Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL."— Transcript presentasi:

1 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL

2 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS 1.Memantapkan pemahaman peserta tentang berbagai kebijakan teknis, program Direktorat Pembinaan SMA dalam rangka peningkatan mutu SMA pada tahun Meningkatkan pemahaman dan penguasaan peserta tentang berbagai program dan strategi implementasi pembinaan SMA dalam upaya mendukung implementasi KTSP dan percepatan pemenuhan standar nasional pendidikan (SNP), penerapan PBKL dan PSB. 3.Meningkatkan peran serta peserta untuk mendesiminasikan hasil diklat/bimtek kepada berbagai pihak yang memerlukan mulai dari tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota dan sekolah, baik di lingkungan wilayah setempat maupun wilayah lainnya.

3 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS

4 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS

5 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS Dilaksanakan oleh SEKOLAH dibawah Koordinasi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, bekerjasama dengan Dit. Pembinaan SMA dan Dinas Pendidikan Provinsi

6 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS AKT KABUPATEN/KOTA PELAKSANA DIKLAT/BIMTEK KTSP DI PROVINSI JADWAL PELAKSANAAN IDKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, DIY, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Riau, Lampung, Bengkulu, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah (30 Lokasi diklat/bimtek KTSP) Antara 19 – 30 Juli 2011 IIDKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, DIY, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Riau, Lampung, Bengkulu, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah (15 Lokasi diklat/bimtek KTSP) Antara Agustus 2011 Jadwal kegiatan diklat/bimtek KTSP ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat bersama-sama dengan sekolah pelaksana diklat/bimtek, sesuai dengan rentang waktu yang telah ditetapkan.

7 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS AKT KABUPATEN/KOTA PELAKSANA DIKLAT/BIMTEK KTSP DI PROVINSI JADWAL PELAKSANAAN IIIJawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Bali, NTB, NTT, Papua, Papua Barat (20 Lokasi) Antara 12 – 30 Sept 2011 IVJawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Bali, NTB, NTT, Papua, Papua Barat (25 Lokasi) Antara 3 – 29 Oktob 2011

8 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS 1.bimtek KTSP dilaksanakan di 90 SMA (85 SMA Negeri dan 4 SMA Swasta) yang berada di 90 Kab/Kota di 33 Provinsi, yang kami tetapkan berdasarkan hasil diskusi/kesepakatan dengan unsur Dinas Pendidikan Provinsi pada Rakor Direktorat PSMA bulan April 2010 di Batam. 2.Jumlah sekolah (SMA) yang telibat (diluar sekolah penyelenggara) antara 8 SMA sampai dengan 14 SMA. Jumlah sekolah yang dilibatkan di setiap Kab/Kota disesuaikan dengan kondisi masing-masing wilayah.

9 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS 3. Kriteria sekolah lain yang terlibat:  Diprioritaskan pada SMA negeri dan swasta yang benar-benar membutuhkan bimtek (yang sebagian besar warga sekolahnya belum pernah mengikuti bimtek KTSP yang diselenggarakan oleh Direktorat PSMA tahun sebelumnya).  Sekolah yang berada di lingkungan Kab/Kota setempat atau dari Kab/Kota lain yang terdekat (dapat menempuh perjalanan ke lokasi bimtek pulang pergi setiap hari).

10 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS KOMPONENJUMLAH Peserta± 45 Orang Nara Sumber± 2 Orang Fasilitator Pusat2 orang Fasilitator Daerah1 orang Panitia Pusat1 orang Panitia Daerah1 orang

11 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS 1.Kuota/Jumlah peserta bimtek di setiap lokasi sebanyak 45 orang, yang terdiri atas:  Peserta dari sekolah penyelenggara bimtek KTSP maksimum 5 (lima) orang.  Peserta dari sekolah lain sebanyak 40 orang. 2.Penentuan jumlah peserta dari sekolah lain Setiap sekolah dapat diwakili oleh sebanyak 3 – 5 orang (Kasek/Guru Mapel), sebagai contoh:  Bila jumlah sekolah lain yang terlibat sebanyak 8 SMA, maka setiap sekolah dapat mengirimkan sebanyak 5 orang peserta.  Bila jumlah sekolah lain yang terlibat lebih dari 8 SMA, maka setiap sekolah dapat mengirimkan 3 sampai dengan 4 orang peserta.

12 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS 1.setiap sekolah (pelaksana dan peserta) dimaksud terdiri atas unsur: Kepala Sekolah 1 (satu) orang dan atau sejumlah Guru, 2.mewakili kelompok mata pelajaran MIPA, IPS, Bahasa dan Umum (sesuai dengan jumlah guru yang akan diusulkan dari sekolah yang bersangkutan 3.Diutamakan yang belum pernah mengikuti bimtek KTSP tahun sebelumnya 4.Memiliki kemauan dan kemampuan untuk mendesiminasikan hasil bimtek KTSP kepada guru lain yang memerlukan. 5.Memiliki kemampuan menggunakan komputer. 6.Memiliki waktu untuk mengikuti bimtek mulai dari acara pembukaan sampai dengan acara penutupan.

