Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

The Gateway to entire Business Slide ini disusun sebagai pelengkap dari BUKU “ STUDI KELAYAKAN”

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "The Gateway to entire Business Slide ini disusun sebagai pelengkap dari BUKU “ STUDI KELAYAKAN”"— Transcript presentasi:

1 The Gateway to entire Business Slide ini disusun sebagai pelengkap dari BUKU “ STUDI KELAYAKAN”

2 TOPIC ASPEK PASAR 4 PENDAHULUAN 1 PENGERTIAN S.K 2 ASPEK-ASPEK S.K 3 ASPEK PRODUKSI 5 ASPEK LEGAL 7 ASPEK MANAJEMEN 6 ASPEK KEUANGAN 8

3 FEASIBILITY STUDY profitable? Legal ? qualified ? Marketable? Compatible? SuksesAtauGagal IDE ?

4 Seberapa penting SK itu? •Pernyataan seorang ulama besar Islam DR. Yusuf Qardhawi dalam bukunya FIQIH PRIORITAS, menulis “ semua pekerjaan yang baik, mestinya didahului dengan studi kelayakan, dan harus dipastikan menghasilkan sesuatu yang memuaskan sebelum pekerjaan itu dimulai. Oleh karena itu, mesti ada perencanaan sebelum melakukannya, perhitungan secara matematis dan berbagai penelitian sebelum pekerjaan itu dilakukan”.

5 Seberapa penting SK itu? lanjutan •I Nyoman Moena, saat diwawancarai mengatakan “ kegagalan proyek MOBNAS tahun 1997 merupakan contoh yang SALAH dalam penyusunan STUDI KELAYAKAN, karena tidak memasukan aspek politik dalam analisisnya”. (Majalah Ekonomi dan Bisnis, 17 Mei 1997).

6 Seberapa penting SK itu? ………………. lanjutan •“•“berdasarkan STUDI KELAYAKAN, Riau Airlines layak beroperasi”, dinyatakan oleh Asparaini Arsyad (Ass II Gubernur Riau). Dikutip dari majalah ANGKASA, 3 Desember •S•Sekarang Riau Airlines sudah beroperasi.

7

8 CONTOH KASUS LAINNYA •YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERBANKAN: BANK INDONESIA (BI) MENSYARATKAN, SETIAP ADA USULAN UNTUK PEMBUKAAN KANTOR KAS, KANTOR CABANG, MERGER, AKUISISI DAN SEBAGAINYA HARUS DIDAHULUI DENGAN PENGAJUAN USULAN KE BI YANG DISERTAI DENGAN STUDI KELAYAKAN.

9 CONTOH KASUS LAINNYA •YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENDIDIKAN: MENDIKNAS MENGELUARKAN SK. NO. 234/U/2000 TENTANG PEDOMAN PENDIRIAN PERGURUAN TINGGI “ Bahwa pendirian PT, fakultas, program studi baru harus disertai dengan membuat STUDI KELAYAKAN” (Pasal 5, ayat 3)

10 Internal Terjadi krisis ekonomi? Perubahan peraturan pmt? Munculnya teknologi baru? Liberalisasi tenaga kerja? Produknya gagal? Teknik&teknologi tidak Compatibel ? Manpower tidak qualified? PerijinanTidak lengkap? Eksternal Tidak efisien ? Perubahan BI rate?

11

12 MARKETING 1 OPERASI/PRODUKSI 2 ASPEK HUKUM DLM BISNIS 3 MANAJEMEN SDM 4 MANAJEMEN KEUANGAN 5 APA SAJA YANG PERLU DIPERSIAPKAN SEBELUM MEMBUAT STUDI KELAYAKAN ?

13 KONTRIBUSI ILMU LAINNYA: MARKETING 1.ANALISIS PRODUK 2.ANALISIS PASAR 3.ANALISIS PERSAINGAN, 4.STRATEGI, DLL MARKETABLE ATAU TIDAK ? OPERASI/ PRODUKSI 1.DESAIN PRODUK 2.MEMILIH LOKASI 3.LAY OUT, DLL COMPATIBLE ? ASPEK HUKUM 1.MEMILIH BADAN USAHA 2.PROSES IJIN USAHA 3.PERATURAN PMT,DLL LEGAL ? MANAJEMEN SDM 1.PROSES REKRUITMEN 2.FUNGSI2 SDM,DLL QUALIFIED ? KEUANGAN 1.MEMBUAT LAPORAN KEU 2.ANALISA KEUANGAN RASIO 3.BUDGETING, DLL. EFISIEN ?

