Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAHAN TATAP MUKA III PO & TUGAS UNTUK KELAS III.D & III.B

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAHAN TATAP MUKA III PO & TUGAS UNTUK KELAS III.D & III.B"— Transcript presentasi:

1 BAHAN TATAP MUKA III PO & TUGAS UNTUK KELAS III.D & III.B
JELASKAN HUBUNGAN VARIABEL DEPENDEN DENGAN VARIABEL INDEPENDEN DI LEVEL INDIVIDU : 1. KARAKTERISTIK BIOGRAFIS/CIRI – CIRI BIOGRAFIS 2. KEMAMPUAN 3. PEMBELAJARAN SUMBER : BAHAN TATAP MUKA II DAN TATAP MUKA III JAWABAN DIBUAT DI KERTAS DOBEL FOLIO DENGAN TULISAN TANGAN

2 KARAKTERISTIK BIOGRAFIS KEMAMPUAN PEMBELAJARAN
DASAR DASAR PERILAKU INDIVIDU (1) KARAKTERISTIK BIOGRAFIS KEMAMPUAN PEMBELAJARAN

3 KARAKTERISTIK BIOGRAFIS
VARIABEL INDEPENDEN (LEVEL TINGKAT INDIVIDU) KARAKTERISTIK BIOGRAFIS

4 KARAKTERISTIK BIOGRAFIS vs variabel dependen
USIA 2. JENIS KELAMIN STATUS PERKAWINAN 4. MASA KERJA PRODUKTIFITAS KEABSENAN PENGUNDURAN DIRI PERILAKU KEWARGA ORGANISASI KEPUASAN KERJA

5 VARIABEL INDEPENDEN (LEVEL TINGKAT INDIVIDU)
KEMAMPUAN

6 Kemampuan KAPASITAS/SIFAT INDIVIDU YG DIBAWA SEJAK LAHIR ATAU DIPELAJARI YG MEMUNGKINKAN SESEORANG U/ MELAKUKAN /MENYELESAIKAN BERBAGAI MACAM TUGAS DAN PEKERJAAN

7 Kemampuan Kemampuan Intelektual :
KAPASITAS /SIFAT YG DIBUTUHKAN U/ MELAKUKAN AKTIFITAS MENTAL SESEORANG. TES IQ DIMENSI INTELEKTUAL MULTI INTELEGENSIA (KECERDASAN : KOGNITIF, SOSIAL, EMOSI, BUDAYA)

8 Dimensi Kemampuan intelektual
Gambaran Contoh Pekerjaan Kemampuan Numerik Untuk melakukan perhitungan cepat dan akurat Akuntan Pemahaman verbal Memahami apa yang dibaca atau didengar dan hub. Antar kata Manajer Pabrik Kecepatan Perseptual Mengidentifikasi kesamaan dan perbedaan visual dgn cepat dan akurat Penyelidik Penalaran Induktif Mengidentifikasi rangkaian logis masalah dan kemudian memecahkan masalah tsb Peneliti Pasar Penalaran Deduktif Menggunakan logika dan menilai implikasi argumentasi Penyelia Visualisasi Ruangan Menggambarkan bagaimana penampakan obyek tertentu jika posisi dalam ruangannya diubah Arsitek Memori Kemampuan mempertahankan dan mengingat kembali pengalaman masa lalu Penjaga Toko

9 Kemampuan Kemampuan Fisik = Kemampuan menjalankan tugas yang menuntut stamina, ketrampilan, kekuatan dan karakteristik serupa .

10 9 kemampuan fisik dasar Faktor - Faktor Kekuatan Kemampuan dinamis
Kekuatan Otot Bawah Kekuatan statis Kekuatan Eksplosif Kemampuan memanfaatkan kekuatan otot secara terus menerus dalam waktu tertentu Kemampuan memanfaatkan kekuatan otot bagian b awah (terutama otot perut) Kekuatan u/ memanfaatkan kekuatan u/ membendung obyek-obyek eksternal Kemampuan memanfaatkan energi maksimum dalam satu akta atau serangkaian kegiatan eksplosif Faktor Faktor Fleksibilitas Fleksibilitas jangkauan Fleksibiltas dinamik Kemampuan menggerakka n otot bawah atau belakang Kemampuan melakukan gerakan2 meregang cepat dan berulang2 Faktor Faktor Lain Koordinasi Tubuh Keseimbangan Stamina Kemampuan mengkoordinasikan tindakan2 simultan anggota tubuh yang berbeda Kemampuan menjaga keseimbangan meski ada kekuatan yang menggoyahkan Kemampuan mengarahkan upaya maksimum yang mensyaratkan upaya terus menerus

