Presentasi contoh penelitian skripsi

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENDAHULUAN Keluarga merupakan wadah pendidikan yang sangat besar pengaruhnya dalam perkembangan kemandirian anak, oleh karena itu pendidikan anak tidak.
Advertisements

PERMASALAHAN PESERTA DIDIK USIA SEKOLAH MENENGAH
PENILAIAN DESKRIPSI DIRI DOSEN OLEH ASESOR
Kepuasan Kerja pada Bidan
KESADARAN PENDIDIKAN SUKU ASLI DI KECAMATAN BANTAN (Studi kasus Keterbelakangan Tingkat pendidikan suku asli di Desa Bantan Tengah, Desa Bantan Air dan.
OLEH : MARIA MUTIARA CO`O 07085
HUBUNGAN ANTARA KOMPENSASI DENGAN SEMANGAT KERJA PADA PERAWAT
Perbedaan Konformitas Pada Mahasiswa Berdasarkan Tingkat Absensi
Guru yang memiliki EQ seperti apa?
LANGKAH PENULISAN KARANGAN ILMIAH
Menyenangkan  akses facebook
PENDAHULUAN Latar Belakang Penelitian Penggunaan facebook Self control
FAKULTAS PSIKOLOGI LAILA FITRIANI for further detail, please visit
Pengujian Hipotesis Parametrik1
PSIKOLOGI UMUM 1 Kuliah ke- 7
Kebahagiaan Anak SD Daniel Hendrik
Kesejahteraan Psikologi pada Karyawan Bank Swasta di Kota Tegal
METODE PENELITIAN KUANTITATIF
A S R I A N I STB. B1B PROGRAM STUDI MANAJEMEN
PENYESUAIAN DIRI REMAJA
4 BAB II: KAJIAN PUSTAKA.
Uji Hipotesis.
EVALUASI, PELAPORAN DAN TINDAK LANJUT BIMBINGAN DAN KONSELING
OLEH: FITRIA WALLY NPM :
Assalamu Alaikum Wr. Wb..
METODE PENELITIAN.
Instrumen Instrumen dapat membantu memperoleh data atas dasar kondisi yang telah diketahui. Instrumen berfungsi membatasi lingkungan atau ruang lingkup.
Menulis Aitem Kecerdasan Emosional
XIII. TATA CARA PENYUSUNAN KARYA ILMIAH
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 4 MADRASAH IBTIDAYAH NEGERI 1 KENDARI Skripsi Diajukan untuk Memenuhi Salah.
PRINSIP–PRINSIP Perkembangan
Skripsi Judul Oleh : Dosen Pembimbing : Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu.
Nama : Ratni Tuharea NMP :
MEMBUAT PROPOSAL PENELITIAN DAN TUGAS AKHIR
PROGRAM PASCASARJANA MAGISTER MANAJEMEN
KONSELING KELOMPOK.
DESAIN PENELITIAN (RANCANGAN PENELITIAN)
Nurhasanah for further detail, please visit
PENELITIAN KUANTITATIF
Pertemuan 4 : Metoda Penelitian
OUTLINE PENULISAN SKRIPSI
Fakultas Psikologi UGM
PSIKOLOGI EKSPERIMEN BIDANG LAIN PERSEPSI PSIKOLOGI BELAJAR KLINIS
LAPORAN PENELITIAN KUANTITATIF Dr. RATNAWATI SUSANTO, M.M., M.Pd
Hubungan Komunikasi Interpersonal Orang Tua dengan Self Efficacy Pada Remaja BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG Masa remaja disebut juga dengan period.
PENYUSUNAN DAN PENGEMBANGAN ALAT UKUR
PANDUAN PENULISAN SKRIPSI BAB I-V
Cara Penyusunan Proposal Penelitian
PROGRAM STUDI DIV KEBIDANAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET
PROPOSAL PENELITIAN.
Komparasi Pembelajaran Konsep Transportasi Hewan Dengan Pendekatan Investigasi Kelompok Berbasis Komputer dan Lembar Kegiatan Siswa Terhadap Nilai Ulangan.
Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Prokrastinasi pada Mahasiswa dalam Menyelesaikan Skripsi OLEH : FEBRINA.
Disusun oleh: Sefri Bayu Adi
LAYANAN PEMINATAN DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK
1. Sudah tentu anda pernah SMP dan SMA !
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
PERENCANAAN KARANGAN Oleh Susandi.
PENELITIAN KUANTITATIF Oleh, Fitria Hidayati Universitas WR Supratman
LAPORAN PENELITIAN KUANTITATIF HARLINDA SYOFYAN, S.Si., M.Pd
PROPOSAL PENELITIAN SEMINAR BK AGUS MUHAMMAD IQRO
STIKES ABI SURABAYA KONSEP BERUBAH.
Outline Pengertian Standar kelayakan jenis penelitian Prosedur
Kuliah ke-6 Metodologi Penelitian Penulisan Laporan Penelitian, Jurnal
STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI PADA AKTIVITAS SISWA (PBAS)
SISTEMATIKA TUGAS AKHIR
PROSES PEMBENTUKAN KESAN
PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR 2018 MUHAJIRIN.
BAB III PROSES BELAJAR MENGAJAR ORANG DEWASA
NAMA : Joan Jamarsi Ginting NIM : FAKULTAS TEKNIK JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN 2019.
MINAT DAN BAKAT.
Transcript presentasi:

