Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Konsep Pemrograman 3 sbw@javagroup.co.id.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Konsep Pemrograman 3 sbw@javagroup.co.id."— Transcript presentasi:

1 Konsep Pemrograman 3

2 Flowchart Mencetak perkalian dua dan perkalian empat sebuah bilangan

3 Flowchart Menampilkan sebuah kalimat yang dimasukkan kedalam sistem berulang kali sesuai dengan keinginan.

4 Flowchart Mencari akar bulat positif dari bilangan
bulat (integer) positif a: Masukkan bilangan bulat positif a Berikan harga awal x sama dengan 1 Hitung y sebesar x * x Jika y sama dengan a maka cetak x sebagai akar dari a. Selesai Tambah nilai x dengan 1 Pergi ke langkah 3.

5 Flowchart Menentukan apakah suatu bilangan merupakan
bilangan ganjil atau bilangan genap. Masukkan sebuah bilangan sembarang Bagi bilangan tersebut dengan bilangan 2 Hitung sisa hasil bagi pada langkah 2. Bila sisa hasil bagi sama dengan 0 maka bilangan itu adalah bilangan genap tetapi bila sisa hasil bagi sama dengan 1 maka bilangan itu adalah bilangan ganjil.

6 Flowchart Penilaian ujian adalah sebagai berikut: A >= 90

7 Hitunglah semua bilangan genap antara 1 hingga 10.

8 NOTASI ALGORITMA (FLOWCHART)
Start A Langkah ke-1: Proses A B Langkah ke-2: Proses B SEQUENCE RUNUT C Langkah ke-3: Proses C D Langkah ke-4: Proses D Stop Pendahuluan

9 NOTASI ALGORITMA (FLOWCHART)
Start SELECTION PEMILIHAN A Ya B ATAU Ke-1: Proses A Ke-2: Proses B Ke-3: Proses D C D Ke-1: Proses A Ke-2: Proses B Ke-3: Proses C Ke-4: Proses D Stop Pendahuluan

10 NOTASI ALGORITMA (FLOWCHART)
Start SELECTION PEMILIHAN A Ya B D C Ke-1: Proses A Ke-2: Proses B Ke-3: Proses D Ke-4: Proses E E Ke-1: Proses A Ke-2: Proses B Ke-3: Proses C Ke-4: Proses E Stop Pendahuluan

11 NOTASI ALGORITMA (FLOWCHART)
Start ITERATION PENGULANGAN A Ke-1: Proses A Ke-2: Proses B Ke-3: Proses C Ke-4: Proses B Ke-5: Proses C Ke-n-1: Proses B Ke-n: Proses D C B Ya D Stop Pendahuluan

12 NOTASI ALGORITMA (PSEUDOCODE)
Masukan input, read, get, key-in Keluaran print, write, display Pemberian nilai Pemilihan if <kondisi benar> <proses> else endif if <kondisi benar> <proses> endif Pendahuluan

13 NOTASI ALGORITMA (PSEUDOCODE)
for <kondisi benar> <proses> endfor PENGULANGAN while <kondisi benar> <proses> endwhile do <kondisi benar> <proses> while <kondisi benar> repeat <proses> until <kondisi benar> Pendahuluan

14 POTONGAN HARGA SUSU Toko Indo April memberi potongan harga susu 20%, maksimum 3 kaleng atau kotak. Berapa uang yang harus dibayar pembeli? Masukan ? Keluaran ? Jumlah yang dibeli Harga sekaleng Uang yang harus dibayar Jumlah, Harga Algoritma Bayar Flowchart Pseudodcode Pendahuluan

15 POTONGAN HARGA SUSU Potongan 20%, maksimum 3. Start A Read HRG, Print
JML Print BYR JML  3 Ya Stop BYR= 3*HRG*0.8 + (JML-3)*HRG BYR= JML*HRG*0.8 A Pendahuluan

16 POTONGAN HARGA SUSU Potongan 20%, maksimum 3. PSEUDOCODE
input harga, jumlah if jumlah <= 3 bayar  jumlah * harga * 0.8 else bayar  (3 * harga * 0.8) + (jumlah – 3) * harga endif print bayar Pendahuluan

17 MENGECAT DINDING Toko Indo April mau mengecat dinding kedua sisi, 12m2 perlu sekaleng cat. Berapa kaleng cat diperlukan? Masukan ? Keluaran ? Panjang dinding Tinggi dinding Jumlah kaleng cat Pj1, Tg1, Pj2, Tg2 Algoritma Kaleng Flowchart Pseudodcode Pendahuluan

18 Intro to C

19 In the computer world, the further a programming language is from the computer architecture, the higher the language's level. You can imagine that the lowest-level languages are machine languages that computers understand directly. The high-level programming languages, on the other hand, are closer to our human languages.

20 Bahasa Tingkat Tinggi Ada Modula-2 Pascal Cobol Fortran Basic

21 Bahasa Tingkat Menengah
Java C++ C Forth Bahasa Tingkat Rendah Macro Assembler Assembler

22 Bahasa C adalah merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah yaitu diantara bahasa tinggat rendah dan tingkat tinggi yang biasa disebut dengan Bahasa Tingkat Tinggi dengan Perintah Assembly

23 SEJARAH BAHASA C Bahasa C dirancang oleh Dennis Mc Allistair Ritchie, AT&T Bell laboratories, 1972 Dirancang untuk mengembangkan piranti lunak sistem Kernel sistem operasi UNIX ditulis kembali dengan bahasa C, 1973 Publikasi melalui buku The C Programming Language, Brian W. Kernighan dan Dennis M. Ritchie, 1978 Operator

24 C have the following advantages:
Readability: Programs are easy to read. Maintainability: Programs are easy to maintain. Portability: Programs are easy to port across different computer platforms.

25 Each high-level language needs a compiler or an interpreter to translate instructions written in the high-level programming language into a machine language that a computer can understand and execute. Different machines may need different compilers or interpreters for the same programming language.

26 A CPU has millions of transistors that make use of electronic switches
A CPU has millions of transistors that make use of electronic switches. The electronic switches have only two states: off and on. (Symbolically, 0 and 1 are used to represent the two states.) Therefore, a computer can only understand instructions consisting of series of 0s and 1s. In other words, machine-readable instructions have to be in binary format.

27 However, a computer program written in a high-level language, such as C, Java, or Perl, is just a text file, consisting of English-like characters and words. We have to use some special programs, called compilers or interpreters, to translate such a program into a machine-readable code. That is, the text format of all instructions written in a high-level language has to be converted into the binary format. The code obtained after the translation is called binary code. Prior to the translation, a program in text format is called source code.


Download ppt "Konsep Pemrograman 3 sbw@javagroup.co.id."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google