Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB II MEDIA DAN STERILISASI A.MEDIA Untuk menumbuhkan dan mengembang- biakkan mikroba serta tidak ditumbuhi mikroba lain yang tidak diharapkan. Media.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB II MEDIA DAN STERILISASI A.MEDIA Untuk menumbuhkan dan mengembang- biakkan mikroba serta tidak ditumbuhi mikroba lain yang tidak diharapkan. Media."— Transcript presentasi:

1 BAB II MEDIA DAN STERILISASI A.MEDIA Untuk menumbuhkan dan mengembang- biakkan mikroba serta tidak ditumbuhi mikroba lain yang tidak diharapkan. Media yang baik: 1. Harus mengandung semua unsur hara yang diperlukan untuk tumbuh dan berkembang- biak.

2 2.Mempunyai kondisi pH yang sesuai untuk pertumbuhan. 3.Kondisi steril sebelum dipakai untuk menumbuhkan mikroba. 4.Tidak mengandung zat penghambat. 5.Mengandung air, protein dan sumber energi.

3  Macam Media 1.Alami: tape, nasi dan tanah. 2.Semi buatan: medium dibuat dari bahan kimia dan bahan alami (Agar toge dan agar kentang dextrosa). 3.Buatan: medium yang seluruh bahannya dari bahan kimia (Agar Czapek Dox dan Agar Sabouraud).

4  Medium menurut bentuknya 1.Medium Cair: medium yang tidak ditambah zat pemadat (misal: kaldu nutrien dan kaldu glukosa). 2.Medium Semi Padat: medium yang ditambahkan gelatin atau agar dalam konsentrasi yang rendah. Fungsi: Menguji ada tidaknya motilitas dan kemampuan fermentasi. Biasanya untuk mikroba yang memerlukan air atau hidup secara anaerobatau fakultatif.

5 3.Medium Padat: medium cair yang yang ditambahkan agar hingga menjadi padat (untuk menumbuhkan bakteri, ragi, jamur dankadang algae).

6  Kegunaan Media. 1.Media Umum: untuk menumbuhkan berbagai mikroba. Misal: agar nutrisi bakteri. agar toge/kentang dextrosa jamur 2. Media Selektif: media yang digunakan untuk menumbuhkan media tertentu saja. Misal: Agar Endo, Agar SS. 3.Media Pengaya: Untuk menumbuhkan mikroba tertentu agar tumbuh dengan cepat dibanding yang lain. Misal: Memisahkan Salmonella typhi dari tinja.

7 4.Media diferensial: Medium yang digunakan untuk menumbuhkan mikroba tertentu dan mikroba tersebut mampu mengurai bahan salah satu bahan media tersebut dan yang lain tidak (misal: Agar Darah dan Agar EMB). 5.Media Penguji: Untuk menguji senyawa tertentu dengan bantuan mikroba Misal: media penguji vitamin, media penguji asam amino, media penguji antibiotik.

8 B.STERILISASI Untuk membebaskan alat-alat, bahan makanan, bahan kimia dari mikroba (mematikan mikroba patogen dan non patogen).  Desinfeksi Mematikan semua mikroba patogen dengan cara kimiawi atau fisik (mematikan bentuk vegetatif dan belum tentu sporanya).

9  Antisepsis Menghentikan pertumbuhan dan mematikan bakteri.  Macam Sterilisasi 1.Secara Fisik a. Udara panas kering atau basah. Bahan atau alat dipanaskan pada suhu 170 o C selama 1 jam(bahan) dan 2 jam (alat).

10 b. Tyndalisasi Dipanaskan pada suhu 100 o C selama 30 menit dan diulang 3 kali berturut-turut. C. Pasteurisasi Dipanaskan pada suhu o C selama 1 jam dalam 3 hari berturut-turut. D. Uap air panas dan tekanan Menggunakan autoklaf dengan suhu 121 o C dan tekanan 7.55 kg.

11 e. Api langsung atau nyala bunsen untuk mensterilkan jarum inokulasi dan mulut tabung. f. Radiasi: sinar x, sinar gama, sinar ultra- violet, sinar Co 60 dan Cs Sterilisasi dengan zat kimia. a. Alkohol 70 % Fungsi alkohol mengkoagulasikan protein. b. Larutan KCl 11 %, HCl 1,1 % dan NaCl 9%. Fungsi Khlor: merusak membran sel sehingga merusak membran sel.

12 c. Formalin 4 % Fungsinya merusak asam amino protein. d. Karbol dan lisol Merusak membran plasma. e. Larutan HgCl 2. Mengendapkan protein. f. Larutan CuSO 4 banyak digunakan untuk alga. g. Larutan sabun atau detergen.

13 3.Sterilisasi Secara Mekanik.  Menggunakan filter dengan ukuran diameter 0,45 mikron.  Saringan dapat beupa asbestos, selulosa atau plastik.  Dapat menggunakan kertas saring Milipore.  Biasanya yang disaring bahan-bahan yang tidak boleh dipanaskan misal antibiotika dan serum darah.


Download ppt "BAB II MEDIA DAN STERILISASI A.MEDIA Untuk menumbuhkan dan mengembang- biakkan mikroba serta tidak ditumbuhi mikroba lain yang tidak diharapkan. Media."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google