Presentasi contoh penelitian skripsi METODE PENELITIAN Kuliah ke- 8 Presentasi contoh penelitian skripsi HUBUNGAN ANTARA KOHESIVITAS ORGANISASI DENGAN AKTUALISASI DIRI PADA ANGGOTA KOMUNITAS ANAK-ANAK MUDA GEREJA X YOGYAKARTA – TEGUH KURNIA Arundati Shinta Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Masalah Aktualisasi Diri adalah proses menjadi diri sendiri dalam mengerjakan sesuatu yang disukai. Pengerjaan itu dilakukan dengan gairah sesuai dengan potensi yang ada di dalam dirinya. Hal ini merupakan kebutuhan pencapaian tertinggi manusia (Adhani, 2013, Hersinta dan Soepomo, 2011). Aktualisasi Diri memudahkan dan meningkatkan pematangan kepribadian. Ketika individu bertambah dewasa maka “diri” mulai berkembang. Pada saat itu tekanan Aktualisasi Diri beralih dari segi fisiologi ke segi psikologis. Bentuk tubuh dan fungsinya mencapai tingkat perkembangan dewasa sehingga perkembangan selanjutnya berpusat pada kepribadian (Maulana dan Heriyanto, 2013).

Permasalahan yang berhubungan dengan Aktualisasi Diri adalah orang-orang sulit memenuhi kebutuhan Aktualisasi Diri. Hal ini juga berlaku pada individu yang menjadi anggota suatu organisasi, seperti pada komunitas anak-anak muda pada Gereja Kristen x di Yogyakarta. Hambatan-hambatan anggota untuk mencapai Aktualisasi Diri adalah anggota tidak dapat mengadakan interaksi sosial. Interaksi sosial itu penting karena pemenuhan Aktualisasi Diri bisa tercapai bila ada interaksi sosial yang harmonis (Maslow dalam Walgito, 2006). Kelompok dengan interaksi sosial rendah pada anggotanya adalah kelompok yang kohesivitasnya rendah. Sehingga para anggota sulit mencapai kebutuhan Aktualisasi Diri. Aktualisasi Diri berada pada hirarki kebutuhan tingkat kelima atau tertinggi (Maslow dalam Schultz, 1991).

Aktualisasi Diri berada pada hirarki kebutuhan tingkat tertinggi (Maslow dalam Schultz, 1991). Kebutuhan-kebutuhan lainnya adalah kebutuhan fisiologis, rasa aman, cinta dan memiliki dan harga diri (Maslow dalam Koswara, 1991). Kebutuhan individu terpenuhi bila kebutuhan sebelumnya sudah dicapai.

Di lingkungan organisasi pemuda Gereja Kristen, Aktualisasi Diri itu bisa terpenuhi bila para anggotanya saling membantu, tidak berkonflik. Bila organisasi pemuda Gereja tersebut kohesif maka pemenuhan kebutuhan Aktualisasi Diri pada para anggota akan lebih mudah terpenuhi. Hal ini terjadi karena pada organisasi yang kohesif, ternyata para anggotanya akan sukarela saling memberi umpan balik yang positif (Purwaningwulan, 2006). Dampaknya para anggota akan memanfaatkan umpan balik positif tersebut sebagai sarana untuk memperbaiki diri.