14

15

16

17

18 PENGERTIAN IDE BISNIS LAYAK/TIDAK? STUDI

19 ARTI STUDI KELAYAKAN ? STUDI STUDI adalah Penelitian yang mendalam IDE IDE yang dimaksud adalah GAGASAN BISNIS (USAHA) yang akan diimplementasikan, LAYAK LAYAK untuk dilaksanakan atau tidak.

20 AKUISISI/ WARALABA Pendirian Usaha Baru Pengembangan Usaha

21 A MEMBACA B RISET C MUHIBAH/TRAVELLING E BROWSING & SEARCHING SUMBER I D E MENGIKUTI KEGIATAN ILMIAH D

22 SIKLUS IDE ANALISIS DECISION IMPLEMENTASI IDE SUMBER IDE PELUANG CYCLE COLLECT DATA OLAH DATA

23

24 TIDAK LAYAK IDE DIANALISIS

25 PERLU MENGGUNAKAN STUDI KELAYAKAN ATAU TIDAK ?

26 ADA 3 HAL YANG PERLU DIPERTIMBANGKAN SEBELUM MENYUSUN SK 1.STUDI KELAYAKAN membutuhkan COST; jangan sampai COST yang dikeluarkan untuk pembuatan SK ternyata lebih besar dari NILAI MANFAAT “bisnis” yang akan dihasilkan; 2.STUDI KELAYAKAN membutuhkan WAKTU ; jangan sampai WAKTU pembuatan SK terlalu lama, sehingga data sudah tidak UP TO DATE, dan biaya menjadi besar; 3.STUDI KELAYAKAN membutuhkan SKILL ; jangan sampai SK dibuat oleh orang/pihak yang tidak menguasai teknik dan pengetahuan tentang studi kelayakan, sehingga hasilnya menjadi bias (kabur) dan tidak dapat dipertanggungjawabkan.

27 UNTUK MENGANTISIPASI YANG PERTAMA

28

29

30 1.HITUNG BIAYA TOTAL (ESTIMATED) YANG DIBUTUHKAN DALAM PEMBUATAN STUDI KELAYAKAN ; 2.HITUNG OPPORTUNITY COST (BIAYA KESEMPATAN) YANG HILANG, JIKA DANA INVESTASI (ESTIMATED) YANG DIPERGUNAKAN UNTUK MEREALISASIKAN IDE TERNYATA GAGAL.

31 RUMUS B/C ANALYSIS =

32 CONTOH KASUS • TN. MIRZA MEMILIKI GAGASAN UNTUK MENDIRIKAN PUSAT JAJAN (Pasar Rakyat) DI KOTANYA, IA SEDANG MENGKALKULASI, APAKAH PERLU DILAKUKAN STUDI KELAYAKAN ATAU TIDAK. ESTIMASI BIAYA PEMBUATAN STUDI KELAYAKAN SEBESAR Rp. 20JUTA, SEDANGKAN RENCANA INVESTASI DIPERKIRAKAN SEBESAR Rp. 2MILIAR. BIAYA START UP (perijinan, legalitas, survey, perlengkapan kantor (ATK), dll) DIPERKIRAKAN SEBESAR Rp. 30juta. MASA GRACE PERIOD INVESTASI (Pembangunan sampai lokasi disewa/dipergunakan) SEKITAR 6 BULAN. RENCANA DANA INVESTASI YANG AKAN DIGUNAKAN ADALAH MILIK SENDIRI. • BUATLAH ANALISIS B/C UNTUK MEMUTUSKAN, APAKAH PERLU MENGGUNAKAN SK ATAU TIDAK ?