11 VARIABEL INDEPENDEN (LEVEL TINGKAT INDIVIDU)
PEMBELAJARAN

12 PEMBELAJARAN setiap perubahan perilaku yang relatif permanen yang terjadi sbg hasil pengalaman Defenisi Pembelajaran terdiri dari beberapa komponen : Melibatkan perubahan Relatif Permanen Terfokus pada perubahan perilaku

13 TEORI TEORI PEMBELAJARAN
Pengkondisian Klasik PENGKONDISIAN OPERAN PEMBELAJARAN SOSIAL

14 TEORI PENGKONDISIAN KLASIK
Pengkondisian yg didalamnya individu menanggapi sejumlah perangsang yang tidak secara biasa menghasilkan tanggapan semacam itu, EKSPERIMEN PSIKOLOG RUSIA : IVAN PAVLOV ( PENYAJIAN DAGING, BUNYI BEL DAN AIR LIUR ANJING)

15 TEORI pengkondisian klasik
RANgSANGAN TAK TERKONDISI = DAGING RESPON TAK TERKONDISI = PENINGKATAN AIR LIUR RANgSANGAN TERKONDISI = BEL MENYAJIKAN DAGING KE ANJING TERJADINYA PENINGKATAN AIR LIUR YANG DAPAT DICATAT TANPA DAGING HANYA DIBUNYIKAN BEL TIDAK MENGELUARKAN AIR LIUR MENGKAITKAN DAGING DENGAN DERING BEL, DAN BERULANG-ULANG DIBUNYIKAN BEL SEBELUM DIBERI DAGING MULAI MENGELUARKAN AIR LIUR SETELAH BEL BERBUNYI SETIAP BEL BERBUNYI AKAN MENGELUARKAN AIR LIUR SEMATA-MATA

16 TEORI PENGKONDISIAN OPERAN
PERILAKU SUKARELA YANG DIHARAPKAN MEMBUAHKAN HADIAH ATAU MENCEGAH HUKUMAN (PSIKOLOG DARI HARVARD : B.F SKINNER) MENCIPTAKAN KONSEKUENSI2 YG MENYENANGKAN U/ MENGIKUTI RAGAM2 PERILAKU YG KHUSUS. CTH : NILAI TINGGI = JAWABAN BENAR KOMISI BESAR = PENJUALAN TINGGI

17 Contoh : teori pengkondisian operan
S R S R2 Sebuah memo yang menginstruksikan bawahan agar menyiapkan anggaran stimulus terkondisi (Yang mendahului) Mempersiapkan anggaran TANGGAPAN OPERAN TERKONDISI (PERILAKU) Menerima Pujian berharga dari atasan PENGUATAN STIMULUS (KONSEKUENSI) Rasa Kepuasan TANGGAPAN TAK TERKONDISI

18 TEORI PEMBELAJARAN SOSIAL
MANUSIA DAPAT BELAJAR MELALUI PENGAMATAN DAN PENGALAMAN LANGSUNG MERUPAKAN PERPANJANGAN DARI TEORI PENGKONDISIAN OPERAN PEMBELAJARAN OBSERVASIONAL DAN PERSEPSI DALAM PEMBELAJARAN ADA 4 PROSES YG MENENTUKAN PENGARUH PADA MODEL CONTOH : PROGRAM PELATIHAN KARYAWAN

19 TEORI PEMBELAJARAN SOSIAL
PROSES PERHATIAN PROSES RETENSI PROSES REPRODUKSI MOTOR PROSES PENGUATAN

20 4 proses pembelajaran sosial
1.Proses-proses perhatian : org yg belajar dari seseorang model 2 Proses-proses penahanan : pengaruh suatu model akan bergantung kpd btp baik individu mengingat 3. Proses reproduksi motor : perilaku seseorg muncul stlh mengamati model baru 4. Proses-proses penguatan : apabila individu akan dimotivasi memperagakan perilaku modelnya jika disediakan ransangan positif (ganjaran)

