Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
AL-QAWAID al-FIQHiyah
A. Muslimin, Lc., M.H.I
2
Definisi Segi Bahasa Kaidah : Asas, dasar, fondasi sesuatu
Segi Istilah, Imam Al-Suyuthi Kaidah : حـكم كلـي يـنطبق عـلى جـزئـياته “Kaidah ialah hukum kully (kebanyakan, menyeluruh, general) yang meliputi bagian-bagiannya”.
3
OBJEK & Keutamaan Objek : Mukallaf
Materi Fiqh (tidak ditemukan nash khusus dalam al-Qur’an dan al-Hadits ataupun Ijma’) Keutamaan : من راعى الأصول كان حقيقا بالوصول ومن راعى القواعد كان خليقا يإدراك المقاصد “Barang Siapa menguasai ushul fiqh, tentu dia akan sampai kepada maksudnya, dan barang siapa yang menguasai kaidah-kaidah fiqh pasti dialah yang pantas mencapai maksudnya”
4
Hukum mempelajari إعرف الأمثال والأشباه و قس الأمور بنظائرها
Fardlu Kifayah Sebagian ulama mewajibkan dalam menguasai kaidah-kaidah fiqh bagi para mujtahid, pemegang keputusan dan terutama bagi para hakim Umar bin Khattab memberi surat kepada Abu Musa al-Asya’ri, Umar berkata : إعرف الأمثال والأشباه و قس الأمور بنظائرها “Pelajarilah segala soal yang serupa dan memiliki kesamaan dan qiyaskanlah segala urusan kepada hal-hal yang sebandingnya”.
5
Kedudukan Mempunyai kedudukan yang penting dan amat besar faedahnya
Dapat menampilkan hakikat fiqh dan tempat pengambilannya, sumber dan rahasia-rahasianya Dalil untuk memutuskan dan memahami permasalahan fiqh
6
Keistimewaan Mempunyai kaedah-kaedah yang banyak
Perkataan yang ringkas, tetapi mengandung makna yang umum Setiap kaedah menentukan ciri khusus yang ada pada beberapa himpunan permasalahan sekalipun ia datang dari berbagai tema dan bab yang berlainan
7
Faedah Mempelajari Memudahkan mujtahid dalam menentukan hukum
Mudah dihafal dan dihimpun satu kaedah Membentuk kemampuan fiqh yang kuat Dapat membedakan dan membandingkan mazhab Mengetahui rahasia dan hikmah hukum Mencakup fiqh Islam terhadap segala hukum masalah yang berlaku sesuai zaman, tempat dan keadaan Memiliki keluasan ilmu dan hasil ijtihadnya lebih mendekati kebenaran, kebaikan dan keindahan Terampil memahami dan menghadirkan fiqh Menampakkan pola pikir, filosofi yang rasional
8
Pembentukan kaidah fiqh
Abad ke 3 – 4 H, Abu Dhahir al-Dhibasi al-Hanafi telah mengumpulkan 17 kaidah Abu Sa’id al-Harawi al-Syafi’i menghafal dari Abu Dhahir diantaranya 5 kaidah pokok 100 tahun kemudian muncul Abu Hasan al-Karkhi menambah kaidah Abu Dhahir menjadi 37 kaidah
9
Kitab-kitab kaidah fiqh