33 Jawaban: •TOTAL BIAYA SK = Rp. 20JUTA •TOTAL MANFAAT, JIKA TERNYATA USAHA GAGAL (Start Up=Rp.30jt + masa grace period (6bln) x opportunity cost (Rp.2M) x 0,5% (suku bunga deposito) = Rp60jt); jadi total manfaatnya sebesar = Rp.30jt + Rp.60jt atau sebesar Rp.90jt.

34 •B/C sebesar Rp. 90jt dibagi Rp. 30jt •B/C = 3x •Artinya = jika dilakukan studi kelayakan dan ternyata rekomendasi analis menyatakan bahwa IDE bisnis tersebut TIDAK LAYAK; maka investor hanya kehilangan dana sebesar Rp.30jt saja; tapi jika ide dilanjutkan tanpa SK dan ternyata GAGAL ; maka dia kehilangan dana minimal sebesar Rp.90jt.

35 Soal kasus •KELUARGA ANWAR BERENCANA AKAN MEMBUKA WARNET DI TERAS RUMAH MEREKA, MENURUT PERKIRAAN DIBUTUHKAN DANA INVESTASI SEBESAR Rp.50JT (untuk software/hardware dan perlengkapan lainnya), DAN RENCANANYA AKAN MENGGUNAKAN DANA MILIK SENDIRI. BISNIS INI TIDAK MEMERLUKAN TIME LAG. SETTING RUANG DAN INSTALASI DIBUTUHKAN WAKTU 1BULAN. USAHA INI TIDAK MEMERLUKAN IJIN DAN LEGALITAS.

36 Soal kasus Lanjutan •MEREKA MASIH RAGU-RAGU UNTUK MEREALISASIKAN IDE USAHA INI, UNTUK MEYAKINKANNYA MEREKA DATANG KE KONSULTAN UNTUK MEMBUATKAN STUDI KELAYAKAN. BIAYA UNTUK PEMBUATAN STUDI KELAYAKAN SEBESAR Rp.15jt. •MENURUT ANDA APAKAH PERLU MEMBUAT STUDI KELAYAKAN ATAU TIDAK ? •Asumsi: suku bunga rata2 = 6% p.a •Jika usaha gagal, maka nilai sisa investasi (apabila dilikuidasi) diperkirakan sebesar 80% dari nilai investasi awal.

37

38 MENGHINDARI TERJADINYA RISIKO KERUGIAN ATAS SUATU INVESTASI MELENGKAPI PERSYARATAN ATAS KETENTUAN PERATURAN & UU YANG BERLAKU DALAM PENDIRIAN SUATU USAHA TUJUAN STUDI KELAYAKAN

39 MANFAAT

40 MASYARAKAT UNTUK MENGETAHUI APAKAH USAHA YANG AKAN DIBUKA AKAN MERUGIKAN LINGKUNGAN ATAU SEBALIKNYA, SHG MASYARAKAT DAPAT MENYETUJUI ATAU MENOLAK. PEMERINTAH UNTUK MENILAI & LANDASAN PERTIMBANGAN DALAM PEMBERIAN IJIN USAHA ATAS PROJECT PROPOSAL YANG DIAJUKAN. INVESTOR/PERBANKAN UNTUK MENILAI APAKAH PELUANG USAHA TERSEBUT LAYAK (FEASIBLE) ATAU TIDAK MANAJEMEN SEBAGAI SALAH SATU SUMBER PERTIMBANGAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMENANALIS BAGI ANALIS : APLIKASI SCIENCE & KNOWLEGDE, MENDAPATKAN FEE, SARANA PENGABDIAN. MANFAAT

41 LATIHAN : •APA ARTI STUDI KELAYAKAN ITU ? •APA TUJUAN STUDI KELAYAKAN ? •APA MANFAAT STUDI KELAYAKAN ? •APAKAH B/C ANALISIS ITU ? •SEBUTKAN SUMBER MUNCULNYA SUATU IDE (GAGASAN) BISNIS ! •SEBUTKAN DAN JELASKAN, SEBAB-SEBAB GAGALNYA SUATU USAHA !

