Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN Pertemuan ke-3 ( PEMODELAN )

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN Pertemuan ke-3 ( PEMODELAN )"— Transcript presentasi:

1 SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN Pertemuan ke-3 ( PEMODELAN )

2 ANGGOTA KELOMPOK PIYAN11170260 SUBANDI11170216 JUAN TAMARA11170118 AHMAD BASTIAN 11170175 LUKMANUL HAKIM11170041

3 DEFINISI  Adalah cara sederhana untuk memandang suatu masalah.  Model sebagai suatu representasi (penggambaran) atau formalisasi dalam bahasa tertentu (yang disepakati) dari suatu system nyata.  Sistem nyata yaitu system yang sedang berlangsung dalam kehidupan, system yang menjadi titik perhatian dan dipermasalahkan.

4 Kegunaan Model :  Membantu berpikir, menerangkan fakta  Untuk komunikasi/instruksi  Untuk prediksi/penafsiran  Untuk pengendalian  Pengganti teori/bila teori sudah ada, sebagai koreksi terhadap teori tersebut.

5 JENIS MODEL Terdapat empat jenis model dasar, yaitu : 1. Model fisik, gambaran entitas dalam bentuk 3 dimensi. 2. Model naratif, gambaran entitasnya secara lisan atau tulisan. Model ini sering digunakan para manajer, namun jarang dikenali sebagai suatu model. 3. Model grafik, gambaran entitasnya dengan sejumlah garis, symbol atau bentuk.

6 4. Model matematika, gambaran dalam bentuk Model matematika yang digunakan para manajer bisnis umumnya tidak lebih rumit daripada model yang biasa digunakan dalam matematika.

7 Model Mobil Pagani Zonda Aero Blue - Super Paper Model (carro De Papel) 1. Contoh Model Fisik

8 2. Contoh Model Naratif Model Naratif “Usercase Diagram” online shop

9 3. Contoh Model Grafis Pemodelan grafis dengan flowchart

10 3. Contoh Model Matematis

11 Tujuan penggunaan model adalah untuk memudahkan dalam pemahaman dan untuk meramalkan sesuatu sebagai bentuk prediksi. Memudahkan pemahaman, biasanya dibuatkan model yang dibuat lebih kecil dari aslinya (object) seperti peta dibuatkan peta agar mudah dipahami dan lebih kecil dari wujud sesungguhnya dalam hal penunjukan gedung, danau, atau yang lainnya. TUJUAN PEMODELAN

12 Sebagi ramalan (prediksi), merupakan suatu minat yang dikarenakan kegunaan model membantu pemahaman lebih sedikit dibanding kemampuannya untuk meramal. Karena manajer berhubungan dengan dengan dampak potensial dari keputusannya pada perusahaanya, sehingga model matematis lebih banyak membantu dalam peramalan walaupun tidak sepenuhnya selalu berhasil. TUJUAN PEMODELAN

13 Keuntungan dari pemodelan : 1.Dengan model, dapat dilakukan analisis dan percobaan dalam situasi yang kompleks dengan mengubah nilai atau bentuk relasi antar variable yang tidak mungkin dilakukan pada system nyata. 2.Model memberikan penghematan dalam mendeskripsikan suatu keadaan nyata 3.Penggunaan model dapat menghemat waktu, biaya, tenaga, dan sumber daya berharga lainnya dalam analisis permasalahan 4.Model dapat memfokuskan perhatian lebih banyak pada karakteristik yang penting dari masalah

14 Kerugian dari pemodelan 1.Sulitnya pemodelan sistem bisnis akan menghasilkan model yang tidak dapat menangkap semua pengaruh pada entity. Sebagai contoh, dalam penentuan model harga yang baru saja, perusahaan harus melakukan estimasi nilai untuk elemen data skenario, hal ini berarti keputusan yang benar - benar tepat harus ditetapkan dalam pengimplementasian keputusan didasarkan hasil simulasi. 2. Dibutuhkan keterampilan matematis yang tinggi Untuk mengembangkan model yang lebih kompleks secara pribadi. Keterampilan ini dibutuhkan juga untuk menerjemahkan output secara tepat.

15 JENIS PEMODELAN MATEMATIS 1.Model statis dan model dinamis. Model statis tidak memasukan waktu sebagai variabel, model ini lebih berkaitan dengan situasi pada saat tertentu, seperti sebuah potret, sedangkan model dinamis mamasukan unsur waktu sebagai variabel dan mewakili tingkah laku entity sepanjang waktu seperti layaknya gambar hidup. 2. Model Probabilistik dan deterministik. Model yang memiliki jangkauan peluang mulai dari 0.00 (untuk sesuatu yang tidak memiliki peluang) hingga 1.00 (untuk sesuatu yang nyata terjadi). Model ini merupkan lawan dari model dinamis.

16 JENIS PEMODELAN MATEMATIS 3. Model Optimasi dan Suboptimasi (satisficing model).Model optimalisasi adalah model yang Menentukan pemecahan terbaik dari alternatif yang ada, sedangkan model suboptimasi merupakan model yang tidak mengidentifikasi keputusan akan penyelesaian yang terbaik, namun dikembalikan kepada manajer.

17 Konsep Dasar Tiga fase Pengembangan Siklus Model : 1. Fase Penentuan Masalah, 2. Fase Pengembangan Model, 3. Fase Pengambilan Keputusan

18 Fase Siklus Model Pada SPK/DSS terdapat banyak macam model yang dapat digunakan untuk membantu memberikan dukungan keputusan.

19 Definisi Group Decision Support System (GDSS) adalah sistem yang digunakan oleh sekelompok orang untuk mencari penyelesaian masalah dengan menggunakan teknologi komunikasi, komputasi dan dukungan keputusan.

20 Tujuan GDSS Tujuan GDSS untuk pertukaran ide, opini, dan preferensi dalam kelompok yang saling membutuhkan, walaupun sering menemukan hambatan. Pada Intinya saling memberikan kontribusi pendefinisian dan mengidentifikasi masalah yang lebih baik.

21

22 Kerangka Dasar SPK Komponen SPK Memiliki 3 (tiga) subsistem utama : a. Subsistem Manajemen Basis Data Memiliki kemampuan sbb : - Mengkombinasikan berbagai variasi data - Menambahkan sumber data secara cepat - Menggambarkan struktur data logikal sesuai pengertian pemakai - Menangani data secara personil - Mengelola berbagai variasi data b. Subsistem Manajemen Basis Model Memiliki kemampuan sbb : - Menciptakan model-model baru secara cepat dan mudah - Mengakses dan mengintegrasikan model-model keputusan - Mengelola basis model dgn fungsi manajemen yg analog dan manajemen data base

23 Kerangka Dasar SPK Subsistem Perangkat Lunak Dialog Bennet mendefinisikan komponen dari subsistem perangkat lunak dialog :  Pemakai  Terminal  Perangkat Lunak

24 Subsistem ini dibagi menjadi 3 (tiga) bagian : 1. Bahasa Aksi Meliputi apa yg dpt digunakan oleh pemakai dalam berkomunikasi dgn sistem (keyboard, panel sentuh, joystick dll) 2. Bahasa Tampilan Meliputi apa yg harus diketahui oleh pemakai (printer, layar tampilan, suara, dll) 3. Basis Pengetahuan Meliputi apa yg harus diketahui oleh pemakai agar pemakaian sistem bisa efektif (manual book, kartu referensi dll)

25 CONTOH KASUS PENENTUAN STRATEGI PENGEMBANGAN IKM BERBASIS PERTANIAN

26


Download ppt "SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN Pertemuan ke-3 ( PEMODELAN )"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google