Madzhab Hanafi Ushul al-Karkhi ( H), 37 Kaidah Ta’shis al-Nadzar, al-Dabusi (w 430 H), 86 Kaidah Al-Ashbah wa al-Nadhair, Ibn Nuzaim (w 970 H), 25 Kaidah Madzhab Maliki Al-Furuq, al-Qarafi (w 684 H), 548 kaidah Al-Qawaid, al-Maqari (w 758 H), 100 kaidah Idhah al-Masalik ila Qawaid al-Imam Malik, al-Winsyarisi (w 914 H), 118 kaidah
10
lanjutan… Madzhab Syafi’i Madzhab Hambali
Qawaid al-Ahkam fi Mashalih al-Anam, Izzudin Abd Salam ( H) Al-Ashbah wa al-Nadhair, Taj al-Din Ibn al-Subkhi (w 771 H) Al-Ashbah wa al-Nadhair, Imam al-Sayuthi (w 911 H) Madzhab Hambali Al-Qawaid al-Nuraniyah al-Fiqhiyah, Ibn Taimiyah ( H) Al-Qawaid al-Fiqhiyah, Ibn Qadhi al-Jabal (w 771 H) Taqrir al-Qawaid wa Tahrir al-Fawaid, Ibn Rajab, 160 kaidah
11
Perbedaan Antara Qawa’id Fiqhiyyah & Qawa’id usuliyyah
Usul Fiqh adalah neraca ilmu fiqh untuk menyimpulkan hukum yang sahih Kaedah usul dibuat untuk mengeluarkan hukum, kaedah fiqh juga untuk mengikat berbagai masalah dengan satu kaedah Hanya hukum yang ijmali yang masuk dalam kaedah usul. Kaedah fiqh adalah ‘illah kepada hukum masalah Kaedah usul hanya terbatas dalam bab usul fiqh saja, sedangkan kaedah fiqh tidak terbatas
12
Kaedah fiqh ada setelah kaedah usul dari segi munculnya
Lanjutan… Kaedah usul yang disepakati tidak mempunyai pengecualian, tetapi kaedah fiqh akan sentiasa mempunyai pengecualian Kaedah fiqh ada setelah kaedah usul dari segi munculnya Jika terjadi perselisihan, maka didahulukan hukum yang dihasilkan melalui kaedah usul
13
Perbedaan antara al-qa’idah (القاعدة) dan dhabit (الضابط)
Kaedah menghimpun berbagai furu’ dari berbagai bab. Dhabit hanya khusus untuk satu bab fiqh saja Kebiasaannya, kandungan kaedah adalah disepakati di kalangan seluruh atau kebanyakan ulama suatu mazhab, tetapi dhabit hanya tertentu kepada satu mazhab saja, bahkan kepada seseorang faqih saja
14
Perbedaan antara al-Qawa’id al-Fiqhiyyah dan al-Nazariyyah al-Fiqhiyyah
موضوعات فقهية أو موضوع يشتمل على مسائل فقهية أو قضايا فقهية حقيقتها أركان وشروط وأحكام تقوم بين كل منها صلة فقهية تجمعها وحدة موضوعية تحكم هذه العناصر جميعا. Satu atau beberapa tema dalam bidang fiqh yang mengandung permasalahan-permasalahan atau isu-isu fiqh yang terdiri dari rukun, syarat dan hukum yang dihubungkan oleh satu bentuk hubungan fiqh, dan dihimpun oleh satu kesatuan tema yang meletakkan hukum terhadap elemen-elemen tersebut.
15
Perbedaan antara kaedah fiqh dan al-qa’idah al-tashri’iyyah
al-Qawa’id al-tashri’iyyah adalah kaedah yang diturunkan oleh Allah dengan jalan yang diyakini dari sudut wurud dan dalalah. Kaedah fiqh hanya bersifat rajih sedangkan al-qawa’id al-tashri’iyyah bersifat yakin.