42 SEKUNDER PRIMER TERSIER

43 ASPEK-ASPEK SK PRIMER SEKUNDER TERSIER MARKETING, OPERASI/PRODUKSI, HUKUM DAGANG, SDM, DAN KEUANGAN ASPEK AMDAL ANALISIS DAMPAK LINGKUNGAN ANALISIS POLITIK

44 ANALISIS PELUANG PROYEKSI PENJUALAN ANALISIS SWOT ANALISIS PESAING MARKETING MIX PASAR&PEMASARANPASAR&PEMASARAN MARKETING STRATEGY ANALISIS DEMAND & SUPPLY

45 ANALISIS PRODUK PROSES PRODUKSI PENENTUAN LOKASI LAY OUT PABRIK&RUANG PEMILIHAN ALAT&TEKNOLOGI TEKNIS&TEKNOLOGISTEKNIS&TEKNOLOGIS DESAIN PRODUK

46 STRUKTUR ORGANISASI JOB ANALYSIS JOB DESCRIPTION FUNGSI-FUNGSI SDM SISTEM INFORMASI ASPEKMANAJEMENASPEKMANAJEMEN

47 MEMILIH BADAN HUKUM PROSEDUR PERIJINAN PENYUSUNAN AD/ART INSTANSI-INSTANSI PMT PERATURAN & UU ASPEKHUKUMASPEKHUKUM

48 PERKIRAAN MODAL KERJA PERKIRAAN JUMLAH INVESTASI PERKIRAAN LABA-RUGI PERKIRAAN NERACA ANALISIS INVESTASI KEUANGANKEUANGAN

49 ASPEK PASAR & PEMASARAN

50 Aspek Pasar Proyeksi Permintaan dan Penawaran Proyeksi Penjualan Analisis Peluang Segementasi Pasar Marketing Mix Analisis SWOT

51 ADA 5 PERTANYAAN PENTING UNTUK MENENTUKAN APAKAH LAYAK ATAU TIDAK ? Apakah produk yang akan ditawarkan marketable? Apakah permintaan thd produk ada tren meningkat ? Posisi produk di tengah-2 persaingan produk sejenis? LAYAK or TIDAK LAYAK or TIDAK Apakah ada peluang pasar yang masih terbuka? Apakah ada strategi yang tepat untuk memasarkannya?

52 PENGERTIAN PASAR 1 PASAR ADALAH SELURUH KEKUATAN DAN KEADAAN YANG MENGHASILKAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN OLEH PEMBELI DAN PENJUAL, SEHINGGA TERJADI PERTUKARAN 2 PASAR ADALAH PERMINTAAN AGREGAT TERHADAP BARANG ATAU JASA YANG MUNGKIN TERJADI. 3 PASAR ADALAH TITIK PERTEMUAN ANTARA PERMINTAAN DAN PENAWARAN JENIS BARANG ATAU JASA

53 PENGERTIAN PEMASARAN 1 PEMASARAN ADALAH MENGANTARKAN BARANG DAN JASA YANG TEPAT, PADA WAKTU YANG TEPAT, KEPADA ORANG YANG TEPAT, DENGAN HARGA YANG TEPAT, SERTA DENGAN KOMUNIKASI DAN PROMOSI YANG TEPAT. 2 PEMASARAN MERUPAKAN SALAH SATU KUNCI DARI KEBERHASILAN USAHA. 3 PEMASARAN ADALAH SEMUA AKTIVITAS DUNIA USAHA YANG BERHUBUNGAN DENGAN BARANG DAN JASA DARI SAAT DIPRODUKSI SAMPAI SAAT DIKONSUMSI.

54 PERMINTAAN & PENAWARAN PERMINTAAN JUMLAH BARANG/JASA YANG BERSEDIA DIBELI PARA PEMBELI PADA PASAR TERTENTU DENGAN HARGA TERTENTU DAN PADA WAKTU TERTENTU PERMINTAAN JUMLAH BARANG/JASA YANG BERSEDIA DIBELI PARA PEMBELI PADA PASAR TERTENTU DENGAN HARGA TERTENTU DAN PADA WAKTU TERTENTU PENAWARAN PRODUK YANG TERSEDIA DAN SIAP UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN MANUSIA. PENAWARAN PRODUK YANG TERSEDIA DAN SIAP UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN MANUSIA.

