ARTIFICIAL INTELLIGENCE
Sejarah Warren McCulloch dan Walter Pitts menerbitkan "Kalkulus Logis Gagasan yang tetap ada dalam Aktivitas " pada 1943 yang meletakkan pondasi untuk jaringan syaraf. Tahun 1950-an adalah periode usaha aktif dalam AI. Program AI pertama yang bekerja ditulis pada 1951 untuk menjalankan mesin Ferranti Mark I di University of Manchester (UK): sebuah program permainan naskah yang ditulis oleh Christopher Strachey dan program permainan catur yang ditulis oleh Dietrich Prinz. John McCarthy membuat istilah "kecerdasan buatan " pada konferensi pertama yang disediakan untuk pokok persoalan ini.
Definisi Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AL) didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. - kecerdasan: kemampuan untuk memperoleh pengetahuan dan menggunakannya Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, games, logika fuzzy dan robotika. AL terbagi menjadi 2 yaitu : AI Konvensional Kecerdasan komputasional (CI, Computational Intelligence)
Perbandingan AL – Pemograman konvensional
Tujuan Kecerdasan buatan (Winston dan Prendergast) Membuat mesin menjadi lebih pintar (tujuan utama) Memahami apa itu kecerdasan (tujuan ilmiah) Membuat mesin lebih bermanfaat (tujuan entrepreneurial)
Perspektif Pandangan AI Perspektif Kecerdasan (Intelligence) : AI adalah bagaimana membuat mesin yang “cerdas” dan dapat melakukan hal-hal yang sebelumnya dapat dilakukan oleh manusia. Perspektif bisnis : AI adalah sekelompok alat bantu (tools) yang berdaya guna dan metodologi yang menggunakan tool-tool tersebut guna menyelesaikan masalah-masalah bisnis. Perspektif pemrograman (Programming) : AI termasuk didalamnya adalah studi tentang pemrograman simbolik, pemecahan masalah proses pencarian (search).
Perspektif Pandangan AI (Cont...) Perspektif penelitian (research) : 1. Riset tentang AI dimulai pada awal tahun 1960-an, percobaan pertama adalah membuat program permainan (game) catur membuktikan teori dan general problem solving (untuk tugas tugas sederhana). 2. “Artificial intelligence” adalah nama pada akar dari studi area.
Jenis – jenis AI Dalam perkembangannya kecerdasan buatan dapat dikelompokkan : Sistem Pakar (Expert System) komputer sebagai sarana untuk menyimpan pengetahuan para pakar sehingga komputer memiliki keahlian menyelesaikan permasalahan dengan meniru keahlian yang dimiliki pakar. Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing) user dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan bahasa sehari-hari, misal bahasa inggris, bahasa indonesia, dan sebagainya. Pengenalan Ucapan (Speech Recognition) manusia dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan suara. Robotika & Sistem Sensor.
Jenis – Jenis AI (Cont...) Computer Vision menginterpretasikan gambar atau objek-objek tampak melalui komputer. Intelligent Computer-Aided Instruction komputer dapat digunakan sebagai tutor yang dapat melatih & mengajar. Game Playing. Soft Computing. sebuah inovasi dalam membangun sistem cerdas.
Source : http://aiukswgkelompok11.wordpress.com/definisi-artificial-intelligence/ http://buahilmu.wordpress.com/2011/04/13/pengertian-artificial-intelligence-kecerdasan-buatan/ http://id.wikipedia.org/wiki/Kecerdasan_buatan http://temukanpengertian.blogspot.nl/2013/08/pengertian-artificial-intelligence.html