16
Lima Kaedah Fiqh Utama Segala amalan berdasarkan niat
(الأمور بمقاصدها) Keyakinan tidak boleh dihilangkan dengan keraguan (اليقين لا يزول بالشك) Kemudaratan hendaklah dihilangkan (الضرر يزال) Kesulitan membawa keringanan (المشقة تجلب التيسير) Adat diterima sebagai hukum (العادة محكمة)
17
وما امروا الا ليعبدوا الله مخلصين له الدين حنفاء (البينة : 5)
الأمــور بمـقاصـدها وما امروا الا ليعبدوا الله مخلصين له الدين حنفاء (البينة : 5) انما الاعمال بالنيات (بخارى مسلم) انما يبعث الناس على نياتهم (اخرجه ابن ماجة) نية المؤمن خير من عمله (الطبرانى من مهل بن سهل)
18
Niat Tempat Niat di Hati Perbuatan Ibadah - Niat adalah rukun
Perbuatan Mu’amalah - Niat adalah Penentu : Ibadah / Bukan Pembeda Tingkatan Ibadah - Fardlu dan Sunnah - Ibadah dan Adat
19
ما لا يشترط التعرض له جملة و تفصيل اذا عينه و اخطاء لم يضر
cabang Kaedah niat ما لا يشترط التعرض له جملة و تفصيل اذا عينه و اخطاء لم يضر Suatu amal dalam pelaksanaannya tidak disyaratkan niat, baik secara garis besar atau terperinci, kemudian dipastikan dan salah, maka kesalahan ini tidak membahayakan (syahnya amal). Sholat : Menentukan masjid/rumah, rabu/kamis, imamnya umar/amir, dan ternyata salah, maka sholatny tetap sah. (Karena semua tidak masuk rukun)
20
وما يشترط فيه التعرض فاالخطاء مبطل
cabang Kaedah niat وما يشترط فيه التعرض فاالخطاء مبطل Suatu amal dalam pelaksanaannya disyaratkan niat, maka kesalahan akan membatalkan amal Sholat : Niat sholat dhuhur, tidak sah melaksanakn sholat Ashar. Puasa : Niat Ramadhan, tidak sah untuk puasa nadzar. Kifarat : Pembunuhan, tidak sah untuk Dzihar.
21
وما يحب التعرض له جملة و لا يشترط تعينه تفصيلا اذا عينه و اخطاء ضر
cabang Kaedah niat وما يحب التعرض له جملة و لا يشترط تعينه تفصيلا اذا عينه و اخطاء ضر Suatu amal dipastikan niat secara garis besar kemudian dipastikan terperinci dan ternyata salah, maka membahayakan sahnya amal. Sholat : Niat makmum dengan Umar, ternyata imamnya adalah Zaid, maka tidak sah makmumnya. Jenazah : Niat untuk laki-laki, ternyata jenazah perempuan, maka tidak sah.
22
النية فى اليمين تخصص اللفظ العام ولا تعمم الخاص
cabang Kaedah niat النية فى اليمين تخصص اللفظ العام ولا تعمم الخاص Niat dalam sumpah mengkhususkan lafadz ‘am, tidak menjadikan ‘am, lafadz yang khusus. Sumpah : tidak bicara dengan orang, tetapi orang tertentu, maka sumpahnya hanya berlaku untuk orang yang dimaksud.
23
cabang Kaedah niat مقاصد اللفظ على نية اللافظ الا فى موضوع واحد وهو اليمين عند القاض فانها على نية القاض Maksud lafal adalah menurut niat orang yang mengucapkan, kecuali dalam suatu tempat, yaitu sumpah dihadapan qadhi, maka maksud lafal adalah menurut niat qadhi. Talak : berturut-turut tiga kali, jika niat sebagai awal kalimat jatuh talak tiga, akan tetapi kalau sebagai penguat, jatuh talak satu.
24
العبرة فى العقود للمقاصد والمعانى لا للالفاظ والمبانى
cabang Kaedah niat العبرة فى العقود للمقاصد والمعانى لا للالفاظ والمبانى Yang dianggap dalam akad adalah maksud-maksud dan makna-makna, bukan lafal-lafal dan bentuk-bentuk perkataan. Jual beli : Dua orang akad dengan lafal memberi barang dengan pembayaran, maka akad ini sebagai akad jual beli.
