Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kelompok 3 :  vina ariesta0911011114  Ivan kurnia0911011150  Tri moeli f.a 0911011164.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kelompok 3 :  vina ariesta0911011114  Ivan kurnia0911011150  Tri moeli f.a 0911011164."— Transcript presentasi:

1 Kelompok 3 :  vina ariesta  Ivan kurnia  Tri moeli f.a

2 lingkungan adalah elemen – elemen diluar organisasi yang mempunyai pengaruh terhadap kehidupan organisasi. Lingkungan mempengaruhi makhluk hidup dengan berbagai cara.dalam kata lain kata kuncinya adalah bertahan hidup, artinya makhluk hidup perlu mengembangkan peralatan – peralatan tubuh tertentu agar dapat bertahan hidup pada lingkungan tertentu. Dan gagasan yang sama bisa dialihkan pada organisasi, yaitu untuk menjelaskan mengapa organisasi berbeda – beda dalam desain atau struktur organisasinya. lingkungan organisasi juga menjelaskan mengapa organisasi harus mengembangkan strategi, organisasi menciptakan strtegi untuk dijadikan salah satu cara agar mampu menanggapi lingkungan secara aktif.

3 Organisasi dan Lingkungan Oganisasi pada dasarnya adalah kumpulan sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan, dimana orang – orang di dalam nya yang disebut anggota, memiliki tingkah laku berbeda yang terbentuk karena salah satu faktornya, yaitu memiliki lingkungan berbeda, seperti lingkungan bergaul, tempat tinggal,dll Lingkungan juga mempengaruhi bagaimana organisasi dapat berjalan. Oleh karena itu orgnisasi tidak dapat dipisahkan dengan lingkungan.

4 pada perspektif moden, kta bisa membedakan unsur – unsur lingkungan dengan dua cara, yaitu : •Melalui keterkaitanya dengan organisasi – organisasi lain (anisis jaringan antar organisasi atau interorganizational network ), yaitu hubungan suatu organisasi dengan organisasi – organisasi lainnya •Analisis lingkungan umum, yaitu menganalisis lingkungan organisasi berdasarkan factor - faktornya, seperti factor politik, ekonomi, social, teknologi, dan seterusnya.

5 Analisis Jaringan Analisis jaringan biasanya bersifat fungsional, artinya digunakan oleh para manajer atau admistrator untuk menetapkan hubungan antara organisasi dengan actor – actor lain dalam lingkungan. biasanya, actor – actor tersebut didefinisikan dalam bentuk organisasi – organisasi juga,sehingga analisis ini disebut analisis jaringan antar organisasi. Gunanya terutama adalah untuk kepentingan menyusun strategi organisasi. Analisis Lingkungan Umum Analisis ini melalui factor factor atau analisis lingkungan umum organisasi. analisis ini melangkah ke level – level lebih luas, yaitu factor social- budaya yang membentuk masyarakat dan Negara. Jika analisis jaringan hanya memperhatikan hubungan organisasi dengan organisasi – organisasi lain yang secara langsung terkait dengan nya ; maka analisis lingkungan umum. memperhatikan factor – factor abstrak yang membentuk atau mengkondisikan pola hubungan dalam jaringan tersebut. Ini berguna terutama pada analisis strategi organisasi yang bersifat jangka panjang.

6 Factor – factor lingkungan dan analisis jaringan antar organisasi, terdiri dari :  Lingkungan jauh  Lingkungan menengah ( lingkungan industry)  Lingkungan terkecil ( lingkungan operasi )

7 Lingkungan Jauh lingkungan jauh bisa didefinisikan, lingkungan jauh adalah factor – factor makro yang relative yang berada diluar jangkaun organisasi untuk mengubahnya. Organisasi ini biasanya hanya dapat merespon atau melakukan prediksi untuk mengantisipasi perubahan – perubahan pada factor tersebut dan menyesuaikan diri dengannya Lingkungan Industri Analisis ini dipopulerkan oleh Michael E. Porter, dimana gagasan ini terutama berangkat dari konsep struktur industry, yaitu suatu anailisis umum terhadap suatu bidang industry di mana organisasi beroperasi, menurutnya permasalahan penting dalam pengambilan keputusan

8 Lingkungan Operasi Analisis lingkungan operasi adalah analisis jaringan antar – organisasi sebagaiman dijelaskan diawal. Dalam hal ini hanya memusatkan perhatian pada suatu organisasi dan mencari keterkaitannya dengan organisasi – organisasi lain yang berhubungan secara langsung dengannya., lingkungan operasi meliputi elemen – elemen yang mempengaruhi operasi organisasi ( perusahaan, antara lain pasar tenaga kerja, perbankkan, pasar sumber daya material, dll. Tujuannya tidak semata – s emata untuk kepentingan menyusun strategi organisasi, melainkan juga sebagai basis pengambilan keputusan pada level operasional.

9 Munculnya teori system sebagai plopor perspektif modern membuka wawasan baru dalam teori organisasi. Perspektif klasik tidak memperhitungkan lingkungan sebagai suatu determinan atau penentu - penentu dalam menyusun konsep tentang organisasi, karena umumnya hanya memandang organisasi secara internal.dalam bahasa teori system,mereka menyebutnya system tertutup. Dan menurut Hatch (1997:76), kita dapat membagi dua periode, yaitu : •Periode awal, , dimana teori bersifat kontingensi •Periode awal 1980-an sampai sekarang, teori – teori pada periode kedua ini •tidak mempersalahkan lagi apakah benar. Disini, tergabung teori •resource dependent, teori ekologi ppulasi, dan institusional.

10 Teori kontingensi : organisasi mekanistik dan organikteori Teori ini dibuat untuk melihat bagaimana pengaruh perubahan lingkungan terhadap organisasi itu sendiri, untuk itu Burn dan Stalke membedakan bahwa organisasi – organisasi yang mereka teliti ternyata dapat dibedakan 2 jenis struktur,yaitu struktur mekanistik dan organic. Teori ketergantungan sumber daya Teori ini adalah bahwa hubungan organisasi dan lingkungan bersifat dependen, dalam arti organisai dan lingkungan bersifat dependen, dalam arti organisasi bergantung kepada lingkungan untuk mendapatkan sumber daya, tujuannya memberikan suatu gambaran kepada para pengelola organisasi mengenai factor – factor yang perlu diperhatikan pada lingkungan, berdasarkan ketergantungan organisasi terhadap sumber daya tertentu yang vital bagi kelangsungan hidupnya.

11 Teori ekologi populasi Teori ini hampir sama dengan teori sebelumnya, dimana organisasi diasumsikan memiliki ketergantngan sumber daya terhadap lingkungan, teapi sudut pandanya dibalik. Jika teori ketergantungan sumber daya melihat dari sudut pandang organisasi, maka teori ekologi populasi melihat dari sudut pandang lingkungan. Teori institusional Teori ini mencoba menjelaskan pengaruh lingkuangan dalam bentuk lain yang berbeda dari teori – teori sebelumnya., dan ada 2 kategori, yaitu (1) pengaruh lingkungan yang lebih menitik beratkan pada aspek teknis dan ekonomis, (2) pengaruh lingkungan yang menitikberatkan pada aspek sosio – cultural.

12


Download ppt "Kelompok 3 :  vina ariesta0911011114  Ivan kurnia0911011150  Tri moeli f.a 0911011164."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google