21 Pembentukan PERILAKU Pembelajaran dapat diarahkan untuk membentuk perilaku seseorang individu MEMBENTUK PERILAKU : SEC SISTEMATIS MENGUATKAN SETIAP LANGKAH YG BERURUTAN YG MENGGERAKKAN INDIVIDU LEBIH DEKAT KE RESPON YG DIHARAPKAN

22 Metode peMBENTUK PERILAKU
Penguatan Positif = respon dengan sesuatu yang menyenangkan Penguatan negatif = respon diikuti oleh penghentian atau penarikan kembali suatu kegiatan Hukuman = menyingkirkan perilaku yang tidak diinginkan dgn menciptakan kondisi yang tidak menyenangkan PEMUSNAHAN = MENGHAPUSKAN PENGUATAN APA SAJA YANG MEMPERTAHANKAN PERILAKU TERTENTU

23 DAMPAK PENGUATAN POSITIF & NEGATIF
SEJUMLAH TIPE PENGUATAN DIPERLUKAN U/ MENGHASILKAN PERUBAHAN PERILAKU SEJUMLAH TIPE HADIAH AKAN LEBIH EFETIF DIGUNAKAN DALAM ORGANISASI DARIPADA CARA LAIN KECEPATAN BERLANGSUNGNYA PROSES PEMBENTUKAN DAN DAMPAKNYA YG PERMANEN AKAN DITENTUKAN OLEH PENGATURAN WAKTU PENGUATAN

24 DUA TIPE JADWAL PENGUATAN
PENGUATAN BERKESINAMBUNGAN = PERILAKU YG DIINGINKAN DIPERKUAT SETIAP SAAT PERILAKU ITU DIJALANKAN PENGUATAN BERKALA = PERILAKU YG DIINGINKAN DIPERKUAT SEC. CUKUP SERING U/ MEMBUAT PERILAKU TSB LAYAK DIULANGI NAMUN TDK SETIAP SAAT KETIKA PERILAKU ITU DIJALANKAN JADWAL INTERVAL TETAP = HADIAH DIBERIKAN PADA INTERVAL WAKTU YG SERAGAM JADWAL INTERVAL VARIABEL = HADIAH DIMUNCULKAN SETELAH SERANGKAIAN RESPON DIBERIKAN DLM JUMLAH YG TETAP ATAU KONSTAN

25 Jadwal 2 penguatan JADWAL PENGUATAN SIFAT PENGUATAN DAMPAK PADA
PERILAKU CONTOH BERKESINAMBUNGAN HADIAH DIBERIKAN SETELAH SETIAP PERILAKU YG DIINGINKAN PEMBELAJARAN CEPAT PERILAKU BARU NAMUN CEPAT HILANG PUJIAN INTERVAL TETAP HADIAH DIBERIKAN BERDSR WAKTU YG VARIABEL KINERJA RATA2 DAN TDK BERATURAN DGN KEPUNAHAN CEPAT UPAH MINGGUAN INTERVAL VARIABEL HADIAH DIBERIKAN BERDASAR WAKTU YG VARIABEL KINERJA MODERAT DAN TINGGI DG KEPUNAHAN LAMBAT PERTANYAAN2 DADAKAN RASIO TETAP HADIAH DIBERIKAN BERDSR JLH OUTPUT TERTENTU YG TETAP KINERJA TINGGI DAN STABIL DPT DIRAIH DG CPT NAMUN JG DISERTAI KEPUNAHAN CEPAT PEMBYRAN PER PTG ATAU PER UNIT RASIO VARIABEL HADIAH DIBERIKAN BERDASAR JLH VARIABEL OUTPUT KINERJA SANGAT TINGGI DENGAN KEPUNAHAN LAMBAT PENJUALAN BERKOMISI


Download ppt "BAHAN TATAP MUKA III PO & TUGAS UNTUK KELAS III.D & III.B"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google