untuk memandu user ttg operasi-operasi yang tidak begitu familiar Setiap pertanyaan dapat memiliki jawaban default, penjelasan ttg pertanyaannya sendiri dan jawaban yang memungkinkan. Membosankan untuk operasi yang frekuensinya tinggi
Menus Kumpulan operasi yg disusun terstruktur u/ menavigasi user Operasi langsung terhadap objek Seleksi oleh user (Explicitly) – format + font… [selected text] Asumsi oleh sistem (Implicitly) – print [current file] Representasi operasi dengan teks (mis: pull-down menu) dengan icons (mis: toolbar) Penyelesaian operasi Langsung (On-line Processing) Batch processing
Struktur Menu Struktur menu harus merupakan refleksi ekspektasi user dan mendukung alur kerja user Prioritas: Pengelompokan operasi (file, edit,…) Menu dipecah menjadi beberapa group Relasi operasi dalam suatu group (cut,copy,paste) Level pengambilan keputusan 4 sampai 8 pilihan per level Urutan yang konsisten, secara numerik atau alfabet
Urutan Options dalam Groups consistency importance conventional (misal: urutan hari) order of use (misal: ‘copy’ lebih dahulu dari ‘paste’) frequency of use alphabetical order
Jenis-jenis Menu Menu Bar at top of screen (normally), menu drags down • pull-down menu - mouse hold and drag down menu • drop-down menu - mouse click reveals menu • fall-down menus - mouse just moves over bar! Contextual menu appears where you are • pop-up menus - actions for selected object • pie menus - arranged in a circle - easier to select item (larger target area) - quicker (same distance to any option) … but not widely used!
Help Error trapping Menus – User Support Pemberian petunjuk ringkas dari menu/interface pada tempat yang ditentukan Error trapping Menon-aktifkan item menu bila terjadi error
Form-Fill Awalnya character-based interfaces Modern GUI version: dialogue box Seperti tipe dialog question and answer, tapi semua pertanyaan ditampilkan langsung bersama-sama Ada default answer atau user dapat merubahnya Memerlukan OK u/ mengakhiri semua pertanyaan atau Cancel
Contoh Dialog Boxes 3
Command Languages Text based interface: message harus berupa kalimat yang mempunyai makna dan dapat dipahami oleh sistem komputer untuk dijalankan. Memungkin user untuk meng-customize instruksi yang lebih efisien dan efektif Ada 2 tipe command language style: Positional Syntax : letak/posisi sangat berpengaruh (misal: copy file1 file2) Keyword Syntax : letak tidak begitu berpengaruh, yang berpengaruh adalah keyword (misalkan option; lp –oduplex –n50 file1 (keyword –o dan –n))
Direct Manipulation Tipe dialog interaktif yang merepresentasikan objek untuk dapat dimanipulasi langsung. Contoh: drag (icon) sebuah file from suatu ‘folder’ ke (icon) ‘wastepaper basket’ menyebabkan file akan terhapus Feedback langsung dari suatu operasi Tidak diharapkan untuk tasks Tidak efisien dan membosankan untuk pekerjaan yang berulang