55 Contoh: Permintaan

56

57

58 TABEL: PELUANG PASAR PRODUK ASPAL DI INDONESIA DEMANDSUPPLY EXCESS DEMAND

59 PRODUK HASIL YANG DIPEROLEH DARI PROSES PRODUKSI BAIK BERUPA BARANG MAUPUN JASA

60 ANALISIS PERSAINGAN PRODUK

61 SEGMENTASI PASAR SEGMENTASI GEOGRAFIS 1 SEGMENTASI DEMOGRAFIS 2 SEGMENTASI PSIKOGRAFIS 3 SEGMENTASI PERILAKU 4

62 STRATEGI PEMASARAN MEMPERPENDEK TATA NIAGA MENEKAN BIAYA MENGUBAH BENTUK MENYESUAIKAN KUALITAS MEMANGKAS SALURAN DISTRIBUSI MENGGANTI ALAT&TEKNOLOGI MISAL: IKAN SEGAR-KE-PRESTO KELAS ATAS KELAS MENENGAH KELAS BAWAH

63

64 “ SENI PERANG” (Sun Tzu) •Jika anda tidak kenal musuh anda dan diri anda sendiri •Kedua-duanya, maka anda bodoh dan pasti akan kalah dalam setiap pertempuran. •Jika anda kenal diri anda sendiri, tetapi tidak musuh anda, maka dalam tiap pertempuran yang anda menangkan, anda akan menderita kerugian. •Jika anda kenal musuh anda dan diri anda sendiri, anda akan menangkan tiap pertempuran.

65 presented by Ahmad Subagyo ASPEK TEKNIS DAN TEKNOLOGIS

66 presented by Ahmad Subagyo Ada beberapa pertanyaan utama yang perlu mendapatkan jawaban dari aspek ini, yaitu : •Manakah desain produk yang akan dipilih ? •Bagaimana menyusun rencana kapasitas perusahaan ? •Kriteria pemilihan mesin dan teknologi serta peralatan yang akan digunakan. •Dimana proyek/bisnis akan didirikan ? •Bagaimana proses produksi dilakukan dan lay out pabrik yang dipilih, termasuk juga lay-out bangunan dan fasilitas lain ? •Seberapa besar luas produksi ditetapkan untuk mencapai suatu tingkatan skala yang ekonomis ?

67 presented by Ahmad Subagyo Seleksi dan Desain •Jenis produk •Bentuk •Warna •Ukuran (size) •Tekstur •Material

68 presented by Ahmad Subagyo TABEL SELEKSI PRODUK BARANG A SRRCT STSTNILAI Nilai guna dari produk 4 kemungkinan pengembangan produk 3 Fasilitas produksi yang diperlukan 2 Fasilitas Perusahaan 3 Proyeksi permintaan produk 5 Proyeksi penjualan industri 5 Proyeksi penjualan perusahaan 4 Potensi keuntungan produk 3 Jalur distribusi perusahaan 4 Posisi persaingan 3 potensi peningkatan penjualan 3 Siklus Umur Produk 2 JUMLAH 41

69 presented by Ahmad Subagyo BARANG BSRRCT STSTNILAI Nilai guna dari produk 2 kemungkinan pengembangan produk 2 Fasilitas produksi yang diperlukan 4 Fasilitas Perusahaan 3 Proyeksi permintaan produk 2 Proyeksi penjualan industri 4 Proyeksi penjualan perusahaan 3 Potensi keuntungan produk 4 Jalur distribusi perusahaan 4 Posisi persaingan 3 potensi peningkatan penjualan 3 Siklus Umur Produk 2 JUMLAH 36

70 presented by Ahmad Subagyo PILIH PRODUK YANG MANA? »YA BETUL !