Penelitian ini dilakukan di organisasi anak-anak muda di bawah koordinasi Gereja Kristen x Yogyakarta. Pemuda adalah mereka yang berumur 21-40 tahun. Anak muda diteliti sebab pada masa ini mereka mulai berpikir kreatif, hubungan sosial semakin meluas dan terjadi perkembangan kemampuan sosial (Jahja, 2011). Penelitian ini dilakukan di Gereja Kristen x Yogyakarta, karena penganut agama Kristen adalah minoritas di Yogyakarta. Jumlah agama Kristen 2,70 persen, dibandingkan dengan agama Islam yang lebih banyak 92,03 persen dan agama Katolik 4,94 persen, dari 3.555.166 penduduk yang memeluk agama di Yogyakarta (BPS, 2011). Pada kelompok minoritas, kebutuhan untuk beraktualisasi diri tinggi (Mousavi & Dargahi, 2013). Penelitian ini berupaya membuktikan adanya hubungan antara Kohesivitas organisasi pemuda Gereja dengan pencapaian Aktualisasi Diri pada para anggotanya.

B. Perumusan Masalah Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara Kohesivitas organisasi dengan Aktualisasi Diri pada anggota komunitas anak-anak muda Gereja Yogyakarta. C. Tujuan Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hubungan antara Kohesivitas organisasi dengan Aktualisasi Diri anggota komunitas anak-anak muda Gereja Yogyakarta. D. Manfaat Penelitian 1. Memperluas khasanah ilmu psikologi. 2. Secara praktis diharapkan penelitian ini dapat memberikan masukan kepada mahasiswa yang terlibat dalam kelompok seperti Gereja. 3. Bagi peneliti lain yang tertarik dengan penelitian serupa maka penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi atau bahan acuan untuk penelitian selanjutnya.

Pengertian Aktualisasi Diri BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Aktualisasi Diri Pengertian Aktualisasi Diri Kecenderungan untuk mencapai Aktualisasi Diri adalah motif dasar manusia demi memunculkan potensi yang dimiliki (Rogers dalam Jarvis, 2000). Gambaran individu yang telah tercapai aktualisasi dirinya adalah seseorang yang sudah terpenuhi semua kebutuhannya dengan cara mengali potensinya. Pengalian potensi itu dapat tercapai bila individu mempunyai sikap yang kreatif kreatif (Maslow dalam Schultz, 1991). Kreatifitas adalah suatu sikap yang akan diharapkan seseorang dari proses Aktualisasi Diri.

Maslow (dalam Afroz dan Mittra, 2005, Koswara, 1991) mengingatkan bahwa untuk menjadi kreatif seseorang tidak perlu memiliki bakat atau kemampuan khusus. Kreatifitas itu tidak lain adalah kekuatan yang mengarahkan manusia kepada pengekspresian dirinya sehingga individu menjadi pembuat sepatu yang ulung, pembuat rumah yang terkenal, pedagang yang laris, atau menjadi guru teladan. Bagaimana cara mengukur Aktualisasi Diri? Dengan melalui pemahaman tentang aspek-aspeknya. Aspek-aspek Aktualisasi Diri ada empat, yaitu penolakan terhadap penyeragaman, penerimaan diri, minat sosial, dan kreativitas (Maslow dalam Koswara, 1991, Wilcox, 2012).

B. Kohesivitas Pengertian Kohesivitas Yuniasanti (2010) berpendapat bahwa Kohesivitas adalah ketertarikan anggota tim untuk tetap bersatu, adanya kebersamaan, merasakan perasaan anggota lain dan memiliki suasana emosional yang positif. Kohesivitas suatu organisasi atau kelompok terjadi karena para anggota saling tertarik. Tertarik secara interpersonal, yaitu tertarik antar pribadi seperti daya tarik fisik dan kedekatan. Moral kelompok, mempunyai pengertian bahwa kelompok tersebut memiliki suatu nilai (value) yang dianut secara suka rela oleh seluruh anggota.

Bagaimana mengukur Kohesivitas kelompok Bagaimana mengukur Kohesivitas kelompok? Menurut Veroff dan Veroff (dalam Suryati, 2009) kelompok yang kohesivitasnya tinggi dipersepsikan positif oleh anggota-anggotannya. Persepsi tersebut mengandung lima aspek yaitu, anggota mempunyai rasa memiliki kelompok, kesadaran diri, toleransi yang tinggi, pemimpin jarang memberi hukuman, dan anggota berkomitmen tinggi untuk menjaga kelompok. Pada aspek pertama tersebut setiap orang pada kelompok yang kohesif mempunyai rasa memiliki terhadap kelompok. Anggota akan dengan senang hati bekerja sama demi tercapainya tujuan kelompok. Perasaan saling memiliki ini menumbuhkan rasa kebersamaan dalam kelompok, bukan persaingan.

