Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Week 5 Persepsi dalam desain.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Week 5 Persepsi dalam desain."— Transcript presentasi:

1 week 5 Persepsi dalam desain

2 warna

3 Pengertian warna Warna adalah spectrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna. Dimana cahaya itu sediri berwarna putih.

4 Rasa terhadap warna warna netral
adalah warna-warna yang tidak lagi memiliki kemurnian warna. Atau dengan kata lain sudah mengalami pencampuran warna warna kontras adalah warna yang saling bersebrangan di lingkaran warna. Sehingga berkesan berlawanan satu sama lainnya. Misalnya: hijau merah

5 warna panas adalah sekelompok warna rentang tengah lingkaran dari merah hingga kuning. Warna panas pada penggunaanya membuat benda terlihat lebih dekat. Tapi sebenarnya justru benda yang memiliki warna terang ini radiasi panasnya paling kecil. warna dingin adalah sekelompok warna rentang tengah lingkaran dari hijau hingga ungu. Warna dingin pada penggunaanya membuat benda terlihat lebih jauh. Tapi sebenarnya justru benda yang memiliki warna terang ini radiasi panasnya paling besar.

6 Makna budaya warna Merah Merah muda (pink) Orange Kuning Hijau Biru
Makna POSITIF Makna NEGATIF Merah Hangat, bersemangat Liar, ambisi, peperangan. Merah muda (pink) Musim semi, kelembutan, cinta, wanita, kemudaan. Homo/biseksual, tidak mantap. Orange Kehangatan, semangat, ceria. Agrsif, terlalu emosi. Kuning Kekayaan, emas, matahari, optimism. Tidak jujur, terlalu mancari perhatian. Hijau Alam, kehidupan, tumbuhan, kesehatan Tidak berpengalaman, tamak. Biru Kebebasan, awan, sejuk, damai. Kesedihan, dingin, depresi. Ungu Bangsawan, spiritual, rohani, kemakmuran. Sombong, angkuh,iri. Cokelat Tanah, bumi, netral, alami Kotor, ketinggalan jaman, membosankan. Abu-abu Formal, disiplin, sederhana. kesedihan, bosan, kaku, kotor Putih Disiplin, suci, bersih, damai, murni, salju, dingin, rendah hati. Hampa, kematian. Hitam Kokoh, kuat, anggun, mewah, modern, canggih, serius. Penyesalan, marah, kematian, berkabung, kesedihan.

7 Contoh aplikasi warna dan artinya
Warna perusahaan Biasanya bersifat formal. Misalnya biru hitam abu-abu Warna anak-anak Menunjukkan kemudaan dan keceriaan. Misal pink, biru muda, kuning, putih. Warna persahabatan Warna yg menonjolkan kesetiaan dan keteguhan. Misal biru, hitam, ungu. Warna perniagaan Warna yang menarik dan modern, berkesan mahal dan dapat dipercaya. Misal warna biru tua, emas, hitam. Warna rumah sakit dan kesehatan Melambangkan kesehatan dan kehidupan. Misal hijau muda, putih.

8

9 Green

10 Aktua is a non-profit green organization that works in Argentina and Spain. Their aim is to inform society about actual environmental problems and collect money for different green events. Of course this website has green color scheme and it is obvious. Original background attracts with fancy patterns and cute images in the header are very captivating.

11 White A classical digital communications companies Joomla website with information about their services. Simple and effective, the design of this site is noticeable for its clear style. Its navigation is self-explanatory. The impressive portfolio helps to present all the items in the best possible way.

12 A Theological Joomla site about church development aspects in Canada
A Theological Joomla site about church development aspects in Canada.  The bright illustration in the left sidebar of the site provides the additional visual cue to its whole official tone. The combination of two colors helps to put emphasis on certain elements of the design. One-page layout makes this site easy in use.

13 A web design Joomla site specializing on providing SEO optimization services. Easy on the eye cartoon style of this site creates the high positive feeling. The content is divided into blocks and it makes it readable and comprehensive. Bright colors in the header create cheerful tone.

