CETAK TINGGI Oleh: POKJA JAMBUBATU

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Seni Rupa Terapan.
Advertisements

MENEMUKAN/MENCIPTAKAN Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
Presentasi Seni Budaya
Menggambar Bentuk.
MENERAPKAN PRINSIP-PRINSIP SENI GRAFIS DALAM DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Huruf sebagai Elemen Desain
Mata Kuliah Painting DKV Universitas Multimedia
Painting #13 Multimedia Seni rupa adalah di antara ranah seni yang kian cepat mengusung reformasi dari tatanan seni konvensional. Suatu bukti yang banyak.
LATIHAN SOAL SENI BUDAYA (SENI RUPA)
CABANG-CABANG SENI RUPA MENURUT FUNGSI
TATA DEKORASI DALAM TATA TEKNIK PENTAS
PENGOLAHAN CITRA DIGITAL
PRAKARYA & KEWIRAUSAHAAN
SENI BUDAYA IX BAB II BERKARYA SENI RUPA.
PENGERTIAN SENI RUPA CABANG-CABANG SENI RUPA
Matakuliah : U0032 | SEJARAH SENI RUPA DAN
Matakuliah : W0502 | SEJARAH SENI RUPA INDONESIA Tahun : 2009/2010
BAB I APRESIASI KARYA SENI RUPA
RAGAM SENI RUPA MURNI NUSANTARA
KARYA INOVATIF Karya Seni
Keseimbangan, Penekanan, Kesatuan
SEJARAH KERTAS DAN CETAK bagian 2
MEDIA SENI RUPA Deskripsi Mata Kuliah
Mendasar perbedaan POSTER, BROSUR, PAMPHLET, KATALOG
METODE PRODUKSI GRAFIKA TERAPAN
FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG
POSTER Definisi 1: Poster adalah media yang merupakan karya seni atau desain grafis yg memuat komposisi gambar dan huruf diatas kertas, kain dll berukuran.
PERENCANAAN MEDIA MEDIA LUAR RUANGAN.
POSTER Definisi 1: Poster adalah media yang merupakan karya seni atau desain grafis yg memuat komposisi gambar dan huruf diatas kertas, kain dll berukuran.
Kebudayaan Bali Baru (Seniman Pendatang) Pertemuan 4
Produk Kerajinan Tekstil
KOMPETENSI DASAR Tinjauan Seni Tradisi dan Seni Modern
PERKEMBANGAN DKV Pertemuan ke-3.
Seniman Masa Revolusi Kemerdekaan Pertemuan 8
SENI, SENI RUPA, dan DESAIN
Menjelaskan kaidah estetika dan etika seni grafis (nirmana)
DESKRIPSI BIBLIOGRAFIS
SEJARAH KERTAS DAN CETAK
JAPAN ADDICT FESTIVAL 夢を見よう
Komik Minggu 1.
Teknik seni grafis dapat dibagi dalam kategori dasar sebagai berikut:
Public Visual Art InDonesia
Komunikasi visual Pertemuan 9.
MATERIAL WALLCOVERINGS
Seni Sebagai Ekspresi Mukhsin Patriansah S.Sn., M.Sn.
Metode Produksi Grafis.
DESKOMVIS 1 TOPIK 13 PEMBUATAN KARYA DESAIN RACK DISPLAY
MENDASAR perbedaan POSTER, BROSUR, PAMPHLET, KATALOG
RAGAM HIAS PADA BAHAN TEKSTIL
Cetak offset Cetak offset adalah teknik cetak yang banyak digunakan, di mana citra (image) bertinta di-transfer (atau di- "offset") terlebih dahulu dari.
MEMILIH DAN MEMANFAATKAN SUMBER BELAJAR
SENI BUDAYA SENI RUPA.
Modul 5 Disain grafis di media cetak
DESKOMVIS 1 TOPIK 14 PEMBUATAN KARYA DESAIN E X HIBITION DISPLAY
DESKOMVIS 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS Dosen : 5787 – Teguh Imanto
Menjelaskan kaidah estetika dan etika seni grafis (nirmana)
SENI, SENI RUPA, dan DESAIN
MEDIA GRAFIS 2 Oleh: ROHKHIMAH dan HENY WULANDARI.
Bahan Ajar Seni Rupa Seni Rupa 2 Dimensi
DESAINGRAFIS PRAMANA DITA Pertemuan II.
DESAIN KOMUNIKASI VISUAL & FAKULTAS DESAIN DAN INDUSTRI KREATIF
Seni Lukis Kolase, Mozaik, dan Montase
KELAS XI MULTIMEDIA SMT. 1 SMK KARYA SEMBAWA BANYUASIN 20 Oktober 2014.
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
K.D Memahami karya seni rupa berdasarkan, jenis, tema, dan nilai estetisnya Mengemukakan jenis karya seni rupa 3.2.2Menggali tema karya seni.
PPG DALAM JABATAN Mengidentifikasi Unsur-unsur Visual Nirmana : UKURAN DAN TEKSTUR.
SEJARAH PETA. Periode Awal Peta dunia yang pertama kali ada dibuat oleh Bangsa Babilonia sekitar 2300 sebelum masehi. Pertama kali, peta dibuat oleh bangsa.
Materi 1 dan 2 Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi (2D) dan Tiga Dimensi (3D) Rohani A., S.AN SMK PUSTEK Serpong Kelas X Ada yang pernah mengunjungi pameran?
NASKAH KORAN BUKU PRASASTI SUMBER TULISAN Sumber tulisan adalah sumber tertulis yang didalamnya terdapat informasi sejarah, antara lain prasasti, naskah,
SENI BUDAYA IX BAB II BERKARYA SENI RUPA. Untuk menciptakan karya seni rupa perlu adanya gagasan / ide ekspresi pada seseorang yang terlibat dalam pembuatan.
Transcript presentasi:

CETAK TINGGI Oleh: POKJA JAMBUBATU SENI GRAFIS CETAK TINGGI Oleh: POKJA JAMBUBATU

PENGERTIAN SENI GRAFIS Seni Grafis merupakan seni murni dua dimensi dikerjakan dengan teknik cetak baik yang bersifat konvensional maupun Melalui penggunaan teknologi canggih. atau Seni grafis dapat didefinisikan sebagai karya seni dua dimensi yang dihasilkan dari Teknik cetak.

Dalam ranah pendidikan (institusi) seni, Grafis digolongkan dalam seni rupa murni atau lebih tepatnya sebagai karya fine art karena seni grafis mampu menjadi ruang berekspresi bagi perupa menuangkan ekspresinya. Ada banyak teknik yang bisa digunakan perupa menuangkan ekspresinya melalui seni grafis seperti teknik cetak tinggi, cetak dalam, cetak datar. Dalam perkembangannya, yang termutakhir Adalah digital print.

SEJARAH SENI GRAFIS Sejarah Singkat Sekitar 200 Masehi, woodcut atau seni cukil kayu sudah digunakan menggandakan teks. Bahan pelajaran berupa teks untuk para pelajar China pada masa itu diukir pada batu dan dicetak pada kertas lembab yang menghasilkan karakter putih pada latar belakang hitam (block book printing). Konon, cukil kayu yang pertama ditemukan di China muncul akibat perkembangan Budishme di negeri itu. Hasil cetakan tersebut berupa gulungan yang mengandung ajaran agama Buddha, dengan panjang sekitar 5 cm pada selembar sutra.

Saat itu tampilannya belum artistik karena dimaksudkan memang sebagai pedoman para biksu dalam penyebaran Buddha. Sedangkan di Negeri Matahari Terbit,seni grafis berkembang pada awal abad ke-18. Salah satu bentuk seni grafis Jepang adalah Ukiyo-e yang berarti "gambar dari bumi yang mengapung". Saat itu tampilannya masih hitam-putih; hadir di masyarakat dalam bentuk kartu pos, dekorasi rumah, hingga atribut mode.