E. Hubungan Kohesivitas dengan Aktualisasi Diri Memenuhi kebutuhan untuk beraktualisasi diri dalam suatu kelompok yang kohesif, ternyata tidak mudah. Hal ini terjadi karena orang-orang yang mempunyai kebutuhan beraktualisasi diri, cenderung mempunyai karakteristik penolakan terhadap penyeragaman dan berperilaku kreatif (Jarvis, 2000). Pada sisi lain, penolakan penyeragaman dan perilaku kreatif justru bertentangan dengan prinsip-prinsip pencapaian Kohesivitas kelompok. Pada sisi lain, penolakan penyeragaman dan perilaku kreatif justru bertentangan dengan prinsip-prinsip pencapaian Kohesivitas kelompok. Individu yang menolak penyeragaman, tentu tidak suka bila tidak diikut sertakan dalam proses pengambilan putusan kelompok.

Begitu juga dengan individu yang kreatif, sifat tersebut cenderung untuk berseberangan dengan pendapat anggota-anggota lain. Hal ini karena individu yang kreatif itu cenderung melihat hal-hal biasa dengan cara yang tidak lazim (Maslow dalam Koswara, 1991). Dampaknya individu yang kreatif cenderung terisolasi dari anggota lainnya yang mayoritas mempunyai pendapat lazim. Anggota yang mempunyai kebutuhan untuk Aktualisasi Diri, selain mempunyai karakteristik penolakan terhadap penyeragaman dan kreatif, ternyata juga mempunyai karakteristik unggul lainnya. Karakteristik unggul tersebut adalah kemampuan untuk menerima diri sendiri dan orang lain apa adanya, serta kemampuan minat sosial. Hersinta dan Soepomo (2011) menjelaskan bahwa dalam proses mewujudkan ide-ide yang kreatif dan tidak lazim, individu yang akan beraktualisasi diri itu mampu mewujudkan minat sosial yang tinggi. Ia mampu menterjemahkan ide-idenya dengan cara-cara yang mudah dipahami oleh teman-temannya.

Ketika teman-teman sesama anggota kelompok ada yang kurang mampu memahami ide-ide kreatif tadi, maka individu mampu menerima kekurangan teman-temannya. Jadi individu mampu dengan sabar dan simpatik menjelaskan idenya, menerima kekurangan dirinya serta kekurangan teman-temannya (Maslow dalam Boeree, 2008). Oleh karena itu individu yang beraktualisasi diri mampu berpikir kreatif, menyimpang dari peraturan yang lazim, namun sekaligus mampu bersosialisasi dengan teman-temannya yang biasa atau tidak kreatif. Salah satu penyebab terjadinya Kohesivitas pada pemuda Kristen adalah, para anggota saling bergantung satu dengan yang lain, senasib dan sepenanggungan, menyelesaikan masalah bersama-sama sehingga kebutuhan rasa aman, cinta terpenuhi yang selanjutnya dapat meningkat menjadi kebutuhan untuk beraktualisasi diri (Maslow dalam Walgito, 2006).

D. Hipotesis Berdasarkan uraian di atas maka dapat diajukan hipotesis bahwa: terdapat hubungan positif antara Kohesivitas dengan Aktualisasi Diri pada anggota komunitas anak-anak muda Gereja x Yogyakarta. Semakin tinggi Kohesivitas anggota, semakin mudah bagi anggota untuk mencapai Aktualisasi Diri.

B. Definisi Operasional BAB III METODE PENELITIAN A. Variabel Penelitian Terdapat dua variabel dalam penelitian ini yaitu: 1.Variabel tergantung : Aktualisasi Diri (Y) 2.Variabel bebas : Kohesivitas (X) B. Definisi Operasional Aktualisasi Diri. Aktualisasi Diri diukur dengan skala Aktualisasi Diri, yang didasarkan pada ciri-ciri Aktualisasi Diri menurut Maslow (dalam Koswara, 1991, Wilcox, 2012). 2. Kohesivitas. Kohesivitas diukur dengan Skala Kohesivitas kelompok, yang didasarkan pada ciri-ciri kohesif (Veroff dan Veroff, dalam Suryati, 2009).