13 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS Narasumber Kabupaten/Kota adalah Kepala Dinas/Kasubdin, Pemda Kab /Kota atau Pejabat yang mewakili (minimal Kepala Sub Dinas Pendidikan setempat) 1.Fasilitator Pusat adalah Tim bimtek SNP/KTSP Tingkat Nasional dan Tingkat Provinsi yang ditugaskan oleh Direktorat Pembinaan SMA untuk membantu pelaksanaan bimtek KTSP di setiap Kab/Kota, yang dapat terdiri atas unsur: Direktorat Pembinaan SMA, Dinas Pendidikan Prov/Kab/Kota (Struktural dan Pengawas SMA), unsur Sekolah (Kepala Sekolah/Guru SMA) dan atau Widyaiswara (P4TK/LPMP). 2.Fasilitator Kab/Kota adalah Tim KTSP tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota yang ditugaskan oleh Dinas Pendidikan Kab/Kota untuk membantu pelaksanaan bimtek KTSP di Kab/Kota setempat. Fasilitator kab/Kota dapat terdiri atas unsur: Dinas Pendidikan Provinsi/Kab/Kota (Struktural dan Pengawas SMA), unsur sekolah (Kepala Sekolah/Guru SMA) dan Widyaiswara LPMP.

14 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS 1.Memiliki sikap santun, percaya diri, disiplin, kerjasama tim, peduli/ peka terhadap program diklat/bimtek KTSP di SMA, bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas, dan memiliki kemauan serta kemampuan untuk mendesiminasikan hasil workshop kepada yang membutuhkan. 2.Memahami berbagai ketentuan (landasan hukum) yang berkaitan dengan SNP/KTSP baik substansial maupun implementasi. 3.Pernah mengikuti TOT tim fasilitator diklat/bimtek KTSP baik di tingkat Pusat, Provinsi maupun Kabupaten/Kota. 4.Pernah bertugas sebagai tim fasilitator bimtek KTSP tahun 2008 baik di tingkat Pusat, Provinsi maupun Kabupaten/Kota. 5.Pernah menjadi Tim Pengembang berbagai naskah/panduan/program diklat/bimtek KTSP yang dikembangkan oleh Direktorat PSMA. 6.Memiliki kemampuan mengoperasikan komputer dan membuat bahan presentasi dengan menggunakan aplikasi program (Ms. Word, Excel dan Power Point). 7.Memiliki kesiapan waktu untuk melaksanakan tugas diklat/bimtek KTSP SMA tahun 2011

15 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS 1.Panitia Penyelenggara bimtek di setiap lokasi bimtek sebanyak 2 (dua) orang yang terdiri atas:  Panitia Pusat sebanyak 1(satu) orang - personil yang ditugaskan oleh Direktorat Pembinaan SMA untuk menyelesaikan administrasi pendukung pelaksanaan bimtek KTSP di setiap lokasi).  Panitia Daerah sebanyak 1 (satu) orang – personil dari Dinas Pendidikan Kab/Kota atau dari sekolah penyelenggara bimtek yang telah mengikuti TOT yang dilaksanakan oleh Direktorat PSMA 2.Panitia Daerah yang telah ditunjuk, sekaligus berperan sebagai kontak person bagi Direktorat Pembinaan SMA dan Dinas Pendidikan Provinsi dalam pelaksanaan bimtek KTSP di lokasi yang bersangkutan. 3.Dinas Pendidikan Provinsi dapat menambah jumlah Panitia penyelenggara sesuai dengan kebutuhan masing-masing, namun seluruh pembiayaan bagi yang bersangkutan menjadi tanggungjawab Dinas Pendidikan Kab/Kota yang terkait.

16 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS Untuk mendukung pelaksanaan diklat/bimtek KTSP, setiap sekolah wajib menyediakan peralatan persidangan berupa : • LCD – 2 (dua) unit • Laptop – 1 Unit • Komputer – 1 Unit • Papan Tulis - 2 unit • Kabel Roll - untuk 50 orang.

