Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENJELASAN TENTANG SENSOR POSISI PENJELASAN TENTANG SENSOR POSISI KELOMPOK 8 : MUHAMMAD FAISAL T. ANDI CAHYA ADI P.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENJELASAN TENTANG SENSOR POSISI PENJELASAN TENTANG SENSOR POSISI KELOMPOK 8 : MUHAMMAD FAISAL T. ANDI CAHYA ADI P."— Transcript presentasi:

1 PENJELASAN TENTANG SENSOR POSISI PENJELASAN TENTANG SENSOR POSISI KELOMPOK 8 : MUHAMMAD FAISAL T. ANDI CAHYA ADI P.

2 Sensor yang melaporkan posisi suatu benda degan mengacu pada rujukan tertentu. Hasil sensor posisi atau perpindahan dapat digunakan untuk mengukur perpindahan linier atau angular. Teknis perlakuan sensor dapat dilakukan dengan cara terhubung langsung (kontak ) dan tidak terhubung langsung ( tanpa kontak ). APA ITU SENSOR POSISI ??

3 Macam- macam Sensor Posisi Strain Gauge Draw wire displacement sensor Linier Variable Differential Transformer

4 -STRAIN GAUGE- Adalah komponen elektronika yang dipakai untuk mengukur tekanan (deformasi atau strain) pada alat ini.Strain gage mengukur gaya luar(tekanan) yang terhubung dengan kawat. Strain gauge dapat dijadikan sebagai sensor posisi. SG dalam operasinya memanfaatkan perubahan resistansi sehingganya dapat digunakan untuk mengukur perpindahan yang sangat kecil akibat pembengkokan (tensile stress) atau peregangan (tensile strain).

5 -Prinsip Kerja Strain Gage- Ketika terjadi regangan pada suatu benda uji (specimen) yang telah di pasangi strain gauge, maka regangan itu terhantarkan melalui alas gauge (isolatif) pada foil atau penghantar resistif di dalam gauge tersebut. Hasilnya adalah foil atau penghantar halus tadi akan mengalami perubahan nilai resistansinya. Perubahan resistansi ini berbanding lurus terhadap besarnya regangan.

6 Strain adalah jumlah deformasi dari suatu bagian dalam kaitannya dengan gaya. Secara rinci strain (e) digambarkan sebagai perubahan panjang, seperti yang terlihat pada gambar diatas ini.

7 Check this out !!!

8 -Linier Variable Differential Transformer- (LVDT) Sensor Linear Variable Differential Transformers (LVDT) adalah suatu sensor yang bekerja berdasarkan prinsip trafo diferensial dengan gandengan variabel antara gandengan variable antara kumparan primer dan kumparan sekunder. Pada aplikasinya LVDT dapat digunakan sebagai sensor jarak, sensor sudut, dan sensor mekanik lainnya.Untuk kali ini sensor ini diaplikasikan sebagai sensor jarak.

9 Suatu LVDT pada dasarnya terdiri dari sebuah kumparan primer, dua buah kumparan sekunder, dan inti dari bahan feromagnetik. Kumparan-kumparan tersebut dililitkan pada suatu selongsong, sedangkan inti besi ditempatkan didalam rongga selongsong tersebut. Selongsong ini terbuat dari bahan non-magnetik. Kumparan primer dililitkan ditengah selongsong, sedangkan kedua kumparan sekunder dililitkan disetiap sisi kumparan primer. Kedua kumparan sekunder ini dihubungkan seri secara berlawanan dengan jumlah lilitan yang sama.

10 Check this out !!!

11 -Draw wire displacement sensor- Draw-wire displacement sensor adalah sensor untuk mengukur jarak atau perpindahan linear melalui sebuah kabel yang diproduksi dari untaian highly- flexible stainless steel strands yang memutar pada sebuah puli/pully yang melewati sebuah motor pegas yang tahan lama.

12 Sensor dengan akurasi yang sangat tinggi (<0.1% FSO) dan pemakaian yang sangat lama dengan harga kompetitif. sangat fleksibel untuk interface ( 4..20mA, 0..10V, potentiometric, quadrature encoders atau various bus interfaces) Micro Epsilon menawarkan variasi range pengukuran mulai dari 50mm sampai mm dengan ketelitian resolusi (perubahan terkecil yang dapat dibaca) mencapai 1μm, linearity mencapai 0.02% FSO (full scale output ) dengan bermacam–macam konfigurasi.

13 Aplikasi Draw wire displacement sensor MK30 draw-wire displacement sensor mengukur posisi tempat tidur rumah sakit. Sensor miniature ini menawarkan pengukuran yang presisi meskipun dalam aplikasi dimana ruang instalasi sangat terbatas/sempit sekalipun

14 Check this out !!!

15 Cahya Muhammad


Download ppt "PENJELASAN TENTANG SENSOR POSISI PENJELASAN TENTANG SENSOR POSISI KELOMPOK 8 : MUHAMMAD FAISAL T. ANDI CAHYA ADI P."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google