25
هو ما كان ثابتا بالنظر والدليل
اليـقين لا يزول بالشـك Yakin : هو ما كان ثابتا بالنظر والدليل Sesuatu yang pasti, dengan dasar pemeriksaan atau dengan dasar dalil (bukti) Syak هو ما كان مترددا بين الثبوت و عدمه مع تساوى طرفى الصواب والخطاء دون ترجيح احدهما على الأخر Suatu hal yang keadaannya tidak pasti, berada tepat ditengah-tengah antara kemungkinan adanya dan kemungkinan tidak adanya, tanpa ada yang dapat lebih dimenangkan atau dipastikan dari salah satu kedua kemungkinan tersebut
26
اذا شك احدكم فى صلاته فلم يدر كم صلى ا ثلاثا ام اربعا
Dalil-dalil kaidah HR. Muslim اذا وجد احدكم فى بطنه شيئا فأشكل عليه اخرج منه شيئ ام لا فلا يخرجن من المسجد حتى يسمع صوتا او يجد ريحا HR. Turmudzi اذا شك احدكم فى صلاته فلم يدر كم صلى ا ثلاثا ام اربعا فليطرح الشك وليبن على ماستيقن
27
الأصل بقاء ما كان على ما كان
Cabang-cabang kaidah الأصل بقاء ما كان على ما كان “Yang pokok atau kuat adalah tetap berlakunya apa/hukum yang ada menurut keadaannya semula” Contoh : Berbuka menjelang Maghrib tanpa adanya penelitian, kemudian timbul keraguan bahwa kemungkinan matahari belum terbenam, maka puasanya dihukumi batal, sebab menurut yang asal adalah berlakunya hukum sebelum maghrib.
28
“Hukum yang lebih kuat dari sesuatu itu
Next… من شك افعل شيئا ام لا فالاصل انه لم يفعل “Barangsiapa yakin dan ragu-ragu apakah dia telah melakukan sesuatu atau belum, maka yang lebih kuat adalah dia belum melakukan sesuatu” الاصل العدم “Hukum yang lebih kuat dari sesuatu itu asalnya tidak ada” Contoh : Seseorang makan makanan orang lain, ia mengatakan pemiliknya sudah mengizinkan, padahal belum, dalam hal ini dibenarkan pemilik makanan, sebab makan makanan orang lain tidak boleh.
29
الاصل فى كل حادث تقديره باقرب زمن
Next… الاصل فى كل حادث تقديره باقرب زمن “Yang lebih kuat dari tiap-tiap kejadian perkiraan waktunya adalah waktu yang terdekat” Contoh : Seorang wudlu dari air sumur, kemudian dia shalat, setelah selesai dia melihat bangkai (tikus) didalam sumur itu. Dia tidak wajib mengqadla (mengulang) shalatnya, kecuali dia yakin bahwa dia wudlu dengan air najis.
30
الاصل فى الاشياء الاباحة حتى يدل دليل على التحريم
Next… الاصل فى الاشياء الاباحة حتى يدل دليل على التحريم الاصل فى الاشياء التحريم حتى يدل دليل على الاباحة Dasar Hukum Kaidah (madzhab Syafi’i) : - هو الذى خلق لكم ما فى الارض جميعا (البقرة : 29) - ما احل الله فهو حلال وما حرام فهو حرام وما سكت عنه فهو عفو فاقبلوا من الله عفيته فان الله لم يكن ينسى شيئا
31
المــشقة تـجلب التيسـير
المشقة : الجهد و العناع و الشدة جلب : menggiring, mendatangkan التيسير : kemudahan, tidak memaksakan Jika ditemukan kesulitan dalam sesuatu, maka ia menjadi sebab syar’i yang dibenarkan untuk mempermudah, meringankan dan menghapus kesukaran.