17 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS 1.Untuk mendukung pelaksanaan diklat/bimtek KTSP, setiap peserta akan diberikan: a. Panduan Pelaksanaan Diklat/Bimtek KTSP (1 eksemplar) b. Hand out seluruh materi yang disajikan (1 eksemplar) c. File bahan presentasi seluruh materi bimtek dalam CD (1 CD) 2.Penyiapan bahan dimaksud dilakukan sebagai berikut: a. Panduan disusun dan digandakan oleh sekolah b. Hand out, master disiapkan oleh Direktorat Pembinaan SMA yang dikirim ke sekolah penyelenggara, bersamaan dengan Surat Undangan pelaksanaan workshop TOT PJP dan Fasilitator Diklat/Bimtek KTSP (di 2 region). c.File bahan presentasi dalam bentuk CD akan diserahkan kepada Kepala Sekolah Penyelenggara pada acara workshop tersebut di atas

18 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS Selama kegiatan workshop berlangsung (3 hari), seluruh peserta dan fasilitator akan disediakan konsumsi berupa: 1.Makan siang (prasmanan) 2.Snack dan Teh/Kopi (2 kali per hari – pada pukul dan pukul waktu setempat)

19 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS Kegiatan per hariJadwal Alokasi Waktu/Hari (Menit) Alokasi Waktu 3Hari (Menit) Pelaksanaan Sesi – (3 Hr) Istirahat (Rehat Kopi)10.00 – Pelaksanaan Sesi – (3 Hr) Istirahat (Makan Siang)12.15 – Pelaksanaan Sesi – (2 Hr) Jumlah Jumlah Jam bimtek (a’ 60 Menit)8 Jam20.5 Jam Jumlah Jam bimtek (a’ 45 Menit)10.6 Jam27,3 Jam Kegiatan diklat/bimtek KTSP tingkat Kab/Kota dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, (mulai Pukul – waktu setempat, sudah termasuk istirahat) atau setara dengan ± menit Perhitungan waktu tersebut di atas sifatnya hanya rata-rata, Dinas Pend Kab/Kota dan sekolah penyelenggara dapat melakukan penyesuaian jadwal, tanpa mengurangi total waktu yang telah ditetapkan

20 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS No.Materi Diklat/Bimtek KTSP Waktu 45’) Narasumber/ Fasilitator Metode Penyajian  Pembukaan dan Penutupan  Orientasi Program 2Ka Dinas/ Kasubdin Kab/Kota Presentasi I.MATERI UMUM (PLENO)10 1. Kebijakan Teknis Dinas Kab/Kota dalam rangka Pelaksanaan KTSP di SMA 1Ka Dinas/ Kasubdin Kab/Ko Presentasi 2. Program Direktorat PSMA dalam rangka implementasi KTSP Tahun Fasilitator Pusat Presentasi 3. Perkembangan Program PSB-SMA1Fasilitator Pusat Presentasi & Diskusi Diklat/Bimtek KTSP diselenggarakan melalui berbagai strategi/metoda yang bervariasi, dengan pembagian waktu sebagai berikut: 1.Presentasi, Diskusi interaktif dan Simulasi, sebanyak : 21 Jam ( 77,8 %) 2.Praktik presentasi, sebanyak : 4 Jam (14.8 %) 3.Pembukaan, orientasi program dan penutupan : 2 Jam (0.07 %) 4.Pre tes dan Post tes : 2 Jam (0.07 %)

21 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS No.Materi Diklat/Bimtek KTSP Waktu 45’) Narasumber/ Fasilitator Metode Penyajian 4.Budaya Lingkungan 3P (Penampilan, Pelayanan dan Prestasi) PUG (Peng- arus -Utamaan Gender) 2Fasilitator PusatPresentasi & Diskusi II. MATERI POKOK20 5.Pemanfaatan Hasil Analisis Konteks dalam Penyusunan RKJM dan RKAS 6Fasilitator Pusat/Prov/ Kab/Kota Presentasi & Diskusi 6.Pemanfaatan Hasil Analisis Konteks dalam Pembelajaran dan Penilaian 6Fasilitator Pusat/Prov/ Kab/Kota Presentasi dan Diskusi. 7.Konsep dan Penintegrasia Pendidikan Karakter Bangsa dalam Pembelajaran dan Penilaian di SMA 6Seluruh PesertaSimulasi 8.Pre dan Post Test2Panitia Jumlah27

22 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS 1.Penyelanggara Diklat/bimtek dapat mengatur (mengurangi atau menambah) Materi dan alokasi waktu yang tersedia pada setiap pokok materi sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Peserta di wilayah masing- masing daerah, tanpa mengurangi total waktu yang disediakan. 2.Jadwal kegiatan disusun oleh masing-masing penyelenggara kegiatan sesuai dengan materi dan alokasi waktu yang ditetapkan oleh wilayah.