C. Populasi dan Sampel Populasi penelitian ini adalah komunitas anak-anak muda Gereja Kristen x Yogyakarta. Kriteria anggota populasi adalah pemuda Gereja usia 21-40 tahun, minimal dua kali hadir di Gereja dalam satu minggu selama sebulan sebelum penelitian berlangsung hal ini dikarenakan kegiatan-kegiatan di Gereja diadakan lebih sering dua kali dalam satu seminggu. Anggota populasi itu juga terlibat dalam program Gereja yaitu Makan Malam bagi Jogja. Sampel penelitian ini adalah semua anggota populasi, sehingga penelitian ini adalah penelitian populasi. D. Alat Pengumpul Data Skala Kohesivitas digunakan untuk mengukur sejauh mana tinggi tingkat Kohesivitas pada anggota kelompok anak-anak muda gereja Yogyakarta.

Butir Skala Kohesivitas yang bersifat favorable terdiri dari empat pilihan jawaban yaitu, SS (Sangat Sesuai) nilai 4, S (Sesuai) nilai 3, TS (Tidak Sesuai) nilai 2, STS (Sangat Tidak Sesuai) nilai 1. Butir Skala Kohesivitas bersifat unfavorable terdiri dari empat pilihan jawaban yaitu, SS (Sangat Sesuai) nilai 1, S (Sesuai) nilai 2, TS (Tidak Sesuai) nilai 3, STS (Sangat Tidak Sesuai) nilai 4. Sebelum uji coba, butir-butir dalam Skala Kohesivitas itu dicek dahulu validitasnya dengan cara validitas ahli. Validitas ahli dilakukan dengan cara berkonsultasi pada dosen pembimbing. Setelah itu Skala Kohesivitas diberikan pada dua orang mahasiswa dengan tujuan untuk mengetahui pemahaman subyek terhadap butir-butir skala berdasarkan bahasanya. Setelah direvisi, skala tersebut diuji cobakan pada 30 mahasiswa untuk mengetahui validitas isi (daya beda) dan koefisien reliabilitasnya.

Koefisien daya beda (rit) yang bisa diterima adalah rit ≥ 0,3 Koefisien daya beda (rit) yang bisa diterima adalah rit ≥ 0,3. Bila rit < 0,3 maka butir dinyatakan gugur (Azwar, 2012). Berikut adalah Skala Kohesivitas dengan butir-butir yang mempunyai daya beda tinggi dan digunakan sebagai alat pengambil data : Tabel 1. Sebaran Butir Skala Kohesivitas Setelah Uji Coba No Aspek No Butir Favorable No Butir Unfavorable Jumlah 1 Anggota mempunyai rasa memiliki kelompok 19, 20, 33, 40 21, 22, 24, 7 2 Kesadaran diri 7, 25, 26, 32, 35, 48 6, 10, 11, 27, 29, 30, 31 13 3 Toleransi yang tinggi 12, 37, 41, 14, 13, 23, 38, 4 Pemimpin jarang memberikan hukuman 16, 42, 43, 44, 45 18, 55, 56 8 5 Anggota berkomitmen tinggi untuk menjaga kelompok 28, 46, 47 51, 53, 54 6   21 20 41

Tabel 1 menunjukan bahwa Skala Kohesivitas setelah uji coba tersusun dari 41 butir pernyataan (21 butir bersifat favorable dan 20 butir bersifat unfavorable). Validitas daya beda Skala Kohesivitas bergerak antara 0,310-0,769. Adapun koefisien reliabilitas Alpha Cronbach untuk Skala Kohesivitas adalah 0,931 (lihat lampiran halaman 29). Oleh karena jumlah Skala Kohesivitas adalah 41 butir dan jumlah alternatif jawaban 4, maka jangkauan nilai pada Skala Kohesivitas bergerak antara 41-164. Skala Aktualisasi Diri digunakan untuk mengukur sejauh mana tingkat Aktualisasi Diri pada anggota kelompok anak-anak muda gereja Yogyakarta.