71 presented by Ahmad Subagyo SIKLUS HIDUP PRODUK TAHAP PERKENALAN 1 TAHAP PERTUMBUHAN 2 TAHAP KEDEWASAAN 3 3 TAHAP PENURUNAN 4 4

72 presented by Ahmad Subagyo KAPASITAS EFEKTIF EFISIENSI RATED CAPACITY PENYUSUNAN RENCANA KAPASITAS

73 presented by Ahmad Subagyo KRITERIA PEMILIHAN TEKNOLOGI

74 presented by Ahmad Subagyo 3. TEKNOLOGI SEDERHANA 2. TEKNOLOGI MADYA 1. TEKNOLOGI MAJU 4. TEKNOLOGI TRADISIONAL KRITERIA PEMILIHAN ALAT DAN TEKNOLOGI

75 presented by Ahmad Subagyo PENILAIAN & PENENTUAN LOKASI •TIDAK PINDAH, TETAPI MEMPERLUAS FASILITAS YANG ADA •MENENTUKAN LOKASI BARU •MEMPERTAHANKAN LOKASI SEKARANG •MENUTUP LOKASI SAAT INI DAN PINDAH KE LOKASI LAIN

76 presented by Ahmad Subagyo FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN LOKASI •TENAGA KERJA •TINGKAT SUKU BUNGA •PENDAPATAN PERKAPITA •BIAYA •SIKAP PEMERINTAH

77 presented by Ahmad Subagyo METODE EVALUASI LOKASI SKOR F A K T O R (Skor penuh: 100) SKOR TERTIMBANG BOB O T BANDUNGTANGER ANG BANDUNGTangera ng Ketersediaan tenaga kerja & attitude Struktur Pajak Sikap pemerintah Ketersediaan air dan pembuangan pendapatan perkapita Total

78 presented by Ahmad Subagyo PROSES PRODUKSI & layout •Proses produksi terputus-putus •Proses produksi terus-menerus

79 presented by Ahmad Subagyo

80 Presented by Ahmad Subagyo ASPEK MANAJEMEN & SDM

81 Presented by Ahmad Subagyo Aspek manajemen terbagi menjadi TIGA, yaitu : •MANAJEMEN STUDI KELAYAKAN •MANAJEMEN PROYEK •MANAJEMEN BISNIS

82 Presented by Ahmad Subagyo MANAJEMEN STUDI KELAYAKAN

83 Presented by Ahmad Subagyo BEBERAPA TUGAS MANAJEMEN SK •PEMBENTUKAN TIM KERJA •PEMBAGIAN KERJA •PEMBUATAN RENCANA KERJA •PENYUSUNAN ANGGARAN •PENYUSUNAN JADWAL

84 Presented by Ahmad Subagyo

85 Presented by Ahmad Subagyo TUGAS MANAJEMEN PROYEK •MENGIDENTIFIKASI KEBUTUHAN PROYEK •MENYUSUN BAGAN ORGANISASI •MEMBUAT JOB DESCRIPTION •MENYUSUN JADWAL DAN RENCANA KERJA

86 Presented by Ahmad Subagyo

87 Presented by Ahmad Subagyo TAHAPAN DALAM MANAJEMEN BISNIS STRUKTUR ORGANISASI PERSONAL PLAN TIM MANAJEMEN

88 Presented by Ahmad Subagyo PERSONAL PLAN •JOB ANALYSIS •JOB SPESIFICATION •JOB DESCRIPTION •SISTEM REKRUITMEN •PENEMPATAN KERJA •SISTEM KOMPENSASI •SISTEM PENILAIAN DN EVALUASI •PENDIDIKAN DAN PELATIHAN •MUTASI, DEMOSI DAN PROMOSI •PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA (PHK)

89 Presented by Ahmad Subagyo ASPEK HUKUM DAN LEGALITAS

90 Presented by Ahmad Subagyo FAKTOR-FAKTOR YANG HARUS DIPERTIMBANGKAN : BADAN HUKUM APA YG PALING SESUAI? 1 PRODUK YG DIJUAL MELANGGAR HUKUM? 2 BAGAIMANA PROSES PERIJINAN USAHA? 3 BAGAIMANA PROSES LEGALITAS PRODUK? 4

91 Presented by Ahmad Subagyo URGENSI LEGALITAS •APA ARTI PENTING ASPEK INI? –USAHA, DALAM BENTUK APAPUN, MEMERLUKAN KEABSAHAN LEGALITAS KARENA FAKTOR INI MENENTUKAN KEBERLANJUTAN HIDUP PERUSAHAAN..

