Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PRODUCTIVE LIFE (Yohanes 15:16). Hidup yang memberi manfaat  Dalam berbagai analogi, berkali-kali Firman Tuhan menegaskan bahwa panggilan hidup orang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PRODUCTIVE LIFE (Yohanes 15:16). Hidup yang memberi manfaat  Dalam berbagai analogi, berkali-kali Firman Tuhan menegaskan bahwa panggilan hidup orang."— Transcript presentasi:

1 PRODUCTIVE LIFE (Yohanes 15:16)

2 Hidup yang memberi manfaat  Dalam berbagai analogi, berkali-kali Firman Tuhan menegaskan bahwa panggilan hidup orang percaya adalah memberi manfaat bagi orang lain.  Kehidupan orang percaya yang tidak mendatangkan manfaat bagi orang-orang lain sesungguhnya adalah kehidupan yang gagal.  Meskipun dalam beberapa kriteria umum (prestasi, karir, keuangan, dsb.) ia bisa saja disebut berhasil, namun dalam penilaian Tuhan ia gagal mencapai tujuan hidup yang didesain Tuhan bagi dirinya.

3 I. PURPOSEFUL LIFE I. PURPOSEFUL LIFE “Akulah yang memilih kamu... Aku telah menetapkan kamu...”  Bukan kita yang memilih Tuhan, melainkan Dialah yang memilih kita. Mengapa? Karena jika kita yang memilih, pilihan kita bisa saja salah atau keliru.  Namun jika Tuhan, yang mengetahui kebenaran sempurna, telah memilih dan menetapkan tujuan-Nya bagi kita, Ia tidak mungkin salah, terlepas dari kelemahan dan kekurangan kita.  Bukan karena kita telah sempurna, tetapi karena Ia memiliki kuasa dan kemampuan yang sempurna untuk mengubahkan secara sempurna orang- orang pilihan-Nya agar menggenapi rencana-Nya yang sempurna!

4 II. FRUITFUL LIFE II. FRUITFUL LIFE “supaya kamu pergi dan menghasilkan buah.”  Tuhan menetapkan hidup kita harus berbuah. Tidak ada alasan untuk membe- narkan/memaklumi kemandulan rohani!  Gambaran “menghasilkan buah” dalam ayat ini terkait dengan beberapa ayat sebelumnya: Yesus sebagai pokok anggur yang benar, dan kita adalah ranting-ranting-nya (ay.1-2). Agar ranting bisa berbuah, ia harus tinggal menyatu pada pokoknya (ay. 4, 7).

5 Tinggal di dalam Kristus  1. Tetap berada dalam Kristus (Bahasa Yunani “peno – meno”: to remain under = tetap di bawah) proses berkesinambungan dan berlangsung dalam segala keadaan.  2. Firman tinggal dalam kita (ay.7b) Ranting tidak dapat menghasilkan buah dari dirinya (ay. 4), karena itu ia harus selalu melekat pada pokoknya untuk mendapat suplai makanan.  3. Dibersihkan agar menghasilkan buah lebih banyak (ay.2).Untuk berbuah, ranting harus dibersihkan dari benalu dan daun yang terlalu rimbun.  “It is not our littleness that hinders Christ; but our bigness. It is not our weakness that hinders Christ; it is our strength. It is not our darkness that hinders Christ; it is our supposed light that holds back His hand.” - Charles H. Spurgeon

6 III. IMPACTFUL LIFE III. IMPACTFUL LIFE “...dan buahmu itu tetap”  Hidup yang berbuah itu tidak dimaksudkan hanya terjadi sekali. Buah kehidupan kita harus terus dihasilkan.  Filipi 1:22 “Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah.” Bahkan ketika Paulus sudah dalam usia tua, sakit-sakitan dan menjadi tahanan penguasa Romawi pun, ia masih menyadari bahwa kondisi seperti itu tidak menghalanginya untuk tetap berbuah.  Tidak ada “masa cuti dan pensiun” bagi orang yang hidup dalam Kristus untuk berbuah dan berdampak!

7 IV. BOUNTIFUL LIFE: IV. BOUNTIFUL LIFE: “supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.”  Apakah janji Yesus tentang “lampu aladin” itu tidak terlalu berlebihan? Tidak!  Jaminan akan pemenuhan segala permohonan kita baru akan terjadi jika kita tinggal di dalam Kristus, firman-Nya di dalam kita, dan hidup kita menghasilkan buah. Maka segala keinginan dan permintaan kita itu sudah pasti sejalan dengan keinginan Allah juga.  Tidak ada alasan Allah untuk menolak permohonan yang sejalan dengan kehendak-Nya.

8 PRODUCTIVE LIFE productive life  Purposeful, fruitful, impactful dan bountiful life adalah desain Allah untuk setiap kita, agar kita memiliki karakteristik “productive life,” kehidupan yang memberi manfaat bagi Kerajaan Allah dan dampaknya dirasakan oleh orang-orang di sekeliling kita.  Berkenan kepada Bapa, dan menjadi berkat bagi sesama.  Apakah kualitas hidup seperti itu telah dihasilkan dari kehidupan Anda?


Download ppt "PRODUCTIVE LIFE (Yohanes 15:16). Hidup yang memberi manfaat  Dalam berbagai analogi, berkali-kali Firman Tuhan menegaskan bahwa panggilan hidup orang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google