PTIK 10 MULTIMEDIA DAN VIRTUAL REALITY

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Bab 6 Multimedia.
Advertisements

RAGAM MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
ULEAD VIDEO STUDIO Direktorat e-Business
OPERASI DASAR PERALATAN KOMPUTER
P ENGANTAR M ULTIMEDIA ASEP DEDEN RAHMAT S., ST..
TUGAS BU RATNA #PERTEMUAN 10
S1 Teknik Informatika Disusun Oleh Dr. Lily Wulandari
Dasar-dasar multimedia
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.. PENDAHULUAN SEJARAH MULTIMEDIA:  Istilah Multimedia berawal dari teater, bukan dari komputer.  Pertunjukkan yang memanfaatkan.
TEKNOLOGI MULTIMEDIA.
Modul 10 (Multimedia) Mega Anis Kartika
1 Pertemuan 12 MULTIMEDIA DAN VIRTUAL REALITY. 2 Multimedia Kebutuhan Perangkat Keras Sebuah sistem yang dilengkapi dengan kemampuan multimedia paling.
Teknik Aplikasi Multimedia Marcello Singadji, S.Kom, M.T
PROYEKTOR By: Asriadi Pertemuan 12. Proyektor Proyektor adalah perangkat yang digunakan untuk membuat proyeksi, proyektor sering dipakai didalam presentasi.
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI).
Elemen Multimedia R.M. Mahrus H. Efendi.
Sistem Multimedia.
Dasar-dasar Multimedia
Mengoperasikan PC Stand Alone
Pengantar Multimedia Nurochman.
PIRANTI EKSTERNAL (OUTPUT DEVICES)
PI. Manajemen Informatika, Direktorat Program Diploma Tiga Manajemen Cara belajar Modifikasi Motor Matic Lowrider for further detail, please visit
SISTEM INFORMASI MULTIMEDIA
Oleh: Muhammad Yogie Latansa Kelas PTIK 4
APLIKASI MULTIMEDIA VIDEO EDITING
UNIT 1 Pengembangan APLIKASI MULTIMEDIA
MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INOVATIF
ANIMASI 3D PADA ARCHICAD
Sistem Operasi - Multimedia
Pertemuan I Multimedia (Teori)
JENIS-JENIS INPUT DEVICE
DESAIN GRAFIS (CITRA BITMAP DAN VEKTOR)
Produksi Konten Multimedia
Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Jawa
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
MANAJEMEN FILE.
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
M2. Produksi konten Multimedia 1
Pengertian grafis Desain Grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan pada sang desainer (perancang) untuk memilih,
Dosen : Bella Hardiyana S. Kom
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
Bagian 1-Apa itu Multimedia?
Sejarah Multimedia TRI SURATNO, S.KOM.,M.KOM.
KOMPUTER ANIMASI & PRODUKSI MULTIMEDIA
MULTIMEDIA Pert. 1.
JENIS-JENIS PROGRAM PEMBUAT GRAFIS
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
Sistem Multimedia Pertemuan ke-2.
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
DASAR DASAR MULTIMEDIA
MULTIMEDIA Loading … masuk keluar.
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
MATERI PERANTI MASUKAN BAB 3
Grafika komputer 1.
Animasi dan Suara Pertemuan 02
M.Fauzi Josua Tangke Gigih Yudha
REVIEW MATERI TIK X GANJIL 2011
STIESS BATANG.
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
STMIK AKAKOM YOGYAKARTA
Pengantar Multimedia Tujuan Khusus Pelatihan :
4.2 PERKAKASAN DAN PERISIAN
This presentation uses a free template provided by FPPT.com ETIMOLOGI MULTIMEDIA Oleh : Putrie Fortuna RGP.
Perkembangan Multimedia Masa Depan
tujuan Mahasiswa memahami defenisi dari multimedia
Teknik Aplikasi Multimedia Marcello Singadji, S.Kom, M.T
Komponen input dan output komputer
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI). Multimedia is the combination of the following elements: text, color, graphics, animations, audio, and video.
KOMUNIKASI MULTIMEDIA
Mahasiswa memahami defenisi dari multimedia Mahasiswa mengetahui perkembangan terkini dari multimedia Mahasiswa mengetahui manfaat teknologi multimedia.
Transcript presentasi:

PTIK 10 MULTIMEDIA DAN VIRTUAL REALITY Dosen: Arya Yudhi W.,S.Kom.,M.Kom.