92 Presented by Ahmad Subagyo ADA 2 SUMBER LEGALITAS MASYARAKAT SEBAGAI SUMBER PERTAMA DAN UTAMA, SEBAB TANPA IJIN DAN PERSETUJUAN MASYARAKAT SEKITAR TEMPAT USAHA, BISNIS TDK AKAN BISA JALAN. LEGALITAS PEMERINTAH MERUPAKAN LEMBAGA YANG MEMBERIKAN LEGALISASI SECARA FORMAL ATAS USAHA YANG DILAKUKAN OLEH MASYARAKAT

93 Presented by Ahmad Subagyo SKALA USAHA DI INDONESIA MIKRO KECIL MENEGAH BESAR SKALA BERDASARKAN ASSET

94 Presented by Ahmad Subagyo BENTUK BADAN USAHA/HUKUM PERUSH PERSEORANGAN FIRMA DAN CV PERSEROAN TERBATAS KOPERASI DAN YAYASAN BADAN USAHA BADAN HUKUM

95 Presented by Ahmad Subagyo FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN DLM MEMILIH BADAN USAHA/HUKUM : FAKTOR TUJUAN FAKTOR KEPEMILIKAN FAKTOR RISK SHARING BADAN USAHA/ BADAN HUKUM FAKTOR PERMODALAN FAKTOR JANGKA WAKTU

96 Presented by Ahmad Subagyo BENTUK EVALUASI BADAN USAHA

97 Presented by Ahmad Subagyo IDENTITAS INVESTOR KEWARGANEGARAAN INFORMASI BANK TRACK RECORD WNI/WNASID PIDANA/ PERDATA

98 Presented by Ahmad Subagyo PROSES PERIJINAN SIUP TDP SKDU AD/ART LEGAL

99 Presented by Ahmad Subagyo LEGALITAS PRODUK

100 Presented by Ahmad Subagyo LEGALITAS MERK UU NO.15 TH.2001 TANDA/GAMBAR MERKPENGERTIAN OBYEK PERLINDUNGAN STATUS PENDAFTARAN PELANGGARAN DAN SANKSI JANGKA WAKTU

101 Presented by Ahmad Subagyo Diagram 1 ThemeGallery is a Design Digital Content & Contents mall developed by Guild Design Inc. 3 2

102 Presented by Ahmad Subagyo PROSEDUR PENDAFTARAN MERK Phase 1 Phase 2 Phase 3 PENGAJUAN PERMOHONA N KE DEPERINDAG PEMERIKSAA N PERMINTAAN PENDAFTARA N MERK 1.PEMERIKSAAN FORMAL 2.PEMERIKSAAN SUBSTANTIF

103 Presented by Ahmad Subagyo TES PEMAHAMAN •Saudara diminta untuk menentukan, badan hukum apa yang tepat untuk mewadahi organisasi ketiga sahabat tersebut dalam rencana untuk mendirikan PASAR SWALAYAN •Jika Saudara sudah menentukan bentuk badan usahanya, apa saja yang harus dipersiapkan dalam kaitannya dengan perijinan usaha •Buatkan konsep kerjasama antar ketiga sahabat tersebut dalam rangka mendirikan Pasar Swalayan tersebut di atas ! sebelum ketiganya mendatangi notaries untuk dibuatkan Anggaran dasar dan rumah tangganya. •Perijinan apa saja yang dibutukan oleh badan hukum yang baru didirikan tersebut, agar usahanya dikatakan legal dan berijin sebutkan jenis ijinnya dan dari dinas mana ijin tersebut dikeluarkan

104 Presented by Ahmad Subagyo

105 Presented by Ahmad Subagyo ASPEK KEUANGAN

106 Presented by Ahmad Subagyo Contents PENGERTIAN 1 KEBUTUHAN INVESTASI 2 KEBUTUHAN MODAL KERJA 3 PROYEKSI L/R-NERACA/ARUS KAS 4 ANALISIS KELAYAKAN 5

107 Presented by Ahmad Subagyo PENGERTIAN •SEJAUHMANA ARTI PENTING ASPEK KEUANGAN INI ? –PADA AKHIRNYA CALON INVESTOR AKAN MELIHAT, APAKAH USAHA YANG AKAN DIJALANKAN MENGUNTUNG ATAU TIDAK ?

