Interaksi Manusia Komputer

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KONSEP PENGEMBANGAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Advertisements

UNIFIED MODELLING LANGUAGE
Minggu 6 Prinsip & Konsep Desain
Perancangan Perangkat Lunak lanjutan Kuliah - 7
DATA FLOW DIAGRAM.
DESAIN DAN NOTASI DIALOG
BAB 2 METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Pertemuan Keempatbelas Dukungan Implementasi
Interaksi Manusia dan Komputer Pendahuluan Oleh : ANISYA, S.KOM Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informatika ITP 2013 Pertemuan 01 Oleh : Anisya,
Protyping IMK-M5.
Interaksi Manusia dan Komputer
BAB 6 Design Interface (Perancangan Tampilan)
Perancangan Tampilan.
Konsep & Prinsip Analisis
Analisa dan Desain dalam Penelitian
KONSEP PERANCANGAN SISTEM INFORMASI LANJUTAN)
MEMAHAMI RAGAM DIALOG.
Interaksi Manusia dan Komputer
Teori, prinsip dan pedoman IMK
Dialogue Notations and design
Bina Sarana Informatika
Dialogue Notation and Design
1 Spesifikasi Program. 2 Pendahuluan Programer bekerja berdasarkan spesifikasi program Spesifikasi program akan mendefinisikan atau menentukan input,
PERANCANGAN ATAU DESAIN APLIKASI MENGGUNAKAN GUI.
Perancangan Tampilan.
HUMAN COMPUTER INTERACTION
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN ORGANISASI (ODSS)
Interaksi Manusia & Komputer Pendahuluan
Interaksi Manusia & Komputer Desain
Desain dan Notasi Dialog
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Latihan Ujian UTS dan UAS
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA & KOMPUTER
MODEL PENGGUNA Denny Sagita.
PERANCANGAN SISTEM.
Teori, Prinsip, dan Pedoman
KONSEP INTERFACE
Interaksi Manusia dan Komputer
Ragam dialog Pertemuan 3.
8 ATURAN EMAS DALAM PERANCANGAN USER INTERFACE
PERANCANGAN ANTARMUKA/TAMPILAN
Interaksi manusia komputer
Metode Perancangan Program
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Mobile Device User Interface
Rekayasa Produk (Perangkat Lunak)
Perancangan Tampilan.
DAN PERANCANGAN DIALOG
Ragam dialog Pertemuan 3.
PENDAHULUAN BY Ade Irma PS.
Pertemuan Kedua Pendahuluan
Interaksi Manusia dan Komputer (Desain dan Notasi Dialog)
ANALISA PERANCANGAN PROGRAM.
Diagram Konteks & Data Flow Diagram (DFD)
Pertemuan Keduabelas Desain dan Notasi Dialog
Pemodelan Sistem Teknologi Informasi
TESTING DAN IMPLEMENTASI PERTEMUAN 6
Interaksi Manusia dan Komputer
Perancangan Tampilan.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
KELOMPOK 6 Modeling Adnin Devit C F
Spesifikasi Program.
Pendahuluan IMK-2010 Definisi IMK:
Desain dan Notasi Dialog
Analisa Sistem Informasi
PERANCANGAN SISTEM.
Desain dan Notasi Dialog
Dialogue Notation & Design Part-2
IMK Notasi & Desain Dialog.
Transcript presentasi:

Interaksi Manusia Komputer DESAIN DAN NOTASI DIALOG DISUSUN OLEH ISNAINI NPM 11100222 FEBIAN ARDI SAPUTRA NPM 11201151

NOTASI DIALOG Pertukaran instruksi dan informasi antara user dan sistem komputer

Pengertian dialog adalah sebagai berikut: Secara umum dilog dapat diartikanproses komunikasi antara dua atau lebih agen. Menurut IMK dialog adalah pertukaran instruksi dan informasi yang mengambil tempat antara user dan sistem komputer

dalam IMK, bahasa Komputer Mempunyai 3 tingkatan: Leksikal Merupakan tingkat yang paling rendah: bentuk ikon pada layar, tombol yang ditekan. Pada bahasa manusia, ekuivalen dengan bunyi dan ejaan suatu kata. Sintaktik Adalah urutan dan struktur input dan output. Pada bahasa manusia ekuivalen dengan tata bahasa dari suatu kalimat. Semantik Makna dari percakapan yang berhubungan dengan pengaruhnya pada struktur data internal komputer. Kondisi internal berasal dari dialog user dan sistem.

Struktur Dialog Manusia Dialog antara manusia dan komputer bersifat terstruktur sedangkan dialog manusia dengan manusia tidak terstruktur, tidak konsisten.

Partisipan harus menyebutkan dialognya dalam urutan tertentu Karakteristik yang dapat ditemui pada sebuah dialog manusia dengan komputer diantaranya adalah: Partisipan harus menyebutkan dialognya dalam urutan tertentu Beberapa dialog diantaranya telah ditetapkan sebelumnya Beberapa bagian tertentu dari dialog dilakukan secara bersamaan Dialog berikutnya pada umumnya tergantung pada respon dari partisipan Dialog dengan komputer mungkin saja tidak mengakomodasi semua kejadian yang mungkin Deskripsi dialog biasanya tidak langsung menuju pada arti kata-katanya atau semantik teetapi pada level sintaktis.

Notasi Diagrametik Notasi Diagrametik merupakan bentuk yang paling sering digunakan dalam desain dialog. Ada lima metode yang dapat digunakan dalam notasi diagramatik: State Transition Network (Kondisi Transisi Jaringan) Petri Nets Herel’s State Charts (Kartu Kondisi Heral) Flowchart (Flow diagram) Jackson Structured Design Diagrams (Diagram JSD)

Notasi Tekstual Pada notasi Tekstual terdapat tiga metode untuk menjelaskan suatu dialog yaitu sebagai berikut: 1. Grammars (Tata Bahasa) 2. Production Rules (Aturan Produksi) 3. Proses Aljabar

Dialog Semantik Deskripsi dialog adalah untuk berkomunikasi antar para desainer atau sebagai alat untuk mendeskripsikan pemikiran mengenai dialog, sehingga perlu ditambahkan catatan pada dialog formal mengenai arti dari aksi tertentu.

Desain dan Analisis Dialog Terdapat 3 pendekatan dalam perancangan analisis properti dialog ini, yaitu: Berfokus pada aksi yang dilakukan user, apakah dispesifikasikan dengan cukup dan konsisten. Memperhatikan kondisi dialog, menyangku konsisi yang diinginkan dan yang ingin dihilangkan. Isu persentasi yang leksikal, bagaimana tampilan dan fungsi sebuah tombol.

Presentasi dan Properti Leksikal Perancangan dialog haruslah terpisah dari perancangan detail dari presentasi dan interface leksikal. Tentukan fungsi sistem dulu baru kemudian analisis tugas dan desain dialog dari fungsi tersebut Tentukan tombol/keys untuk memanipulasi fungsi

Desain dan Non-Antropomorfik Desain Non-Antropomorfik merupakan suatu dialog yang digunakan pada interface dengan mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut: Pentingnya peerbedaan yang jelas antara orang dan komputer Walaupun menarik bagi beberapa orang, suatu interface antropomorfik dapat menimbulkan keragu-raguan.

Sekian & Terimakasih