32
dalil-dalil وما جعل لكم فى الدين من حرج
Al-Hajj : 78 وما جعل لكم فى الدين من حرج Al-Baqarah : 185 يريد الله بكم اليسر ولا يريد بكم العسر Hadits Bukhari الدين يسر احب الدين الى الله الحنيفية السمحة يسروا ولا تعسروا
33
Macam keringanan Menggugurkan : Ada udzur, Haid dan Nifas
Mengurangi : Qashar Shalat Menggantikan : Wudlu, Mandi dengan Tayamum Mendahulukan : Jama’ Taqdim Mengakhirkan : Jama’ Takhir Memperbolehkan : Memakan Bangkai Merubah : Tatacara Shalat karena Takut
34
اذا ضاق الامر اتسع واذا اتسع الامر ضاق
Cabang-cabang kaidah اذا ضاق الامر اتسع واذا اتسع الامر ضاق Apabila sesuatu sempit, maka hukumnya menjadi luas dan apabila sesuatu itu luas maka menjadi sempit hukumnya. Contoh : Wanita tdk berwali ketika bepergian diantara laki2 bkn muhrim Bejana air terbuat dari tanah bercampur kotoran Lalat hinggap dikotoran, kemudian hinggap dipakaian Orang longgar shalatnya harus dalam waktu, syarat dan rukun
35
Kedua kaidah itu dikumpulkan oleh Imam Ghazali dalam Ihya’
Cabang-cabang kaidah Kedua kaidah itu dikumpulkan oleh Imam Ghazali dalam Ihya’ كل ما تجاوز حده انعكس الى ضده ‘Semua yang melampai batas, maka hukumnya berbalik kepada kebalikannya’
36
اذا تعذر الاصل يصار الى البدل
Cabang-cabang kaidah ما جاز لعذر بطل بزواله Apa yang diperbolehkan karena udzur, maka batal dengan hilangnya halangan tadi. Contoh : Wanita haid dilarang shalat dan puasa اذا تعذر الاصل يصار الى البدل Apabila yang asli sukar dikerjakan, maka berpindah kepada penggantinya. Contoh : wadlu dg tayamum, pejabat dengan wakilnya
37
ما لا يمكن التحرز منه معفو عنه
Cabang-cabang kaidah ما لا يمكن التحرز منه معفو عنه Apa yg tidak mungkin menjaga maka dimaafkan Contoh : Puasa kumur2, Darah pada pakaian الرخص لا تناط بالمعاصى Keringanan itu tidak dikaitkan dengan kemaksiatan Contoh : Bepergian tuk maksiat,
38
الضرر يزال الضرر : ما قابل النفع
Bahaya atau kemudharatan itu telah terjadi dan akan terjadi. Apabila demikian halnya wajib untuk dihilangkan Tujuan Syari’ah adalah meraih kemaslahatan dan menolak kemafsadatan. Contoh : larangan menimbun kebutuhan pokok Berbagai sanksi untuk menghilangkan mudharat
39
... ولا تمسكوهن ضرارا لتعتدوا ...