23 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS 1.Laporan kegiatan Diklat/bimtek KTSP Tingkat Kab/Kota di susun oleh Panitia Penyelenggara Dinas/Bimtek KTSP tingkat Kab/Kota bersama- sama dengan para Fasilitator Pusat/Provinsi/Kab/Kota (sesuai dengan Panduan Penyusunan Laporan Diklat/bimtek KTSP yang disiapkan oleh Direktorat PSMA). 2.Laporan diklat/bimtek KTSP disusun secara bertahap mulai dari awal kegiatan bimtek s.d. sebelum acara penutupan 3.Laporan diklat/bimtek KTSP di setiap lokasi harus sudah dibawa oleh Fasilitator Pusat dan Provinsi pada saat kegiatan Diklat/bimtek berakhir (dalam bentuk hard copy dan soft copy) 4.Fasilitator Pusat harus sudah menyampaikan Laporan diklat/bimtek kepada Direktur Pembinaan SMA, selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari setelah kegiatan diklat/bimtek berakhir 5.Fasilitator Provinsi/Kab/Kota harus sudah menyampaikan Laporan Diklat/bimtek kepada kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi/Kab/Kota setempat selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari setelah kegiatan diklat/bimtek berakhir

24 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS 1.Seluruh pembiayaan yang berkaitan dengan kegiatan diklat/bimtek KTSP Tk. Kab/Kota pada tahun 2011, dibiayai oleh Direktorat Pembinaan SMA melalui BPP Penyediaan Layanan Pendidikan Direktorat PSMA. 2.Bantuan biaya penyelenggaraan bimtek/diklat KTSP tk. Kab/Kota dimaksud, diberikan dalam bentuk swakelola yang disalurkan melalui Sekolah Pelaksana Diklat/Bimtek Kab/Kota NOURAIAN PEMBIAYAANPESERTA NARASUM BER K/K FAS PUSAT FAS DAERAH PANITIAJUMLAH 1 Honor Transport Biaya Konsumsi Uang Harian Pengadaan ATK Pendukung Penggandaan Panduan dan Hand Out bagi Peserta dibiayai oleh sekolah Penyelenggara bimtek Catatan : Seluruh biaya bagi Fasilitator Pusat/Provinsi di biayai langsung oleh Dit. PSMA

25 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS 1.Besarnya dana untuk masing-masing lokasi/ sekolah pelaksana diklat/bimtek KTSP, disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing terutama yang berkaitan dengan transport peserta dari luar kab/kota. 2.Untuk bahan pembahasan, setiap sekolah harus sudah membawa rancangan pembiayaan terutama untuk biaya TRANSPORT bagi peserta dari luar Kab/Kota

26 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS NO.URAIAN KEGIATAN PELAKSANA KEGIATAN DIT. PSMA PROV KAB/KO/ SEKOLAH 1. Penyiapan master bahan/materi bimtek  Penggandaan CD Materi bimtek Tk. Kab/Kota  Pengiriman surat untuk Fasiliator dan Panitia Pusat  - 4. Penyiapan surat permohonan Ijin dan undangan untuk Peserta, Narasumber, Fasilitator dan Panitia (Pusat maupun Daerah)  Penggandaan Format Biodata, Soal Pre/Post Test dan LJK bagi peserta bimtek SNP/KTSP Tk. Kab/Kota.  Contoh blanko Sertifikat bagi Peserta dan Fasilitator bimtek  Penerbitan Sertifikat bagi Fasilitator (Pusat/Daerah)  Penetapan peserta, nara sumber, fasilitator dan panitia daerah -  9. Penggandaan Hand Out untuk peserta bimtek (master dari Pusat) -- 

27 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS NO.URAIAN KEGIATAN PELAKSANA KEGIATAN DIT. PSMA PROV KAB/KO/ SEKOLAH 10. Penyusunan dan Penggandaan panduan pelaksanaan bimtek SNP/KTSP di 90 Lokasi --  11. Pengiriman surat untuk Peserta, Narasumber, Fasilitator dan Panitia Daerah --  12. Konfirmasi kehadiran Peserta, Narasumber, Panitia dan Fasilitator Pusat dan Daerah --  14. Penyiapan ruang sidang, sarana/perlengkapan persidangan dan sekretariat selama kegiatan bimtek SNP/KTSP berlangsung --  15. Penyiapan konsumsi bagi Peserta, Narasumber, Fasilitator dan Panitia (Pusat dan Daerah) 16. Penyiapan ATK Pendukung bimtek KTSP (berdasarkan daftar ATK yang ditetapkan oleh Dit. PSMA) --  17. Mengkoordinir pelaksanaan diklat/bimtek di Kab/Kota setempat. --  18. Pelaksanaan Pre dan Post Test Peserta--  19. Pengolahan hasil Pre/Post Test Peserta--  20. Penerbitan Fasilitator bimtek SNP/KTSP untuk peserta bimtek Tk. Kab/Kota (menggunakan contoh dari Direktorat) -- 

28 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS


Download ppt "DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google