MENGUASAI CARA MENGGAMBAR CLEAN UP & SISIP

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MEMBUAT GAMBAR CLEAN-UP DAN SISIP Kode : MMP.AN
Advertisements

Microsoft PowerPoint 2007 PELATIHAN TI FH UNUD MEI 2010
Dasar 3 Dimensi Spesifikasi Koordinat 3D
Membuat Thema Media pembelajaran
WELCOME TO MYPRESENTATION
KOMPUTER GRAFIS TEKNIK CAMERA Dalam 3D Studio Max, kamera dibuat dengan memilih tombol create dalam command panel, lalu.
GALIH WASIS WICAKSONO TEKNIK INFORMATIKA
Membuat Gambar Potongan Sesuai Standar Iso Pada Model 3D
BAB VIII PEMROGRAMAN GRAFIK
Polygon Grafika Komputer.
Grafika Komputer PS Teknik Informatika
:: PRAKTIKUM CAD / CAM # 13 ::
AUTOCAD AUTOCAD FOR TECHNICAL AUTOCAD terbagi menjadi 2 yaitu
Digitasi Data Spasial Pertemuan 5.
X. PEMBUATAN PRESENTASI DENGAN STAR IMPRESS
Pengenalan Geogebra.
Kelas XII/ 1 Oleh: Adhe Whisnu K.
Ahmad Muqaffi (02/XI IPA 2)
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 3D (KONSEP 3 DIMENSI)
1 Membuat Obyek Gambar Gabungan Pertemuan 6 Matakuliah: R0364/Komputasi Desain Arsitektur I Tahun: 2006.
Menguasai Dasar Animasi Stop Motion
Clipping Edy Mulyanto.
Konsep sistem informasi a
KOMPUTER GRAFIS VIDEO Kode : BCT 237 Bobot : 3 SKS
Pertemuan 21 Notasi dan Ukuran pada model 3D
Gambar ini menjelaskan prosedur untuk pengisian solid dari poligon Gambar ini menjelaskan prosedur untuk pengisian solid dari poligon. Titik potong.
SMA HARAPAN 1 MEDAN Jl. Imam Bonjol No. 35 Medan.
KOMPUTER GRAFIS VIDEO TOPIK 4 MENGGAMBAR BENTUK DUA DIMENSI
Digitasi peta TM_3.
Membuat Obyek Garis Command : LINE
Konsep 3D dan Representasi Objek 3D
KULIAH -9 MEMULAI GAMBAR DENGAN 3D MAX
PENGGUNAAN PERINTAH DASAR MENU “DRAW”
3D Elisabeth, S.kom.
Animasi 3D dengan Blender
Viewing dan Clipping 2 Dimensi
MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (LIMIT DERET GEOMETRI)
Sejarah Grafika Komputer dan Komunikasi 2 D & 3 D

Sistem Koordinat dan Bentuk Dasar Geometri (Output Primitif)
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
MENGENAL MICROSOFT POWERPOINT 2007
Modeling Concept & Technique
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
Kelompok 2 Agra Ahmad Afandi Ahmad Afif Alfian Hadi Pratama
Cara menggambar Clean Up Dan Sisip
Nama : RATNA KUSUMANING P NIM : A
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
Media Ini Digunakan untuk :
PROCESSING OUTPUT PRIMITIVE.
:: PRAKTIKUM CAD / CAM # 14 ::
3. Kegiatan Belajar 3: Teknik Animasi Tweening
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
BAB I PENGANTAR DESAIN GRAFIS.
Konsep 3D dan Representasi Objek 3D
:: PRAKTIKUM CAD / CAM # 12::
AGRIBISNIS POLIWANGI.
MENGENAL MACROMEDIA/ADOBE FLASH
Pengantar Pemrograman Multimedia
PEMBAHASAN MATERI Grafik Berbasis Vektor dan Bitmap Pengertian Grafis Bentuk komunikasi visual yang dirancang dengan menggunakan kombinasi kordinat titik-titik.
PPG DALAM JABATAN Merancang model obyek 3 dimensi : Fitur dasar aplikasi pemodelan 3 dimensi PROFESIONAL PAKET KEAHLIAN MULTIMEDIA KELOMPOK KOMPETENSI.
Beranda SK / KD Indikator Materi Latihan Referensi Penyusun TIK Kelas X Semester GENAP SMA N 1 NAMORAMBE Teknologi Informasi & Komunikasi MEMBUAT DOKUMEN.
PPG DALAM JABATAN Kegiatan Belajar 4: DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF STORYBOARD.
MEMPERSEMBAHKAN LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM) STMIK WIDURI.
Modul 5 Kegiatan Belajar 4: DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF Kelompok 4: Nur Awaludin Warjito Totok Hermawan.
MENGGABUNGKAN GAMBAR DAN TEKS BERBASIS VEKTOR DESAIN GRAFIS PERCETAKAN DESAIN GRAFIS PERCETAKAN OLEH : FRESTIKA CAHYO HAKIM.
MENGGAMBAR 2 DIMENSI DENGAN SISTEM CAD LOG OO
Pembuatan Obyek Pada Aplikasi Animasi 2 dimensi. Tujuan Pembelajaran. Setelah mengikuti kegiatan belajar ini diharapkan peserta didik dapat: Memahami.
Kelas: XI Semester 2 Beranda Beranda SK/KD SK/KD Indikator Indikator Materi Materi Latihan Latihan Uji Kompetensi Uji Kompetensi Referensi Referensi.
Transcript presentasi:

MENGUASAI CARA MENGGAMBAR CLEAN UP & SISIP BAHAN AJAR INTERAKTIF SMK N 1 KUTA SELATAN MENGUASAI CARA MENGGAMBAR CLEAN UP & SISIP SMK KELAS XI/3 SK-KD.1.1

BAHAN AJAR INTERAKTIF SMK N 1 KUTA SELATAN Petunjuk Belajar 1. Cermati tujuan belajar dengan seksama Petunjuk Belajar 2. Membaca bahan/materi yang telah diidentifikasi dalam setiap tahap belajar SK/KD 3. Merencanakan aplikasi praktik pengetahuan dan keterampilan Anda. Pengembang Menu

BAHAN AJAR INTERAKTIF SMK N 1 KUTA SELATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF SK Petunjuk Belajar Menguasai cara menggambar clean up & sisip SK/KD KD Pengembang 1.1 Menemukan syarat-syarat gambar yang asli 1.2 Membuat gambar-gambar asli 1.3 Mengidentifikasi syarat-syarat gambar tiga dimensi 1.4 Membuat gambar tiga dimensi Menu

BAHAN AJAR INTERAKTIF SMK N 1 KUTA SELATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF Peta Konsep SK KD.1 KD.2 KD.3 KD.4 Petunjuk Belajar SK/KD Pengembang Menu

BAHAN AJAR INTERAKTIF SMK N 1 KUTA SELATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF Pengembang Petunjuk Belajar Dewi Hartini, S.Kom SK/KD Pengembang Menu

BAHAN AJAR INTERAKTIF SMK N 1 KUTA SELATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF Menu Petunjuk Belajar SK/KD Pengembang Menu

BAHAN AJAR INTERAKTIF SMK N 1 KUTA SELATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF Tujuan Tujuan Menjelaskan syarat-syarat gambar asli dalam konsep ruang desain tiga dimensi. 2. Menjelaskan pengenalan dasar software tiga dimensi. 3. Menyebutkan tipe geometri pada 3ds Max. 4. Menyebutkan tipe nongeometri pada 3ds Max. 5. Menjelaskan elemen pembentuk objek. Menemukan gambar objek/lembaran model yang sesuai untuk referensi. Materi Rangkuman Test Sumber Belajar

BAHAN AJAR INTERAKTIF SMK N 1 KUTA SELATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF Materi Tujuan Konsep ruang tiga dimensi adalah dimana ruang 3D memiliki parameter panjang, lebar dan ketebalan dan memiliki koordinat X, Y dan Z. Gambar tiga dimensi bisa dilihat dari segala arah. Konsep ruang 2D dimana ruang 2D hanya memiliki parameter panjang dan lebar serta koordinat X dan Y. Gambar 2D hanya bisa dilihat dari satu arah Materi Rangkuman Test Sumber Belajar

BAHAN AJAR INTERAKTIF SMK N 1 KUTA SELATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF Materi Tujuan Materi Rangkuman Test Sumber Belajar Gbr1. Tampilan layar kerja program 3D Studio Max

