Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KARYA SENI AMRI YAHYA Oleh : Aulia hazar putri XII IPA 8.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KARYA SENI AMRI YAHYA Oleh : Aulia hazar putri XII IPA 8."— Transcript presentasi:

1 KARYA SENI AMRI YAHYA Oleh : Aulia hazar putri XII IPA 8

2 PROFIL AMRI YAHYA : 1. Nama lengkap : Ki Prof. Dr. H. Amri Yahya 2. Tempat tanggal lahir : Ogan Ilir-Palembang, 29 September Agama : Islam 4. Pekerjaan : Guru besar Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta. 5. Nomer Induk Pegawai : Bidang Ilmu : Seni Lukis dan Pendidikan Seni Rupa 7. Status Keluarga : Menikah 8. Alamat : Jl. Gampingan No.6 Yogyakarta 55253

3 Ayah : Yahya (alm. 1951) Ibu :Zainab (almh. 1985) Istri : Hj. Sud Sri Zuzamti (lahir 9 September 1944) Anak : 1. Emi Palupi Yogananti (1962) 2. Adwi Prasetya Yogananta (1964) 3. Yunipan Nur Yogananta 91967) 4. Feriqo Asya Yogananta (1970) Menantu : 1. H. Yanrezeki (1959) 2. Jubaidah (1965) 3. Dwiyana Putri Nurcahyani (1975) Cucu : 1. Hajar Ismail (1983) 2. P.K. Arasy Amri (1991) 3. Mirza Nur Marhan (1994) 4. Juan Gifari Amri (2002)

4 BIOGRAFI AMRI YAHYA Amri Yahya dan Seni Lukis Kaligrafinya Tahun 1976–2000 M Sekitar abad ke-20, banyak tokoh seniman yang bermunculan di Indonesia. Akan tetapi, masyarakat Indonesia banyak yang tidak mengetahui perjalanan hidup dari para tokoh seniman tersebut. Bahkan masyarakat kebanyakan hanya mengetahui nama-nama mereka saja. Salah satu seniman yang terkenal pada waktu itu adalah Amri Yahya, dia banyak mencurahkan perhatiannya terhadap dunia seni, terutama seni lukis. Dia banyak menghasilkan karya seni, baik berupa lukisan murni maupun lukisan kaligrafi islami. Hasil karyanya banyak dikoleksi oleh berbagai lapisan masyarakat baik dalam maupun luar negeri, mulai dari pejabat, pengusaha, maupun orang-orang awam.

5 Amri Yahya merupakan salah satu tokoh seni lukis batik kontemporer, dia juga menjadi salah satu pelopor seni lukis kaligrafi islami. Dia adalah seorang seniman sekaligus dosen seni di berbagai universitas ternama di Yogyakarta, seperti UNY, UIN Sunan Kalijaga, UII, AKK, dan lain-lain. Kepatuhannya dalam dunia seni telah mengantarkan dia memperoleh gelar doktor dan profesor honoris causa dari Universitas Negeri Yogyakarta. Hal-hal yang melatarbelakangi dia menekuni seni lukis kaligrafi adalah karena faktor usia, ingin lebih mendekatkan diri kepada Allah, terinspirasi pada waktu berkunjung ke luar negeri dan kota-kota besar di Indonesia, mengikuti tren yang sedang berkembang di masyarakat, dan berniat untuk dakwah di jalan Allah. Perkembangan yang terjadi pada hasil lukisan kaligrafinya sangat signifikan dari waktu ke waktu, mulai dari bentuk tulisannya yang sederhana, kemudian lebih indah dan seterusnya. Model tulisan kaligrafinya bercorak naskhi dan tsulus, adapun alirannya adalah abstrak-ekspresionis. Lukisan kaligrafi yang dihasilkannya mengandung banyak nilai di dalamnya, yaitu nilai keindahan, nilai pendidikan, dan nilai dakwah. Hal ini dapat dilihat dari bentuk tulisannya yang sederhana, dan mudah difahami.

6 PANDANGAN UMUM Amri Yahya adalah sosok yang tak hanya pintar melukis batik tapi juga mencermati dan mengkritisi sikap bangsa Indonesia dalam memperlakukan batik. Ia sangat sedih luar biasa saat mengetahui Malaysia berupaya mematenkan batik sebagai karya negeri jiran tersebut. ”Padahal dunia luar sudah lama mengetahui dan mengakui bahwa batik adalah milik bangsa Indonesia. Hampir di seluruh wilayah Indonesia mengenal seni batik. Ini merupakan kesalahan kita sendiri, karena kita kurang menghargai apa yang disebut hak paten,” katanya.

7 Ia begitu dikenal sebagai pelukis batik yang tersohor hingga mancanegara. Kesetiaannya terhadap dunia seni itu telah mengantarkan ia meraih gelar doktor dan profesor honoris causa. Amri yang kesehariannya juga menjadi dosen itu pun disebut-sebut sebagai perintis terkemuka dalam seni lukis batik kontemporer. Pilihannya menjadi pelukis batik, bukan hanya karena ingin mencari sesuatu yang lain tapi juga karena ia ingin menjaga salah satu akar seni tradisional Indonesia. Karena itulah, dalam wawancara dengan wartawan sebelum ia wafat, Amri sempat menyatakan kesedihannya ketika ada negara lain yang mengklaim batik sebagai karya budaya mereka. Wajar jika sepanjang perjalanan hidupnya, ia total mendedikasikan diri bagi upaya menjaga dan melestarikan batik Indonesia. Saking cintanya kepada batik, setiap kali ayah empat anak ini diundang untuk pameran dan ceramah ia selalu membawa perabotan membatik dan melukis secara lengkap seperti kompor kecil, canting, lilin dan lainnya. Disela ceramahnya, ia mendemonstrasikan keahlian melukis batik.

8 KARYA-KARYA AMRI YAHYA

9

10 Kritik karya Amri Yahya : Menurut saya karya dari amri yahya ini merupakan lukisan yang sederhana namun terlihat sangat menarik untuk dilihat. Walaupun hanya bercorak abstrak tetapi karyanya sangatlah menarik, penuh arti, dan sangat luar biasa.


Download ppt "KARYA SENI AMRI YAHYA Oleh : Aulia hazar putri XII IPA 8."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google