14 GESTALT

15 Gestalt Teori gestalt membahas tentang cara manusia memandang sesuatu (terutama dalam bidang 2d). Dimana element2 yg muncul ditangkap oleh mata, kemudian secara keseluruhan (the whole) diambil kesimpulan yg termudah ( search for simplicity)

16 Prinsip utama dalam Gestalt
Orang selalu mengatur medan penglihatannya ke dalam : Figur ( figure ) Latar belakang ( ground )

17 Figure and ground Prinsip ini menggambarkan bahwa manusia, secara sengaja maupun tidak, memilih dari serangkaian stimulus, mana yang menjadi fokus atau bentuk utama [=figure] dan mana yang menjadi latar [=ground]. stable figure/ground, reversible figure/ground, ambigous figure/ground

18 stable figure/ground reversible figure/ground ambigous figure/ground

19

20

21

22

23

24 Prinsip pengorganisasian (untuk mendukung gestalt)
Untuk mempersepsi stimulus mana menjadi figure dan mana yang ditinggalkan sebagai ground, ada beberapa prinsip pengorganisasian. Principle of Proximity : Organisasi berdasarkan kedekatan elemen Principle of Similarity : Organisasi berdasarkan kesamaan elemen   Principle of Closure : Bentuk yang sudah familiar dipandang sebagai bentuk utuh meski sebenarnya tidak

25 Principle of Proximity Principle of Similarity Principle of Closure 

26 Persepsi Total Bila kita menyusun suatu teka-teki “jigsaw” (potongan gambar), warna & ukuran potongan gambar tersebut terlihat lain dibandingkan bila teka-teki ini sudah tersusun

27 Dalam kehidupan sehari-hari, contohnya adalah
Fenomena tentang bagaimana gosip bisa begitu berbeda dari fakta yang ada. Fakta yang diterima sebagai informasi oleh seseorang, kemudian diteruskan ke orang lain setelah “dilengkapi” dengan informasi lain yang dianggap relevan walaupun belum menjadi fakta atau tidak diketahui faktanya.

28 Faktor psikologis yg mempengaruhi persepsi (determinan persepsi)
Faktor yang sangat dominan adalah faktor ekspektansi dari si penerima informasi sendiri.   Dipengaruhi oleh beberapa hal: Ketersediaan informasi sebelumnya  Kebutuhan  Pengalaman masa lalu Ketersediaan informasi sebelumnya  ketiadaan informasi ketika seseorang menerima stimulus yang baru bagi dirinya akan menyebabkan kekacauan dalam mempersepsi. Kebutuhan  seseorang akan cenderung mempersepsikan sesuatu berdasarkan kebutuhannya saat itu. Pengalaman masa lalu sebagai hasil dari proses belajar, pengalaman akan sangat mempengaruhi bagaimana seseorang mempersepsikan sesuatu.

29 Emosi Impresi Konteks Emosi
akan mempengaruhi seseorang dalam menerima dan mengolah informasi pada suatu saat, karena sebagian energi dan perhatiannya [menjadi figure] adalah emosinya tersebut. Impresi  stimulus yang salient / menonjol, akan lebih dahulu mempengaruhi persepsi seseorang. Gambar yang besar, warna kontras, atau suara yang kuat dengan pitch tertentu, akan lebih menarik seseorang untuk memperhatikan dan menjadi fokus dari persepsinya. Konteks walaupun faktor ini disebutkan terakhir, tapi tidak berarti kurang penting, malah mungkin yang paling penting. Konteks bisa secara sosial, budaya atau lingkungan fisik. Konteks memberikan ground yang sangat menentukan bagaimana figure dipandang. Fokus pada figure yang sama, tetapi dalam ground yang berbeda, mungkin akan memberikan makna yang berbeda.