Tabel 2. Sebaran Butir Skala Aktualisasi Diri Setelah Uji Coba Tabel 2 menunjukan bahwa Skala Aktualisasi Diri setelah uji coba tersusun dari 22 butir pernyataan (10 butir bersifat favorable dan 12 butir bersifat unfavorable). Validitas daya beda Skala Aktualisasi Diri bergerak antara 0,356-0,641. Adapun koefisien reliabilitas Alpha Cronbach untuk Skala Aktualisasi Diri adalah 0,886 (lihat lampiran halaman 29). Oleh karena jumlah butir Skala Aktualisasi Diri adalah 22 butir dan jumlah alternatif jawaban 4, maka jangkauan nilai pada Skala Aktualisasi Diri bergerak antara 22-88. No Aspek No Butir Favorable No Butir Unfavorable Jumlah 1 Penolakan terhadap penyeragaman. 2, 15 19 3 2 Penerimaan diri 3, 8, 9, 14, 16, 17 6 Minat sosial 7, 26, 32, 36 10, 18, 27, 30 8 4 Kreativitas 31, 35 21, 28, 38 5   10 12 22

E. Metode Analisis Data Data penelitian akan dihitung dengan metode korelasi nonparametrik Spearman dengan SPSS. Korelasi Spearman digunakan karena jumlah responden hanya 15 orang, maka termasuk dalam sampel yang ukurannya kecil. Bila sampel kurang dari 30, maka analisis yang digunakan adalah analisis nonparametrik (Sugiyono, 1999).

BAB IV LAPORAN PENELITIAN Analisis Data dan Pembahasan Analisis statistik dalam penelitian ini adalah analisis Korelasi Spearman. Analisis ini digunakan untuk mengetahui hubungan variabel Kohesivitas anggota terhadap organisasi (X) dengan Aktualisasi Diri anggota komunitas anak-anak muda Gereja Yogyakarta (Y). Analisis ini termasuk dalam golongan statistik nonparametrik. Analisis nonparametrik digunakan karena jumlah responden terlalu sedikit yaitu 15 orang. Adapun hasil korelasi Spearman adalah rho = 0,403, p > 0,05. Hal itu berarti tidak ada hubungan antara Kohesivitas dengan Aktualisasi Diri pada anggota komunitas anak-anak muda Gereja x Yogyakarta.

B. Diskusi Pengujian hipotesis menunjukan bahwa variabel Kohesivitas anggota organisasi lemah pengaruhnya terhadap tingkatan aktualisasi dirinya. Secara statistik, pengaruh tersebut adalah sebesar 16,24 %, dan pengaruh tersebut dikatagorikan rendah. Ditolaknya hipotesis tersebut menunjukan bahwa tidak adanya hubungan antara kekompakan para responden dengan usaha para responden dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan untuk beraktualisasi diri. Vernando dan Nilakant (2008), menjelaskan bahwa tempat seseorang bekerja dapat dijadikan sebagai tempat untuk memenuhi kebutuhan dirinya dalam beraktualisasi diri. Responden yang memiliki tanggapan baik terhadap Aktualisasi Diri ada tiga orang (20 %), yaitu YL bekerja di sebuah Bank daerah dan KR serta EB bergabung sebagai anggota organisasi di kampus.

Dalam kehidupan sehari-hari, YL, KR dan EB memang sarat prestasi Dalam kehidupan sehari-hari, YL, KR dan EB memang sarat prestasi. Mulai dari SD hingga SMA, YL, KR dan EB berprestasi dalam bidang ekstrakurikuler. Jadi responden ada tiga orang (20 %) menunjukan bahwa target aktualisasi dirinya diarahkan pada hal-hal yang ada di luar Gereja. Gereja cenderung dianggap sebagai ajang bersilaturahmi, bukan ajang untuk meningkatkan kemampuan dirinya.

BAB V PENUTUP A. Kesimpulan Dari hasil penelitian ini telah disimpulkan bahwa tidak ada hubungan positif antara Kohesivitas organisasi anak muda Gereja Kristen x Yogyakarta dengan Aktualisasi Diri pada para anggotanya. B. Saran Keterbatasan penelitian ini adalah pada generalisasinya. Penelitian ini lebih bertumpu pada kelompok minoritas, bukan mayoritas. Namun untuk mengukur tinggi tingkat Aktualisasi Diri tidak hanya dapat dilakukan kepada kaum minoritas saja, tetapi juga dapat diukur kepada kaum mayoritas. Berdasarkan kesimpulan penelitian, maka saran-saran yang dapat diberikan adalah: Bagi penelitian selanjutnya, yang tertarik kepada topik penelitian ini agar melakukan penelitian bukan hanya kepada subjek dari kaum minoritas saja tetapi dapat dilakukan kepada subjek kaum mayoritas.