dalil-dalil Al-Baqarah : 231 ... ولا تمسكوهن ضرارا لتعتدوا ... Al-Baqarah : 173 ... فمن اضطر غير باغ ولا عاد فلا اثم عليه ... Al-Thalaq : 6 ... ولا تضاروهن لتضيقوا عليهن ... HR. Ibnu Majah لا ضرر ولا ضرار
40
Kemudharatan itu membolehkan yang dilarang
Cabang-cabang kaidah الضرورات تبيح المحطورات لا حرام مع الضرورات ولا كراهة مع الحاجة Kemudharatan itu membolehkan yang dilarang Contoh : Memakan bangkai Membongkar kubur Menangkap, Menghukum pornoaksi dan grafi, pemabuk, pecandu, membela diri
41
Apa yg dibolehkan karena darurat diukur sekadar kadaruratannya
Cabang-cabang kaidah ما ابيح للضرورات يقدر بقدرها الضرورات تقدر بقدرها الضرر يزال بقدر الإمكان Apa yg dibolehkan karena darurat diukur sekadar kadaruratannya Contoh : Makan bangkai sekedar tidak lapar Dokter blh melihat sekedar yang sakit Mengambil rumput orang tuk hewan kelaparan
42
Kemudharatan tidak boleh dihilangkan dengan kemudharatan
Cabang-cabang kaidah الضرر لا يزال بالضرر الضرر لا يزال بمثله Kemudharatan tidak boleh dihilangkan dengan kemudharatan Contoh : Kelaparan tdk blh ambil makanan org kelaparan Tdk boleh ambil darah org yg butuh darah
43
يحتمل الضرر الخاض لأجل الضرر العام
Cabang-cabang kaidah يحتمل الضرر الخاض لأجل الضرر العام اذا تعارض مفسدتان روعى اعظمهماضرر بارتكاب اخفهما Apabila dua mudharat bertentangan maka perhatikan yang lebih besar mudharatnya dengan mengerjakan yang lebih ringan mudharatnya Contoh : Membedah mayit demi bayi yang masih hidup Tidak menutup aurat daripada tinggal shalat Memotong pohon org lain yg mengganggu Diam melihat kemungkaran, melarang jd bencana
44
الحاجة تنزل منزلة الضرورة عامة كان او خاضة
Cabang-cabang kaidah الحاجة تنزل منزلة الضرورة عامة كان او خاضة Kedudukan kebutuhan itu menempati kedudukan darurat baik umum maupun khusus Contoh : Jual beli salam (uang baru barang) Jialah (memindahkan hutang) Laki2 pakai sutra karena sakit Jual beli barang dalam tanah karena susah dikeluarkan
45
العادة محكمة العادة : العود, المعاودة : التكرار : Berulang
عبارة عما يستقر فى النفوس من الأمور المتكررة المقبولة عند الطباع السليمة Ungkapan dari yg terpendam dalam hati, berulang-ulang, bisa diterima oleh tabiat yang sehat. العرف هو ما تعارف عليه الناس واعتاده فى اقوالهم وافعالهم حتى صار ذلك مطردا او غالبا ‘Urf adalah apa yg dikenal manusia dan berulang dalam ucapan, perbuatan sampai menjadi biasa dan berlaku umum.
46
خذ العفو وأمر بالعرف واعرض عن الجاهلين ... وعاشروهن بالمعروف ...
dalil-dalil QS : Al-A’raf : 199 خذ العفو وأمر بالعرف واعرض عن الجاهلين QS : An-Nisa’ : 19 ... وعاشروهن بالمعروف ... HR. Abu Dawud الوزن وزن اهل مكة والمكيال مكيال اهل مدينة HR. Ahmad ما راه المسلمون حسنا فهو عند الله حسن
47
Apa yg biasa diperbuat org banyak adalah hujjah yang wajib diamalkan
Cabang-cabang kaidah استعمال الناس حجة يجب العمل بها Apa yg biasa diperbuat org banyak adalah hujjah yang wajib diamalkan Contoh : Menjahit pakaian, yg menyediakan benang, jarum dan mesin jahit serta perlengkapan lain adalah penjahit
48
انما تعتبر العادة اذا اضطردت او غلبت العبرة للغلب الشائع لا للنادر
Cabang-cabang kaidah انما تعتبر العادة اذا اضطردت او غلبت العبرة للغلب الشائع لا للنادر Adat yang dianggap hanyalah yang terus menerus dan berlaku umum dan bukan yang berlaku jarang Contoh : Langganan majalah diantar, jk tdk komplain Waktu hamil tdk lbh dari setahun Monopause adalah 55 tahun
