PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Kajian Al qur'an Tentang Iptek
Advertisements

Penciptaan Manusia Menurut Al Quran Dan Hadis
Tanda-tanda Kekuasaan Allah di Ufuk
Jurusan Tarbiyah PAI 08.T Yanti Mulyanti.
ISLAM DAN ILMU PENGETAHUAN
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
ADAB / ETIKA MENUNTUT ILMU
Islam dalam aborsi.
KESERIUSAN HAMBA KEPADA ALLAH (bentuk keikhlasan hamba)
Islam Dan Ilmu Pengetahuan
Assalamualaikum Wr.Wb..
Prinsip-Prinsip Islam
SEJARAH DAKWAH RASUALLAH SAW PERIODE MEKKAH
Tugasnya sebagai khalifah di bumi
Macam-Macam Wanita Di Dalam Al Qur’an
a. Kedudukan Akal dan Wahyu dalam Islam
IMAN KEPADA RASUL.
KONSEP AL-HAAKIM (PEMBUAT HUKUM).
TEKNOLOGI PANJI HIDAYAT, M. Pd.
EUTHANASIA DALAM PERSPEKTIF AGAMA ISLAM
Soal Kuis.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
TA’RIF (DEFINISI) TARBIYAH ISLAMIYAH Tarbiyah Islamiyah adalah: “Cara ideal dalam berinteraksi dengan fitrah manusia, baik secara langsung (berupa.
ABORSI.
Etika Islam Dalam Penerapan Ilmu
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MANUSIA DAN STATUS KEBERADAANNYA
TAFSIR SURAT AL-DZARIYAT 56
PANDANGAN AGAMA ISLAM TENTANG BAYI TABUNG
Transplantasi Organ Tubuh
Kewajiban Menuntut Ilmu
Islam dan Dasar-Dasar Ekonomi
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Pertanggungjawaban pidana dalam islam
DISUSUN OLEH : ABDUL KARIM ARMI MASMUN ROGAYAH
HADITS IJTIMA’I.
Al-Fath (Lari Dari Perang)
HAKEKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
ISLAMIC FUNDAMENTALS ON PATIENT MANAGEMENT
MEDIA PENDIDIKAN Disusun oleh : NUR AMIN : KLS : D/4
AKHLAQ TERHADAP ALAM DAN LINGKUNGAN
STIKES MUHAMMADIYAH MANADO
ISLAM, IPTEK DAN SENI.
UNSUR DAN PROSES PENCIPTAAN MANUSIA
AZAS-AZAS HUKUM ISLAM.
1B VIII POLITEKNIK KESEHATAN SURAKARTA JURUSAN KEPERAWATAN Group Anggota: 1. Erlinna Milandani (02) 2. Eva Korina (05) 3. Galih Adi Prasetyo (15)
KONSEP DASAR MANUSIA/INSAN UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
MATA KULIAH TAUHID AQIDAH AKHLAK
Dosen Pengampu : Tarmidzi, M.S.I
MACAM-MACAM NAJIS Saat ini, banyak ummat Islam yang tidak mengerti dan tidak tahu akan ajaran agamanya. Bayangkan bagaimana jadinya generasi Islam beberapa.
TITIS OCTARY SATRIO D4 TEKNIK INFORMATIKA A
ILMU PENGETAHUAN, TEKNOLOGI, DAN SENI DALAM ISLAM
ILMU PENGETAHUAN, TEKNOLOGI, DAN SENI DALAM ISLAM
IPTEK, DAN SENI DALAM ISLAM
UQDATUL KUBRO Dari mana saya? Mau apa saya? Mau kemana saya?
ADAB DALAM MENUNTUT ILMU
PENGERTIAN AL-QUR’AN Defenisi al-Qur’an adalah:
Oleh: Ahmad Fairozi Disampaikan dalam acara:
Manusia & Nilai-nilai Kemanusiaan Oleh: Arianto Achmad
TAAT PADA ATURAN TAAT PADA ATURAN. QS. An – Nisa’ 4 : 59 Hai orang-orang yang beriman, ta`atilah Allah dan ta`atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara.
PENGERTIAN AL-QUR’AN Defenisi al-Qur’an adalah:
BAB 1 DASAR-DASAR PENCARIAN KEBENARAN
BAYI TABUNG Infertilitas pada Pihak Suami:
MAKANAN HARAM DAN HALAL
BAB 4: KEUZURAN YANG MEMBOLEHKAN BERBUKA PUASA
 Saat ini program bayi tabung menjadi salah satu masalah yang cukup serius. Hal ini terjadi karena keinginan pasangan suami – istri yang tidak bisa memiliki.
MANUSIA SELALU INGIN MEMPEROLEH KEBENARAN BAGAIMANA METODENYA?
CHAIRANISA ANWAR, SST., MKM
Nama Kelompok : 1. Abdul Majid Ridwan 2. Kusnadi.
Transcript presentasi:

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ISLAM, IPTEK DAN SENI

ILMU PENGETAHUAN Suatu sistem dari pelbagai pengetahuan masing-masing mengenai suatu lapangan pengetahuan tertentu yang disusun sedemikian rupa menurut asas tertentu sehingga menjadi kesatuan suatu sistem. Pelbagai pengetahuan masing-masing didapatkan sebagai hasil pemeriksaan yang dilakukan secara teliti dengan memakai metode tertentu, yakni induksi dan deduksi (Ensiklolpedi Indonesia). 2

ILMU PENGETAHUAN Pengetahun yang disusun dalam suatu sistem yang berasal dari penngamatan, pembelajaran, dan pengalaman untuk menentukan hakekat prinsip yang sedang dipelajari (Ashey Montagu). Common service yang disusun dan diorganisasikan untuk mengadakan pendekatan terhadap objek benda maupun peristiwa dengan menggunakan metode-metode observasi yang teliti dan kritik. 3

SUMBER Instink (gharizah), misal butuh makan karena lapar Indera (hawas) yaitu penglihatan, pendengaran, penciuman, peraba, perasa. Intuisi (irhas), yaitu ilham, firasat Akal, yaitu kerja otak berfikir, meneliti Wahyu, untuk para Nabi dan Rasul, kalau manusia biasa dari Al Quran dan Hadits 4

CIRI-CIRI Bersifat umum, semua orang dapat menguji kebenaran dan mengunakannya Kebenarannya tidak mutlak, dapat keliru atau salah Rasional, sesuai pemikiran manusia Empiris, obyektif, berdasar uji coba dan observasi Akumulatif, milik bersama, semua orang dapat mengembangkan dan menggunakan 5

KEWAJIBAN Islam mewajibkan manusia menuntut ilmu (QS Al Alaq 96:1-5, QS An Nahl 16:43, QS At Taubah 9:122, Hadist) Fardhu ‘ain, setiap individu muslim wajib mempelajari pokok-pokok ibadah mahdhah. Fardhu kifayah, kewajiban bersama untuk menuntut ilmu pengetahuan tentang kepentingan masyarakat muslim dan umum. Bila sebagian muslim telah mempelajarinya, maka sebagian lain tidak wajib mempelajarinya. 6

AYAT-2 IPTEK Astronomi, meteorology, fisika, kimia dan matematika (QS Adz Dzariyat 51:47-48, QS Al Furqan 25:61-62, QS Yasin 36:38-40, QS Al Anbiya 21:30-33, QS Ar Rahman 55:33, QS Al Waqi’ah 56: 75-76) Biologi, botani, pertanian, zoologi (QS Al An’am 6:99, QS Ar Ra’du 113:4, QS An Nahl 16:10, QS Qaf 50:9-11 dan QS ‘Abasa 80:24-32, QS An Nur 24:45, QS Al Ghasiyah 88:17) Kedokteran, ilmu penyakit, lingkungan hidup (QS Al Mu’minun 23:12-24, QS Al Baqarah 2:26) 7