Perkembangan aplikasi grafis pada busana sangat berkaitan dengan perkembangan teater tradisional Jepang, Kabuki. Saat itu, aplikasi cetak Ukiyo-e yang terkenal dikerjakan oleh seniman Toshusai Sharaku (1790- 95) pada sutra-sutra yang menjadi kostum para aktor Kabuki. Pada perkembangannya pada abad ke-19, terjadi pergeseran minat utama seniman Jepang dari bentuk- bentuk figuratif menjadi objek-objek pemandangan, seperti yang dipopularkan oleh Hokusai dan Hiroshige. Karya-karya Hokusai terutama melukiskan perubahan musim; burung-burung, air terjun, obmak, serangga; Pepohonan dan pegunungan. Karya-karyanya Dibukukan dalam kumpulan sketsa Hokusai Manga (1814).

Karya-karya Hiroshige menekankan pada efek dan kontras warna Karya-karya Hiroshige menekankan pada efek dan kontras warna. Karyanya yang terkenal adalah Tokaido Highway (1804) dan Sixty-nine Stations on The Kiso Highway. Kedua seniman ini menjadi catatan sejarah yang penting dalam perkembangan seni grafis modern.

Di Indonesia Di Indonesia, seni grafis dikenal sejak masa perjuangan fisik. Media cukil kayu menjadi pilihan pertama memproduksi poster- poster perjuangan dan selebaran propaganda lain. Ini dilakukan para seniman Indonesia seperti Affandi dan Abdulsalam. Pada masa itulah yang mengawali sedikit rentetan sejarah seni grafis yang telah mengalami proses yang panjang hingga sampai sekarang ini.

Memang teknik cukil kayu yang paling sederhana dibandingkan teknik- teknik cetak (seni grafis) yang lain. Material bakunya, bidang yang dicukil, mudah didapatkan misalnya papan kayu, hardboard, multipleks, dan sejenisnya. Alat-alat dan tinta cetak mudah didapatkan. Studio untuk mengerjakan tidak memerlukan ruang yang luas.

Produk-produk seni grafis, khususnya cukil kayu, di Indonesia belum banyak dikenal. Belum memasyarakatnya seni cukil kayu di Indonesia disebabkan banyak faktor antara lain: minimnya apresiasi akibat frekuensi pameran, workshop, dan demonstrasi berkarya dalam seni cukil kayu relatif masih sangat jarang.

Mengapa cetak tinggi? Apresiasi pada teknis grafis kuno, yg telah lama ditinggalkan meskipun sebenarnya masih cukup bermanfaat/relevan bagi beberapa kebudayaan, mengingat kelebihan-kelebihan visual yang sangat artistik serta bermanfaat bagi perjuangan- perjuangan pada kondisi sosial tertentu. Teknik cetak tinggi, Relief Print (xilograph) konvensional yang dikenal antara lain : Hardboard cut print, ukiyo-e, woodblock print, wood engraving, lino cut print, kolase print, Letterpress

Contoh karya 36 Pemandangan Gunung Fuji 1830.

Poster Kampanye: Pelarangan Buku, Menutup Jendela Dunia karya Isrol Triono Lukisan potret Ichikawa Omezō karya Tōshūsai Sharaku

Pegulat sumo Onogawa Kisaburo, karya Tsukioka Yoshitoshi Salju di Kambara, karya Hiroshige

BAHAN dan ALAT Hardboard, Rubber/Lino, Papan Kayu/Triplek Tinta Cetak Roll Rubber Spidol atau Pensil Kertas atau Kain Pisau Cukil (Wood Cut) Kaca/alas tinta Pembersih tinta, seperti: terpentin/minyak tanah/bensin

PROSES Membuat Desain Proses Mencukil (Membuat Negative Plat) Pewarnaan(memberikan tinta dengan Roll) Mencetak Finishing Touch.