Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1.1 LATAR BELAKANG usaha dihadapkan pada permasalahan yang semakin kompleks dan dinamis. Untuk menghadapi permasalahan tersebut, perusahaan dituntut untuk.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1.1 LATAR BELAKANG usaha dihadapkan pada permasalahan yang semakin kompleks dan dinamis. Untuk menghadapi permasalahan tersebut, perusahaan dituntut untuk."— Transcript presentasi:

1

2 1.1 LATAR BELAKANG usaha dihadapkan pada permasalahan yang semakin kompleks dan dinamis. Untuk menghadapi permasalahan tersebut, perusahaan dituntut untuk inovatif dan mampu melakukan penyesuaian diri terhadap perubahan–perubahan yang terjadi. Salah satunya dalam perusahaan dagang, dimana permasalahan dalam kemampuan menyimpan persediaan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya dapat menjadi masalah yang sangat kompleks. Kegagalan untuk melakukan hal itu bisa mengakibatkan hilangnya penjualan. Di sisi lain, terlalu banyak menyimpan persediaan akan dapat meningkatkan risiko kerugian akibat penurunan harga, kerusakan atau perubahan pola pembelian pelanggan.

3 1.2 IDENTIFIKASI MASALAH Berdasarkan kepada latar belakang di atas, maka yang menjadi permasalahan pokok dalam tugas akhir ini adalah membandingkan seberapa efektif dan efisien antara perusahaan Supervalu Inc. dengan Zale Corporation dalam kemampuan mengelola persediaannya apabila dilihat dari laporan keuangannya pada tahun TUJUAN Adapun tujuan tugas ini adalah untuk menganalisis laporan keuangan sehingga mampu menilai efisiensi dan efektifitas pengelolaan persediaan perusahaan, yaitu dengan menggunakan analisis rasio perputaran persediaaan dan jumlah hari penjualan dalam persediaan.

4  BAB II  PEMBAHASAN  Seperti banyak jenis analisis laporan keuangan yang lain adalah mungkin untuk menggunakan lebih dari satu ukuran dalam menganalisis efisiensi dan efektivitas pengelolaan persediaan perusahaan. Dua ukuran yang dimaksud adalah perputaran persediaan dan jumlah hari penjualan dalam persediaan.

5

6 2. Rasio Jumlah Hari dalam Persediaan Jumlah Hari Penjualan dalam Persediaan (number of day’s sales in inventory) adalah ukuran mengenai lamanya waktu yang dibutuhkan untuk membeli, menjual, dan mengganti persediaan. Hal ini dihitung sebagai berikut : Jumlah Hari Penjualan dalam Persediaan = Harga Pokok Penjualan harian rata-rata ditentukan dengan membagi Harga Pokok Penjualan dengan 365.

7 Hasil analisis 1  Perputaran Persediaan bagi Supervalu Inc. adalah 15,9 dan untuk Zale Corp. adalah 1,4. Secara umum, semakin besar perputaran persediaan, maka semakin efektif dan efisien perusahaan mengelola persediaannya. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa Supervalu Inc. lebih mampu mengelola persediaannya dibandingkan dengan Zale Corp. namun perbedaan dalam perusahaan begitu besar sehingga tidak memungkinkan untuk menentukan secara khusus seberapa baik perputaran persediaan. Sebagai contoh, Supervalu Inc. merupakan sebuah distributor makanan terkemuka dan peritel peritel makanan terbesar ke-10 di AS. Karena persediaan Supervalu Inc. merupakan barang-barang yang tidak tahan lama, perputaran persediaannya besar juga tinggi. Sebaliknya, Zale Corp. merupakan toko perhiasan mewah di AS. Jadi perputaran persediaannya kemungkinan lebih rendah dari pada Supervalu Inc.

8 Jumlah Hari Penjualan dalam Persediaan untuk Supervalu Inc. adalah 23,1 hari dan untuk Zale Corp. 263,6 hari. Secara umum, semakin rendah jumlah hari penjualan dalam persediaan maka semakin baik. Seperti halnya dengan perputaran persediaan, setiap indusrti berbeda dan karenanya tidak ada rasio yang tepat yang berlaku bagi semua perusahaan, seperti halnya pada Supervalu Inc. dan Zale Corp. Hasil Analisis 2

9 1.1 KESIMPULAN Dari hasil perhitungan analisis rasio perputran persediaan dan jumlah hari penjualan dalam persediaan dapat diambil kesimpulan bahwa pada: Supervalu Inc. : dengan perputaran persediaan sebesar 15,9 dan jumlah hari penjualan dam persediaan 23,1 hari maka Supervalu merupakan perusahaan yang mampu mengelola persediaannya secara efektif dan efisien. Zale Corporation : dengan perputaran persediaan sebesar 1,4 dan jumlah hari penjualan dalam persediaan 263,6 hari maka Zale kurang efektif dan efisien dalam mengelola persediaannya. BAB III PENUTUP

10 Berdasarkan kesimpulan yang telah dilakukan, maka terdapat saran yang perlu diperhatikan oleh perusahaan dalam mengelola persediaannya yaitu: 1. memaksimalkan nilai perputaran persediaan dan meminimalkan jumlah hari penjualan dalam persediaan. 2.Perusahaan harus lebih efisien memanfaatkan aktiva yang dimiliki dalam kegiatan operasionalnya untuk meningkatkan pendapatan atau meningkatkan laba bersih.

11


Download ppt "1.1 LATAR BELAKANG usaha dihadapkan pada permasalahan yang semakin kompleks dan dinamis. Untuk menghadapi permasalahan tersebut, perusahaan dituntut untuk."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google