49
المعروف عرفا كالمشروط شرطا
Cabang-cabang kaidah المعروف عرفا كالمشروط شرطا Sesuatu yang sudah dikenal karena ‘urf seperti yang disyaratkan dengan suatu syarat. Contoh : Gotong royong tidak dibayar
50
ما لا يتم الواجب الا به فهو واجب
Kaidah-kaidah umum ما لا يتم الواجب الا به فهو واجب Suatu kewajiban yang tidak sempurna pelaksanaannya kecuali dengan adanya suatu hal, maka hal tersebut hukumnya wajib. Contoh : Membasuh muka adalah sampai batas-batasnya Photo untuk sim, KTP, ijazah
51
ما حرم استعماله حرم اتخاذه وما حرم اخذه حرم إعطاءه
Kaidah-kaidah umum ما حرم استعماله حرم اتخاذه وما حرم اخذه حرم إعطاءه Apa yg haram digunakannya, haram pula didapatkannya dan apa yang haram diambilnya haram pula diberikannya. Contoh : Khamr, narkoba haram membuat, membeli, membawa, menyimpan dan hasilnya haram. Hasil korupsi, suap haram. Ibnu Majah dan Turmudzi : 10 org dikutuk : produsen, distributor, pemakai, pembawa, pengirim, penuang, penjual, pemakai hasil, pembeli dan pemesan
52
Kaidah-kaidah umum فى تغير الفتوى واختلافها بحسب تغير الأزمنة والأمكنة والأحوال والنيات والعوائد Fatwa berubah dan berbeda sesuai dengan perubahan waktu, tempat, keadaan, niat dan adat. Contoh : Qaul qadim dan qaul jadid Niat Nabi Musa dan nabi sebelumnya dengan Nabi Muhammad Saw
53
المحافظة على القديم الصالح والأخذ بالجديد الاصلح
Kaidah-kaidah umum المحافظة على القديم الصالح والأخذ بالجديد الاصلح Memelihara keadaan yang lama maslahat dan mengambil yang baru yang lebih maslahat Contoh : Umar tidak memberi zakat kepada muallaf karena kondisi sudah berubah Tidak memotong tangan pencuri Membagi gono gini baru waris
54
الاصل فى الاشياء الاباحة الا ان يدل دليل على تحريمها
Kaidah-kaidah khusus الاصل فى الاشياء الاباحة الا ان يدل دليل على تحريمها الاصل فى الاشياء التحريم الا ان يدل دليل على اباحتها Hukum asal sesuatu itu boleh kecuali ada dalil yang melarang, hukum asal sesuatu itu haram kecuali ada dalil yang membolehkan. Contoh : Jual beli, sewa menyewa, hutang piutang, gadai Ibadah mahdhah
55
تصرف الامام على الرعية منوط بالمصلحة
Kaidah-kaidah khusus تصرف الامام على الرعية منوط بالمصلحة Kebijakan seorang pemimpin terhadap rakyatnya bergantung kepada kemaslahatan Contoh : - Setiap kebijakan yang maslahat dan manfaat bagi rakyat maka itulah yang harus direncanakan, dilaksanakan, diorganisir dan dievaluasi kemajuannya
56
Kaidah-kaidah skala prioritas
درء المفاسد مقدم على جلب المصالح دفع الضرر اولى من جلب النفع Menolak kemafsadatan didahulukan daripada meraih kemaslahatan Contoh : Khamr dan Judi Kejahatan-kejahatan yang lain
57
Kaidah-kaidah skala prioritas
اذا تعارض المفسدتان روعى اعظمهما ضررا بارتكاب اخفهما الارتكاب بأخف الضررين Apabila dua hal mafsadah bertentangan maka perhatikanlah yang mudharatnya lebih besar dengan melaksanakan yang mudharatnya lebh kecil Contoh : Sanksi bg penjahat dan biarkan kejahatan merajalela Merusak fisik dan penyakit perut membawa kematian
58
Kaidah-kaidah skala prioritas
اذا اجتمع الحلال والحرام غلب الحرام Apabila berkumpul antara yang halal dan haram pada waktu yang sama maka dimenangkan yg haram Contoh : Lemak babi dicampur dengan gandum utk roti, maka roti itu haram Uang hasil korupsi dan uang hasil panen beli laptop, maka laptop itu haram
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.