30 Aplikasi prinsip gestalt dalam letterform

31 Aplikasi prinsip gestalt dalam shape

32 semiotika

33 Semiotika (ilmu simbol)
Semiotic  atau semiology adalah ilmu tentang tanda-tanda atau symbol. Untuk menggambarkan serta menyampaikan maksud secara visual diperlukan sebuah gambar yang dengan baik bisa dipersepsikan sama oleh penerimanya. Semiotik secara etimologi berasal dari kata Yunani semeion yang berarti ”tanda”. Secara terminologi semiotik dapat didefinisikan sebagai ilmu tentang tanda-tanda. Ilmu ini menganggap bahwa fenomena sosial/masyarakat dan kebudayaan itu merupakan bentuk dari tanda- tanda. Semiotik juga mempelajari sistem-sistem, aturan-aturan, konvensi-konvensi yang memungkinkan tanda-tanda tersebut memiliki arti.

34 Ferdinand de Saussure Mendefinisikan semiotika (semiologi) sebagai ilmu yang mengkaji tentang peran tanda sebagai bagian dari kehidupan sosial. Menurut Saussure tanda mempunyai dua entitas, yaitu signifier dan signified atau wahana tanda dan makna atau penanda dan petanda (signifier+signified= sign). Secara implisit dari pengertian ini menunjukkan relasi bahwa bila tanda adalah bagian kehidupan sosial, maka tanda merupakan bagian dari aturan-aturan yang berlaku (kode). Misal system tanda (sign system) dan social system yang saling berkaitan

35 coba perhatikan karya berikut: apa yang dapat kita tangkap dari gambar (penanda) hati (heart) yang memiliki petanda sebagai cinta ( love), dan sebagainya.

36 Bagaimana pemanfaatan dan Penerapan semiotika pada komunikasi?
Contoh dalam kehidupan sehari-hari kita misalnya lampu merah sebagai contoh pengorganisasian tanda ke dalam kode. Dalam pandangan semiologi milik Saussure rambu lalu lintas adalah bentuk paradigma (kumpulan tanda) yang dipergunakan secara sintagmatik menjadi susunan tanda yang terpadu dan dipilih untuk dipergunakan dalam sistem kode (konvensi).

37

38 Semiotika dalam desain
Adalah ilmu komunikasi yang berkaitan dengan pembuatan tanda-tanda/symbol/isyarat serta penerapanya. Yang dalam penerapannya menyangkut juga budaya, adat istiadat, dan kebiasaan di masyrakat yang dituju.

39 Sematik / makna dibagi menjadi 2:
Makna denotative Makna yang sesunguhnya. Merupakan pencintraan diri dari apa yg divisualkan sehingga mengurangi kemungkinan terjadi salah paham. Makna konotatif Makna perumpamaan, makna disamping yang sebenarnya (tersirat)

40 Object Denotatif Konotatif bunga tanaman Cantik berawan Cuaca mendung
Sedih, flu, sakit semut serangga Rajin, gotong royong Batu karang Batuan dipinggir pantai Ketegaran, setia buaya Binatang melata Playboy

41 Memberikan makna secara internal
Perlu diperhatikan bahwa manusia bisa memberikan makna secara internal. Jadi satu oject belum tentu memiliki arti yg sama jika di pandang di berbagai ruang lingkup penggunaan. Perlu diperhatikan pemaknaan yg berbeda2 juga memungkinkan terjadinya object yg memilki makna yang berbeda.

42 Makna 1 Makna 2 Warna putih Kesucian, pernikahan Kematian, kesedihan
Ular Simbol dunia kedokteran Symbol kebohongan Angka 4 Seperti kaki meja kokoh Buruk symbol kematian Banyak anak Banyak rejeki Banyak pengeluaran

43 Visualisasi yg merujuk pada lingkungan sekitar
Sematik indrawi memvisualisasikan indra pendengaran memvisualisasikan indra peraba memvisualisasikan indra penciuman Memvisualisasikan karakter atau sifat Memvisualisasikan suasana

44 Sehingga lebih mudah diterima oleh audiencenya.
Stilasi Dalam usaha memvisualisasikan sebuah ide, seseorang dituntut untuk memiliki kemampuan menyederhanakan sebuah ide. Sehingga lebih mudah diterima oleh audiencenya. Contoh stilasi arti  Wanita distilasikan sebagai bunga

45


Download ppt "Week 5 Persepsi dalam desain."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google