108 Presented by Ahmad Subagyo JENIS MODAL INVESTASI DANA YANG DIKELUARKAN UNTUK PEMBELANJAAN AKTIVA TETAP MODAL MODAL KERJA DANA YANG DIGUNAKAN UNTUK PEMBELANJAAN AKTIVA LANCAR START UP DANA YANG DIKELUARKA N UNTUK MEMBIAYAI PENDIRIAN USAHA

109 Presented by Ahmad Subagyo INVESTASI misal PEMBELIAN KENDARAAN misal PEMBELIAN FURNITURE (mebel, meja, kursi, dsb) misal PEMBELIAN TANAH DAN BANGUNAN

110 Presented by Ahmad Subagyo MODAL KERJA misal PEMBELIAN PERSEDIAAN misal PENJUALAN DENGAN SISTEM KREDIT, sehingga menjadi piutang usaha misal

111 Presented by Ahmad Subagyo PROYEKSI KEUANGAN ARUS KAS LABA RUGI KEBUTUHAN MODAL KERJA & INVESTASI NERACA

112 Presented by Ahmad Subagyo KEBUTUHAN MODAL KERJA PASAR DAN PEMASARAN TEKNIS DAN TEKNOLOGIS MANAJEMEN & SDM LEGAL DAN PERIJINAN PERMODALAN KOMPONEN YG DIKELUARKAN PADA ASPEK SK KOMPONEN YG DIKELUARKAN PADA ASPEK SK

113 Presented by Ahmad Subagyo ASPEK MARKETING BIAYA PROMOSI BIAYA DISTRIBUSI BIAYA LAUNCHING BIAYA PRODUK SAMPEL

114 Presented by Ahmad Subagyo ASPEK PRODUKSI BIAYA RISET DAN PENGEMBANGAN PERCOBAAN PERALATAN MESIN SEWA LOKASI TANAH/BANGUNAN TEKNOLOGI

115 Presented by Ahmad Subagyo ASPEK SDM BIAYA REKRUITMEN BIAYA PELATIHAN BIAYA KOMPENSASI BIAYA KONSULTAN BIAYA IKLAN BIAYA ADMIN BIAYA PELATIHAN KARY BARU BIAYA UP GRADING BIAYA GAJI DAN TUNJANGAN PROSES REKRUITMEN

116 Presented by Ahmad Subagyo ASPEK LEGAL •BIAYA YANG DIKELUARKAN PADA ASPEK LEGAL MENJADI BIAYA START UP (BIAYA PENDIRIAN). •DALAM NERACA DAPAT DIMASUKKAN DALAM PERKIRAAN TERSENDIRI YAITU GOOD WILL •BIAYA START UP DAPAT DIMASUKKAN DALAM “BIAYA” DAN DIDEPRESIASI TIAP BULAN.

117 Presented by Ahmad Subagyo CONTOH TABEL GAJI JABATAN TAKE HOME PAY TOTAL GAJI POKOKTUNJANGAN DIREKTUR UTAMA DIREKTUR MANAJER SUPERVISOR STAF

118 Presented by Ahmad Subagyo CONTOH KEBUTUHAN MODAL KERJA

119 Presented by Ahmad Subagyo LANJUTAN …

120 Presented by Ahmad Subagyo CONTOH MODAL INVESTASI

121 Presented by Ahmad Subagyo LANJUTAN ….

122 Presented by Ahmad Subagyo CONTOH MODAL KERJA & INVESTASI

123 Presented by Ahmad Subagyo CONTOH NERACA

124 Presented by Ahmad Subagyo CONTOH LABA RUGI

125 Presented by Ahmad Subagyo CONTOH ARUS KAS

126 Presented by Ahmad Subagyo CONTOH ANALISA KELAYAKAN

127 Presented by Ahmad Subagyo


Download ppt "The Gateway to entire Business Slide ini disusun sebagai pelengkap dari BUKU “ STUDI KELAYAKAN”"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google