BAHAN AJAR INTERAKTIF SMK N 1 KUTA SELATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF Materi Mengatur bentuk tampilan bidang kerja atau viewport. Ketika anda memulai 3D Studio Max, layar utama menampilkan empat viewport dengan ukuran yang sama besar, yaitu Top, Front, Left, dan Perspektif Viewport adalah ruang kerja/layar kerja tempat, dimana kita dapat melakukan proses pekerjaan dalam membuat animasi. Viewport Perspektif adalah layar kerja untuk melihat objek secara keseluruhan contoh perspektif. Viewport Orthographic adalah layar kerja untuk melihat objek dari satu sisi contoh Top, front, left. Layout Viewport Anda dapat memilih layout viewport lain yang berbeda dari konfigurasi default. Untuk memilih susunan layout, pilih menu Customize  Viewport Configuration lalu pilih tab layout pada jendela viewport configuration. Tujuan Materi Rangkuman Test Sumber Belajar

BAHAN AJAR INTERAKTIF SMK N 1 KUTA SELATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF Materi Tujuan Objek geometri Standard Primitives Merupakan kelompok objek 3D dengan bentuk dasar berupa objek-objek bentuk sederhana. Bentuk dasar objeknya meliputi : Box, Sphere, Torus, Cylinder, Teapot, Cone, Geosphere, Tube, Pyramid dan Plane B. Extended Primitives Merupakan kelompok objek 3D dengan bentuk dasar berupa model yang lebih spesifik. Bentuk model objeknya meliputi : Hedra, ChamferBox, Oil Tank, Spindle, Gengon, TorusKnot, ChamferCyl, Capsule, L-Ext, C-Ext Materi Rangkuman Test Sumber Belajar

BAHAN AJAR INTERAKTIF SMK N 1 KUTA SELATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF Materi Tujuan Objek non geometri Shape (objek 2d) : Line, Circle, Arc, Text, Ngon, Rectangle Ellipse, Donut, star, Helix Light Camera Helper dll Materi Rangkuman Test Sumber Belajar

BAHAN AJAR INTERAKTIF SMK N 1 KUTA SELATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF Materi Tujuan Elemen pembentuk objek elemen objek adalah bagian-bagian kecil dari sebuah objek. Dalam 3ds max elemen objek digolongkan menjadi 5 bagian yaitu : 1. Vertex : Titik koordinat yang membentuk edge atau polygon 2. Edge : garis yang terbentuk dari sambungan 2 buah vertex 3. Face yaitu bidang yang dibentuk oleh 3 edge dan terdiri dari 3 buah vertex 4. Polygon : area yang terbentuk dari gabungan beberapa edge atau 4 edge dan 4 vertex 5. Element yaitu objek itu sendiri Materi Rangkuman Test Sumber Belajar

BAHAN AJAR INTERAKTIF SMK N 1 KUTA SELATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF Rangkuman Tujuan Konsep ruang tiga dimensi adalah dimana ruang 3D memiliki parameter panjang, lebar dan ketebalan dan memiliki koordinat X, Y dan Z. Gambar tiga dimensi bisa dilihat dari segala arah. Viewport adalah ruang kerja/layar kerja tempat, dimana kita dapat melakukan proses pekerjaan dalam membuat animasi. Objek geometri Standard Primitives Extended Primitives Objek non geometri Shape (objek 2d) : Line, Circle, Arc, Text, Ngon, Rectangle, Ellipse, Donut, star, Helix Light Camera Helper , dll Materi Rangkuman Test Sumber Belajar

BAHAN AJAR INTERAKTIF SMK N 1 KUTA SELATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF Test Jelaskan bagaimana konsep ruang desain 2d dan konsep ruang desain 3d? 2. Sebutkan software yang dapat digunakan untuk membuat animasi 3D? 3. Apa yang dimaksud dengan viewport orthographic, sebutkan contohnya! 4. Apa yang dimaksud dengan viewport perspektif? 5. Sebutkan langkah-langkah untuk memilih susunan layout viewport! 6. Sebutkan 5 objek 3D yang masih dalam standar primitives? 7. Sebutkan 5 objek 3D yang masih dalam extended primitives? 8. Sebutkan 5 jenis create shape jenis splines yang ada pada software 3d max! 9. Jelaskan dimana kita bisa menemukan cara untuk membuat objek pohon pada software 3D max? 10. Sebutkan dan jelaskan 5 elemen pembentuk objek? Tujuan Materi Rangkuman Test Sumber Belajar

BAHAN AJAR INTERAKTIF SMK N 1 KUTA SELATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF Sumber Belajar Tujuan Internet ( Tutorial desain multimedia, Tutorial_3DMax_bag-1.pdf) Buku 3D Studio max7, Arief Ramadhan, S.Kom, Taufik M & Panjhi B.Y , penerbit Elex Media Komputindo. Materi Rangkuman Test Sumber Belajar