Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Artikel : “Artistic Research tolls for scientific minds” (Prof.Goerge W.Ladd) Suatu uraian dan pemikiran menarik melalui proses mental bawah sadar berupa.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Artikel : “Artistic Research tolls for scientific minds” (Prof.Goerge W.Ladd) Suatu uraian dan pemikiran menarik melalui proses mental bawah sadar berupa."— Transcript presentasi:

1 Artikel : “Artistic Research tolls for scientific minds” (Prof.Goerge W.Ladd) Suatu uraian dan pemikiran menarik melalui proses mental bawah sadar berupa imajinasi dan instuisi yang membantu kemajuan usaha.

2 Pengertian dasar Rasa Bawah sadar : Suatu ide/pemikiran secara tiba- tiba. Pada proses mental (pikiran,ide dan perasaan) muncul dalam pikiran tanpa kita sadari. Imajinasi : Daya pikir untuk membayangkan/ menciptakan, atas dasar kenyataan/pengalaman sesorang (khayalan). Perhatikan, apa kata Robert F.Kennedy? “Banyak orang melihat sesuatu benda sebagaimana adanya, dan heran mengapa demikian….”

3 Prof.Freud : dalam perumpamaan Pemikiran manusia bagaikan gunung es, 1/8 muncul dipermukaan air dan 7/8 ada dibawah air. Maksudnya, sebagian kecil proses itu disadari, dan sebagian besar proses tanpa sadar (dibawah sadar). Tetapi hendaknya adanya keseimbangan mengikuti rasa bawah sadar dengan rasa sadar.

4 IMAJINASI Ada 3(tiga) Imajinasi : 1. Imajinasi Reproduksi : kemampuan membentuk kembali pengalaman-pengalaman masa lalu. Contoh, ingatan hal-hal yang terkesan ( keindahan, menakutkan, dll) 2. Imajinasi Produktif/kreatif : kemampuan dari pikiran/ide/konsep untuk bisa diciptakan. Contoh : observasi/kretifitas, penemuan hal-hal baru, dll 3. Imajinasi Pasif : kemampuan individu untuk yang tidak dapat dilakukan (pikiran/ide), contoh lamunan, khayalan, dll

5 INSTUISI Difinisi : Pengetahuan mendadak yang diperoleh tanpa sadar/disadari (tiba-tiba). Contoh 1 : tiba-tiba sesorang memperbaiki tugas kuliah. Disini orang tersebut secara langsung memperbaiki tugas, karena timbul pengetahuan baru, ide baru, atau ingin kesempurnaan tugasnya. Contoh 2 : Anda jadi pimpinan perusahaan, tiba-tiba memanggil bawahan untuk kesuksesan pekerjaan pada perusahaan yang anda pimpin.

6 KONDISI YANG MENDORONG PROSES BAWAH SADAR (Prof.George W.Ladd) 1. Doubt : keraguan atas pemikiran (konvensional), maka proses bawah sadar akan membantu menciptakan ide pemecahan. 2. Venturesome attitude (sikap berani) : orang bijak berkata “ lebih baik salah daripada tidak pernah mencoba…” 3. Pengalaman, memories dan interst : “jika lebih banyak pengalaman yang anda miliki, maka lebih banyak problem dan pemecahan ingin anda hadapi” (Raahien, seorang ahli jiwa India).

7 Lanjutan Kondisi yang mendorong proses bawah sadar…………. 4.Persiapan sempurna/kesungguhan : persiapan - persiapan (kesungguhan) akan membantu rasa bawah sadar. 5.Menyerah sementara : membiarkan permasalahan yang belum dipecahkan (sementara), kemudian kita pikir dan renungkan kembali. 6. Istirahat santai (relaxion) : ahli kedokteran mengatakan “ proses bawah sadar didapat dari malam hari atau berbaring akan tidur.. “ 7. Writing (saat menulis) : “Instuisi banyak muncul saat menulis karena kalimat awal” dan “menulis adalah bentuk diskusi dengan diri sendiri.(Iz Young). Dan pepatah Inggris : “Memulai pekerjaan dengan sukses berarti sudah setengah sukses”

8 8. Bertukar pikiran : ini membutuhkan orang lain. 9. Bebas dari kebingungan/kekacauan : tidak akan lahir institusi, jika kondisi kita dalam kebingungan/kacau. 10. Batas waktu (dead line) : biasanya terdorong saat-saat dead line tugas/pekerjaan akan habis. 11. Tension : keterlibatan individu dalam suatu masalah dengan yang lain untuk memecahkan.

9 OTAK MANUSIA OTAK KANAN OTAK KIRI

10 Fungsi otak kanan dan kiri Otak kanan : otak kiri : Pemikiran kreatif menerima ma- tanpa didahului salah, menganalisis, argumentasi (peng- menentukan perma- gerak kreatifitas salahan secar a logika. dan jalan keluar).

11 Kerja otak : permasalahan masuk ke otak kiri, kemudian ke otak kanan. Dari kanan kadang kembali ke otak kiri dan ke otak kanan lagi, dst. Di dunia terdapat kurang lebih 5% dari jumlah penduduk dengan menggunakan tangan kiri (kidal), dan sisanya menggunakan tangan kanan. Hasil penelitian : Pria lebih cepat transfer dari otak kiri ke otak kanan dalam menyelesaikan masalah. Sedangkan perempuan kadang “lama”, sehingga perempuan lebih suka “menikmati masalah”. (penelitian ini tidak semuanya benar) Jika ada pertanyaan : Lebih tua mana ayam dengan telor ?

12

13 Kreatifitas Anak ORANG TUA Si A Si B Si C Si D Si E Berikan warisan usaha pada anak : 1. Keinginan belajar, 2 mental baik, 3. daya konsentrasi/nalar, 4.kemampuan belajar,5.mandiri dan minat tinggi,6.sering bertanya, 7. Humor.

14 PEMECAHAN MASALAH 1. Curiosity (keajaiban) : faktor non riil, ini bantuan Allah.SWT. 2. Ego ( diri sendiri) : biasanya sifat “ego” seseorang dapat memecahkan problema/permasalahan. 3. Orang lain : pemecahan dapat juga dibantu orang lain.

15 Thanks, See you UTS (5 soal Waktu 60 menit, and tutup buku).


Download ppt "Artikel : “Artistic Research tolls for scientific minds” (Prof.Goerge W.Ladd) Suatu uraian dan pemikiran menarik melalui proses mental bawah sadar berupa."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google