BMC : Brainstorming and Harvesting

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Tahapan information engineering
Advertisements

PROTOTYPING Analisa Desain Sistem Informasi. Pendahuluan Prototipe merupakan simulasi atau animasi dari bakal sistem. Prototipe merupakan suatu metode.
Meeting 3 Desideria Cempaka WM., S. Sos., M. A MEMPEROLEH IDE KARYA TULIS ILMIAH-KD 2 This presentation demonstrates the new capabilities of PowerPoint.
Entrepreneurship 1 THE GROUND BREAKER, Universitas Ciputra, 2014 WELCOME TO ENTREPRENEURSHIP CLASS Week 6 To be a great impact to the nation by being a.
2. Introduction to Algorithm and Programming
WELCOME TO ENTREPRENEURSHIP CLASS
Interaksi Manusia dan Komputer
Visual Communication Design, Universitas Ciputra, 2010 BORA-BORA Project Animation Project.
Entrepreneurship 1 THE GROUND BREAKER, Universitas Ciputra, 2014 WELCOME TO ENTREPRENEURSHIP CLASS 12 November 2014 Week 14 To be a great impact to the.
Entrepreneurship 4, Universitas Ciputra, 2015 UJIAN TENGAH SEMESTER 1.Mahasiswa mengerjakan paper UTS sebagai tiket masuk untuk mengikuti UTS. 2.Print.
Universitas Indonesia. Dasar Kompetisi FLEXIBLE COMPANY QUALITY COMPANY EFFICIENT COMPANY INOVASI PILIHAN KUALITAS BIAYA ORGANISASI YANG INOVATIF ORGANISASI.
Interesting Interfaces Where We Are At Where We Are Going Contextual Inquiry – Ethnographic Techniques to collect raw data Prototype – Application.
Zulharman. Tujuan Belajar 1. Mahasiswa mampu memahami berbagai metode membuat catatan kuliah (note taking) 2. Mahasiswa mampu memahami metode membaca.
Bina Nusantara Model Simulasi Peretemuan 23 (Off Clas) Mata kuliah: K0194-Pemodelan Matematika Terapan Tahun: 2008.
Menulis Kolom  Kolom adalah opini atau artikel. Tidak seperti editorial, kolom memiliki byline.  Kolom Biasanya ditulis reguler. Biasanya mingguan atau.
1 Pertemuan 09 Kebutuhan Sistem Matakuliah: T0234 / Sistem Informasi Geografis Tahun: 2005 Versi: 01/revisi 1.
SEMINAR HASIL PENELITIAN
1 Pertemuan 05 Kombinasi Data Tag, Tag Price, Label, Casing Display Matakuliah: UO276 / Desain Komunikasi Visual III Tahun: 2006.
Phase III Rapid Prototyping and Demonstration Prototype
ANNOUNCEMENT School: SMP Negeri 1 Samanhudi Subject: English
1 Pertemuan 8 Manusia dan hambatannya dalam penggunaan teknologi Matakuliah: H0472 / Konsep Sistem Informasi Tahun: 2006 Versi: 1.
Manajemen Pembiayaan Bank Syariah
Psikologi Konsumen. Perilaku konsumen Adalah studi tentang konsumen, mengenai mempertukarkan sesuatu yang bernilai dengan produk atau jasa yang memuaskan.
1 Pertemuan 2 Unit 1 - Careers Matakuliah: G0682 / Bahasa Inggris Ekonomi 1 Tahun: 2005 Versi: versi/revisi.
1 Pertemuan 6 Hubungan WCA dan Sistem Informasi Matakuliah: H0472 / Konsep Sistem Informasi Tahun: 2006 Versi: 1.
1 Pertemuan > > Matakuliah: >/ > Tahun: > Versi: >
1 Pertemuan 13 Pemilihan strategi sistem informasi yang mendukung perkembangan bisnis Matakuliah: H0472 / Konsep Sistem Informasi Tahun: 2006 Versi: 1.
Entrepreneurship 2 THE BUSINESS MODEL CREATOR, Universitas Ciputra, 2015 Basic Marketing Communication Week 0 | 28 Januari 2015.
Discovery Phase: Exploration for Value Proposition Design
HOW TO ACHIEVE 30% BLENDED LEARNING IN 1 HOUR. Objective To achieve 30% blended learning To achieve 30% blended learning.
You are invited! Grade VIII Created by: Elanda dwi saputro 8D.
Entrepreneurship 2, FEH, Universitas Ciputra, 2016 Discovery Phase: 1 st exploration: Industri Analysis Entrepreneurship 2 Week 1 a | 24 Februari -2 Maret.
Communicating the Teacher’s Wisdom
Entrepreneurship 1 The Ground Breaker
Refining Phase week 14: Finance for Start-ups and Bootstrapping
Learning Outcomes Mahasiswa mampu mengembangkan desain blok finance BMC dengan menggunakan feedback and development tools Mahasiswa mampu mengembangkan.
Analisa Desain Sistem Informasi
EIS (Executive Information Systems)
[Nama Tim] Anggota Tim : [Nama 1] [Nama 2] [Nama 3]
Interaksi Manusia & Komputer Prototyping
THE GUIDANCE OF PASSING THE TEST
PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATA PELAJARAN FISIKA SMA
Communication and Self Disclosure
CA113 Pengantar Manajemen Bisnis
KAJIAN IKLAN.
the formula for the standard deviation:
Pertemuan 2 Konsep Kehandalan Sistem
Lecture 3 User Interface Design.
Pertemuan 10 Kombinasi Data Label Kemasan dan Kemasan
Pertemuan 4 Menentukan Class
Matakuliah : G0682 / Bahasa Inggris Ekonomi 1
CA113 Pengantar Manajemen Bisnis
EIS (Executive Information Systems)
Manajemen Pembiayaan Bank Syariah
Let’s play programming!
Analisa Desain Sistem Informasi
PROSPEK DAN TANTANGAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
Kewirausahaan.
How to Set Up AT&T on MS Outlook ATT is a multinational company headquartered in Texas. ATT services are used by many people widely across.
How Can I Be A Driver of The Month as I Am Working for Uber?
Don’t Forget to Avail the Timely Offers with Uber
CA113 Pengantar Manajemen Bisnis
Entrepreneurship 1 The Ground Breaker
INTERROGATIVE ADJECTIVE. DEFINITION FUNCTION EXAMPLE QUESTION.
Unit: 8 The simple past tense Meaning & Use Form (structure) Exercise.
Importance of Web Development Frameworks Frameworks, no doubt have become a crucial aspect of web development. In fact, many find the entire development.
Rank Your Ideas The next step is to rank and compare your three high- potential ideas. Rank each one on the three qualities of feasibility, persuasion,
STRATEGI PENGEMBANGAN TVET PERSONALE Peni Handayani 2018 Disampaikan pada kegiatan BimTek Pendidik Vokasional.
2. Discussion TASK 1. WORK IN PAIRS Ask your partner. Then, in turn your friend asks you A. what kinds of product are there? B. why do people want to.
WINTER Template COLOUR CARD 01 Template. PowerPoint chart object 02.
Transcript presentasi:

BMC : Brainstorming and Harvesting Week 0 | 28 Januari 2015

Week 5 Learning Expectation Mahasiswa mampu melakukan brainstorming untuk memperkaya dan saling melengkapi ide bisnis kelompok Mahasiswa mampu melakukan harvesting (evaluasi dan memilih dan atau mengkombinasikan BMC angggota tim menjadi BMC andalan kelompok)

Week 5 Rundown BMC Test (SAA1.2) close book and gadget (30 menit) Penjelasan tentang brainstorming process and rules serta idea harvesting dan simulasi (20 menit) Fasilitasi proses Brainstorming (50 menit) Fasilitasi proses Harvesting (45 menit) Pengumuman pr week 5-6 dan Reminder untuk mengisi kegiatan mentoring hari ini di database (5 menit)

Contoh simulasi simple brainstorming Ambil satu produk populer dan sederhana Masing masing anggota team menuliskan ide untuk mengembangkan produk tersebut (individual) ke post it Setelah semua selesai menulis, msg msg menceritakan idenya ke team. Lakukan pengembangan kedua terhadap ide teman dalam team, sehingga ide tersebut beranak, tuliskan pada post it juga, bisa langsung saat mendengarkan presentasi (tahan kritik dulu jadi hanya masukan pengembangan) Setelah selesai team menetapkan kriteria (contoh kriteria: yang bakal laris manis, realistis untuk dilaksanakan, unik) untuk memilih yang paling baik (tidak harus 1) Pilihlah berdasarkan kriteria team tersebut

BRAINSTORMING SESSION

BRAINSTORMING RULES

Brainstorming Process TIPS : suspend judgment, encourage wild ideas, turn aside don’t turning off, jangan buru-buru membunuh ide teman, melainkan coba kembangkan ide teman anda itu

BE VISUAL: Display BMC-BMC individu dalam team, presentasi ke team sampai selesai tanpa interupsi – ONE CONVERSATION AT A TIME

BUILD IDEAS UPON OTHERS, Gunakan perlengkapan brainstorming (spidol warna- warni, post-it, kertas a3, isolasi kertas, dan inspirasi inspirasi) Langsung menuliskan ide pengembangan yang terpikir saat teman sedang presentasi pada post-it, lalu tempelkan ide tersebut pada BMC teman tadi Atau Menunggu setelah semua teman satu team selesai presentasi, BMC di’estafet’kan ke teman-teman 1 team untuk dikembangkan dengan cara menuangkan ide pengembangan di post-it lalu ditempelkan ke BMC yang sedang dipegang

HARVESTING SESSION prepare the tools: BMC e-books, Post-it notes, stationary and rationale positive mind-set

TEAM PROBLEM STATEMENT 50 minutes HARVESTING TEAM PROBLEM STATEMENT or THE CHALLENGE Menetapkan kriteria evaluasi (kembangkan kriteria team dari team problem statement, criteria by IDEO: desirability, feasibility dan viability or BMC Evaluation tools p 218-223 versi sederhana) Gunakan kriteria team untuk untuk mengevaluasi BMC dalam team Hasil harvesting bisa berupa pilihan tunggal, atau kombinasi dari beberapa BMC yang bisa digabungkan. Mahasiswa menuangkan hasil harvesting ke BMC Team Print BMC evaluation tool set sejumlah BMC, team mendiskusikan dan mengisi untuk per BMC atau Print BMC evaluation tool satu saja, beri nomer pada tiap-tiap BMC, team mendiskusikan dan mengisi evaluation tool dengan cara memasukkan nomer BMC yang sesuai kriteria. HARVESTING TIPS Don’t take it personal, be rational, role play, use your user shoe, Open your mind, Persistence for refining, Positive attitude, Look at the statement not the person

To Do List Week 6

Week 6 : Prototyping and Market Simulation Week Buat Low Cost Fidelity Prototype : BMC Product Packaging / Product Box Data Sheet/brochure contain product specification Story board: Work flow, task design Screen layouts and information display

Contoh Prototype