HADITS-2 IPTEK Pertanian : Tidaklah seorang muslimpun yang bertani atau bercocok tanam, lalu hasilnya dimakan burung, orang atau hewan, kecuali hal itu akan menjadi sedekah baginya (HR Bukhari Muslim) Kedokteran : Wahai hamba Allah. Berobatlah kalian kerana sesungguhnya Allah tidak menurunkan penyakit melainkan Dia memberi obat (penawarnya), kecuali satu penyakit tua (pikun) (HR Ahmad). 8

HADITS-2 IPTEK Pertanian : Barangsiapa menggarap tanah yang tidak dimiliki siapapun, dia lebih berhak atas tanah tersebut (HR Bukhari) Seni : Sesungguhnya Allah itu Maha Indah dan menyukai keindahan. Dia juga suka melihat tanda-tanda kenikmatan-Nya itu terlihat pada hamba-Nya. Allah tidak suka kemelaratan dan sifat pura- pura melarat (HR Baihaqy) 9

IPTEK KONTEMPORER Bayi Tabung (BT) dalam Islam disebut thifl al anabib, sedangkan inseminasi buatan (IB) disebut at talqih al shinai. Teknik BT dilakukan dengan mengambil sperma suami dan ovum istri disatukan diluar kandungan (in vitro). Mediumnya adalah tabung khusus. Setelah beberapa hari hasil pembuahan (embryo atau zigot) dipindahkan ke rahim istri. 10

IPTEK KONTEMPORER BTdilakukan karena suami mengalami oligospermia (sperma sangat sedikit atau sperma lemah) BT dilakukan karena istri mengalami kerusakan saluran telur, lendir rahim tidak normal, gangguan kekebalan, tidak hamil meski saluran telur telah dibedah, syndrome LUV (tidak pecah gelembung cairan telur), syndrome rokytansky (kelainan bawaan rahim), infeksi alat kandungan, tumor rahim dan bekas operasi rahim 11

IPTEK KONTEMPORER Teknik IB dilakukan dengan sperma diambil dari suami lalu disuntikkan kedalam rahim istri sehingga terjadi pembuahan dan kehamilan. IB dilakukan karena menglami kesulitan dalam pembuahan alami, sperma suami lemah atau tidak terjadi pertemuan sperma dengan ovum 12

IPTEK KONTEMPORER Aborsi sejak terjadi pembuahan sel telur oleh sperma hukumnya haram. Atas pertimbangan medis abortus boleh. Dalilnya qaidah fiqh “Menempuh salah satu tindakan yang lebih ringan dari dua hal yang berbahaya itu adalah wajib” Mati dini (euthanasia) hukumnya haram. Dalilnya “Dan jangan kamu membunuh dirimu. Sesungguhnya Allah Maha penyayang kepadamu” (QS An Nisa 4: 29) 13

SENI Seni (art) adalah suatu kemahiran dalam membuat barang-barang atau mengerjakan sesuatu. Dari segi kegiatan manusia, seni adalah kegiatan menciptakan sesuatu beda yang indah dan menyenangkan. Karya seni adalah benda ciptaan atau produk dari kegiatan seni.Terdapat dua teori seni, yatitu teori bentuk (Formalist Theory) dan Teori Pengungkapan (Expression Theory). 14

SENI Seni sebagai bentuk yang menimbulkan tangapan perasaan estetis pada diri seseorang (QS Al Fatir 535: 27-28, QS Al Hijr 15:19, QS Al Mulk 67 : 3-5) Manusia diciptakan Allah sebagai makhluk yang paling indah (QS Al Mukminun 40:64, QS Ath Thaghabun 64:35, QS As Sajdah 32:7) 15

SENI Keindahan adalah ungkapan perasaan manusia yang timbul dari dalam diri mereka (QS An Nahl 16:5-6) Perasaan seni alat mempertajam kepekaan rasa (QS Al Hijr 15:16) Penyaksian keagungan Allah sebagai puncak ungkapan seni (QS Al Furqan 25:61-62, QS Al Qaaf 50:6-8, QS Al Anam 6: 95) 16