MULTIMEDIA Multimedia adalah interaksi antara teks, gambar, animasi, dan video (Perry, 1994) Ditinjau dari kata pembentuknya, multimedia berarti melibatkan berbagai media

MULTIMEDIA Aplikasi multimedia Presentasi Entertainmet Edukasi Penyajian informasi Teleconference

MULTIMEDIA Komponen yang digunakan pada komputer untuk menunjang multimedia soundcard VGA card

MULTIMEDIA Peralatan yang dipakai untuk membangun aplikasi multimedia LCD Proyektor Recorder Kamera digital/ video Scanner Speaker Microfon CD

ELEMEN MULTIMEDIA Teks Merupakan bentuk media yang paling umum digunakan menyajikan informasi, baik model baris perintah ataupun

ELEMEN MULTIMEDIA Audio Audio merupakan media ampuh untuk menyajikan informasi tertentu. Suara pada komputer disimpan dengan berbagai format Midi WAVE MP3 WMA, dll

ELEMEN MULTIMEDIA Gambar BMP CDR GIF JPG PNG TIFF PCX Berbagai format penyimpanan gambar digital antara lain: BMP CDR GIF JPG PNG TIFF PCX

ELEMEN MULTIMEDIA Berbagai perangkat lunak untuk membuat/ mengedit gambar antara lain Adobe Photoshop Coreldraw Firework Paint, dll

ELEMEN MULTIMEDIA Animasi Merupakan teknik untuk membuat gambar bergerak. Contoh aplikasi sederhana untuk membuat animasi Ulead Film-film di layar televisi pada saat ini banyak yang menggunakan animasi. Video Aplikasi sederhana untuk membuat film dengan format Adobe Premiere, Windows Movie Maker Format berbagai video: AVI, MOV, MPEG, dll

VIRTUAL REALITY Virtual Reality adalah teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan suatu simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana 3 dimensi (3D) sehingga membuat pemakai seolah-olah terlibat Digunakan pada perancang game, Arsitek, insinyur, pilot, dll.

VIRTUAL REALITY Piranti Virtual Reality Glove, Headset, game stick, Walker, dll

VIRTUAL REALITY Cara kerja Virtual Reality Pemakai melihat suatu dunia semu, yang sebenarnya adalah gambar-gambar yang bersifat dinamis. Melalui perangkat headphone atau speaker, pemakai dapat mendengar suara yang realistis. Melalui headset, glove, dan walker, semua gerakan pemakai oleh sistem dan sistem memberikan reaksi yang sesuai pemakai seolah merasakan sedang berada pada situasi baik secara fisik maupun psikologis.

APLIKASI VIRTUAL REALITY Manufaktur Pengujian Rancangan, Prototipe Semu, Analisis ergonomik, Simulasi semu produksi dan pemeliharaan Arsitektur Perancangan Gedung Militer Pelatihan (Pilot, Astronot, Pengemudi), Simulasi Peperangan Kedokteran Pelatihan Pembedahan, Terapi Fisik Penelitian / Pendidikan Studi tentang Topan, Konfigurasi Galaksi, Pengujian matematika kompleks Hiburan Game, Museum Virtual, Simulasi Pertempuran Udara,

VIRTUAL REALITY Efek Negatif Virtual Reality Orang yang terlibat dalam enggunaan sistem ini kerap ganguan yang disebut cybersickness(Haag, Cummings, 2000, hal 294). Penderita akan merasakan ketegangan mata dan bahkan rasa pusing. Terkadang penderita secara psikologis masih pada suasana semua yang diciptakan oleh sistem virtual walaupun telah kembali ke dunia nyata.