Permainan dan Humor yang Merangsang Daya Kreatif Pertemuan 9 Matakuliah: L0122 / Kreativitas Tahun: 2009.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Irvan Loekito Andrew Justin Christine Triana Sera Marshella FC
Advertisements

MASKER AROMA CHOCOLATE untuk RELAKSASI saat POLUSI Tsamaratul Fuad /2009 Anggit Kurniawan /2008 N. A. Rahman Wijaya /2008.
BAHAN STRATEGI PEMBELAJARAN AUD
MERANCANG PENGALAMAN BELAJAR mandiri siswa dan PENILAIANNYA
KETERAMPILAN KOMUNIKASI DALAM KONSELING
ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
KEDARURATAN SUHU DAN KERACUNAN.
ANAK CERDAS DAN KREATIF BERKAT ALUNAN MUSIK Musik tidak cuma merupakan materi hiburan yang memanjakan telinga. Alunan suara yang berirama ini bisa dimanfaatkan.
TIPE BERMAIN FUNCTIONAL PLAY Bentuk paling sederhana
PAKEM Unik A W.
Perkembangan Fisik & Motorik wien/pgsd_perk.
Menjelajah Dunia Imajinasi dengan Menulis Fiksi
Stefanus T A. Ivan Lucky G
Oleh : Valentin Quanti s
BAHAN KULIAH PENDIDIKAN ANAK BERBAKAT (2)
KOMUNIKASI DALAM KEPERAWATAN ANAK
Aktivitas Psikis dlm pembelajaran
ANAK-ANAK DAN BERMAIN Bermain adalah proses perkembangan di dalam diri anak DAN Bermain juga merupakan pengembangan bahasa dunianya anak-anak. OLEH KARENA.
Masa Kanak-Kanak Akhir/ Masa Sekolah
Intan Silviana Mustikawati, SKM, MPH
Pelajaran 11, tanggal 12 Juni Depresi adalah kekacauan suasana hati yang meliputi patah semangat dan ketidak bahagiaan. Itu bisa terjadi sementara.
Membaca berbagai Macam Sumber Bacaan Merangsang Kreativitas Pertemuan 11 Matakuliah: L0122 / Kreativitas Tahun: 2009.
Komunikasi Sosial Pertemuan 05
MEDIA INTERAKSI ORANG TUA, BALITA DAN ANAK
Disusun oleh : NAMA : SYIFAUL JANNAH NIM : G0A016072
LATIHAN FISIK PADA LANSIA
SUPLEMEN MODUL 14 ETIKA BELAJAR
Bandar Lampung, 28 Agustus 2016
MERANCANG PENGALAMAN BELAJAR mandiri siswa dan PENILAIANNYA
BERMAIN DAN JENIS PERMAINAN
PSIKOSOSIAL PADA PASIEN DENGAN MASALAH SISTEM HEMAIMMUNOLOGI
KECERDASAN KINESTETIK
DASAR-DASAR KOMUNIKASI INTERPERSONAL
Veny Hidayat, M.Psi., Psikolog
Pokok Bahasan 10 PERASAAN DAN EMOSI
DASAR-DASAR KOMUNIKASI INTERPERSONAL
UNIVERSITAS MERCU BUANA
PROGRAM DIKLAT PENINGKATAN MOTIVASI DAN KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN
Mengenal Gejala Gangguan Jiwa
Teori Empat P yang Melandasi Pengembangan Kreativitas Pertemuan 5
Menanamkan Kecerdasan Kreatif pada Anak
ASPEK-ASPEK KEPRIBADIAN
KOMUNIKASI ANTARPRIBADI 1
Matakuliah : L0122 / Kreativitas
Fase Perkembangan 61 Tahun ke atas
DASAR-DASAR KOMUNIKASI INTERPERSONAL
MENYEMBUHKAN DIRI SENDIRI
Pengertian Kreativitas Pertemuan 3
Pengembangan Kreatifitas
Perkembangan Fisik & Motorik wien/pgsd_perk.
TUMBANG PReNATAL, NEONATAL, BAYI
Pengembangan Kreatifitas
Matakuliah : L0122 / Kreativitas
Pengertian Strategi Pembelajaran pkn Dick dan carey mengatakan “strategi pembelajaran adalah komponen umum dari suatu materi pembelajaran yang akan digunakan.
TUMBUH KEMBANG ANAK Isy Royhanaty.
MATA KULIAH MEDIA PENGAJARAN
Bermain dan perkembangannya
DASAR-DASAR KOMUNIKASI INTERPERSONAL
Anggapan dasarnya adalah bahwa nyala api dapat terjadi ketika terdapat kandungan oksigen dalam jumlah yang cukup di dalam udara.
Peranan Guru Untuk Membantu Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Anak
Prinsip-Prinsip Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini
PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR MELALUI KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS
Intan Silviana Mustikawati, SKM, MPH
Psikologi Perkembangan
BAB XI Peranan Guru Dan Kelakuan Murid
MANFAAT DAN TUJUAN PERMAINAN EDUKATIF
KEDARURATAN SUHU DAN KERACUNAN.
POKOK-POKOK PEMENTASAN KARYA SASTRA
KONSEP DIRI REMAJA T U J U A N Dapat memahami dan menemukan unsur- unsur konsep diri serta memahami dan menerima kelebihan dan kekuarangan secara wajar.
KP.2. Potensi Peserta Didik Tujuan pembelajaran hakekatnya adalah membantu peserta didik untuk mengembangkan potensinya secara optimal, oleh karena itu.
Transcript presentasi:

Permainan dan Humor yang Merangsang Daya Kreatif Pertemuan 9 Matakuliah: L0122 / Kreativitas Tahun: 2009

Kreativitas tidak cuma berurusan dengan hal-hal yang bersifat serius Kemampuan bermain merupakan unsur penting dalam banyak bidang usaha kreatif Bermain mencakup semua bentuk bersenang-senang, termasuk lomba, mainan, olahraga, lelucon, permainan kata dan kegiatan yang kadang disebut kesenangan anak-anak Bina Nusantara

Bermain mempermudah kita memasuki kondisi pikiran yang mengandung unsur-unsur kreativitas yang penting seperti sifat ingin tahu, daya khayal, coba-coba, fantasi, spekulasi atau ‘bagaimana jika’, permainan peran dan rasa takjub Manfaat lebih jauh lagi, permainan membuka jalur komunikasi, memungkinkan orang-orang bertukar gagasan dan bekerja bersama secara kreatif Para psikolog menyatakan, suasana asyik adalah komponen vital sebuah lingkungan kerja yang efektif Bina Nusantara

Berbagai macam penelitian menunjukkan, para karyawan bekerja lebih cerdas apabila budaya perusahaan mengizinkan adanya semacam ‘pelepasan ketegangan’ Apabila orang bekerja terlalu serius, kreativitas melumpuh karena terlalu memusatkan diri pada tujuan dan bukan pada proses Bermain dan humor menimbulkan perasaan gembira sehingga kita lolos dari dua pembantai utama yaitu ketegangan dan sikap waspada berlebihan Bina Nusantara

Beberapa jenis permainan, seperti gerak badan dan tertawa, bahkan memiliki efek fisiologis, yaitu mendorong otak untuk mengeluarkan beta – endorfin, opium ‘rasa nyaman’ alami dalam tubuh Zat endorfin ini turut menjadikan hidup lebih bersemangat dan mampu mendongkra rasa percaya diri Dengan kata lain, humor dan permainan secara tidak langsung, membantu proses penyembuhan dan kesehatan tubuh Menurut Dr. Bernie Siegel, humor telah membantu meringankan rasa nyeri para pasien kanker, bahkan menyembuhkan Bina Nusantara

What is Kata humor diambil dari akar sebuah kata yang berarti "embun atau uap lembab." Uap lembab ini merupakan salah satu unsur yang memungkinkan sesuatu bertumbuh. Ini menyiratkan pentingnya humor dalam kehidupan. “Kualitas atau kandungan yang menghibur dan membuat orang tertawa”

Bina Nusantara HUMOR SuaraVideoGambar “Laugh and the world will laughs with you, Weep and you weep alone” (Ella Wheeler Wilcox) Bentuk Humor

Bina Nusantara Efek Humor “Tertawa dan humor tidak bisa dipisahkan” (Walaupun ga semua ketawa itu dikarenakan joke) Robert R. Provine Survey yang beliau lakukan terhadap 1200 orang yang sedang ngobrol di tempat umum membuktikan bahwa hanya 10-20% orang yg tertawa karna humor. Sisanya tertawa di saat percakapan biasa.

Bina Nusantara Mata Telinga Proses Tertawa Otak Sel Neuron

Bina Nusantara Lalu sel tersebut merangsang 15 otot muka dan otot-otot tersebut akan melakukan kontak ke zygomatic major muscle alias mekanisme saluran pengangkat yg ada di bawah bibir. Zygomatic akan menggerakkan mulut kita buka dan tutup. Lalu epiglotis (katup nafas) akan menutup setengah larynx (kotak suara). Dan oksigen yg masuk dari proses tersebut akan mengeluarkan suara.

Bina Nusantara Korelasi Kreatifitas dan Humor Humor Spontanitas Melihat dari berbagai sudut Rasa ingin tahu

4 Aktivitas Bermain Anak: Bermain fisik, merupakan kegiatan bermain yang berkaitan dengan upaya pengembangan aspek motorik anak, seperti: berlari, melompat, memanjat, berayun-ayun Bermain kreatif, merupakan bentuk permainan yang erat hubungannya dengan pengembangan kreativitas seperti: menyusun balok, bermain dengan lilin atau pasir, melukis dengan jari, menggambar dan sebagainya Bermain imajinatif, merupakan kegiatan bermain yang menyertakan fantasi anak seperti bermain sandiwara, membaca puisi, dimana anak dapat mengembangkan imajinasi dengan peran yang berbeda-beda Bina Nusantara

Bermain manipulasi, merupakan kegiatan bermain yang menggunakan alat tertentu seperti: gunting, lem, palu, kertas lipat, obeng, dan sebagainya untuk mengembangkan kemampuan khusus anak Permainan yang menyenangkan disertai dengan rasa aman dan bebas secara psikologis, dibutuhkan seorang anak untuk mengembangkan daya kreativitasnya Bermain juga berfungsi untuk merasakan obyek-obyek dan tantangan guna menemukan cara-cara baru Bina Nusantara